Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 12, 2021, 08:15:50 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 195
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari  (Dibaca 6097 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline didi dom din cer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: 0
  • ForSa!
keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« pada: Januari 08, 2012, 12:57:47 PM »
hai agan agan mau nanya nih ?

matahari menghasilkan panas dan cahaya ,cahaya yang dihasilkan matahari begitu indah  seperti pelagi ,aurora dan langit biru

pertanyaan nya : 1.bagaimana  sih terjadi aurora itu & kenapa bisa gerak-gerak
                            2. pelangi itu terjadi ketika hujan rintik ,kenapa kalau hujan lebat gak keliatan.
                            3. kenapa warna langit itu biru ,padahal warma matahari itu kuning,....apa orange ....apa merah....atau putih

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #1 pada: Januari 09, 2012, 02:59:25 AM »
1.bagaimana  sih terjadi aurora itu & kenapa bisa gerak-gerak
aurora terjadi saat medan magnet bumi bereaksi dengan partikel matahari, angin matahari dan solar storm yang terjadi dibagian ionosfer (100-800 km), biasa terjadi di bagian kutub Utara dan kutub Selatan. tapi ketika terjadi solar storm bisa terlihat dibagian bumi yang lain.

sudah ada thread yang membahas aurora :
http://www.forumsains.com/astronomi-dan-kosmologi/aurora/
http://www.forumsains.com/fisika/aurora-1463/msg10420/#msg10420

2.pelangi itu terjadi ketika hujan rintik ,kenapa kalau hujan lebat gak keliatan.
pelagi itu terjadi karena spektrum warna, warna yang dihasilkan dari rintik-rintik hujan dan disinari oleh cahaya matahari, jika intensitas hujan lebat atau besar cahaya matahari tidak mampu menembus air hujan tersebut. CMIIW

3. kenapa warna langit itu biru ,padahal warma matahari itu kuning,....apa orange ....apa merah....atau putih
sudah ada thread juga yang membahas ini :
http://www.forumsains.com/astronomi-dan-kosmologi/warna-langit/
http://www.forumsains.com/astronomi-dan-kosmologi/langit/msg89366/#msg89366
« Edit Terakhir: Januari 09, 2012, 03:05:29 AM oleh exile_rstd »
i adore your intelligence

Offline didi dom din cer

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 25
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #2 pada: Januari 09, 2012, 08:18:19 AM »
thanks atas infonya . kalo planet - planet memancarkan sinarnya sendiri dikarekakan apa ya?  .kenapa bulan gak termasuk ?      ???

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #3 pada: Januari 09, 2012, 11:58:19 AM »
sebenarnya planet ga mempunyai cahaya, yang mempunyai cahaya itu bintang. kalau planet ia berkilau-kilauan.
kenapa planet bisa memancarkan cahaya karena terjadi suatu reaksi fusi.

kenapa bulan ga termasuk.. dari yang saya tau, cahaya bulan itu sebenarnya pantulan sinar matahari. dan kalau tidak salah daratannya memiliki komposisi yang tidak jauh berbeda yang dimiliki bumi. berpasir tetapi agak keras/kasar. bisa disimpulkan ketika melihat daratan bulan.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #4 pada: Januari 09, 2012, 01:43:40 PM »
planet juga cuma memantulkan sinar matahari. ada ukuran minimum suatu benda angkasa untuk disebut planet. Di samping itu, planet mengelilingi bintang (dalam tata surya kita matahari). benda langit yang mengelilingi planet disebut satelit, misalnya bulan.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #5 pada: Maret 01, 2012, 11:36:20 AM »
Bumi mengeluarkan cahaya juga.Karena kalau di lihat jauh ke bumi,dibilangnya pale blue dot

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #6 pada: Maret 01, 2012, 02:22:25 PM »
bagaimana dg gerhana bulan? bukankah itu menunjukkan bahwa bumi tidak memancarkan cahaya sendiri?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #7 pada: Maret 02, 2012, 12:18:40 AM »
suatu bintang dikatakan mengeluarkan cahaya karena reaksi fusi sedangkan hal ini tidak berlaku untuk planet. CMIIW

Offline Ammar18

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 84
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #8 pada: Maret 02, 2012, 12:27:05 PM »
hai agan agan mau nanya nih ?

matahari menghasilkan panas dan cahaya ,cahaya yang dihasilkan matahari begitu indah  seperti pelagi ,aurora dan langit biru

pertanyaan nya : 1.bagaimana  sih terjadi aurora itu & kenapa bisa gerak-gerak
                            2. pelangi itu terjadi ketika hujan rintik ,kenapa kalau hujan lebat gak keliatan.
                            3. kenapa warna langit itu biru ,padahal warma matahari itu kuning,....apa orange ....apa merah....atau putih
Jawaban:3.Karena air laut berwarna biru,jadi warnanya kaya memantul ke langit.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #9 pada: Maret 02, 2012, 10:38:53 PM »
Bumi mengeluarkan cahaya juga.Karena kalau di lihat jauh ke bumi,dibilangnya pale blue dot
bintang, termasuk matahari adalah sumber cahaya. artinya bisa memancarkan cahayanya sendiri.
bumi, satelit, komet, asteroid termasuk benda tidak bisa memancarkan cahaya sendir, bisa terlihat kalo ada cahaya yang dipantulkan oleh benda tersebut. misalnya begini. kita masuk ke ruang gelap membawa bola sepak. tanpa cahaya kita tidak bisa melihat bola tersebut. begitu kita nyalakan senter maka kita baru bisa melihat bola tersebut karena bola memantulkan sebagian cahaya yang menimpanya ke mata kita.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #10 pada: Maret 03, 2012, 03:09:00 AM »
Jawaban:3.Karena air laut berwarna biru,jadi warnanya kaya memantul ke langit.
benarkah demikian? warna laut tidak hanya biru tetapi ada juga yang berwarna hijau dsb.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:keajaiban warna yang dihasil kan oleh cahaya matahari
« Jawab #11 pada: Maret 03, 2012, 07:13:11 AM »
Jawaban:3.Karena air laut berwarna biru,jadi warnanya kaya memantul ke langit.

Bukannya kebalik ya? Air laut berwarna biru karena memantulkan warna langit?  :P

benarkah demikian? warna laut tidak hanya biru tetapi ada juga yang berwarna hijau dsb.

Bener kata exile, dr yg pernah aq baca, warna air laut dipengaruhi oleh warna ganggang yg mendominasi di dalamnya. Kl nggak ada ganggang di dalamnya, warnanya ya memantulkan warna langit: biru.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
6203 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2009, 01:10:21 PM
oleh Rosyid
17 Jawaban
9330 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2009, 07:52:55 AM
oleh loser1942
2 Jawaban
5504 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2010, 04:09:47 AM
oleh galihutomo
11 Jawaban
23430 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2011, 04:02:43 AM
oleh 12
16 Jawaban
10258 Dilihat
Tulisan terakhir November 07, 2011, 09:22:21 AM
oleh Farabi