Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 03:11:20 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 80
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 1
Guests: 57
Total: 58

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Jam Matahari, Seberapa akurat?

Dimulai oleh rawWARus, Januari 16, 2009, 05:48:32 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

Kutip dari: saintzack pada Januari 28, 2009, 10:02:24 PM
wew
ternyata....
ga gw sangka
manusia dulu jauhhhh lebih pnter daripada manusia skg........

jam sebenarnya juga digunakan untuk mengukur satuan waktu yang stabil,..
kalo jaman dulu kalo ngukur kecepatan mungkin 5000 meter per tengah hari kali ya? hehehehe,..

saintzack

huauhauhua

mantav dnk orank dlu

hauhuauhauuhau ;D ;D ;D
[move]once upon a time in .......[/move]

Terbaik

Kira-kira apa ya yang akan dilakukan orang dahulu untuk menentukan waktu saat mendung atau hujan.

Trus kalo malem bisa pake jam bulan gak ya?

ada gak sih jam bulan?

Soalnya jaman dahulu kan gak ada lampu, adanya bulan jadi sumber cahaya paling terang bulan.

Jadi ada kemungkinan gak sih mereka pake jam bulan?

ryoma

Kutip dari: Terbaik pada Februari 06, 2009, 04:54:28 PM
Soalnya jaman dahulu kan gak ada lampu, adanya bulan jadi sumber cahaya paling terang bulan.

Jadi ada kemungkinan gak sih mereka pake jam bulan?

hampir tidak ada. cahaya matahari lebih terang daripada cahaya bulan. Cahaya bulan pun karena matahari pula. Bulan bukan bintang yang memiliki cahaya sendiri. Lagian, belum tentu bisa sampe cahaya itu ke Bumi dalam keadaan terang, untuk menentukan jam pada malam hari kan?
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Mars

q ikutan mau nanya dong  :o!!!!!! emang cara kerja dari jam matahari itu gimana ?????

ryoma

Kutip dari: Mars pada Februari 13, 2009, 06:45:40 PM
q ikutan mau nanya dong  :o!!!!!! emang cara kerja dari jam matahari itu gimana ?????
ya, tinggal lihat saja bayangan tersebut jatuh di angka berapa pada jam matahari? Mudah kan? Namun gak akurat.
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Li

Klu berdasarkan pergerakan matahari, berarti tidak akurat dong.
Soalnya pergerakan matahari di atas bumi sendiri tidak selalu sama kan...?
大龙是一个怪物

DDC

Hey allll ... gabung y ...

btw, kalo lagi mendung gmn tuh.... mataharinya kmn ?
jamnya .... yaaaaahhh. tapi ide bikin Jam matahari itu brilliant wt w !!!
Cool ..


rawWARus

Yg q herankan knp jam matahari yg udh puluhan bhkn mgkn ada yg ratusan thn,kok skrg udh ga cocok?knp hayo?
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Li

saya rasa bukannya tidak cocok, tapi yah seperti yang saya katakan tadi, posisi matahari diatas bumi tidak selalu sama. manusia pada jaman dahulu kala kan masih belum mengerti perhitungan waktu seperti sekarang ini, jadi mungkin mereka hanya menggunakan petunjuk berupa jam matahari saja.
大龙是一个怪物

Mars

terus, sekarang masih dipakai ga ma orang-orang ?

ryoma

Kutip dari: Mars pada Mei 18, 2009, 09:22:53 AM
terus, sekarang masih dipakai ga ma orang-orang ?


saya rasa tidak lagi. Banyak jam yang lebih tepat untuk penunjuk waktu dari pada jam matahari itu.
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Nabih

Kutip dari: Li pada April 29, 2009, 06:32:32 PM
saya rasa bukannya tidak cocok, tapi yah seperti yang saya katakan tadi, posisi matahari diatas bumi tidak selalu sama. manusia pada jaman dahulu kala kan masih belum mengerti perhitungan waktu seperti sekarang ini, jadi mungkin mereka hanya menggunakan petunjuk berupa jam matahari saja.

Kalau buat nentuin waktu shalat bis ga???

Monox D. I-Fly

Kutip dari: Nabih pada Mei 25, 2009, 11:07:50 PM
Kalau buat nentuin waktu shalat bis ga???

Mestinya bisa, soalnya kan patokan waktu sholat memang berdasarkan matahari.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.