Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 01, 2024, 06:36:48 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 99
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 77
Total: 77

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kalendar Maya

Dimulai oleh syx, Februari 23, 2009, 08:11:08 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

wuriant

sisten penanggalan suku maya yang akan kembali lagi ke nol, jadi inget waktu millenium bug,
dulu katanya sistem pengangkaan di komputer cuma dua digit, jadi setelah 99 akan kembali ke 00 dan ini jadi virus yang serius.
nyatanya tidak terjadi apa2 tuch

Pi-One

Kutip dari: wuriant pada Desember 03, 2009, 01:22:38 PM
sisten penanggalan suku maya yang akan kembali lagi ke nol, jadi inget waktu millenium bug,
dulu katanya sistem pengangkaan di komputer cuma dua digit, jadi setelah 99 akan kembali ke 00 dan ini jadi virus yang serius.
nyatanya tidak terjadi apa2 tuch
y2k bug itu bukan virus. bug macam itu tidak menggandakan diri. Bug itu bisa menimbulkan berbagai masalah dalam proses perhitungan komputer, tapi sebagian besar instansi sudah mengupdate sistemnya sebelum itu terjadi.

anakkecil

tapi bagi suku maya memang sudah kiamat, sebelum 2012 juga
:-)

Pi-One

Kutip dari: anakkecil pada Desember 03, 2009, 02:34:44 PM
tapi bagi suku maya memang sudah kiamat, sebelum 2012 juga
:-)
Kiamat? hanya karena kebudayaan mereka punah bukan berarti kiamat. Dan maya sendiri tidak pernah menganggap 2012 adalah kiamat...

Hendy wijaya, MD

lalu mereka menganggap 21/12/12 itu hari apa ya?menurut mereka sendiri, apa yang terjadi setelah siklus kalender mereka itu berakhir?apakah hanya berarti "ganti kalender" seperti kita mengganti kalender kita tiap tahun dan tidak berarti apa2 atau mungkin terjadi sesuatu?
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Huriah M Putra

Mungkin bangsa Maya berpikir tak mungkin kalender mereka terus digunakan sampai tahun 2012, atau seperti penjelasan superstring soal kehabisan angka. Sama seperti kalender Win Xp yang hanya sampai 2099. Jadi 2099 nanti bakal kiamat? Dari mana? Itu karena microsoft berpikir kalau kita gak mungkin makai win Xp sampe tahun 2099.

Kutip dari: Fitriyah pada Maret 27, 2009, 09:21:46 AM
Maksud dari end Of Time itu tersendiri masih diperdebatkn oleh para ilmuan n arkeolog.
Ada yg mengatakan bahwa maksudnya adalah :

1). Berhentinya Waktu (Bumi berhenti Berputar)
2). Peralihan dari zaman pisces ke Aquarius.
3). Peralihan dari abad silver ke abad keemasan.
4). Ends of time = Ends Of world As We kNow iT
5). Akan ada Galacitc Wave yang besar, yang memberhentikan semua kegiatan di bumi ini. Termasuk kemusnahan manusia.
6). Perubahan dari dimensi 3 ke dimensi 4 bahkan 5.
7). Ada juga yang mengatakan bahwa tidak akan terjadi apa-apa.
8). Kehidupan manusia meningkat dari level dimensi 3 ke 4. DNA manusia meningkat dari strain 2 ke 12, sehingga manusia dapat menggunakan telepati bahkan telekinesis.
9). Ada yang menyatakan bahwa waktu sudah tidak berlaku, jadi waktu tidak linear lagi, tapi bisa berubah2.
10). Ditemukannya mesin waktu dan stargate.
11). Manusia sudah bisa melakukan transportasi ke galaksi lain melalui stargate.
12). Bangkitnya messiah yang wakan menyelamatkan manusia dari kehancuran.
13). kebangkitan ISA AS/JESUS.
14). First contact, pertama kali peradaban manusia dengan alien/ufo.
D.LL.

1. Apabila bumi berhenti berputar, maka bumi akan tertarik oleh gravitasi matahari dan bergerak menuju matahari. The end.
2. Apa pula maksudnya? Bukannya tiap bulan ganti?
3. Ini lagi.. Apa lagi ini?
4. Waktu tak pernah berakhir. Waktu terus berjalan.
5. Maksudnya?? Seperti badai matahari?
6. Silahkan jelaskan maksud dari dimensi 4 atau dimensi 5
7. Kata siapa? Tahun 2012 ada olimpiade. Dan juga Euro.
8. Sama dengan nomor 6. Dan konyol sekali tentang penambahan strain. Caranya? Dan lalu hubungannya ke kemampuan telekinesis?
9. Kita gak pake waktu? Jadi pake apa?
10. Menurut doraemon, ditemukannya mesin waktu itu tahun 2025 (serius, pernah kubaca)
11. Mungkin masih butuh waktu yang cukup lama. Sampai sekarang masih diributkan soal sumber energi sebagai bahan bakar pesawatnya.
12 & 13. Gak bisa comment. Sensitif.
14. Darii dulu, banyak orang yang mengklaim dirinya pernah melihat UFO. Sampai sekarang juga belum ada bukti bahwa klaim mereka benar atau salah.

Di TV pernah dibahas apa yang akan terjadi di tahun 2012. Memang diperkirakan akan ada badai matahari. Namun, apakah itu bisa menyebabkan kiamat? Tidak. Badai matahari itu hanya akan mempengaruhi telekomunikasi, karena yang kena dampaknya adalah satelit. Katanya, baterai dari satelit itu jadi rusak, makanya rusak juga telekomunikasi. Gak akan sampai mempengaruhi kehidupan manusia.

Trus, bagaimana cara bangsa Maya memprediksikan mereka akan diserang Spanyol hanya dar melihat bintang? Apa bahasa bintang untuk diserang? Spanyol?
Belakangan juga sering diceritakan soal ramalan dan ramalan, dan belakangan diketahui bahwa itu hanyalah rekayasa yang dibuat setelah kejadian itu terjadi. Dan ramalan tak pernah ditulis secara jelas, supaya bisa dipersepsikan dengan berbeda2 yang akan meningkatkan keakuratannya.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Hendy wijaya, MD

@Huriah M Putra
Aku setuju yang nomor 10!
Doraemon memang berkata demikian, saya saksinya..huahahaha.. OOT nih..
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Pi-One

Bicara soal UFO, aku juga pernah lihat :)

Tapi tetap saja aku takkan menyebut UFOlogi sebagai sains. Saat ini Ufologi baru sebatas pseudo sains, karena gak ada metode pengujian dan pembuktiannya secara ilmiah.

Hendy wijaya, MD

Terus mengenai bukti-bukti rekaman video atau hasil jepretan kamera itu apa merupakan bukti artifisial bung pione?saya tertarik dengan berbagai macam intrik yang mewarnai pembuktian keaslian video/ foto2 tersebut.
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Pi-One

Kutip dari: Hendy wijaya, MD pada Januari 08, 2010, 10:49:19 PM
Terus mengenai bukti-bukti rekaman video atau hasil jepretan kamera itu apa merupakan bukti artifisial bung pione?saya tertarik dengan berbagai macam intrik yang mewarnai pembuktian keaslian video/ foto2 tersebut.
Sebagian adalah rekayasa, yang lain masih diperdebatkan. Mungkin hanys sebagian dari jepretan dan rekaman yang benar-benar asli.

Hendy wijaya, MD

Kalau benar asli, benda apa yang masuk jepretan?apakah fenomena alam yang belum bisa dijelaskan atau memang benar ada objek asing? Penjelasan logis dari ilmuwannya apa saja bung pi one?wah menarik nih..
Saya juga pernah baca mengenai seorang ilmuwan yang pernah bekerja di are 51, di bilang sebenarnya UFO itu ada dan salah satu space ship nya ada di area 51, kini sedang diteliti, mereka menggunakan bahan bakar antimatter. Bagaimana perdebatan seputar peristiwa itu?
Eh..kok OOT..hehe
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

sandikovsky

Kembali ke perdebatan kalender maya, menurut awak (yg pernah awak baca), yang terjadi di tahun 2012 itu adalah adanya badai matahari yang menghentikan aktifitas manusia, nah...aktifitas manusia berhenti bukan berarti kiamatkan? selidik demi selidik akhirnya awak tahu, klo badai matahari itu tidak kecil efeknya.

Efek badai matahari itu sendiri adalah menyerang sifat elektromagnetik tata surya, yang justru jika dialami bumi, listrik dan komunikasi akan error untuk saat yang lama, tetapi bukan berarti kiamat.

Mungkin inilah yang dimaksud aktifitas manusia berhenti.
You don't have to be a smart people, but be people who think smart.

Sandikovsky

mudhy axl Trump

setelah 2012 yah 2013.....

Huriah M Putra

Yah.. Itulah yang dibilang pakar. Itu karena satelit yang mengorbit di bumi yang terkena efeknya. Komunikasi yang terputus cukup lama bisa gawat juga lo.. Jadi penasaran gimana cara pemerintah mengantisipasinya.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Pi-One

Sejatinya badai mtahari adalah siklus berulang, dan sudah biasa kok bumi mengalaminya. memang masalahnya bumi makin bergantung pada teknologi informasi, dan ibartnya kena EMP,ya aktivitasnya jadi kacaulah...