Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 15, 2022, 10:07:23 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,765
  • Latest: KlausKep
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 46
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

TANYA-TANYA SAPA YANG BISA JAWAB HAYO...TOLONG Y...TRIMS

Dimulai oleh rawWARus, Desember 14, 2007, 04:59:38 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

lovianettesherry_gonz

Kutip dari: Vinchemz pada Juli 27, 2008, 04:51:55 PM
@atas: gak..
Fisika itu harus ada pengamat dan benda yang diamati (sama seperti ilmu sains yang lain)..
Dilatasi waktu terasa kalau ada pengamat yang bergerak normal dan ada yang diamati (orang yang dalam keadaan mendekati kecepatan cahaya)..

Kira2 begituh.. :D

eh iya..(kabur sebulannan lebih,begitu balik udah gak ngerti apa-apa)..

kan gue kira yang mampu digerakkan secepat cahaya itu partikel didalm akselerator..tapi bener harus ada pengamat dan benda yang diamati..kan bisa dong gue nganggep gue itu partikel dan elo akseleratornya..seandainya gue menganggap diriku diam sementara kamulah yang bergerak dengan kecepatan chaya.........................

jadi rancu nih

rawWARus

itu sh namanya terjadi paradok...
ya memang tergantung dari kerangka pengamatnya
maksud saya mungkin belum pada ngerti
gini umpamakan saja ada sebuah bola di ikat dgn tali dan di putar dgn tali sebagai pusat putaran, lalu pada bola dan tali tersebut terbentuk gaya, jika tali itu putus atau terlepas maka bola itu akan terlempar dan gaya yg membuat bola ini terlempar lah yg saya maksud sebagai gaya dorong pesawat
klo dgn memakai atom, atom atau partikel ditembakkan dengan kecepatan tertentu pastinya memiliki gaya, dan karena atom itu memiliki massa maka jika kecepatan itu mendekati kecepatan cahaya setidaknya, maka gaya yg ditimbulkan juga akan semakin besar yg dimiliki oleh sebuah atom, bahkan jika satu atom yg tadinya cm memilki massa tak seberapa jika atom tersebut melaju dgn mendekati kecepatan cahaya maka jika menabrak kita akan sama seperti kita ditabrak dgn gaya sebuah truk dgn kecepatan sekitar 40 km/jam, dan dengan gaya ituu tentunya jika bisa kita kembangkan/kita manfaatkan melempar suatu benda/kendaraan maka bisa kita manfaatkan tenaganya ...   
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Sakuranboaoi

gw jawab pertanyaan no 3 lw aja dah...
sbenernya gw jga ga ngerti mksud prtanyaan lw.hehehe,,

tapi krang lebih jwabannya bgini...

Bumi itu dilahirkan dlam keadaan berputar.Para ilmuwan bilang Bumi n 8 planet lainnya dlam tata surya Qta trbentuk dri awan gas n debu yg berputar d ruang angkasa skitar 4,6 miliar taun yg lalu.
Saat ini,planet-planet yg berputar itu mengelilingi matahari dlam arah yg sama.Asteroid,bnda2 lngit kecil dri batu yg tersisa stelah planet2 dan bulan2 jadi,jga berotasi saat mengorbit matahari.Beberapa asteroid besar mmbutuhkan wktu 5 sampe 18 jam untuk skali rotasi.

Planet qta Bumi mmrlukan wktu 24 jam untuk skali berotasi.Jadi,krna kliling bumi skitar 40.000km,pastilah ia berputar dgn kcepatan skitar 1600 km/jam d khatulistiwa.mnurut om Wiilian Hartmann,astronom.
Bumi berptar k arah timur.Ktika ngara2 mluncurkan satelit,mreka mncoba mluncurkannya dkat garis khatulistiwa,n k arah timur.
Dgn dmikian satelit mndapat drongan 1600 km/jam(sperti debu yg dlemparkan dri pringan hitam yg berputar).
Bumi itu pernah melambat atau bertambah cepat.Benarkah?

Ktika bumi trbentuk,ia brptar jauh lbih cpat-kira2 6400km/jam,mnurut para ilmuwan itu artinya ,1 hari hanya 6 jam.(jika sdah ada manusia saat itu,mreka dpat mlihat Matahari terbit,n kmudian dgan cpat trbenam lagi skitar 3 jam kmudian,di ikuti dgn mlam slam 3 jam-ini mah cuma bisa tidur2 ayam-).
Bulan saat ini jauh lbih dekat dgn bumi.Scara tetap bergerak mnjauh sejak itu.Gravitasi bulan,yg mmberi tarikan pda bumi,yg mnyebabkan pasang surut d samudra.Pasang surut samudra inimmbuat bumi berputar lbih lambat,taun demi taun.Setiap 100 taun,hari mnjadi lbih pnjang 1/2 menit.
Lambat laun,1 hari bisa mncapai 1,128 jam (ini kata om Hartmann).Namun ga perlu khawatir,karna pengaruh gravitasi n psang surut,Bulan akan mndekat lagi,n bumi akan bertambah cepat lagi,n hari2 akan memendek lagi....

nyambung nggak sih nih yang gw jawab...??
ngga ngerti ah,,
kira2 bgitu dah.

manusiarender

Kutip dari: Terbaik pada Februari 08, 2008, 09:52:18 PM
Oooo begitu ya....!
Hmm ide bagus tuh energi nuklir dari atom di pake buat nerbangin pesawat.
Irit bahan bakar nih.
Bisa ngurangin pemanasan global dong.
Ato apa malah sebaliknya nambah lubang ozon?
??? ;D ???

biayanya lebih mahal... gak efisien untuk dibikin..
will.i.believe.the.sun

rawWARus

sebenarnya bukan pake nuklir, tapi lewat pemanfaatan gerakan atom yg menghasilkan gaya sentripetal dan sentrifugal
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

HyawehHoshikawa

Kutiplo dgn memakai atom, atom atau partikel ditembakkan dengan kecepatan tertentu pastinya memiliki gaya, dan karena atom itu memiliki massa maka jika kecepatan itu mendekati kecepatan cahaya setidaknya, maka gaya yg ditimbulkan juga akan semakin besar yg dimiliki oleh sebuah atom, bahkan jika satu atom yg tadinya cm memilki massa tak seberapa jika atom tersebut melaju dgn mendekati kecepatan cahaya maka jika menabrak kita akan sama seperti kita ditabrak dgn gaya sebuah truk dgn kecepatan sekitar 40 km/jam, dan dengan gaya ituu tentunya jika bisa kita kembangkan/kita manfaatkan melempar suatu benda/kendaraan maka bisa kita manfaatkan tenaganya ...
lah, energi buat mempercepat atom tersebut gimana?kykny dgn tknologi skarang mending  pake bensin de
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

rawWARus

nah itu yg blm q ngerti apa alatnya, tp ada sh yg bikin atom bergerak cuma musti bisa dikendalikan arah geraknya
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

HyawehHoshikawa

Kalo' cuman smacam particle accelerator yang buat nabrak-nabrakin partikel doang sih banyak macem LHC gitu. dan itu tujuannya buat riset, kalo' dari particle accelerator itu cuman dipake buat bahan bakar(walopun ga dibakar ;D) sih ga bakal efisien, kalo ngga juga mungkin bakalannya bolong kali' ya ditabrak partikel yang momentumnya tinggi tapi volumenya kecil gitu
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Nabih

Kutip dari: rawWARus pada April 29, 2009, 09:38:25 PM
sebenarnya bukan pake nuklir, tapi lewat pemanfaatan gerakan atom yg menghasilkan gaya sentripetal dan sentrifugal

Berapa jumalah atomnya???
Berapa besar Gayanya???

rawWARus

nabih
ya tergantung dr kecepatan atomnya
hya
dikendalikan dlm arti seperti kita mainin remot control, setidaknya arah lengkungannya
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Nabih

Kutip dari: rawWARus pada Mei 26, 2009, 08:14:10 PM
nabih
ya tergantung dr kecepatan atomnya
hya
dikendalikan dlm arti seperti kita mainin remot control, setidaknya arah lengkungannya

Ada faktor lain ngga sich ???
misal jenis atom dsb, atau ada yang tau rumusnya

Sky

Aku ikutan ah,
yang nomor 1.
Apa maksudnya begini?
Secara teori, suatu partikel (misalnya foton) yang dibuang dari sebuah propulsi akan memiliki momentum. menurut hukum kekekalan momentum, partikel ini akan menyebabkan roket (propulsi) tersebut memiliki momentum yang besarnya sama namun arahnya berlawanan (prinsip pembuatan roket gitu).
Dalam roket, partikel yang digunakan adalah bahan bakar (misalnya oksigen cair).
Kalo sistem ini mau pake partikel relativistik, berarti membutuhkan penyembur partikel.
Jika tiap partikel (tak bermassa) memiliki energi E=hf dan momentum  p =\frac h\lambda
Jika panjang gelombang yang digunakan sekitar 1000 nm, dengan h=6,626x10^{-34}
Momentum yang diberikan hanya sedikit, butuh ratusan ribu mol partikel yang dikeluarkan sekaligus untuk membuat orde momentum jadi m/s.

Kok ceritanya jadi kayak GN Drive di Gundam 00 ya?

Kalo pertanyaan lain, sepertinya sudah terjawab semua.

Mars

Kutip dari: HyawehHoshikawa pada Mei 21, 2009, 05:21:03 PM
   
lah, energi buat mempercepat atom tersebut gimana?kykny dgn tknologi skarang mending  pake bensin de
emang pemakaian bensin itu lebih bagus ???? terus, bagaimana teknisnya energi nuklir bisa dimanfaatkan di pesawat itu ??

herlambang

Kutip dari: lovianettesherry_gonz pada Juli 09, 2008, 08:07:28 PM
kita takut radiaktifnya itub kan...semoga aja gak ada kebocoran...tapi menurut gue radioaktif gak nambah lubang ozon deh

nambahin manusia bergelimpangan. ;D
built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

heru.htl

Nambahin lagi:
Mengurangi populasi manusia, melonggarkan napas dikit karena bertambahnya jatah pasokan udara... cuman sayang udaranya jadi mengandung debu strontium yang bikin mati... wah jadinya ikutan mati juga donk...