Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 08, 2023, 12:06:39 AM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 51
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

musim peralihan sudah hilang?

Dimulai oleh utusan langit, Desember 10, 2008, 06:20:29 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

tahun ini di daerah saya (TUBAN), sudah tidak lagi ada yang namanya musim peralihan dari kemarau ke musim hujan, penyababnya kira-kira apa ya(berhubungan dengan global worming)???

superstring39

global worming ??? worm=cacing, berarti global worming = cacingan massal dunk  ;D ;D ;D b'canda koq

kayaknya dimana-mana di indonesia juga kayak begitu koq, enggak cuma di Tuban doank. seminggu hujan seminggu panas besoknya lagi hujan lagi kayaknya sekarang musim hujan dan musim panas udah enggak teratur lagi.

biobio

iya...aneh bgt neh,kacau sekali musimnya,korbannya bunga desember yg byk ditanam di dpn rumahku..bulan oktober udah berbunga,mungkin korban dari bergesernya musim.bingung kali ya?
"The pen is mightier than the sword"

utusan langit

iyah ni,... yang katanya Desember (Gedhe-gedhenya sumber) malah nggak ada sumber,..
mungkin entar Janusri (hujan sehari-hari) hanya bakal terjadi di beberapa daerah saja (sampai bah),.. hmmmf,...

biobio

emang di tuban bulan ini gmn cuacanya? Di sby aneh bgt neh,kdg2 ujan deres,kdg2 panas bgt.emg penyebabnya apaan?anda kan utusan langit,harusnya tau dong.ha3
"The pen is mightier than the sword"

utusan langit

di tuban, sama, sehari ujan besoknya panas banget,.. terus kadang angin nyamber gedhe banget lagi,...

ini terjadi karena kadar CO2 udah bertambah banyak dari sebelumnya,

biobio

Kutip dari: utusan langit pada Desember 22, 2008, 08:39:49 PM
di tuban, sama, sehari ujan besoknya panas banget,.. terus kadang angin nyamber gedhe banget lagi,...

ini terjadi karena kadar CO2 udah bertambah banyak dari sebelumnya,
wah,apa tuh hubungan meningkatnya CO2 ma ga ada hujan?g ngrti..
"The pen is mightier than the sword"

Soul Vanisher

Wah ... di Kediri juga. Sehari hujan, tiga minggu panas. Cuma karena sekarang sudah bulan Januari, malah hujan tiap hari, di siang bolong pula --a Saya yang masih sekolah ini kadang kelimpungan juga ...

lesley kish

di palembang juga
bulan desember kemarin sumur agak susah air
padahal kan ada sungai musi
e..yang katanya banyak hujan juga g turun-turun

bahkan berapa banyak sawah di sini puso
nah utusan langit tolong dong tanyain ma langit yang mengutusmu?
ada..apa..
ada..apa..ini..

MilkShake

kalo di jakarta perasaan malah hujan terus
ampe bingung gw kpn musim kemaraunya  ;D
habis walo sering hujan, panas-nya juga ampun-ampunan :o

utusan langit

Kutip dari: biobio pada Desember 23, 2008, 07:24:18 AM
wah,apa tuh hubungan meningkatnya CO2 ma ga ada hujan?g ngrti..

kadar CO2 kan sebagai tolak ukur Global warming,.. hehehe,...
gimana nasib bumi ini,..
jangan jangan *nantinya hanya tinggal musim hujan saja, atau kemarau saja,... hmmmf*

biobio

Kutip dari: utusan langit pada Januari 09, 2009, 02:11:39 AM
kadar CO2 kan sebagai tolak ukur Global warming,.. hehehe,...
gimana nasib bumi ini,..
jangan jangan *nantinya hanya tinggal musim hujan saja, atau kemarau saja,... hmmmf*
Emangnya global warming berarti jarang turun hujan? Bukannya kalau suhu lingkungan meningkat, akan banyak penguapan sehingga hujan juga akan semakin sring tejadi? hehehe...
"The pen is mightier than the sword"

The Houw Liong

#12
Cuaca/iklim memang sangat kompleks karena dipengaruhi oleh faktor global dan regional, seperti ENSO, IOD dan MJO, namun musim peralihan tetap ada di pulau Jawa , Oktober November adalah peralihan ke musim hujan, dan April , dan Mei adalah peralihan ke musim kemarau.
HouwLiong

utusan langit

tapi biasanya di daerah saya setiap musim peralihan (musim laboh nama di tempat saya) di tandai dengan keluarnya laron dalan jumlah yang sangat banyak,.. tapi kemaren hanya tinggal beberapa saja,...
bagaimana? kata embahku, alam memberitahukan semua yang akan terjadi,....

biobio

Kutip dari: utusan langit pada Januari 09, 2009, 06:25:13 PM
tapi biasanya di daerah saya setiap musim peralihan (musim laboh nama di tempat saya) di tandai dengan keluarnya laron dalan jumlah yang sangat banyak,.. tapi kemaren hanya tinggal beberapa saja,...
bagaimana? kata embahku, alam memberitahukan semua yang akan terjadi,....
rasanya saya sdh pernah ngepost tentang perubahan etologi serangga yg bs dijadikan pertanda ilmiah akan kejadian alam trtentu.disini atau di forum lain ya? Btw di rumahku msh byk keluar laron,aq tangkapi buat dikasihkan kalajengking2 ku...Utusan langit,di tuban blm hujan sm sekali?di sby banjir total.
"The pen is mightier than the sword"