Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 25, 2021, 10:47:05 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 79
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: revolusi benda langit  (Dibaca 21725 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #15 pada: Mei 31, 2009, 01:14:35 PM »
mau lo itu, hehehe
mending kalo rumahnya deket, kalo jauh, wkwkwk

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: revolusi benda langit
« Jawab #16 pada: Juni 01, 2009, 02:28:07 AM »
alam semesta mengembang??
maksudnya??
Maksudnya sebagai ruang, alam semesta itu terus mengembang, seperti balon yang makin besar saat diisi udara.

Tahu bing bang? itu adalah pengembangan alam semesta (ruang-waktu mengembang), bukannya materi dihamburkan ke ruang kosong...

Offline Mars

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 250
  • IQ: 45
  • Mars........
Re: revolusi benda langit
« Jawab #17 pada: Juni 01, 2009, 09:41:30 AM »
Maksudnya sebagai ruang, alam semesta itu terus mengembang, seperti balon yang makin besar saat diisi udara.
berarti ketika alm semesta sudah mngembang, apakah akan mengalami penyusutan seperti balon yang terkena panas ???

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #18 pada: Juni 01, 2009, 10:33:40 AM »
hah?!
bing bang????
big bang kali! huehehehe
ehhh.... balon menyusut kalo kena dingin, kalo panas malah memuai.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: revolusi benda langit
« Jawab #19 pada: Juni 02, 2009, 04:06:40 AM »
berarti ketika alm semesta sudah mngembang, apakah akan mengalami penyusutan seperti balon yang terkena panas ???

Ada beberapa teori mengenai akhir alam semesta. Entah alam semesta akan runtuh, menyusut lagi, atau yang satu lagi aku lupa...

Ada juga teori bahwa proses big bang dan big crunch adalah sebuah siklus, yang terus berulang. Dengan kata lain alam semesta kita saat ini bukan alam semesta pertama dan terakhir...

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #20 pada: Juni 02, 2009, 06:25:00 AM »
ohhh
ada teori kayak gitu yah??
gua mau nyari bukunya nih, jual gak ya??
kalo jual judulnya apaan donk??

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: revolusi benda langit
« Jawab #21 pada: Juni 03, 2009, 02:14:05 AM »
Mungkin ada, tapi gak tahu dijual atau gak di sini. Ketemu linknya waktu lagi bahas dengan rekan di forum lain, tapi udah kurang ingat linknya...

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #22 pada: Juni 03, 2009, 02:29:47 AM »
ohh
nanti kalo ketemu aksih tau yahhh

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: revolusi benda langit
« Jawab #23 pada: Juli 01, 2009, 03:55:09 AM »
klo nyari bukunya sih cari aja buku carl sagan yg judulnya cosmos, ato gempita tarain kosmos gua lupa pengarangnya naku gak tau ada pa gak digramed soalnya buku lama, gua nyarinya diperpus

sekedar tambahan
klo masalah pergerakan benda langit sih gak perlu bingung gitu, masalahnya bumi berputarpun kita gak ngerasain (kecuali ngerasain gaya grafitasi), klo kita sama sama bergerak kita gak akan tau klo qta bergerak kecuali ngeliat benda lain yg gak bergerak. jadi klo mataharipun berevolusi qta gak akan ngerasain kecuali ngeliat benda lain yg gak berevolusi. memang alam semesta mengembang dipercepat tapi keliatanya pengembangannya lambat jadi gakterasa ada gaya yg berpengaruh (ada percepatan ada gayakan)
maaf ya klo ada kesalahan krn ilmu q yg terbatas terutama masalah pernyataan yg terakhir

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #24 pada: Juli 01, 2009, 01:48:08 PM »
hmm...
kalo diperlambat berarti juga ada gaya yg berpengaruh donk, mungkin maksud lo konstan kali kecepatannya?
kalo konstan emg gak terasa.
ehh btw kalo tetap itu istilahnya konstan bukan??
hehehe.. ;D
CMIIW

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: revolusi benda langit
« Jawab #25 pada: Juli 04, 2009, 05:26:57 AM »
enggak mengalami percepatan kok, ini termasuk 5 masalah terbesar dalam sains
yg gua bingung lagi bila memang qta berevolusi kenapa qta gak merasakan gayanya, kan ada dua alasan kenapa qta mengalami gaya pertama perbedaan kecepatan yg kemudian menghasilkan percepatan, ke2 perbedaan arah dr kecepatan yg menghasilkan kecepatan tangensial dan kemudian menghasilkan gaya. klo benda langit berevolusi membentuk lintasan elips kan harusnya sarat kedua terjadi dan qta bisa merasakan gayanya

apakah grafitasi itu ya yg qta rasain merupakan fektor resultan dari semua pergerakan benda langit tadi, ato karena bentuknya elips yg sangat besar sehingga pergeseran arahnya kecil trus qta gak dapat merasakan gayanya

yg mana??????????????????????????????????????????????????????????????

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #26 pada: Juli 04, 2009, 10:33:13 AM »
hmm.....
bukannya arah revolusi sama rotasi itu searah yah, yaitu berlawanan arah jarum jam.
hmm...
kurang tau yah, maklum baru SMA 1, huehehehe...
gravitasi bukannya dari pusat bumi yah, trus hubungannya dgn planet laen apa?

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #27 pada: Juli 04, 2009, 05:52:08 PM »
enggak mengalami percepatan kok, ini termasuk 5 masalah terbesar dalam sains
yg gua bingung lagi bila memang qta berevolusi kenapa qta gak merasakan gayanya, kan ada dua alasan kenapa qta mengalami gaya pertama perbedaan kecepatan yg kemudian menghasilkan percepatan, ke2 perbedaan arah dr kecepatan yg menghasilkan kecepatan tangensial dan kemudian menghasilkan gaya. klo benda langit berevolusi membentuk lintasan elips kan harusnya sarat kedua terjadi dan qta bisa merasakan gayanya

apakah grafitasi itu ya yg qta rasain merupakan fektor resultan dari semua pergerakan benda langit tadi, ato karena bentuknya elips yg sangat besar sehingga pergeseran arahnya kecil trus qta gak dapat merasakan gayanya

yg mana??????????????????????????????????????????????????????????????
Sebenarnya, yang biasa kita rasakan itu perubahan resultan gaya-nya

Misalnya dari diam (resultan gaya 0 N) menjadi bergerak (resultan gaya sekian N).
Atau dari bergerak menjadi diam.

Dalam kasus ini, perubahan resultan gaya yang kita alami per detik-nya terlalu kecil untuk kita sadari.
(sehingga tidak kita rasakan).

Menurut saya, 'Gaya lah yang menyebabkan percepatan' bukan sebaliknya.
Kemudian, percepatan ini, mengakibatkan perubahan kecepatan bukan sebaliknya.

Tapi kita juga bisa bilang begini:
'Adanya percepatan, menandakan adanya Gaya', dan 'Adanya perubahan kecepatan, menandakan adanya percepatan'.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: revolusi benda langit
« Jawab #28 pada: Juli 05, 2009, 12:10:46 AM »
hmm.....
bukannya arah revolusi sama rotasi itu searah yah, yaitu berlawanan arah jarum jam.
Untuk kasus seperti venus, rotasinya berlawanan dengan rotasi planet-planet lain. Jadi kalo kita tinggal di Venus, ramalan kiamat udah terwujud tuh (matahari terbit di barat). Walo emang Venus adalah 'kiamat' bagi makhluk hidup umumnya, karena tingginya tekanan atmosfer plus efek rumah kaca yang gila-gilaan.

Offline loser1942

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 558
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: revolusi benda langit
« Jawab #29 pada: Juli 05, 2009, 07:43:22 AM »
hmm....
bener juga yah venus beda sendiri, tapi robot rusia pernah sempet masuk ambil fot permukaannya dikit trus robotnya tak berfungsi deh kameranya, hahaha...... :D
btw, venus masih aktif gk sih kegiatan vulkaniknya?
atau udah berhenti kegiatan vulkaniknya?
permukaannya masih lava pijar atau udah membeku sih?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
39 Jawaban
23773 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 10, 2015, 02:09:30 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
3751 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 27, 2012, 05:14:21 AM
oleh Ammar18
19 Jawaban
11168 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 16, 2012, 01:21:39 AM
oleh [email protected]
11 Jawaban
9291 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2013, 02:29:58 AM
oleh Fariz Abdullah
2 Jawaban
20512 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 14, 2017, 02:54:55 PM
oleh ErwinWp