Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 06:29:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 40
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

RUSIA TAMBANG BULAN

Dimulai oleh utusan langit, Desember 10, 2008, 06:03:09 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

utusan langit

kutipan Kompas..

Rusia berencana mengebor permukaan bulan untuk menambang mineral bahan bakar yang terkandung di dalamnya pada 2020. Untuk itu Rusia akan membangun lokasi dan jalur penerbangan yang permanen guna mengirimkan pesawat kargonya ke sana.

"Kami berencana membangun lokasi permanen di bulan pada 2015 dan pada 2020 kami dapat mulai mengangkut hasil tambang yang langka dalam skala industri, yaitu isotop Helium-3," kata Nikolai Sevastyanov, pimpinan perusahaan antariksa Energia. Keinginan tersebut disampaikannya di sebuah konferensi akademis, Rabu (25/1) dan dilansir oleh kantor berita ITAR-TASS.

Helium-3 adalah isotop non-radioaktif dari Helium yang dapat digunakan dalam proses fusi nuklir. Elemen tersebut jarang ditemukan di Bumi namun melimpah di Bulan. Menurut para ilmuwan, zat tersebut ideal digunakan sebagai bahan bakar karena kinerjanya baik, tidak menghasilkan polusi, dan tidak menghasilkan sampah radioaktif.

Stasiun Antariksa Internasional (ISS) mungkin akan berperan penting dalam proyek ini. Wahana pengangkut yang akan digunakan untuk bolak-balik secara rutin dari Bumi ke Bulan adalah Clipper dan Parom. Keduanya didesain agar dapat membawa beban berat.

bagimana ni menurut temen-temen?

superstring39

kalo rusia buat penambangan di bulan, dia bayar pajaknya sama siapa? kalo rusia mantekin tanah di sana duluan berarti nanti bulan bisa-bisa jadi punya rusia donk? kayaknya PBB sebelum tahun 2020 harus membuat peraturan tentang perbulanan.

kalo sampe bulan aja dieksploitasi bisa gawat, jangan-jangan nanti lama kelamaan bagian bulan yang kita lihat setiap malam jadi hilang sebagian dunk  ::)

kn8_satria

#2
Kutip dari: superstring39 pada Desember 11, 2008, 07:18:14 AM
kalo rusia buat penambangan di bulan, dia bayar pajaknya sama siapa? kalo rusia mantekin tanah di sana duluan berarti nanti bulan bisa-bisa jadi punya rusia donk? kayaknya PBB sebelum tahun 2020 harus membuat peraturan tentang perbulanan.

kalo sampe bulan aja dieksploitasi bisa gawat, jangan-jangan nanti lama kelamaan bagian bulan yang kita lihat setiap malam jadi hilang sebagian dunk  ::)

Wkwkwk...
P
yang namanya PBB masih ad y??klo ad paling cuma kantornya aja. Wibawanya antara ada dan tiada.

cara nambang di bulan gmn y?
klo menurut saya siapa cepat dia dapat.
tidak memerlukan izin dari siapapun, asalkan tidak berdampak negatif pada kehidupan di bumi (manusia kan hanya memikirkan dirinya sendiri)
klo dari segi politis tentu akan banyak mendapat tackling dari pak 'polisi dunia'
Segalanya berawal dari ketiadaan..[move][/move]

nurR

smoga itu manfaatnya utk sluruh dunia. Gak cuman buat Rusia doang.
bentar......
orang goblok lagi belajar.

ksatriabajuhitam

ha ha,,,
dulu orang2 pada bikin koloni di negara "dunia ke-3"
sekarang ke "planet" lain

bagus lah, emang alam semesta ini diciptakan untuk manusia kok.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Piorio

PBB gak bisa ngatasi bisa isa perang ama alien hahhaa

tj_david

Wah Indonesia kapan ya nambang dari matahari.. kan energinya lebih besar?
Tanda tangan

Pi-One

Kutip dari: tj_david pada Mei 11, 2010, 08:31:54 PM
Wah Indonesia kapan ya nambang dari matahari.. kan energinya lebih besar?
Susah ngatur waktunya, kan harus mendarat waktu malam :D

mimpi

kayak nya orang Rusia udah bosen sama bentuk bulan yg itu2 aja dari dulu  ;D

ngajakmikir

kenapa ga sekalian aja bikin tempat tinggal di bulan atau di planet lain. kayaknya di bumi juga udah mulai sesak
Aku adalah sesuatu yang tersembunyi. Aku berkehendak untuk dikenal, maka Aku ciptakan makhluk agar mereka mengenalKu

Takagi Fujimaru

Eeee...apa ga ada efeknya tentang gravitasi bulan? Macem pasang-surut air laut gitu?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

andreanvee

kita lihat saja kedepannya...

Monox D. I-Fly

Kutip dari: kn8_satria pada Desember 21, 2008, 05:49:54 PM
yang namanya PBB masih ad y??klo ad paling cuma kantornya aja. Wibawanya antara ada dan tiada.

Mungkin waktu itu kepanjangannya udah bukan "Pajak Bumi dan Bangunan" lagi, tapi "Pajak Bumi dan Bulan".  ::)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.