Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 29, 2023, 11:30:31 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,651
  • Total Topik: 10,406
  • Online today: 43
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

sun and moon illusion

Dimulai oleh nandaz, Mei 06, 2009, 02:05:13 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

..kenapa matahari dan bulan tampak lebih besar kalo mau terbit dan tenggelam, sedang kan di siangnya ukurannya kecil?...padahal jaraknya ke bumi samakan?

thanks jawabannya....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

syx

... tambah juga. kenapa bulan di foto-foto kadang keliatan besar banget.

manusiarender

itu tipuan visual... saat di atas kepala (sebut saja jam 12 lah)... obyek tidak memiliki "lawan visual"... saat terbit ato tenggelam... biasanya disekitar pemandangan itu ada "lawannya" misalkan, air laut, gedung, pohon, daratan, dll...
will.i.believe.the.sun

nandaz

tapi aneh deh kalo di sebut tipuan visual...soalnya kata manusiarender, butuh pemantulan...gimana dengan objek pada malam itu, yang keadaan dalam suasana gelap...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

marshall

pernah ngikutin saran nya om robert L. wolke...membandingkan ukuran bulan dengan penggaris..;D
saat bulan purnama, pas keliatan gede2nya saya bawa penggaris keatas genteng. setelah itu saya pegang tuh garisan dengan tangan terulur kedepan..nah saya apalin dah tuh, di angka berapa.
seteh bulan lumayan tinggi dan tampak lebih kecil, saya ulangi percobaan diatas..eh ,ternyata emang sama ukuran nya..

pesen nya om robert.."ingat, bukan bulan yang menipu kita..tapi emang mata kita yang tertipu.."  kurang lebih sih kayak gitu..;D
".............

manusiarender

Kutip dari: nandaz pada Mei 08, 2009, 05:04:18 PM
tapi aneh deh kalo di sebut tipuan visual...soalnya kata manusiarender, butuh pemantulan...gimana dengan objek pada malam itu, yang keadaan dalam suasana gelap...

butuh pemantulan gmana?
will.i.believe.the.sun

nandaz

...dapat tapi [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.],

In the present study, Kaufman and Rock's (1962) well-known study on the moon illusion was reexamined in light of findings reported after its publication. Kaufman and Rock claimed that the visible terrain is essential for the moon illusion to occur. However, the moon illusion can be obtained in complete darkness, and the viewing angle coupled with binocular viewing was found to have a great contribution to the illusion. Thus, Holway and Boring's (1940) and [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.](1942) findings, which Kaufman and Rock had discredited, were partly supported. A drastic change in the perceived distance of the simulated moon was found to induce only a small change in its apparent size. All of these findings disagree with the apparent-distance theory for the moon illusion. Several other studies have also suggested an involvement of the oculomotor system in the moon illusion. Even if the visual surround (terrain) contributes to the moon illusion as reported by Kaufman and Rock, this contribution is likely to be mediated by the state of the oculomotor system, not by a size-distance invariance mechanism, or size constancy scaling.
...apakah masih samakah halnya dengan matahari terbenam yang juga gede?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

marshall

hehehe..dapet lagi..;D

disaat bulan atau matahari berada dekat dengan horizon (terbit atau tenggelam), cahaya yang sampai ke mata kita harus lebih dulu melalui lapisan atmosfir yang lebih tebal, dibanding ketika mereka berada diatas kepala kita.

bukankah itu juga alasannya kenapa cahaya matahari lebih ramah saat pagi dan sore hari, selain juga karena sudut jatuhnya cahaya..?!
".............

marshall

huuuh..kayaknya jawaban orang di atas ( ;D ) belum memuaskan. harusnya kalo kayak gitu pasti bentuk bulan ato matahari bakal terdistorsi...
au ah..mungkin kalo dijawab secara biologis akan lebih mudah..
ngikut aja deh..:D
".............

nandaz

Kutip dari: marshall pada Juni 01, 2009, 03:13:28 AM

au ah..mungkin kalo dijawab secara biologis akan lebih mudah..
ngikut aja deh..:D
bole tau dong jawaban secara biologisnya ;D.....sebelumnya khan jawaban geografis
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

loser1942

ia nih jawaban secara biologisnya mana nih, udah ngebet nih gue.

marshall

mana yah yang ngejawab secara bilogi atau psikologi.. ::)

om, saya juga nungguin..pengen tau.. :'( soalnya bukan ahlinya,, ;D

logikanya kan, semua yang dimiliki manusia terbatas..begitu juga dengan indra penglihatan. iya khan..?! contoh yang sudah akrab adalah ketika kita melihat benda  seukuran manusia yang berada 500m di depan kita, maka benda itu akan terlihat kecil dan tidak jelas. ostomatis kita memerlukan alat bantu untuk bisa melihatnya secara jelas.
seperti pada penampakan bulan, coba aja dipotret dengan momen yang berbeda. saat masih dekat cakrawala, dan saat posisinya diatas kepala kita. pasti hasilnya akan memperlihatkan ukuran yang sama.
kalo nggak, coba ngelihatnya pake bantuan cermin. sama nggak?

tolong dunk yang punya penjelasan lebih ilmiah..
".............

Nabih

Kutip dari: marshall pada Mei 13, 2009, 01:52:34 AM
pernah ngikutin saran nya om robert L. wolke...membandingkan ukuran bulan dengan penggaris..;D
saat bulan purnama, pas keliatan gede2nya saya bawa penggaris keatas genteng. setelah itu saya pegang tuh garisan dengan tangan terulur kedepan..nah saya apalin dah tuh, di angka berapa.
seteh bulan lumayan tinggi dan tampak lebih kecil, saya ulangi percobaan diatas..eh ,ternyata emang sama ukuran nya..

pesen nya om robert.."ingat, bukan bulan yang menipu kita..tapi emang mata kita yang tertipu.."  kurang lebih sih kayak gitu..;D
Jawaban yang bagus marshall IQ+1 buat kamu