Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 01, 2024, 06:09:07 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 99
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 76
Total: 76

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Supernova

Dimulai oleh Im, Januari 06, 2011, 04:53:02 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Farabi

Matahari mati, berarti kita mati kedinginan
Matahari meledak ya berarti kita mati karena struktur ikatan pecah.

Tapi mendingan meledak, setidaknya tidak terasa matinya ;D
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

exile_rstd

lagian om, sebelum itu terjadi kita-kita sudah mampoes. ;D
i adore your intelligence

axillaris

berarti selama hidup manusia pasti ada 1 kali supernova kan yah? (50 tahun sekali) apa bisa terasa atau keliatan dari bumi?

kalo ga salah dulu pernah baca yg dilepaskan saat terjadi supernova juga termasuk radiasi (panas kali yah). maaf kalo jadi sok tau nih :angel:

exile_rstd

#18
tergantung dimana supernova itu terjadi, kalau dalam radius tertentu bisa saja terlihat tapi mungkin ga akan terlihat diseluruh penjuru dunia. misalnya terjadi supernova dan hanya bisa dilihat oleh bagian Selatan bumi dan sisanya tidak bisa melihat.
iyap, coba saja baca poin pembengkakan di hal. 1
i adore your intelligence

hakku_DRRR

ya....matahari bukan sumber kehidupan kita kox...itu cuma cahaya.....bukankah bumi juga punya panas?

exile_rstd

Kutip dari: hakku_DRRR pada Desember 16, 2011, 02:54:29 PM
ya....matahari bukan sumber kehidupan kita kox...itu cuma cahaya.....bukankah bumi juga punya panas?
wah salah besar, jangan anggap sepele walaupun matahari hanya bisa memaparkan cahaya pada bumi, itu sangat vital. tanpa sinar matahari kulit, tulang dan bagian tubuh kita yang lain ga bisa tumbuh-kembang dengan normal. belum lagi peran cahaya matahari sebagai PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). bumi memang memiliki suhu panas tapi pada inti bumi sedangkan sisanya berasal dari sinar matahari. CMIIW
i adore your intelligence

kusmardiyanto

dikatakan unsur terberat yang dihasilkan dari reaksi fusi adalah besi...bisakah diduga bahwa dulunya bumi itu adalah sebuah bintang (karena adanya unsur besi di dalam inti bumi) atau dari mana sih adanya unsur besi yang ada di dalam inti bumi?... bisakah penjelasan berikut ini diterima : dulunya bumi pada asalnya juga adalah kumpulan dari gas hidrogen yang karena adanya gravitasi lalu berkumpul dan karena gravitasdi itu pula hidrogen tadi mengalami reaksi fusi sehingga terbentuk produk dari reaksi fusi helium dst ...namun sebelum terbentuknya zat besi, hidrogen keburu habis atau tidak cukup karena terbatas jumlahnya...tapi energi dari reaksi fusi itu masih cukup untuk membuat bumi dalam bentuk cairan magma yang sangat panas...lalu dari atas ada meteorit, komet, asteroid, atau apa yang cukup besar yang kaya akan besi yang berasal dari  bintang besar yang telah mati (supernova), menabrak bumi dan karena bumi masih dalam keadaan sangat panas (magma) maka benda yang kaya besi tadi meleleh dan karena gravitasi  turun ke dalam inti bumi...selanjutnya bumi semakin dingin karena kehilangan energi atau semakin berkurang reaksi fusi yang terjadi...sehingga terbentuklah daratan...????....just my idea

axillaris

wah, kalo bintang itu sih cuma bola gas pijar aja kan yah? CMIIW
mungkinkah dari bintang bisa jadi planet?

exile_rstd

tidak bisa, planet dan bintang itu berbeda.
-planet tidak mempunyai cahaya sendiri, cahaya itu merupakan cahaya yang diterima oleh bintang (eg : Matahari) kemudian dipantulkan kembali
-planet tdk berkedap-kedip seperti bintang sejati, tapi berkilauan.
-lintasan planet merupakan bidang2 yang berbentuk elips.
-planet mengelilingi bintang Matahari, bintang tidak
-planet mempunyai satelit (pengiring), sedangkan bintang tidak. CMIIW
i adore your intelligence

Pi-One

Kutip dari: kusmardiyanto pada Desember 19, 2011, 09:50:50 PM
dikatakan unsur terberat yang dihasilkan dari reaksi fusi adalah besi...bisakah diduga bahwa dulunya bumi itu adalah sebuah bintang (karena adanya unsur besi di dalam inti bumi) atau dari mana sih adanya unsur besi yang ada di dalam inti bumi?... bisakah penjelasan berikut ini diterima : dulunya bumi pada asalnya juga adalah kumpulan dari gas hidrogen yang karena adanya gravitasi lalu berkumpul dan karena gravitasdi itu pula hidrogen tadi mengalami reaksi fusi sehingga terbentuk produk dari reaksi fusi helium dst ...namun sebelum terbentuknya zat besi, hidrogen keburu habis atau tidak cukup karena terbatas jumlahnya...tapi energi dari reaksi fusi itu masih cukup untuk membuat bumi dalam bentuk cairan magma yang sangat panas...lalu dari atas ada meteorit, komet, asteroid, atau apa yang cukup besar yang kaya akan besi yang berasal dari  bintang besar yang telah mati (supernova), menabrak bumi dan karena bumi masih dalam keadaan sangat panas (magma) maka benda yang kaya besi tadi meleleh dan karena gravitasi  turun ke dalam inti bumi...selanjutnya bumi semakin dingin karena kehilangan energi atau semakin berkurang reaksi fusi yang terjadi...sehingga terbentuklah daratan...????....just my idea
Bumi bukan berasal dari bintang.
Melainkan bumi dan obyek angkasa penghuni tata surya selain matahari yang berasal dari sisa pembentukan bintang. Untur besi berasal dari sebelum pembentukan tata surya ini, saat bintang yang lebih tua meledak dan materinya sebagian membentuk tata surya kita.

Pastinya, klaim kalau semua besi berasal dari luar angkasa dan dibawa meteorit ke bumi (pernah dibawa rekan kita beberapa waktu lalu) adalah tidak rasional.

exile_rstd

saya pernah dengar, bahwa kandungan mineral yang ada dibumi (contohnya : air) berasal dari meteorit.
mungkin ada yang bisa kasih tambahan?
i adore your intelligence

mhyworld

Kutip dari: exile_rstd pada Desember 23, 2011, 07:28:41 PM
saya pernah dengar, bahwa kandungan mineral yang ada dibumi (contohnya : air) berasal dari meteorit.
mungkin ada yang bisa kasih tambahan?
Benarkah? kira-kira berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan air sampai sebanyak itu?  ???
jangan-jangan melebihi umur bumi itu sendiri.  >:D
once we have eternity, everything else can wait

Pi-One

Kutip dari: exile_rstd pada Desember 23, 2011, 07:28:41 PM
saya pernah dengar, bahwa kandungan mineral yang ada dibumi (contohnya : air) berasal dari meteorit.
mungkin ada yang bisa kasih tambahan?
Ya, ada teori bahwa air yang ada di bumi berasal dari es yang dibawa meteor ke bumi. Sumber meteor itu sendiri dari sabuk asteroid di antara mars dan jupiter, dimana banyak es beku.

Tapi bisa jadi itu bukan satu-satunya sumber air di bumi, sebagian mungkin berasal dari proses lain.

exile_rstd

mhyworld, kalau ga salah antara zaman dinosaurus.
i adore your intelligence

mhyworld

Kutip dari: exile_rstd pada Desember 25, 2011, 04:07:59 PM
mhyworld, kalau ga salah antara zaman dinosaurus.
Koq bisa? bukankah sebelum zaman dinosaurus, cambrian, misalnya, sudah banyak air di bumi? terbukti dari fosil hewan-hewan laut. Gak mungkin ada hewan laut kalau gak ada air laut, kan?
once we have eternity, everything else can wait