Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 12:23:57 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 51
Total: 51

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

TANYA-TANYA SAPA YANG BISA JAWAB HAYO...TOLONG Y...TRIMS

Dimulai oleh rawWARus, Desember 14, 2007, 04:59:38 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

rawWARus

haiii...
aku lagi bingung nih menurut kalian bisa ga, energi dari massa atom bisa dimanfaatkan sebagai gaya dorong suatu pesawat??
dan berapakah kecepatan bumi berotasi?
dan apakah dari tahun-ketahun bumi ini jari-jari katulistiwanya bertambah???
tolong jawab y
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

astronomsableng

Data2 mengenai kecepatan rotasi Bumi dan aspek2 fisik benda2 di tata surya kita, bisa dilihat di <a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">nineplanet.org</a>.

Biasanya data kecepatan rotasi itu tidak ada, tapi kamu bisa hitung sendiri dengan menggunakan data radius suatu objek (misal: Bumi, Saturnus, dll.) dan periode rotasinya.

rawWARus

thaks y...eh klo rotasi dan revolusi bumi tambah cpt apa akan berpengaruh sama waktu bumi...kan waktu dipengaruhi kecepatan...tjd relativitas waktu ga ya?atau waktu bumi jd lambat dari sebelumnya tapi kita tak menyadarinya?
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

astronomsableng

<a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">Dilatasi waktu</a> hanya terasa dan signifikan kalau kecepatan objeknya mendekati kecepatan cahaya, misalnya 10% kecepatan cahaya. Pada prinsipnya dilatasi waktu selalu terjadi pada setiap objek yang bergerak, namun efeknya sangaaaaaaaaaatttt kecil sehingga tak terukur oleh alat pengukur waktu paling modern sekalipun (dan juga tidak signifikan terhadap fenomena2 fisika yang terjadi).

Objek yang periode rotasinya diketahui paling cepat adalah <a href="[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]">pulsar milidetik</a>. Satu kali putaran ditempuh hanya dalam waktu 1 hingga 10 milidetik (1 milidetik = 1/1000 detik). Bandingkan dengan waktu rotasi Bumi yang 24 jam atau Jupiter yang 8 jam.

Kecepatan rotasi pulsar milidetik ini bisa mencapai 10% kecepatan cahaya.

Terbaik

Oooo begitu ya....!
Hmm ide bagus tuh energi nuklir dari atom di pake buat nerbangin pesawat.
Irit bahan bakar nih.
Bisa ngurangin pemanasan global dong.
Ato apa malah sebaliknya nambah lubang ozon?
??? ;D ???

lovianettesherry_gonz

dilatasi waktu..yang bisa ngerasain cuma partikel yang lagi nongkrong didalam akselelator partikel..misalnya mau ditumbukin atau apa gitu..
buat nuklir...kayaknya bagus aja kalo jadi bahan bakar..cuma kita takut radiaktifnya itub kan...semoga aja gak ada kebocoran...tapi menurut gue radioaktif gak nambah lubang ozon deh

Vinchemz

@atas: gak..
Fisika itu harus ada pengamat dan benda yang diamati (sama seperti ilmu sains yang lain)..
Dilatasi waktu terasa kalau ada pengamat yang bergerak normal dan ada yang diamati (orang yang dalam keadaan mendekati kecepatan cahaya)..

Kira2 begituh.. :D

rawWARus

Maksud saya dengan pergerakan atomnya yg bisa menghasilkan gaya...dan lalu gaya itu dimanfaatkan...tapi mungkin ga ya ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Vinchemz

Aku ngomong ama lovianettesherry.. :D

Sepertinya mungkin aja bisa..

reborn

gak mudeng gw sama pertanyaannya. Itu masing-masing pertanyaan independen ya, gak berhubungan satu sama lain? Yang mau ditanya apa sebenernya sih, ini lagi bahas apa?

Vinchemz

Iya, emang pada gak nyambuh, hahahaha.. :D

1. E = m \cdot  c^2
Apa bisa massa atom dipake buat dorong pesawat?? Like pesawat tempur, pesawat antariksa, etc..

2. Seberapa cepat bumi berotasi?? Dalam km/jam..

3. Bumi khan terus berputar, ada gaya sentrifugalnya. Awalnya khan dulu itu bumi bulat banget, karena rotasinya, jari2 khatulistiwa mengembang dan yang kutub jadi makin pendek. Apa mungkin jari2 khatulistiwa ini sekarang masih mengembang??

rawWARus


aku lagi bingung nih menurut kalian bisa ga, energi dari massa atom bisa dimanfaatkan sebagai gaya dorong suatu pesawat??
aku tanya ini karena, atom yg bergerak dng kecepatan tertentu akan menghasilkan massa, dan suatu materi(atom) yg bergerak menghasilkan gaya, maksudku gaya yg dihasilkan itu yg dimanfaatkan...? ;D ???

dan berapakah kecepatan bumi berotasi?
Aku tanya ini karena, selain males ngitung aku cari data itu blm nemu... ;D

dan apakah dari tahun-ketahun bumi ini jari-jari katulistiwanya bertambah???
aku tanya ini karena, ada data yg aku pernah baca kurang lebih menyatakan kalo jari2 katulistiwa/equator bumi lbh besar dari pada jari2 dari kutub ke kutub... ;D ???

SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

reborn

Kutip dari: rawWARus pada Juli 30, 2008, 10:24:58 PM
aku lagi bingung nih menurut kalian bisa ga, energi dari massa atom bisa dimanfaatkan sebagai gaya dorong suatu pesawat??
aku tanya ini karena, atom yg bergerak dng kecepatan tertentu akan menghasilkan massa, dan suatu materi(atom) yg bergerak menghasilkan gaya, maksudku gaya yg dihasilkan itu yg dimanfaatkan...? ;D ???
Menghasilkan massa? Gimana caranya? Kalo membebaskan tenaga inti atom udah bisa dilakukan sejak lama. Pemanfaatannya buat pesawat, harusnya juga bisa. Tapi pertimbangannya apa?

Kutipdan berapakah kecepatan bumi berotasi?
Aku tanya ini karena, selain males ngitung aku cari data itu blm nemu... ;D
Udah dijawab astronomsableng.

Kutipdan apakah dari tahun-ketahun bumi ini jari-jari katulistiwanya bertambah???
aku tanya ini karena, ada data yg aku pernah baca kurang lebih menyatakan kalo jari2 katulistiwa/equator bumi lbh besar dari pada jari2 dari kutub ke kutub... ;D ???
Dijawab sama Vinchemz. Gw ga tau juga sih jawabannya.

Vinchemz

Hah?? Mank aku kapan ngejawab??
Yang tadi itu cuma menjelaskan dari setiap pertanyaan :D

reborn

Lho, bukannya itu tadi dah dijawab?
btw, oot nih. Skrg pengumuman umptn ya? Diterima di ugm nih ceritanya? Congrats ya ;D