Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 07:04:06 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia  (Dibaca 15849 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #15 pada: Mei 12, 2010, 12:35:27 AM »
Kenapa hanya ikan yang jatuh dari langit, kalau memang dibawa badai, pasti bukan hanya ikan saja, ada perahu, kapal dan barangkali rumah sekalian.
Obyek yang berat gak terbawa sejauh itu

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #16 pada: Mei 12, 2010, 03:20:20 AM »
@Nandaz: nah lo? ga tau konsepnya nih kyaknya... "Setiap benda yang bergerak memiliki energi kinetik yang besarnya Ek=(1/2).m.v²."
...ya, aku tahu itu tetapi yan kutanyakan adalah gerak jatuh bebas?
bukannya ikan itu jatuhnya dipengaruhi oleh gaya grafitasi?
kalo energi kinetik tidak dipengaruhi oleh gaya gravitasi . energi yang melibatkan perpindahan posisi dan kedudukan dipengaruhi tempat secara fisik cuman disebut sebagai energi potensial dengan rumusan E_p = mgh...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline dliyarcturus

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #17 pada: Mei 12, 2010, 08:21:17 AM »
wah, lucu bgt ada hujan ikan. kira-kira ikan jenis apa tuh yang jatuh dari langit??
haha, tadi sempet kaget. astronomi kok mbahasnya kayak gini?

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #18 pada: Mei 12, 2010, 09:46:36 PM »
@nandaz: waduh, mlai dari mana ya? hmmm...

Mulai gerak jatuh bebas dulu deh...

v=v0t + gt

karena benda (dianggap) diam lalu dijatuhkan, besarnya kecepatan jatuh benda adalah:

v=gt

energi potensial sebelum benda jatuh sebesar Ep=m.g.h, tapi karena benda tersebut bergerak jatuh, maka Ep tadi berubah menjadi energi kinetik yang besarnya Ek=(1/2)m.v². Jika acuannya permukaan bumi, sesaat sebelum menyentuh permukaan bumi, besar energi kinetik akan menjadi maksimun dan energi potensial menjadi minimum. (baca: Hk Kekekalan Energi Mekanik)

Oia, untuk yg mempengaruhi benda jatuh itu memang gravitasi, tapi "g" yang dimaksud bukan "g" yg ada di energi potensial, tapi "g" yang ada di kecepatan benda jatuh bebas...

Jelas kah? moga2 jelas... XP
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #19 pada: Mei 12, 2010, 09:47:41 PM »
Oia, buat kk momod n author, maaf OOT... XP

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #20 pada: Mei 13, 2010, 02:35:40 AM »
@nandaz: waduh, mlai dari mana ya? hmmm...

Mulai gerak jatuh bebas dulu deh...

v=v0t + gt

karena benda (dianggap) diam lalu dijatuhkan, besarnya kecepatan jatuh benda adalah:

v=gt

energi potensial sebelum benda jatuh sebesar Ep=m.g.h, tapi karena benda tersebut bergerak jatuh, maka Ep tadi berubah menjadi energi kinetik yang besarnya Ek=(1/2)m.v². Jika acuannya permukaan bumi, sesaat sebelum menyentuh permukaan bumi, besar energi kinetik akan menjadi maksimun dan energi potensial menjadi minimum. (baca: Hk Kekekalan Energi Mekanik)

Oia, untuk yg mempengaruhi benda jatuh itu memang gravitasi, tapi "g" yang dimaksud bukan "g" yg ada di energi potensial, tapi "g" yang ada di kecepatan benda jatuh bebas...

Jelas kah? moga2 jelas... XP
...ok, namanya juga semangat belajar lho...takagi
curiosity itu sangat diperlukan....  ;D

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #21 pada: Mei 13, 2010, 03:03:06 AM »
^^
iya...diperlukan sangat...
^^

oia, klo puas ama jwbnq, klik IQ dunkz... >,<

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #22 pada: Mei 13, 2010, 08:56:14 AM »
wah, pengen dikasih applause ya, boleh2..... :)

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #23 pada: Mei 13, 2010, 09:06:31 AM »
makasii~ ^^
maklumlah... liat IQ-q...T_T

Offline Mumtaz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 16
  • IQ: 6
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #24 pada: Mei 15, 2010, 05:38:34 AM »
logikanya blm nyampe ke otakku..

huehehhehe...masih mikir.com

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #25 pada: Mei 15, 2010, 10:23:16 AM »
logika yg mana om? ikan terbang? ato Ek?

Offline arydhamayanti

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 309
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • syubidubida!!
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #26 pada: Mei 16, 2010, 10:51:49 AM »
wah, bolos lama jadi ketinggalan nih.. +1 IQ aja deh buat takagi ^^
jadi begitu yaa... hmm...

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #27 pada: Mei 17, 2010, 10:32:52 AM »
ahahaha~
mkasi IQ na... >,<
aq jga jdi jarang OL d forsa... tiap hari ke kota yg jarak PP nya 50+ km...T_T

Offline Mumtaz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 16
  • IQ: 6
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #28 pada: Mei 22, 2010, 05:42:09 AM »
logika yg mana om? ikan terbang? ato Ek?

iyah, yg ikan terbangnya bisa ikutan nguap di udara...

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hujan Ikan Mengguyur Kota di Australia
« Jawab #29 pada: Mei 22, 2010, 06:25:22 AM »
Loh? Itu bukan nguap! Tapi terbawa badai! Pernah tau kan, ada mobil keseret badai dan terlempar jauh?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
20 Jawaban
6387 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2010, 09:10:39 AM
oleh cleo
0 Jawaban
1613 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2011, 10:33:21 PM
oleh rawWARus
3 Jawaban
3369 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 14, 2011, 12:58:03 AM
oleh syx
0 Jawaban
2591 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 08, 2012, 03:29:02 PM
oleh randall
2 Jawaban
2126 Dilihat
Tulisan terakhir April 30, 2014, 07:00:29 AM
oleh Monox D. I-Fly