Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 08, 2021, 12:33:02 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mau tanya nih  (Dibaca 8383 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline maulana altof

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
mau tanya nih
« pada: September 05, 2008, 05:57:25 AM »
 jujur aku masih bingung , sbenernya bumi yang mengelilingi matahari atau matahari yang mengelilingi bumi ?????
-perjuangan itu sampai di gerbang surga-

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: mau tanya nih
« Jawab #1 pada: September 05, 2008, 06:41:11 AM »
jujur aku masih bingung , sbenernya bumi yang mengelilingi matahari atau matahari yang mengelilingi bumi ?????
Yang benar: keduanya saling kejar-kejaran...  ;D


Offline lem

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 8
Re: mau tanya nih
« Jawab #2 pada: September 05, 2008, 08:53:15 AM »
Bumi bergerak mengelilingi matahari.... dasar teorinya ada di link bawah ini...

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

Offline ninja_sakti

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • kalo malem, ngepet
Re: mau tanya nih
« Jawab #3 pada: September 07, 2008, 06:27:56 AM »
Mungkin Bumi emang mengelilingi matahari, matahari mengitar2 di galaksi dan galaksi2 ngider2 di jagat raya.....
Kalo udah skalanya jagat raya/alam semesta, apakah bener kalo Bumi ini pusatnya alam semesta..?  :o  ???  :-X

Offline lem

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 8
Re: mau tanya nih
« Jawab #4 pada: September 08, 2008, 02:58:34 AM »
^^^
perlu diadakan konferensi sejadat raya yang dihadiri delegasi dari Mars, Jupiter, Galaksi Andromeda, Galaksi Ursa Minor, dsb .... untuk menjawab pertanyaan di atas... just kidding  ;D


Offline sinjotaro

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
Re: mau tanya nih
« Jawab #5 pada: September 08, 2008, 06:12:56 PM »
yah jelas bumi mengelilingi mataharilah..

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: mau tanya nih
« Jawab #6 pada: September 10, 2008, 05:47:28 AM »
Semua gerak itu relatif, tergantung kerangka acuannya. kalo mau dibilang bumi yang mengelilingi matahari boleh, kalo mau dibilang matahari yang mengelilingi bumi juga boleh, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. berdasarkan Hukum Gravitasi Newton, baik bumi maupun matahari saling tarik-menarik dengan gaya yang sama besar.  :kribo:
Tapi kenapa para ilmuan sepakat bahwa bumi dan planet-planet lain mengelilingi matahari, tak lain dan tak bukan adalah dengan alasan penyederhanaan. kita tahu bentuk orbit planet mengelilingi matahari berbentuk elips. mungkin kalo dibuat bumi sebagai acuan maka bentuk orbitnya jadi tidak seragam, mungkin spiral atau bentuknya enggak teratur antar bentuk lintasan benda langit satu dengan yang lain.
« Edit Terakhir: September 10, 2008, 05:50:51 AM oleh superstring39 »

Offline lovianettesherry_gonz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 68
  • IQ: 6
  • Gender: Wanita
  • see the future,be the future
Re: mau tanya nih
« Jawab #7 pada: September 19, 2008, 10:14:19 AM »
pake celestial mechanism pasti bisa dijawab deh tuh pertanyaan ditambah embel-embel mekanika kuantum dan relativitas umum(jangan nanya gue..itu jawaban anak Nanyang) karena menurut embah mekanika kuantum, matahari ama bumi tuker-tukeran partikel yang bikin mereka saling mengelilingi(tergantung kerangka acuan relativitas khusus) yang namanya graviton atau gelombang gravitasi..menurut cicitnya cicitnya cucu Einstein, relativitas umum, yang begituan pake kelengkungan ruang waktu....

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: mau tanya nih
« Jawab #8 pada: September 22, 2008, 01:21:22 AM »
yah jelas bumi mengelilingi mataharilah..
hm, jelas apanya  ???

Semua gerak itu relatif, tergantung kerangka acuannya.
...
Tapi kenapa para ilmuan sepakat bahwa bumi dan planet-planet lain mengelilingi matahari, tak lain dan tak bukan adalah dengan alasan penyederhanaan.
...
saya sangat setuju  8)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline WfS

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: mau tanya nih
« Jawab #9 pada: Desember 01, 2008, 12:31:06 AM »
matahari merupakan pusat tata surya yang besar daya tarik matahari  dan dapat menjaga keseimbangan jalur orbit bumi :kribo:

 8)emang bumi mampu ngejaga orbit matahari yang lebih besar massanya dari bumi

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
26 Jawaban
19557 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2008, 06:48:15 PM
oleh reborn
3 Jawaban
6252 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2009, 10:26:34 AM
oleh sisca, chemistry
0 Jawaban
2959 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2011, 12:11:00 PM
oleh zilonks
0 Jawaban
1905 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 10:41:09 PM
oleh jaxaza1
0 Jawaban
8936 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2020, 03:09:38 AM
oleh Dhiko JangJaya Putra