Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 04:13:16 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 80
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

mengapa matahari bercahaya sedang bumi tidak?

Dimulai oleh utusan langit, Maret 20, 2009, 01:14:47 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

sebelumnya nama material yang mengalami big bang itu apa?


1. mengapa matahari bercahaya sedangkan bumi tidak, padahal sama-sama hasil dari suatu material yang sama pada proses big bang?
2. apakah matahari dan bumi(atau planet yang lain) tidak berasal dari material yang sama?
3. jika berasal dari asal yang sama (material yang kemudian pecah pada big bang) mengapa matahari dan bumi memiliki struktur komposisi yang berbeda?

mari berdiskusi

Pi-One

Yang jelasnya sih matahari memiliki cukup massa sehingga bisa melakukan reaksi fusi (yang menimbulkan panas dan cahaya), sementara bumi tidak. begitu juga jupiter, yang bisa kita sebut sebagai 'bintang gagal', karena tidak punya cukup massa untuk melakukan reaksi fusi.


nandaz

kalo boleh tanya, apa disetiap galaksi juga bintangnya(mataharinya) juga dikelilingi oleh palnet2 atau asteroid...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

utusan langit

apakah massa adalah kunci utama suatu benda (planet misalnya) untuk menjadi bintang?

m_370_n

kalau menurut aku bumi diselubungi olek kerak bumi dan inti bumi tertutup. sedangkan matahari tidak diselubungi.

Pi-One

Kutip dari: nandaz pada Maret 25, 2009, 11:44:07 PM
kalo boleh tanya, apa disetiap galaksi juga bintangnya(mataharinya) juga dikelilingi oleh palnet2 atau asteroid...?
Tidak setiap bintang dikelilingi oleh planet, ada yang punya planet, ada juga yang tidak. Ada juga yang dikelilingi oleh planet gagal (nampaknya gagal menjadi planet, dan hanya menyisakan pecahannya saja). Ada juga sistem bintang yang merupakan binari (2 bintang sekaligus) atau lebih.

Dan entah memang aturannya begitu atau tidak, planet dengan massa/ukuran yang besar, jauh lebih besar dari bumi, biasa berwujud planet gas. Sementara planet yang lebih kecil biasa merupakan planet batuan...

Kutip dari: utusan langit pada Maret 26, 2009, 06:05:01 AM
apakah massa adalah kunci utama suatu benda (planet misalnya) untuk menjadi bintang?
Entah apa bisa disebut kunci atau tidak. Tapi sebuah bintang memang memerlukan jumlah massa tertentu agar bisa melakukan reaksi fusi...

nandaz

reaksi fusi yang menggabungkan atom2 kecil jadi besar....kalo boleh tau katanya ada banyak energi yang hilang akibat reaksi ada sekitar 60% energi kembali ke asalnya(matahari), 40% energi hilang pergi ke luarangkasa untuk seperti memanaskan planet lain ato menyinarinya....betulkah?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

nandaz

Kutip dari: nandaz pada Maret 27, 2009, 11:18:16 AM
reaksi fusi yang menggabungkan atom2 kecil jadi besar....kalo boleh tau katanya ada banyak energi yang hilang akibat reaksi ada sekitar 60% energi kembali ke asalnya(matahari), 40% energi hilang pergi ke luarangkasa untuk seperti memanaskan planet lain ato menyinarinya....betulkah?
barusan dapat dari buku sekolah....bahwa reaksi fussion dimatahari yang berpola

11H  + 11H  +10n  +10n => 42He

637 juta ton hidrogen berubah menjadi 633 juta ton helium tiap detik di matahari...empat juta ton lainnya hilang berubah menjadi energi (E=mc2) berupa sinar matahari yang dipancarkan ke segenap penjuru tata surya, wah ini baru bener... kemarin missconcept
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

utusan langit

wah kalau massa matahari


dan hilang 4 juta ton perdetik
berarti matahari akan habis dalam kurang dari 1.500 triliyun tahun!
hmmmf............................

nandaz

...boleh juga tuh analisisnya.....jadi kesimpulannya masih lama.... ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

superstring39

Kutip dari: utusan langit pada Maret 28, 2009, 04:29:21 PM
wah kalau massa matahari


dan hilang 4 juta ton perdetik
berarti matahari akan habis dalam kurang dari 1.500 triliyun tahun!
hmmmf............................
kayaknya waktu habisnya bahan bakar enggak se-linear itu deh. nanti ada suatu saat dimana walaupun di matahari masih mengandung hidrogen namun sudah tidak bisa melakukan reaksi fusi lagi karena massanya enggak cukup.

utusan langit

emang sih, tapi berhubung saya nggak tahu massa minimum yang diperlukan untuk melakukan reaksi fusi, maka saya menggunakan cara linear dulu,

tahukah massa minimum untuk melakukan reaksi fusi?

Pi-One

Kutip dari: utusan langit pada Maret 31, 2009, 04:41:40 PM
emang sih, tapi berhubung saya nggak tahu massa minimum yang diperlukan untuk melakukan reaksi fusi, maka saya menggunakan cara linear dulu,

tahukah massa minimum untuk melakukan reaksi fusi?

Tepatnya massa minimum untuk memulai reaksi fusi. Kalo gak salah setelah hidrogen habis, yang berikutnya difusikan adalah helium?

nandaz

Kutip dari: Pi-One pada April 01, 2009, 03:53:46 PM
Tepatnya massa minimum untuk memulai reaksi fusi. Kalo gak salah setelah hidrogen habis, yang berikutnya difusikan adalah helium?
apa helium menghasilkan helium...?ngga deh sepertinya,... boleh tau persamaan reaksinya...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

dark_nekron

setahu saya reaksi fusi itu bukan memerlukan massa minimum.. tapi memerlukan suhu minimum untuk terjadinya reaksi fusi. seperti pada bom hidrogen yang menggunakan reaksi fusi untuk ledakannya yang mana pemicu reaksi fusinya menggunakan reaksi fisi. kan walaupun sebesar roket bisa saja menghasilkan reaksi fusi... massa hanya digunakan untuk mencegah plasma dalam reaksi fusi tidak berhamburan keluar. seperti pada reaktor ITER diperlukan kumparan toroidal poloidal untuk menahan aliran plasma...
[move]......i'am still stupid..... and always stupid......[/move]
----ORANG GENDENG----