Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 05, 2024, 09:45:53 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 62
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia

Dimulai oleh raisuien, Maret 04, 2010, 09:37:06 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Pi-One

Kutip dari: habibdio pada Mei 09, 2010, 09:38:38 PM
Kenapa hanya ikan yang jatuh dari langit, kalau memang dibawa badai, pasti bukan hanya ikan saja, ada perahu, kapal dan barangkali rumah sekalian.
Obyek yang berat gak terbawa sejauh itu

nandaz

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Mei 10, 2010, 11:10:55 PM
@Nandaz: nah lo? ga tau konsepnya nih kyaknya... "Setiap benda yang bergerak memiliki energi kinetik yang besarnya Ek=(1/2).m.v²."
...ya, aku tahu itu tetapi yan kutanyakan adalah gerak jatuh bebas?
bukannya ikan itu jatuhnya dipengaruhi oleh gaya grafitasi?
kalo energi kinetik tidak dipengaruhi oleh gaya gravitasi . energi yang melibatkan perpindahan posisi dan kedudukan dipengaruhi tempat secara fisik cuman disebut sebagai energi potensial dengan rumusan E_p = mgh...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

dliyarcturus

wah, lucu bgt ada hujan ikan. kira-kira ikan jenis apa tuh yang jatuh dari langit??
haha, tadi sempet kaget. astronomi kok mbahasnya kayak gini?

Takagi Fujimaru

@nandaz: waduh, mlai dari mana ya? hmmm...

Mulai gerak jatuh bebas dulu deh...

v=v0t + gt

karena benda (dianggap) diam lalu dijatuhkan, besarnya kecepatan jatuh benda adalah:

v=gt

energi potensial sebelum benda jatuh sebesar Ep=m.g.h, tapi karena benda tersebut bergerak jatuh, maka Ep tadi berubah menjadi energi kinetik yang besarnya Ek=(1/2)m.v². Jika acuannya permukaan bumi, sesaat sebelum menyentuh permukaan bumi, besar energi kinetik akan menjadi maksimun dan energi potensial menjadi minimum. (baca: Hk Kekekalan Energi Mekanik)

Oia, untuk yg mempengaruhi benda jatuh itu memang gravitasi, tapi "g" yang dimaksud bukan "g" yg ada di energi potensial, tapi "g" yang ada di kecepatan benda jatuh bebas...

Jelas kah? moga2 jelas... XP
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Takagi Fujimaru

Oia, buat kk momod n author, maaf OOT... XP
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

nandaz

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Mei 12, 2010, 06:46:36 AM
@nandaz: waduh, mlai dari mana ya? hmmm...

Mulai gerak jatuh bebas dulu deh...

v=v0t + gt

karena benda (dianggap) diam lalu dijatuhkan, besarnya kecepatan jatuh benda adalah:

v=gt

energi potensial sebelum benda jatuh sebesar Ep=m.g.h, tapi karena benda tersebut bergerak jatuh, maka Ep tadi berubah menjadi energi kinetik yang besarnya Ek=(1/2)m.v². Jika acuannya permukaan bumi, sesaat sebelum menyentuh permukaan bumi, besar energi kinetik akan menjadi maksimun dan energi potensial menjadi minimum. (baca: Hk Kekekalan Energi Mekanik)

Oia, untuk yg mempengaruhi benda jatuh itu memang gravitasi, tapi "g" yang dimaksud bukan "g" yg ada di energi potensial, tapi "g" yang ada di kecepatan benda jatuh bebas...

Jelas kah? moga2 jelas... XP
...ok, namanya juga semangat belajar lho...takagi
curiosity itu sangat diperlukan....  ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Takagi Fujimaru

^^
iya...diperlukan sangat...
^^

oia, klo puas ama jwbnq, klik IQ dunkz... >,<
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

nandaz

wah, pengen dikasih applause ya, boleh2..... :)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Takagi Fujimaru

makasii~ ^^
maklumlah... liat IQ-q...T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Mumtaz


Takagi Fujimaru

logika yg mana om? ikan terbang? ato Ek?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

arydhamayanti

wah, bolos lama jadi ketinggalan nih.. +1 IQ aja deh buat takagi ^^
[move]jadi begitu yaa... hmm...[/move]

Takagi Fujimaru

ahahaha~
mkasi IQ na... >,<
aq jga jdi jarang OL d forsa... tiap hari ke kota yg jarak PP nya 50+ km...T_T
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Mumtaz

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Mei 14, 2010, 07:23:16 PM
logika yg mana om? ikan terbang? ato Ek?

iyah, yg ikan terbangnya bisa ikutan nguap di udara...

Takagi Fujimaru

Loh? Itu bukan nguap! Tapi terbawa badai! Pernah tau kan, ada mobil keseret badai dan terlempar jauh?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.