Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 08, 2023, 01:34:25 AM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 45
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

revolusi benda langit

Dimulai oleh luth, Mei 19, 2009, 08:02:24 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

luth

sori orang awam mo nanya

1. semua benda langit itu berevolusi kan?
kayak bumi berevolusi pada matahari,,

2. nah kata astront ternyata matahari juga berevolusi kan ya(al-qur'an jg blg gtu ;D :P)
na itu ada yang tahu ngga matahari berevolusi pada apa?,,
dan yang saya bingung lagi,,
kalo bumi berevolusi, sementara matahari berevolusi juga,,tu gmana jadinya,,
saya pernah coba ngayal gambar2 gitu di kertas (evolusi bumi dan matahari),,tp jadi bingung sendiri,,,
kayanya aneh dan ribet gitu,klo dua2nya berevolusi,pergerakannya jd makin rumit,,coba deh,
hehe,, ;D,,tp mungkin ini cuma kesalahan saya saja ya dlm menggambarkannya,,

tmn2 ada yang bisa menjelaskan ttg hal itu?
en trima kasih sebelumny,, :)
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

skuler

yg gw tau, smua isi jagad raya ini berotasi n berevolusi sambil trus mengembang dan menjauh... masalah mahatari berevolusi terhadap siapa, gw ga tau...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

luth

nah itu dia,klo semuanya berevolusi ..
sistem pergerakannya gimana ya?,
maksudnya atas dasar apa sesuatu itu berevolusi pada benda lngit yg lain,,,
klo ga salah atas dasar gravitasinya ya?cmiw,,
apa ada suatu sistem yg teratur gitu dalam hal pergerakan benda2 langit,,

apa kaya gini ni sistem pergerakanya,,
misal bumi evolsi ke matahari,,trus matahari evolusi beserta semua bintang lain di bimasakti  itu berevolusi ke cluster2,,trus kira2 pusat dari segala pusat apa ya,,,yg dikelilingi o/ semua benda langit,,??????,,

waaaah pusing mikirinny ???  :-\ :-\
bantuin doooongg...
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

HyawehHoshikawa

teorinya sih pusat dari segala pusat itu ga ada,
intina alam semesta itu 4dimensi(quote plg gw suka: alam semesta itu terhingga tapi tak berbatas), sementara kita cuman ada diruang 3d.
jadi analoginya kayak kalo' kita jalan kearah yang sama dialam semesta itu,
kayak kalo' kita ada dibumi(3d) jalan terus ke depan(2d) ga bakal ketemu ujungnya
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

luth

jdi pusat dari segala pusat tak ada?,,ok d

lalu apakah nasa pernah membahas hal ttg sistem pergerakan benda2 langit?,apa nasa sudah tahu ke mana matahari berevolusi?,
apakah nasa pernah menggambarkan bagaimana bumi bergerak/berevolusi sementara itu matahari bergerak/berevolusi jga?
bagaimana itu jadinya?
seperti yg sebelumnya saya bilang,,
tampaknya rumit juga ya klo digambarkan sistem pergerakan benda2 langit,,
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

HyawehHoshikawa

#5
haaa?...NASA pernah nggambar apa belom sih sya ndak tw-_-, tapi...
apa bedanya menggambarkan pergerakannya mereka(bumi dan matahari) ama nggambar pergerakan bumi dan bulan(dengan pusat matahari) paling cuman ukuran doang.

Kutipna itu ada yang tahu ngga matahari berevolusi pada apa?,,
matahari nglilingi apaan sih gw ga tau, tapi menurut teori sih, (biasanya) pusat dari supermassive galaxy tu blackhole, lupa gw yang ga supermassive apaan, tapi tetep, kalo' alam semestanya ngga ada pusat.

kalo' gw nebak sih mungkin cari dulu pusat massa kedua benda(bumi ama matahari), abis itu anggap kedua benda itu jadi satu, kemudian dengan pusat(yang dikelilingi oleh matahari) gambar 1 lingkaran peredaran benda gabungan dari matahari ama bumi tadi. bis itu dengan sedikit(banyak sih kayaknya) bantuan integral, kelihatannya koordinat kedua benda bisa diketahui deh hehe....cara meng"hisab"-nya sih saya juga kurang taw, ada yang bisa menjelaskan mungkin?

Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Alien-sama

kalo dianalogikan ama atraksi dufan gimana ?
yang atraksi rajawali itu loh .
XD

superstring39

Matahari juga berrevolusi mengelilingi pusat galaksi kita yaitu bima sakti (atau milky way). konon pusat galaksi kita adalah sebuah objek masiv (sangat padat) dengan kerapatan yang luar biasa artinya massanya sangat besar namun diameternya relatif kecil. untuk melakukan satu kali putaran penuh, matahri membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 230 juta tahun. wajar saja karena diameter galaksi kita sekitar 100.000 tahun cahaya dan kita berada di pinggir galaksi. kecepatan revolusi matahari sekitar 220km/s dan bergerak bersama-sama dengan tata surya kita yaitu bumi dkk. namun jangan samakan revolusi bintang-bintang dalam galaxy dengan revolusi planet dalam tata surya. jika dalam tata surya kita planet yang bergerak mengelilingi matahari akan lebih cepat pada jarak yang lebih dekat ke matahari dan juga sebaliknya planet yang jauh akan bergerak lebih lambat. namun ini tidak berlaku untuk bintang. berdasarkan pengamatan para astronom, banyak bintang atau objek langit yang lebih dekat dengan pusat galaksi bergerak lebih lambat dibandingkan dengan yang lebih jauh. kenapa? mereka juga belum bisa menjawab.


HyawehHoshikawa

Kutipberdasarkan pengamatan para astronom, banyak bintang atau objek langit yang lebih dekat dengan pusat galaksi bergerak lebih lambat dibandingkan dengan yang lebih jauh. kenapa? mereka juga belum bisa menjawab.
haa???
ini itungannya kan bukan mekanika kuantum to?kalo' gitu apa bintang tersebut ngga ketarik gravitasi pusat galaxy?

terus jadi kepikiran nih, kecepatan revolusi bumi-matahari itu paling cepat pas jarak terdekat apa terjauh dari matahari?
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Sky

Itu teorinya Edwin Hubble tentang penyebaran galaksi (bahwa galaksi mengembang)
Dia bilang kalo kecepatan berpisah antar galaksi makin besar jika jarak antar galaksi tersebut makin besar...
Singkatnya, makin jauh dengan pusat peredaran, makin cepat...

Kalo skalanya masih bumi-matahari, kayaknya sama aja kayak komet (dengan konsep biasa)
Jadi , makin jauh dengan pusat, makin lambat...


Pi-One

Kutip dari: Sky pada Mei 29, 2009, 10:26:45 PM
Itu teorinya Edwin Hubble tentang penyebaran galaksi (bahwa galaksi mengembang)
Dia bilang kalo kecepatan berpisah antar galaksi makin besar jika jarak antar galaksi tersebut makin besar...
Singkatnya, makin jauh dengan pusat peredaran, makin cepat...

Kalo skalanya masih bumi-matahari, kayaknya sama aja kayak komet (dengan konsep biasa)
Jadi , makin jauh dengan pusat, makin lambat...


Bukannya mestinya bilang alam semesta yang mengembang, bukan galaksinya?

loser1942

alam semesta mengembang??
maksudnya??
kalo pusat galaksi kita sih denger2 itu supermassive blackhole, cuma kita diluar event horizon jadi katanya aman.

luth

sori kawan2 saya sebagai TS belum mendapat pencerahan ni mengenai jawaban atas pertanyaan sy sebenarnya

apakah tmn2 ada yg bisa menjelaskan/menggambarkan atau punya gambar/video atau apalah dari internet, mengenai pergerakan benda langit?
khususnya bumi dan matahari,,
coz saya masi bingung klo bumi mengelilingi matahari sementara matahari itu pun bergerak juga bagaimana itu? ??? ???
bnr2 masi bingung,,perna saya coba2 gambar di kertas,,tapi kok jadinya rumit bnget bergerakny..coba deh,

tolongin dong y..thx
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

loser1942

gimana yaaa, masalahnya gua blom ketemu video kayak gitu, biasanya itu cuma mikir make logika aja tiap2 orang.
gini aja deh, rumah lo dimana, nanti anak ForSa yg deket samperin dah trus jelasin, huehehe
kok udah kaya guru private yahh, wkwkwk

coba sekarang lo liat gambar tata surya, trus anggap bumi adalah matahari dan bulan adalah salah satu planet di dlm tata surya kita, serta matahari adalah pusat galaksi kita, trus planet2 yg ada di tata surya kita itu anggap bintang2 yg ada di sistem galaksi kita, abaikan satelit alam yg revolusi terhadap planet, maka jadilah sistem galaksi, huehehehe

btw pada ngerti gak?

luth

Kutip dari: loser1942 pada Mei 30, 2009, 10:02:10 PM
gimana yaaa, masalahnya gua blom ketemu video kayak gitu, biasanya itu cuma mikir make logika aja tiap2 orang.
gini aja deh, rumah lo dimana, nanti anak ForSa yg deket samperin dah trus jelasin, huehehe
kok udah kaya guru private yahh, wkwkwk

weh boleh jg tu,,hehe
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]