Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 04, 2022, 08:47:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 46
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 26
Total: 26

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

mau tanya nih

Dimulai oleh maulana altof, September 04, 2008, 02:57:25 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

maulana altof

 jujur aku masih bingung , sbenernya bumi yang mengelilingi matahari atau matahari yang mengelilingi bumi ?????
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Pi-One

Kutip dari: maulana altof pada September 04, 2008, 02:57:25 PM
jujur aku masih bingung , sbenernya bumi yang mengelilingi matahari atau matahari yang mengelilingi bumi ?????
Yang benar: keduanya saling kejar-kejaran...  ;D


lem

Bumi bergerak mengelilingi matahari.... dasar teorinya ada di link bawah ini...

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

ninja_sakti

Mungkin Bumi emang mengelilingi matahari, matahari mengitar2 di galaksi dan galaksi2 ngider2 di jagat raya.....
Kalo udah skalanya jagat raya/alam semesta, apakah bener kalo Bumi ini pusatnya alam semesta..?  :o  ???  :-X

lem

^^^
perlu diadakan konferensi sejadat raya yang dihadiri delegasi dari Mars, Jupiter, Galaksi Andromeda, Galaksi Ursa Minor, dsb .... untuk menjawab pertanyaan di atas... just kidding  ;D

Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

sinjotaro

yah jelas bumi mengelilingi mataharilah..

superstring39

#6
Semua gerak itu relatif, tergantung kerangka acuannya. kalo mau dibilang bumi yang mengelilingi matahari boleh, kalo mau dibilang matahari yang mengelilingi bumi juga boleh, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. berdasarkan Hukum Gravitasi Newton, baik bumi maupun matahari saling tarik-menarik dengan gaya yang sama besar.  :kribo:
Tapi kenapa para ilmuan sepakat bahwa bumi dan planet-planet lain mengelilingi matahari, tak lain dan tak bukan adalah dengan alasan penyederhanaan. kita tahu bentuk orbit planet mengelilingi matahari berbentuk elips. mungkin kalo dibuat bumi sebagai acuan maka bentuk orbitnya jadi tidak seragam, mungkin spiral atau bentuknya enggak teratur antar bentuk lintasan benda langit satu dengan yang lain.

lovianettesherry_gonz

pake celestial mechanism pasti bisa dijawab deh tuh pertanyaan ditambah embel-embel mekanika kuantum dan relativitas umum(jangan nanya gue..itu jawaban anak Nanyang) karena menurut embah mekanika kuantum, matahari ama bumi tuker-tukeran partikel yang bikin mereka saling mengelilingi(tergantung kerangka acuan relativitas khusus) yang namanya graviton atau gelombang gravitasi..menurut cicitnya cicitnya cucu Einstein, relativitas umum, yang begituan pake kelengkungan ruang waktu....

ksatriabajuhitam

Kutip dari: sinjotaro pada September 08, 2008, 03:12:56 AM
yah jelas bumi mengelilingi mataharilah..
hm, jelas apanya  ???

Kutip dari: superstring39 pada September 09, 2008, 02:47:28 PM
Semua gerak itu relatif, tergantung kerangka acuannya.
...
Tapi kenapa para ilmuan sepakat bahwa bumi dan planet-planet lain mengelilingi matahari, tak lain dan tak bukan adalah dengan alasan penyederhanaan.
...
saya sangat setuju  8)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

WfS

matahari merupakan pusat tata surya yang besar daya tarik matahari  dan dapat menjaga keseimbangan jalur orbit bumi :kribo:

8)emang bumi mampu ngejaga orbit matahari yang lebih besar massanya dari bumi