Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 29, 2023, 11:25:09 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,651
  • Total Topik: 10,406
  • Online today: 43
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Synchronous Rotation

Dimulai oleh peregrin, Juni 01, 2009, 09:06:57 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

peregrin

Synchronous rotation banyak dijumpai pada satelit (bulan) dari planet-planet dalam tata surya kita.  Salah satunya adalah, bulan yang periode rotasinya identik dengan periode revolusinya mengelilingi bumi.  Ada hal yang menarik dari mekanisme terjadinya fenomena tersebut.  Kalau kita coba menganalisa gerakan dengan menggunakan konsep special relativity, ditemukan kemiripan dengan mekanisme gerak roda pada sebuah lintasan.

Seandainya kita asumsikan sebuah satelit berada pada pusat roda, ketika sumbu roda (anggap sebagai sumbu satelit juga) berputar dan bagian tepi roda menyentuh jalan (lintasan), maka proses rotasi dan translasi berlangsung.  Synchronous rotation terjadi jika lintasan (di mana tepi roda menyentuh) membentuk lingkaran dengan jejari yang kecil.  Untuk bumi-bulan, tepi 'roda' bulan menyentuh lintasan yang berada di dalam bumi. 

Artinya, terjadinya synchronous rotation memerlukan dua komponen, yaitu : rotasi dan lintasan.  Gerak translasi tidak terjadi jika tidak ada lintasan, meski benda tersebut berotasi pada sumbu putarnya.  Sama seperti roda yang tergantung di udara.  Roda yang berputar akan bertranslasi saat permukaan tepinya menyentuh lintasan.

Cara pandang ini mungkin terlihat tidak biasa, tapi cukup mudah untuk memberikan gambaran sederhana tentang synchronous rotation. 


ditulis ulang dari artikel yang dikirimkan oleh Razan
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

loser1942

hmm.....
gak ngeh aku.
arus baca berulang2 nih

Ammar18

In astronomy, synchronous rotation is a planetological term describing a body orbiting another, where the orbiting body takes as long to rotate on its axis as it does to make one orbit; and therefore always keeps the same hemisphere pointed at the body it is orbiting. Another way of describing it is that from the surface of the satellite, the main planet appears to be locked in place in the sky as it slowly rotates.

The Moon is in synchronous rotation about the Earth, and Iapetus is in synchronous rotation about Saturn.