Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 02:12:56 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 60
Total: 60

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?

Dimulai oleh maac, Juli 25, 2008, 09:54:29 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Pi-One

Kutip dari: Mat Dillom pada Desember 20, 2009, 01:36:16 AM
Alam khan perlu media yah untuk keberadaannya. Media alam secar fisika apa sih namanya? dibalik medianya alam itu apa? apa juga masih memerlukan media?.

Kalau di Islam khan medianya alam adalah "Alam Malakut". Nah alam malakut itu bermedia pada Dzat Allah.
Gak ngerti yang dimaksud 'media' di sini...

Mat Dillom

Kutip dari: Pi-One pada Desember 20, 2009, 05:04:19 PM
Kutip dari: Mat Dillom pada Desember 20, 2009, 01:36:16 AM
Alam khan perlu media yah untuk keberadaannya. Media alam secar fisika apa sih namanya? dibalik medianya alam itu apa? apa juga masih memerlukan media?.

Kalau di Islam khan medianya alam adalah "Alam Malakut". Nah alam malakut itu bermedia pada Dzat Allah.
Gak ngerti yang dimaksud 'media' di sini...

Wah kok gak ngerti? kalau Anda lihat "pisang goreng' Anda pasti lihat (ada) medianya, misalnya piring, kopi hangat medianya gelas/cangkir. Nah alam (jagat raya) medianya apa?.

Pi-One

Oh, wadah? Soal ini, aku gak yakin ada 'media' macam itu. Alam semesta itu adalah 'ruang-waktu. Kecuali dimensi kelima ditemukan dan bisa diselidiki, sulit menjawab pertanyaan ini.

caesar timo

yang w tau seh cma teori big bang...tuh juga w ga begitu ngerti....

Haryanto

Kutip dari: Mat Dillom pada Desember 21, 2009, 01:48:50 AM
Kutip dari: Pi-One pada Desember 20, 2009, 05:04:19 PM
Kutip dari: Mat Dillom pada Desember 20, 2009, 01:36:16 AM
Alam khan perlu media yah untuk keberadaannya. Media alam secar fisika apa sih namanya? dibalik medianya alam itu apa? apa juga masih memerlukan media?.

Kalau di Islam khan medianya alam adalah "Alam Malakut". Nah alam malakut itu bermedia pada Dzat Allah.
Gak ngerti yang dimaksud 'media' di sini...

Wah kok gak ngerti? kalau Anda lihat "pisang goreng' Anda pasti lihat (ada) medianya, misalnya piring, kopi hangat medianya gelas/cangkir. Nah alam (jagat raya) medianya apa?.

Saya pikir dalam fisika tentang alam semesta, kita tidak memisahkan antara materi/energi dan ruang-waktu.. Tensor Einstein = konstanta x Tensor Energi Momentum, inilah persamaan Einstein yg menggambarkan evolusi alam semesta.. Ini kalau kita berlandaskan pada teori (bukan hukum) relativitas umum.. menurut saya, dalam teori ini alam semesta tidak berwadah.. materi/energi mungkin boleh dikatakan butuh wadah.. alam semesta khan bukan hanya materi/energi {koreksi saya bila ini salah}

Kutip dari: Pi-One pada Desember 21, 2009, 08:33:48 AM
Oh, wadah? Soal ini, aku gak yakin ada 'media' macam itu. Alam semesta itu adalah 'ruang-waktu. Kecuali dimensi kelima ditemukan dan bisa diselidiki, sulit menjawab pertanyaan ini.

kalaupun dimensi ke lima ditemukan (atau dimensi lebih tinggi, misalkan 10 agar teori superstring bisa lebih valid), tetap saja dimensi berlebih ini merupakan bagian dari ruang waktu dalam persamaan Einstein (sejauh ini kita masih memakai persamaan Einstein, atau mungkin dengan perluasan spt pada supergravitasi) yang juga termasuk alam semesta..
We must know — we will know!
-David Hilbert -

toni_w

Kutip dari: Haryanto pada Desember 30, 2009, 08:06:54 PM
Saya pikir dalam fisika tentang alam semesta, kita tidak memisahkan antara materi/energi dan ruang-waktu.. Tensor Einstein = konstanta x Tensor Energi Momentum, inilah persamaan Einstein yg menggambarkan evolusi alam semesta..

tambah konstanta kosmologi donk di persamaan Einsteinnya, khan lagi ngebahas ttg alam semesta.. jadi solusinya baik de Sitter ataw Anti de Sitter space..
Am I not destroying my enemies when I make friends of them?A.  -Lincoln-

Haryanto

Kutip dari: toni_w pada Desember 30, 2009, 09:34:09 PM
Kutip dari: Haryanto pada Desember 30, 2009, 08:06:54 PM
Saya pikir dalam fisika tentang alam semesta, kita tidak memisahkan antara materi/energi dan ruang-waktu.. Tensor Einstein = konstanta x Tensor Energi Momentum, inilah persamaan Einstein yg menggambarkan evolusi alam semesta..

tambah konstanta kosmologi donk di persamaan Einsteinnya, khan lagi ngebahas ttg alam semesta.. jadi solusinya baik de Sitter ataw Anti de Sitter space..

Bah.., Toni lagi.. wkwkwkw
yap, boleh saja tambahkan konstanta kosmologi (ini yg dulu Einstein hilangkan dari persamaannya, lantas disesalinya dengan istilah terkenalnya: blunder terbesar dalam hidupnya..)
Tapi model/solusi yg banyak digunakan untuk alam semesta khan metrik FRW, dr semua teks yg bahas solusi ini, biasanya solusi dimulai dari ansatz metrik yg time dependent.. ada fungsi a(t) gitu.. :)
We must know — we will know!
-David Hilbert -