Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 21, 2021, 03:01:33 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 180
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?  (Dibaca 35839 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

DeJoko

  • Pengunjung
Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« pada: Februari 03, 2007, 10:10:10 AM »
Saya dapet postingan dari milis anak astronomi ITB,,,
Begini bunyinya...

"Ternyata memang dari dulu berubah... dari kita lahir pun sudah
berubah...ini fakta..
karena ini baru disesuaikan tahun 2000, sebelumnya tahun 1950.
Sekedar info...

1. Capricornus 21 Jan - 16 Feb (26 hari)
2. Aquarius 16 Feb - 11 Maret (24 hari)
3. Pisces 11 Mar - 18 April (38 hari)
4. Aries 18 april - 13 Mei (25 hari)
5. Taurus 13 Mei - 22 Jun (40 hari)
6. Gemini 22 Jun - 21 Jul (29 hari)
7. Cancer 21 Jul - 10 Ags (20 hari)
8. Leo 10 Ags - 16 Sep (37 hari)
9. Virgo 16 Sep - 31 Okt (45 hari)
10. Libra 31 Okt - 23 Nov (23 hari)
11. Scorpius 23 Nov - 29 Nov (6 hari)
12. Ophiuchus 29 Nov - 18 Des (19 hari)
13. Sagitarius 18 Des - 21 Jan (34 hari)

Sooo.... siapa aja yang berubah zodiaknya?
Perubahan itu ga mendadak, dikit-dikit. ..
perubahan akibat berubahnya rotasi bumi dan gerak bumi keliling
matahari pun berubah sedikit...
Biasanya memang tiap 50 tahun sekali kalender astronomi dikoreksi,,, ,
yang selama ini kita tahu itu jaman Yunani dulu... jadi sudah lama
buaaaanget.. ."

Begitu bunyinya....
Ada yang percaya ga??
Kalo diperhatiin, zodiaknya jadi ada 13, yang paling baru Ophiuchus,
apaan lagi tuh???? ???

  sigit kusumawijaya, BSc.

  architect, designer & videographer
MSc. Urbanism, TU Delft, THE NETHERLANDS

 :-*
DeJoko

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #1 pada: Februari 03, 2007, 05:40:23 PM »
walah hahaha... emang ga pernah perhatiin zodiak sih, tapi menarik ini. Saya jadi Leo dong, bukan Virgo lagi :p

DeJoko

  • Pengunjung
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #2 pada: Februari 03, 2007, 09:27:13 PM »
Kutip
walah hahaha... emang ga pernah perhatiin zodiak sih, tapi menarik ini. Saya jadi Leo dong, bukan Virgo lagi

Apalagi saya ???
Dari Aries :D menjadi Pisces  :-*
makanya kok jadi kewanita-wanitaan ya?  ;D

 :-*
DeJoko

Offline tommy

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 0
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #3 pada: Februari 15, 2007, 01:29:30 AM »
Kalo ini gue quote dari detik.

Menurut gue sih memang wajar kalo lama hari bahkan bentuk rasi berubah2, orang namanya juga "mengapung" di udara.

Tapi dari petikan di bawah dan di TV juga, memang sudah jadi sifat orang untuk status quo, tidak mau berubah, tidak mau diganti, nyaman dengan keadaan sekarang, betul kan bung admin dan bung de joko?  ;D


detikNews
12/02/2007 11:39 WIB
Kepala Boscha: Perubahan Rasi Zodiak Tidak Terkait Astrologi

12/02/2007 11:23 WIB
Syalalalala Mana Bintangmu.....
Fitraya Ramadhanny - detikcom

Jakarta - Syalalalala mana bintangmu... syalalalala ini bintangku... marilah kita coba menebak pribadimu pribadiku ....

Usai banjir, pada Senin (12/2/2007) ini tentunya tidak salah Anda mendendangkan lagu beken era '80-an yang
dipopulerkan oleh Heidy Diana ini. Sekalian untuk nostalgia.

Lagu itu, meski banyak orang yang tidak mengindahkan ramalan bintang, tetap saja selalu dinikmati sembari mengingat-ingat zodiak kita. Wajar saja, sebab nyaris semua orang hafal benar dengan nama zodiaknya.

Taaapi....informasi yang beredar dari milis ke milis menyebutkan rasi bintang/zodiak saat ini telah berubah. Isinya cukup meyakinkan karena menyebut lembaga berkompeten, Astronomi ITB. Karena isinya cukup menarik, maka seringkali si penerima pesan akan mem-foward-nya ke kenalannya. Alhasil, informasi itu menyebar bak bola liar.

Informasi perubahan zodiak yang tersebar di dunia maya itu berbunyi:
"Ternyata memang dari dulu sudah berubah....kayaknya dari kita lahir pun sudah berubah...karena ini baru disesuaikan thn 2000, sebelumnya thn 1950. Sekedar info......(walau nggak ada hubungannya dengan arsitektur):

1. Capricornus 21 Jan - 16 Feb (26 hari)
2. Aquarius 16 Feb - 11 Mar (24 hari)
3. Pisces 11 Mar - 18 Apr (38 hari)
4. Aries 18 Apr - 13 Mei (25 hari)
5. Taurus 13 Mei - 22 Jun (40 hari)
6. Gemini 22 Jun - 21 Jul (29 hari)
7. Cancer 21 Jul - 10 Ags (20 hari)
8. Leo 10 Ags - 16 Sep (37 hari)
9. Virgo 16 Sep - 31 Okt (45 hari)
10. Libra 31 Okt - 23 Nov (23 hari)
11. Scorpius 23 Nov - 29 Nov (6 hari)
12. Ophiuchus 29 Nov - 18 Des (19 hari)
13. Sagitarius 18 Des - 21 Jan (34 hari)

Sooooo...siapa aja yg berubah zodiaknya?

Perubahan itu tidak mendadak, dikit2....perubahan akibat berubahnya rotasi bumi dan gerak bumi keliling mataharipun berubah sedikit.

Biasanya memang tiap 50 thn sekali kalender astronomi di koreksi, yg selama ini kita tau itu jaman yunani dulu.....jadi sudah lama buaaaanget.."

Demikian isi dari informasi yang beredar di berbagai milis. Jika diperhatikan baik-baik, zodiak di atas ada 13. Yang terbaru adalah Ophiuchus. Wah apa lagi ya ini?

Tidak Mau Pindah

Meski banyak yang tidak percaya para ramalan bintang, namun isu zodiak ganti tanggal tetap menarik hati. Banyak penerima e-mail tentang hal itu yang kemudian mencocokkan tanggal lahirnya dengan zodiak edisi revisi. "Saya Leo, kok sekarang jadi Cancer? Saya nggak mau, enak saja ganti-ganti," komentar Ani, warga Condet, Jakarta Timur.

Anwar, warga Kramatjati juga emoh. "Bintang saya Capricornus, masak jadi Sagitarius, nggak mau saya," ujarnya.

"Wew...klo di perbatasan..masuknya yg mana ya? Aku antara sagitarius dan ophiuchus....apa ya ophiuchus?" begitu komentar yang muncul di forum situs STT Telkom.

Zodiak Anda berubah apa sekarang?(fay/nrl)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #4 pada: Februari 15, 2007, 02:04:22 PM »
Kalo ini gue quote dari detik.

Menurut gue sih memang wajar kalo lama hari bahkan bentuk rasi berubah2, orang namanya juga "mengapung" di udara.

Tapi dari petikan di bawah dan di TV juga, memang sudah jadi sifat orang untuk status quo, tidak mau berubah, tidak mau diganti, nyaman dengan keadaan sekarang, betul kan bung admin dan bung de joko?  ;D

Berhubung virgo itu romantis dan menawan, gw status quo ;D

DeJoko

  • Pengunjung
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #5 pada: Februari 17, 2007, 09:05:59 AM »
Bagaimana ya, kalau sifat-sifat saya sudah hijrah ke Pisces...  ::)
Apakah saya masih tetap bersikukuh dengan Aries?  ???

 :-*
DeJoko

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #6 pada: Februari 17, 2007, 09:11:56 AM »
Lho om, emang kalo kita Pisces harus bersifat Pisces ???

jovian

  • Pengunjung
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #7 pada: Februari 17, 2007, 01:08:57 PM »
Penasaran...  Iseng2 googling nemu ini....

http://mutoha.blogspot.com/2007/02/ophiuchus-zodiak-ke-13.html

Saya jadi sempet mikir2 bener nggak .. tul nggak  tu yg dia omongin...???

Dipikir-pikir betul jg napa Tuhan cuman bagi nasib manusia 12 karakter... naif amat....  amat aja nggak naif.. :'(

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #8 pada: Februari 17, 2007, 03:13:43 PM »
astrologi beda lho sama astronomi. Ini arahnya udah lebih ke astrologi yahh ???

DeJoko

  • Pengunjung
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #9 pada: Februari 18, 2007, 11:25:59 PM »
Kutip
Lho om, emang kalo kita Pisces harus bersifat Pisces  ???
Yang saya tahu ada yang Pisces sejati dan Pisces banci. Banci karena dipengaruhi oleh zodiak tetangganya atau lainnya.

 :-*
DeJoko

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Rasi bintang zodiak baru Ophiuchus
« Jawab #10 pada: Februari 25, 2007, 05:12:09 PM »
Penasaran sama rasi bintang/zodiak baru si Ophiuchus.

ini pic Ophiuchus yg dibuat Johannes Kepler :



Versi Wiki Ophiuchus
pendapat Taufiq Hidayat (Kepala Observatorium Bosscha Departemen Astronomi, FMIPA, ITB) baca di Republika
Skywatch coba liat wikisky.org

Singkatnya begini (versi astrologi) :

The Legend of Ophiuchus the Serpent Bearer

Ophiuchus and the Serpent: this constellation along the southern horizon shows a giant holding a poisonous serpent while standing on the back of the scorpion. The star group actually ncludes two constellations that intersect each other, Ophiuchus and Serpens. When attempting to locate the constellation, draw an imaginary line from Antares to Vega and another from Altair to Arcturus. The intersection of the lines incorporate two stars that represent the heads of Ophiuchus and Hercules.

Mesopotamia
: at about 3500 BC, Ophiuchus was in opposition to the sun on the night of the spring equinox as visible from a position of 35° north latitude. This is the position of the Euphrates River. The giant would have been symbolically triumphant over the lords of darkness as represented by Scorpius at his foot and Serpens in his hands. In 2700 BC, the serpent within this constellation aligned with the position of the celestial equator, changing direction where it intersected the meridian. The head of the serpent was on the zenith on the night of the equinox. See the Mesopotamian legends of Draco and Hydra.

Greece
: Apollo's wife Coronis was unfaithful to him while he was away at Delphi. She took as her lover Ischys. When he returned and learned of her infidelity from the crow Corvus, Apollo struck her dead and removed the child in her womb. The boy, Asclepius was given to the centaur Chiron to be raised and taught the mysteries of medicine. Asclepius became the greatest surgeon and healer of his time and learned to mix medicines from the poisons of snakes and plants. One of his mixtures caused the recently deceased to rise from the realm of Hades infuriating the god of the dead. Hades asked Zeus to stop Asclepius and he was struck down with a thunderbolt. In pity Zeus restored him to life making him an immortal. He was placed in the sky with a serpent as representative of his pharmaceutical talents. See the Greek legends of Centaurus, Corvus, Hydra and Sagitta.

Arabia: this constellation was combined with that of Hercules and called al-Raudah, the Pasture. This area of the sky represented a shepherd, his dog and flock of sheep.

More pics :



M31L

  • Pengunjung
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #11 pada: Maret 10, 2007, 09:29:49 AM »
mak....kalo zodiak bener2 brubah rarti buku asrology tahun ini ga berlaku donkk????
yg bener ni....
w ga mau jadi aries...
w mau taurus!!! taurus 4eva... hikz2.. :'(

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #12 pada: Februari 09, 2008, 01:58:22 PM »
Waduh masa aku dari scorpio ke virgo. Dari yang cowo banget ke cewe banget.
Trus kalo ramalan astrologi yang beredar itu apa uadah pake peraturan baru ini.
kalo aku mau baca ramalanku aku musti baca yang scorpio apa yang virgo ya?
Ayo siapa yang dapet Ochiuchus, barang baru nih, rusak bisa kembali, garansi satu taon.
Hehehe............ ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

Offline DBoww

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #13 pada: April 10, 2008, 12:54:23 AM »
untung aku masih jadi leo he..he..he
tapi aku dah gak bklan masuk ke virgo lagi ;D ;D

tapi sifat ma bintang kgk bklan ngaruh!!

tapi klo dipikirin trus2an kyaknya bakalan ngaruh!!
coz it's the power of sugestion

tapi sipat2 opiuchus ky apa yah??

Offline stupid_idiot

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
Re: Rasi bintang zodiak udah berubah jauh?
« Jawab #14 pada: April 18, 2008, 11:11:47 AM »
Setauku dr sma memang letak rasi bintang ini berubah-ubah. Tapi masih gak ngerti kenapa sih rasi bintang ini dihubung-hubungkan sama ramalan, ada yg tau sejarah astrologi gak?
~~stupid-idiot~~

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
8123 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2016, 01:51:47 PM
oleh Monox D. I-Fly
6 Jawaban
35246 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2010, 05:07:44 AM
oleh botrezkii
0 Jawaban
4705 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2010, 04:04:04 AM
oleh Prasuke
3 Jawaban
3852 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2014, 07:14:16 AM
oleh aidem96
0 Jawaban
20899 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2016, 08:46:59 PM
oleh Farabi