Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 08:55:31 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mengamati Lubang Hitam dengan Menggunakan Teleskop Rumahan  (Dibaca 17726 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Mengamati Lubang Hitam dengan Menggunakan Teleskop Rumahan
« pada: Januari 17, 2016, 02:59:06 AM »
sumber berita disini. sekalian yang pake bahasa inggris

Mengamati Lubang Hitam dengan Menggunakan Teleskop Rumahan

Anda hanya membutuhkan teleskop 20 cm untuk mengamati lubang hitam aktif terdekat

Sebuah tim peneliti melaporkan bahwa aktivitas lubang hitam dapat diamati melalui sinar terlihat, sehingga yang Anda butuhkan hanya teleskop 20 cm untuk mengamati lubang hitam aktif terdekat.

Sebuah tim peneliti internasional melaporkan bahwa aktivitas fenomena lubang hitam dapat diamati dengan sinar yang tampak selama ledakan, di mana cahaya berkedip-kedip yang muncul dari gas sekitar lubang hitam merupakan indikator langsung. Hasil penelitian tim ini diterbitkan di jurnal Nature, menunjukkan bahwa sinar optik dan bukan hanya sinar-X menyediakan data pengamatan yang dapat diandalkan untuk aktivitas lubang hitam.

"Kami sekarang tahu bahwa kita dapat melakukan pengamatan berdasarkan sinar optik – cahaya yang tampak, dengan kata lain, lubang hitam dapat diamati tanpa spec tinggi X-ray atau sinar gamma teleskop," jelas penulis utama, Mariko Kimura, mahasiswa master di Universitas Kyoto.

Setelah beberapa dekade, pada binari lubang hitam terjadi ledakan, di mana sejumlah besar energi (termasuk sinar-X) dipancarkan melalui zat yang jatuh ke dalam lubang hitam. Lubang hitam biasanya dikelilingi oleh piringan akresi, di mana gas dari sebuah bintang pendamping secara perlahan ditarik ke lubang dalam pola spiral. Kegiatan lubang hitam biasanya diamati melalui X-ray, yang dihasilkan bagian dalam dari piringan akresi, di mana suhu mencapai 10 juta derajat Kelvin atau lebih.

V404 Cygni, salah satu binari lubang hitam yang dianggap paling terdekat dengan Bumi, "bangun" setelah 26 tahun dormansi pada 15 Juni 2015, karena mengalami ledakan tersebut.

Dipimpin oleh para astronom dari Universitas Kyoto, tim berhasil memperoleh jumlah data yang belum pernah terjadi sebelumnya pada V404 Cygni. Mereka mendeteksi pola berulang memiliki rentang waktu dari beberapa menit hingga beberapa jam. Tim menemukan, pola fluktuasi optik berkorelasi dengan sinar-X.

Berdasarkan analisis data pengamatan optik dan X-ray, para astronom Kyoto dan kolaborator mereka di badan antariksa nasional JAXA, laboratorium nasional RIKEN, dan Hiroshima University menunjukkan bahwa cahaya berasal dari sinar-X yang muncul dari wilayah terdalam dari piringan akresi di sekitar lubang hitam. Sinar-X ini menyinari wilayah luar dari piringan, sehingga memancarkan sinar optik, dengan demikian menjadi terlihat dengan mata manusia.

Pengamatan ledakan, para peneliti mengatakan, adalah buah dari kerjasama internasional di negara-negara dengan zona waktu yang berbeda.

"Bintang hanya dapat diamati setelah gelap, dan ada begitu banyak jam setiap malam, tapi dengan membuat pengamatan dari lokasi yang berbeda, di seluruh dunia, kami dapat mengambil data yang lebih komprehensif," kata rekan penulis, Daisaku Nogami. "Kami sangat senang bahwa dengan jaringan pengamatan internasional ini, kami bisa bersama-sama mendokumentasikan peristiwa langka ini."

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa variasi berulang terjadi pada tingkat pertambahan massa lebih rendah dari sepersepuluh yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa kuantitas tingkat pertambahan massa bukanlah faktor utama yang memicu aktivitas berulang di sekitar lubang hitam, melainkan periode orbit yang lebih panjang.

(K.N Rosandrani/Science Daily)

jadi penasaran berapa harga teleskop mini ya? soalnya bosen liat langit pemandangannya itu-itu mulu :D
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Mengamati Lubang Hitam dengan Menggunakan Teleskop Rumahan
« Jawab #1 pada: Januari 17, 2016, 10:08:39 AM »
hush, jangan bilang lubang hitam ada meskipun pake pengamatan banyak instrumen. soalnya udah ada "bukti" bahwa itu cuma pusat massa galaksi? buktinya ya gambar ilustrasi pusat massa dari binary stars. ;D
pengamatan dengan peralatan canggih ditambah perhitungan detail akan dijawab dengan argumen simple :

"cuma percaya, asumsi, mungkin" kemudian langsung dicemooh!

jadi jangan bilang lubang hitam ada. nanti disangka cari pembenaran Relativitas Einstein lho :)
waspada, bro! :D
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 110
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
Re:Mengamati Lubang Hitam dengan Menggunakan Teleskop Rumahan
« Jawab #2 pada: Agustus 05, 2016, 10:52:37 PM »
hush, jangan bilang lubang hitam ada meskipun pake pengamatan banyak instrumen. soalnya udah ada "bukti" bahwa itu cuma pusat massa galaksi? buktinya ya gambar ilustrasi pusat massa dari binary stars. ;D
pengamatan dengan peralatan canggih ditambah perhitungan detail akan dijawab dengan argumen simple :

"cuma percaya, asumsi, mungkin" kemudian langsung dicemooh!

jadi jangan bilang lubang hitam ada. nanti disangka cari pembenaran Relativitas Einstein lho :)
waspada, bro! :D

cuma orang picik saja yang seenaknya berkata lubang hitam tidak ada cuma karena relativitas terbukti/dianggap salah, mengabaikan fenomena2 yang ditemukan para ilmuwan. kalau pun relativitas salah bukan berarti lubang hitamnya tidak ada. hanya saja tidak seperti yang digambarkan selama ini. cuma ada karena ilmuwan berkata "asumsi" atau "percaya" bukan berarti bisa ditendang begitu saja klaim lubang hitam itu. lalu bagaimana menjelaskan fenomena2 yang ditemukan para ilmuwan tsb? apa dengan seenaknya aja berkata itu cuma "supranatural" atau "pusat massa galaksi"?

apa dengan menghilangkan kata "percaya" atau "asumsi" lantas dengan seenaknya teori itu bisa dibilang "fakta"?
sekalian aja kita katakan bidadari lesbi atau malaikat homo itu nyata. terus hubung-paksakan dengan temuan2 para ilmuwan.

emang susah diskusi sama orang picik karena argumen mereka begitu tololnya sampe2 harus menyangkal fakta bahkan memutar-balikkan fakta kemudian dengan pongahnya berkata seolah-olah bisa menjelaskan dengan ilmiah. orang kaya gitu cuma memicu debat kusir nggak bermutu. nggak ada gunanya diskusi dengan mereka. karena mereka hanya mencari pembenaran imannya saja.

kita nggak perlu memulai argumen baru manakala kita berdiskusi dengan mereka karena mereka tidak pernah menjelaskan secara ilmiah apalagi membuktikan mereka benar. kita sudah tunjukkan fakta. kalau mereka menyangkal berarti mereka pemicu debat kusir!
tidak ada yang menjawab mereka bukan berarti mereka benar, lebih tepatnya mereka keras kepala pada kepicikan mereka sehingga bikin orang males diskusi dengan mereka.

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Mengamati Lubang Hitam dengan Menggunakan Teleskop Rumahan
« Jawab #3 pada: September 06, 2016, 05:25:28 AM »
yup. betul.
kalo pun relativitas salah gak berarti lubang hitam tidak ada. cuma tidak seperti yg digambarkan selama ini. tidak bisa seenaknya aja mengabaikan temuan-temuan para ilmuwan.

pemicu debat kusir ketika argumen sampah dipake untuk diskusi ilmiah. bukan cuma argumennya aja yg sampah tapi yg dicoba untuk dibantah adalah fakta. tentu saja dengan jurus-jurus ngawurnya yaitu memanfaatkan masalah sains untuk menggugurkan fakta. ditambah dengan penjelasan ngawur untuk membela iman membabi-butanya.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
lubang hitam

Dimulai oleh alf Fisika

1 Jawaban
3732 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2009, 08:03:35 AM
oleh ksatriabajuhitam
3 Jawaban
5584 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 06, 2009, 10:56:25 PM
oleh stevanus88
2 Jawaban
3469 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 31, 2009, 10:24:25 PM
oleh Haryanto
25 Jawaban
16947 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 01, 2012, 12:47:49 PM
oleh Ammar18
4 Jawaban
108124 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 18, 2016, 03:46:39 AM
oleh Haryanto