Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 01, 2024, 05:53:13 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 99
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 52
Total: 52

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Supernova

Dimulai oleh Im, Januari 06, 2011, 04:53:02 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Im

upernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak dari nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya bintang tersebut semula, beberapa minggu atau bulan sebelum suatu bintang mengalami supernova bintang tersebut akan melepaskan energi setara dengan energi matahari yang dilepaskan matahari seumur hidupnya, ledakan ini meruntuhkan sebagian besar material bintang pada kecepatan 30.000 km/s (10% kecepatan cahaya)dan melepaskan gelombang kejut yang mampu memusnahkan medium antarbintang.

Ada beberapa jenis Supernova. Tipe I dan II bisa dipicu dengan satu dari dua cara, baik menghentikan atau mengaktifkan produksi energi melalui fusi nuklir. Setelah inti bintang yang sudah tua berhenti menghasilkan energi, maka bintang tersebut akan mengalami keruntuhan gravitasi secara tiba-tiba menjadi lubang hitam atau bintang neutron, dan melepaskan energi potensial gravitasi yang memanaskan dan menghancurkan lapisan terluar bintang.

Rata-rata supernova terjadi setiap 50 tahun sekali di galaksi seukuran galaksi Bima Sakti. Supernova memiliki peran dalam memperkaya medium antarbintang dengan elemen-elemen massa yang lebih besar. Selanjutnya gelombang kejut dari ledakan supernova mampu membentuk formasi bintang baru
[img]
Tahapan terjadinya Supernova

Suatu bintang yang telah habis masa hidupnya, biasanya akan melakukan supernova. Urutan kejadian terjadinya supernova adalah sebagai berikut.

    * Pembengkakan

    Bintang membengkak karena mengirimkan inti Helium di dalamnya ke permukaan. Sehingga bintang akan menjadi sebuah bintang raksasa yang amat besar, dan berwarna merah. Di bagian dalamnya, inti bintang akan semakin meyusut. Dikarenakan penyusutan ini, maka bintang semakin panas dan padat.

    * Inti Besi

    Saat semua bagian inti bintang telah hilang, dan yang tertinggal di dalam hanyalah unsur besi, maka kurang dari satu detik kemudian suatu bintang memasuki tahap akhir dari kehancurannya. Ini dikarenakan struktur nuklir besi tidak memungkinkan atom-atom dalam bintang untuk melakukan reaksi fusi untuk menjadi elemen yang lebih berat.

    * Peledakan

    Pada tahap ini, suhu pada inti bintang semakin bertambah hingga mencapai 100 miliar derajat celcius. Kemudian energi dari inti ini ditransfer menyelimuti bintang yang kemudian meledak dan menyebarkan gelombang kejut. Saat gelombang ini menerpa material pada lapisan luar bintang, maka material tersebut menjadi panas. Pada suhu tertentu, material ini berfusi dan menjadi elemen-elemen baru dan isotop-isotop radioaktif.

    * Pelontaran

    Gelombang kejut akan melontarkan material-material bintang ke ruang angkasa.

[sunting] Dampak dari Supernova

Supernova memiliki dampak bagi kehidupan di luar bintang tersebut, di antaranya:

    * Menghasilkan Logam

    Pada inti bintang, terjadi reaksi fusi nuklir. Pada reaksi ini dilahirkan unsur-unsur yang lebih berat dari Hidrogen dan Helium. Saat supernova terjadi, unsur-unsur ini dilontarkan keluar bintang dan memperkaya awan antar bintang di sekitarnya dengan unsur-unsur berat.

    * Menciptakan Kehidupan di Alam Semesta

    Supernova melontarkan unsur-unsur tertentu ke ruang angkasa. Unsur-unsur ini kemudian berpindah ke bagian-bagian lain yang jauh dari bintang yang meledak tersebut. Diasumsikan bahwa unsur atau materi tersebut kemudian bergabung membentuk suatu bintang baru atau bahkan planet di [[alam semesta

MonDay

Wow 100 M derajat C, gemana panesnya tu ya???
btw bintang dapat energi dari mana?
bagaimana terbentuknya bintang sampai punya energi sebesar itu?

Im

@monday : Dalam fisika, fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses saat dua inti atom bergabung, membentuk inti atom yang lebih besar dan melepaskan energi. Fusi nuklir adalah sumber energi yang menyebabkan bintang bersinar.

eka.dya.1

Kalau matahari meledak, trus nasib bumi gimana yaa? Apa tetap utuh & terlempar jauh dr orbitnya ato ikut2an hancur ?

exile_rstd

usia matahari 6,4 miliyar (CMIIW) lalu hipotesa menurut para pemikir usia matahari hanya 10 miliyar yang mana masih ada waktu 3.6 miliyar tahun lagi. sebelum itu terjadi kita2 sudah tiada. ::)
i adore your intelligence

exile_rstd

oia setahu saya jika suatu bintang tidak bisa menjalankan reaksi fusi maka akan mengalami fase-fase dalam supernova diatas bukan? lalu penyebab bintang tdk bisa menjalankan fusinya itu kenapa? apa karena usia bintang tersebut?
kalau bisa tambahkan secara rinci. :D
i adore your intelligence

eka.dya.1

Jadi kesimpulannya matahari kita tdk akan pernah terjadi supernova,trus cuma habis susut padam energinya & menciut kecil se-iprit, ini sich lebih serem lagii mati perlahan2 tanpa dirasa ehehhe

exile_rstd

yap benar, karena massa matahari tidak cukup untuk terjadinya supernova.
i adore your intelligence

eka.dya.1

Trus gravitasi matahari hilang,nasib bumi terlempar keluar dr lintasan orbit, ke mana ? Nyasar ke black hole ato gabung ke gugusan bintang yg lain yg ga ada supernovanya,ca pe de keliling hehe

Pi-Man

Gravitasi matahari tidak hilang, hanya tak lagi cukup untuk mengikat obyek dalam tata surya tetap di orbit. Bagaimana nasib bumi? Gak masalah, toh manusia mungkin sudah pada mampus saat matahari dalam fase raksasa merah...
oro?

exile_rstd

kalau mau bahas satu pokok masalah lebih baik bahas di satu thread aja, jadi bingung kalau bahas satu pokok tapi dibanyak thread. ^-^
i adore your intelligence

eka.dya.1

Maaf...maaf,gw yg salah sehingga meluas pembahasannya pdhl hanya sekedar ingin cari info,apa di galaksi bima sakti kita pernah terjadi supernova ato tdk.

Pi-One

Kutip dari: eka.dya.1 pada November 26, 2011, 08:37:33 AM
Maaf...maaf,gw yg salah sehingga meluas pembahasannya pdhl hanya sekedar ingin cari info,apa di galaksi bima sakti kita pernah terjadi supernova ato tdk.
Galaksi kita punya banyak bintang raksasa, tentu saja sudah banyak supernova yang terjadi.

mhyworld

once we have eternity, everything else can wait

Anton_Soepriyanto

oh... unsur unsur berat itu asalnya dari supernova? Kalau begitu bumi kita ini apa berasal dari supernova? Mohon pencerahan...
saya masih bingung, gelombang kejut itu karena ada proses yg tiba tiba/cepat, nah pada bintang ini kenapa prosesnya begitu mendadak? kenapa inti bintang tidak memanas secara perlahan lahan?
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect