Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 31, 2023, 05:24:43 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,944
  • Latest: Shawnxdy
Stats
  • Total Tulisan: 139,652
  • Total Topik: 10,407
  • Online today: 38
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

jagat raya berkembang?

Dimulai oleh alf, Agustus 16, 2009, 05:48:31 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

HyawehHoshikawa

@atas:
Kutipga bisa kalo di ibaratkan dengan balon..karena balon itu ruangnya terbatas dan mempunyai bentuk, sedangkan alam semesta ruangnya tak terbatas dan tak berbentuk
kenapa anda bisa bilang kalo' alam semesta ini tak terbatas?
Kutipkalo alam semesta punya batas maka bintang dan galaksi yg ada di tepi akan merasakan gaya tarik gravitasi dari satu sisi saja, yaitu kearah pusat alam semesta sehingga lama kelamaan benda2 langit akan berkumpul di satu titik...
ya...gayanya itu juga sama aja kayak ada orang diamerika narik ente, terus ada juga orang diphilipina dll dll narik ente(tapi talinya membujur melalui permukaan bumi (bidang 2d))

ato....anda jangan-jangan menganut teori alam semesta itu statis???
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

udang

#16
karena ga ada yg bisa memperlihatkan dimana batas alam semesta, dan belum pernah ada yg ke ujung alam semesta...

saya ga bilang alam semesta statis kok..kan td saya bilang jarak antar galaksi menjauh
Take a deep breath, lay down, and gaze upon the sky...

HyawehHoshikawa

lah...
ya gimana bisa keujung alam semesta...
anda ini seperti orang yang hendak mencari ujung bumi saja....entah itu kebarat ato ketimur, kalo' anda bergerak hanya dibidang permukaan bumi(bidang 2d) anda ga' akan nemuin batesnya juga kan?

setau gw, begitu juga dengan alam semesta, kearah manapun kita pergi suatu saat, kita akan kembali ketitikawal lagi....Karena kita hanya berjalan dipermukaan alam semestanya saja....
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

udang

ya karena tak ada yg bisa menunjukkan ujung alam semesta maka alam semesta ini tak terbatas

berjalan di permukaan alam semesta ?
apakah berarti anda mengatakan bahwa alam semesta ini berbentuk ??

sori nih rada kepala batu...
Take a deep breath, lay down, and gaze upon the sky...

Pi-One

Alam semesta itu terbatas tapi tak bertepi...

HyawehHoshikawa

hmm...
kalo' untuk ngliat analoginya coba cari thread dimatematika yang ngomongin tentang pita mobius.
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

loser1942

Kutip dari: Pi-One pada Agustus 19, 2009, 08:47:32 PM
Alam semesta itu terbatas tapi tak bertepi...

wah!!!
kelas tinggi neh bahasanya om pi-one
maksudnya??

Pi-One

Dalam bentuk sederhana bisa diibaratkan semut yang berjalan di sisi dalam sebuah bola, dia gak akan nemu ujungnya. Tapi itu baru penyederhanaan, sulit membayangkan jika dalam bentuk ruang...

loser1942

Kutip dari: Pi-One pada Agustus 19, 2009, 10:10:50 PM
Dalam bentuk sederhana bisa diibaratkan semut yang berjalan di sisi dalam sebuah bola, dia gak akan nemu ujungnya. Tapi itu baru penyederhanaan, sulit membayangkan jika dalam bentuk ruang...

iyalah orang nyambung trus..
jadi maksud lo alam semesta ini seperti berada pada dlm sisi balon gitu??

HyawehHoshikawa

bisa...bisa dibilang begitu,
bisa juga mungkin kayak yang terjadi pada pita mobius....
Kutip dari: Sky pada Juli 17, 2009, 12:11:00 AM
KutipDari wikipedia

jadi pita mobius ini kan bisa dikatakan benda yang sifat(aslinya) 2d, tapi karena dia melengkung-lengkung(curving) maka jadilah dia benda 3d.
begitu pula dengan dimensi ruang waktu.

katanya sih... >:D
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

loser1942

hmm....
cool dude...
jadi andaikan ada batasnya, batasnya berupa apa ya??

alf

maaf nih, masih agak belum jelas penyebab alam semesta berkembang. apa karena energi sewaktu ledakan bigbang dulu masih sehingga galaksi2 saling menjauh????

Pi-One

Kutip dari: alf pada Agustus 21, 2009, 09:38:15 PM
maaf nih, masih agak belum jelas penyebab alam semesta berkembang. apa karena energi sewaktu ledakan bigbang dulu masih sehingga galaksi2 saling menjauh????
Not again... Big Bang itu bukan ledakan. Galaksi dan semua materi saling menjauh karena ruang-waktu itu yang mengembang.

alf

apa penyebab ruang-waktu berkembang???

udang

Kutip dari: alf pada Agustus 21, 2009, 10:00:59 PM
apa penyebab ruang-waktu berkembang???

ada yg bilang karena dark energy
tapi ga tau juga sih, selama ini belum ada yg tau pasti

oh iya sekalian ralat tulisan gua yg di atas
Kutip dari: udang pada Agustus 19, 2009, 07:30:46 PM
Kutip dari: jauharryfaddly pada Agustus 19, 2009, 11:19:38 AM
//saya pernah baca analogi mudahnya seperti ini
"tiuplah sebuah balon denga ukuran kecil lalu beri tanda dengan sepidol
selanjutnya tiuplah balon tersebut

apa yg terjadi ?????

semua titik yg kita buat tadi saling menjauh ........

"dan kesimpulannya jagat raya berkembang"

ga bisa kalo di ibaratkan dengan balon..karena balon itu ruangnya terbatas dan mempunyai bentuk, sedangkan alam semesta ruangnya tak terbatas dan tak berbentuk
yg di itemin dan digaris bawahi harusnya tak berbatas
maaf khilaf  ;D ;D





Take a deep breath, lay down, and gaze upon the sky...