Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 01:41:38 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?  (Dibaca 74924 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #45 pada: Desember 21, 2009, 08:04:19 AM »
Alam khan perlu media yah untuk keberadaannya. Media alam secar fisika apa sih namanya? dibalik medianya alam itu apa? apa juga masih memerlukan media?.

Kalau di Islam khan medianya alam adalah "Alam Malakut". Nah alam malakut itu bermedia pada Dzat Allah.
Gak ngerti yang dimaksud 'media' di sini...

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #46 pada: Desember 21, 2009, 04:48:50 PM »
Alam khan perlu media yah untuk keberadaannya. Media alam secar fisika apa sih namanya? dibalik medianya alam itu apa? apa juga masih memerlukan media?.

Kalau di Islam khan medianya alam adalah "Alam Malakut". Nah alam malakut itu bermedia pada Dzat Allah.
Gak ngerti yang dimaksud 'media' di sini...

Wah kok gak ngerti? kalau Anda lihat "pisang goreng' Anda pasti lihat (ada) medianya, misalnya piring, kopi hangat medianya gelas/cangkir. Nah alam (jagat raya) medianya apa?.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #47 pada: Desember 21, 2009, 11:33:48 PM »
Oh, wadah? Soal ini, aku gak yakin ada 'media' macam itu. Alam semesta itu adalah 'ruang-waktu. Kecuali dimensi kelima ditemukan dan bisa diselidiki, sulit menjawab pertanyaan ini.

Offline caesar timo

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #48 pada: Desember 22, 2009, 07:33:14 AM »
yang w tau seh cma teori big bang...tuh juga w ga begitu ngerti....

Offline Haryanto

  • Staff
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 272
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • my_papers
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #49 pada: Desember 31, 2009, 11:06:54 AM »
Alam khan perlu media yah untuk keberadaannya. Media alam secar fisika apa sih namanya? dibalik medianya alam itu apa? apa juga masih memerlukan media?.

Kalau di Islam khan medianya alam adalah "Alam Malakut". Nah alam malakut itu bermedia pada Dzat Allah.
Gak ngerti yang dimaksud 'media' di sini...

Wah kok gak ngerti? kalau Anda lihat "pisang goreng' Anda pasti lihat (ada) medianya, misalnya piring, kopi hangat medianya gelas/cangkir. Nah alam (jagat raya) medianya apa?.

Saya pikir dalam fisika tentang alam semesta, kita tidak memisahkan antara materi/energi dan ruang-waktu.. Tensor Einstein = konstanta x Tensor Energi Momentum, inilah persamaan Einstein yg menggambarkan evolusi alam semesta.. Ini kalau kita berlandaskan pada teori (bukan hukum) relativitas umum.. menurut saya, dalam teori ini alam semesta tidak berwadah.. materi/energi mungkin boleh dikatakan butuh wadah.. alam semesta khan bukan hanya materi/energi {koreksi saya bila ini salah}

Oh, wadah? Soal ini, aku gak yakin ada 'media' macam itu. Alam semesta itu adalah 'ruang-waktu. Kecuali dimensi kelima ditemukan dan bisa diselidiki, sulit menjawab pertanyaan ini.

kalaupun dimensi ke lima ditemukan (atau dimensi lebih tinggi, misalkan 10 agar teori superstring bisa lebih valid), tetap saja dimensi berlebih ini merupakan bagian dari ruang waktu dalam persamaan Einstein (sejauh ini kita masih memakai persamaan Einstein, atau mungkin dengan perluasan spt pada supergravitasi) yang juga termasuk alam semesta..
We must know — we will know!
-David Hilbert -

Offline toni_w

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
  • nan dattebayo?
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #50 pada: Desember 31, 2009, 12:34:09 PM »
Saya pikir dalam fisika tentang alam semesta, kita tidak memisahkan antara materi/energi dan ruang-waktu.. Tensor Einstein = konstanta x Tensor Energi Momentum, inilah persamaan Einstein yg menggambarkan evolusi alam semesta..

tambah konstanta kosmologi donk di persamaan Einsteinnya, khan lagi ngebahas ttg alam semesta.. jadi solusinya baik de Sitter ataw Anti de Sitter space..
Am I not destroying my enemies when I make friends of them?A.  -Lincoln-

Offline Haryanto

  • Staff
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 272
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • What do you care what other people think
    • my_papers
Re: Teori pembentukan jagad raya apa aja sih?
« Jawab #51 pada: Desember 31, 2009, 10:13:48 PM »
Saya pikir dalam fisika tentang alam semesta, kita tidak memisahkan antara materi/energi dan ruang-waktu.. Tensor Einstein = konstanta x Tensor Energi Momentum, inilah persamaan Einstein yg menggambarkan evolusi alam semesta..

tambah konstanta kosmologi donk di persamaan Einsteinnya, khan lagi ngebahas ttg alam semesta.. jadi solusinya baik de Sitter ataw Anti de Sitter space..

Bah.., Toni lagi.. wkwkwkw
yap, boleh saja tambahkan konstanta kosmologi (ini yg dulu Einstein hilangkan dari persamaannya, lantas disesalinya dengan istilah terkenalnya: blunder terbesar dalam hidupnya..)
Tapi model/solusi yg banyak digunakan untuk alam semesta khan metrik FRW, dr semua teks yg bahas solusi ini, biasanya solusi dimulai dari ansatz metrik yg time dependent.. ada fungsi a(t) gitu.. :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
37370 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 09, 2009, 06:57:51 AM
oleh manusiarender
96 Jawaban
57250 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2012, 10:56:42 AM
oleh mhyworld
18 Jawaban
13571 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2018, 12:41:34 AM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
5267 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 13, 2010, 04:50:14 AM
oleh oriela
94 Jawaban
39734 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 18, 2011, 06:42:05 AM
oleh No