Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 30, 2022, 01:47:22 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 198
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 62
Total: 62

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

satuan tahun cahaya

Dimulai oleh exile_rstd, November 11, 2011, 05:14:09 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

exile_rstd

dalam penentuan jarak antarplanet atau benda-benda jagad raya kan memakai satuan tahun cahaya, eg : 1 tahun cahaya = 10000.. km? (saya lupa)
mengapa mesti memakai satuan tersebut? mengapa tidak dalam satuan yang lain?
i adore your intelligence

Farabi

Karena cahaya itu kecepatanna konstan, selain dari itu, cahaya adalah kecepatan tertinggi, setidaknya sampai saat ini yang diketahui ya itu.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

exile_rstd

oh begitu, jujur saya masih awam dgn astronomi, kenapa 'hanya' cahaya yang memiliki kecepatan konstan dibandingkan materi yang lain?
i adore your intelligence

Pi-Man

Jika sudah bicara jarak antar bintang, maka jaraknya akan terlalu besar jika cuma diwakili satuan km atau sejensinya. Makanya satuan yang digunakan adalah tahun cahaya, yang mewakili jarak yang ditempuh cahaya dalam 1 tahun. Misal jarak bintang terdekat (selain matahari) dengan kita adalah sekitar 4 tahun cahaya, itu juga menunjukkan bahwa informasi yang kita terima dari bintang itu adalah informasi dari 4 tahun silam.

Ada juga satuan lain yang digunakan, yakni parsec. 1 parsec kalau gak salah 3,2616 tahun cahaya.
oro?

Monox D. I-Fly

Kutip dari: Pi-Man pada November 14, 2011, 01:28:44 PM
Jika sudah bicara jarak antar bintang, maka jaraknya akan terlalu besar jika cuma diwakili satuan km atau sejensinya. Makanya satuan yang digunakan adalah tahun cahaya, yang mewakili jarak yang ditempuh cahaya dalam 1 tahun. Misal jarak bintang terdekat (selain matahari) dengan kita adalah sekitar 4 tahun cahaya, itu juga menunjukkan bahwa informasi yang kita terima dari bintang itu adalah informasi dari 4 tahun silam.

Kalo' pake' km terlalu besar, kenapa satuannya juga nggak kita besarin aja? Kayak di sistem satuan data gitu... Jadi ada 1 Mm (Megameter) = 1.000 km, 1 gm (gigameter) = 1.000.000 km, & 1 tm (terameter) = 1.000.000.000 km gitu...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

exile_rstd

Kutip dari: Monox D. I-Fly pada November 14, 2011, 04:24:00 PM
..1 Mm (Megameter) = 1.000 km, 1 gm (gigameter) = 1.000.000 km, & 1 tm (terameter) = 1.000.000.000 km gitu...
haha malah mecondong ke arah teknologi ;D
i adore your intelligence

exile_rstd

@Pi-man : kalau 1 tahun cahaya sama dengan berapa (km) ya ? saya lupa.
i adore your intelligence

Farabi

Kutip dari: Pi-Man pada November 14, 2011, 01:28:44 PM
Jika sudah bicara jarak antar bintang, maka jaraknya akan terlalu besar jika cuma diwakili satuan km atau sejensinya. Makanya satuan yang digunakan adalah tahun cahaya, yang mewakili jarak yang ditempuh cahaya dalam 1 tahun. Misal jarak bintang terdekat (selain matahari) dengan kita adalah sekitar 4 tahun cahaya, itu juga menunjukkan bahwa informasi yang kita terima dari bintang itu adalah informasi dari 4 tahun silam.

Ada juga satuan lain yang digunakan, yakni parsec. 1 parsec kalau gak salah 3,2616 tahun cahaya.


Oh iya betul, untuk mempersedikit ruang tulis.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Farabi

Parsec itu biasanya ukuran untuk menentukan 1 meter deh.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Anton_Soepriyanto

1 detik cahaya=300 000 km. berarti 1 tahun cahaya = 300 000 km x 3600 x 24 x 365. Jarak yg luarbiasa.
saya pernah baca di buku astronomi, jarak matahari bumi kuranglebih 150juta km. Nah jika jarak itu kita anggap 1 METER (diskalakan) maka jarak bintang terdekat adalah 280 KILOMETER. Itu baru bintang terdekat, padahal dalam satu galaksi ada jutaan bintang, dan di alam semesta ada milyaran galaksi. Betapa luasnya alam semesta ini.....
Ngomong2 kira2 ada gunanya gak ya menyatakan jarak pake skala logaritmik?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Monox D. I-Fly

Kutip dari: exile_rstd pada November 14, 2011, 04:55:17 PM
haha malah mecondong ke arah teknologi ;D

Bukan begitu, tapi rata2 satuan yg "sejajar" kayak meter, gram, liter, are, byte, dsb. itu kan punya sistem anak tangga. Kenapa untuk bilangan2 yg lebih tinggi juga nggak disejajarin aja? Nyatanya ada juga kok satuan mikrometer & minometer yg letak anak tangganya di bawah milimeter dg kelipatan 1.000, kenapa nggak diberlakukan juga untuk sistem di atas kilometer? Konsepnya tetep sama kan?

Kutip dari: Anton_Soepriyanto pada November 14, 2011, 05:17:45 PM
1 detik cahaya=300 000 km. berarti 1 tahun cahaya = 300 000 km x 3600 x 24 x 365. Jarak yg luarbiasa.
saya pernah baca di buku astronomi, jarak matahari bumi kuranglebih 150juta km. Nah jika jarak itu kita anggap 1 METER (diskalakan) maka jarak bintang terdekat adalah 280 KILOMETER. Itu baru bintang terdekat, padahal dalam satu galaksi ada jutaan bintang, dan di alam semesta ada milyaran galaksi. Betapa luasnya alam semesta ini.....

Kalo' nggak salah jarak matahari ke bumi itu 8 detik cahaya (cahaya matahari memerlukan waktu 8 detik sebelum sampai ke bumi). Berarti 1 detik cahaya itu 1/8 kalinya jarak matahari dg bumi.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

kusmardiyanto

Kutip dari: Anton_Soepriyanto pada November 14, 2011, 05:17:45 PM
1 detik cahaya=300 000 km. berarti 1 tahun cahaya = 300 000 km x 3600 x 24 x 365. Jarak yg luarbiasa.
saya pernah baca di buku astronomi, jarak matahari bumi kuranglebih 150juta km. Nah jika jarak itu kita anggap 1 METER (diskalakan) maka jarak bintang terdekat adalah 280 KILOMETER. Itu baru bintang terdekat, padahal dalam satu galaksi ada jutaan bintang, dan di alam semesta ada milyaran galaksi. Betapa luasnya alam semesta ini.....
Ngomong2 kira2 ada gunanya gak ya menyatakan jarak pake skala logaritmik?

itu (satu tahun cahaya) sama dengan 9.461.000.000.000 km = 9,461 x 10^12 km = 9,461 trilyun km

mhyworld

Kutip dari: Monox D. I-Fly pada November 15, 2011, 12:56:16 PM
Bukan begitu, tapi rata2 satuan yg "sejajar" kayak meter, gram, liter, are, byte, dsb. itu kan punya sistem anak tangga. Kenapa untuk bilangan2 yg lebih tinggi juga nggak disejajarin aja? Nyatanya ada juga kok satuan mikrometer & minometer yg letak anak tangganya di bawah milimeter dg kelipatan 1.000, kenapa nggak diberlakukan juga untuk sistem di atas kilometer? Konsepnya tetep sama kan?

Kalo' nggak salah jarak matahari ke bumi itu 8 detik cahaya (cahaya matahari memerlukan waktu 8 detik sebelum sampai ke bumi). Berarti 1 detik cahaya itu 1/8 kalinya jarak matahari dg bumi.

Untuk satuan saya setuju dengan yang anda sebut, karena akan sangat memudahkan konversi dari satuan besar ke kecil maupun sebaliknya. Lagipula selang waktu 1 tahun (periode revolusi bumi mengelilingi matahari) sekarang dengan beberapa juta tahun lalu ataupun yang akan datang bisa jadi berbeda.

jarak matahari ke bumi rata-rata (max+min)/2 adalah 149,598,261 km (Semi-major axis).    
kalau dibagi kecepatan cahaya 300,000 km/detik diperoleh kurang lebih 500 detik atau 8.3 menit.
once we have eternity, everything else can wait

Ammar18

1 tahun cahaya:9,5 triliun km mungkin