Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 27, 2022, 09:33:16 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 85
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 47
Total: 47

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Waktu Planck dan Big Bang

Dimulai oleh superstring39, Februari 11, 2009, 01:08:06 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

superstring39

menyelidiki keadaan awal

apa yang terjadi selama big bang? memang kita tidak dapat mencari saksi yang melihat big bang secara langsung, jadi untuk menjawabnya para astronom harus melihat keadaan alam semesta sekarang dan melihatnya kebelakang.

Latar radiasi kosmik memberikan kita informasi bahwa temperatur alam semesta sekarang sekitar 2.7 kelvin. Persamaan Hubble membantu kita mengetahui seberapa cepat semesta mengembang. sebenarnya sangat sulit untuk melakukannya namun para astronom tetap berusaha dengan menggunakan persamaan hubble untuk galaksi yang sangat jauh untuk melihat bahwa alam semesta mengembang lebih cepat dimasa lalu.

astronom juga dapat mengukur timbunan relatif dari setiap element dan isotop yang terbentuk selama awal big bang untuk memperkirakan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk atom-atom sat big bang berlangsung.

dengan menggabungkan hasil pengamatan dan pandangan secara teoritik dari relativitas umum, para kosmolog berusaha untuk memecahkan rahasia sejarah alam semesta dan sifat-sifat fisis seperti temperatur dan densitas saat waktu yang berbeda sepanjang sejarah pembentukan semesta.

Keadaan Sebelum Awal

Alam semesta memulai bigbang saat waktu sama dengan nol detik. tapi bagaimana sebelum waktu nol detik? dalam konteks teori big bang, tidak ada penjelasan ilmiah untuk pertanyaan semacam itu. nah ini dia, setidaknya sampai titik ini, batasan yang mendasar sekali dari teori big bang. Belum ada satu teori ilmiahpun yang dapat menjelaskan keadaan ini.

Waktu Planck

Teori bigbang juga memiliki keterbatasan selama selang waktu 10-43 detik pertama dari kejadian big bang stelah watu nol. tenggang waktu ini didisebut waktu planck (masa planck) dimana muncul dari mekanika kuantum.

tanpa penjelasan secara detail, mekanika kuantum memprediksi apapun yang memiliki ukuran keciiill sekali lebih tepat dibandingkan mekanika newton . kita juga dapat memprediksi atau mengukur lintasan planet-planet atau bahkan bola baseball, namun kita hanya bisa menentukan kemungkinan dari sebuah elektron. Ketidakmampuan untuk menentukan atau mengukur lintasan elektron tersebut bukan karena kesalahan alat ukur namun keterbatasan mendasar alam.

waktu plank adalah keterbatasan untuk pengukuran waktu. untuk waktu sejarah pembentukan alam semesta kurang dari 10-43 detik, adalah keterbatasan mekanika kuantum untuk memprediksi atau menugukur kondisi semacam itu. teori big bang yang kita ketahui saat ini adalah setelah waktu 10-43 detik itu. saat itu alam semesta memiliki kerapatan/densitas 1096 kali dari kerapatan air dan diperkirakan memiliki temperatur 1032 kelvin. Semesta kita mulai memiliki keadaan masif dan sangat puanaas luar biasa sekali. mulai saat itulah alam semesta memulai pengembangan big bang. apa yang terjadi saat 0 detik sampai 10-43 detik? tidak akan ada yang mengetahuinya...

HyawehHoshikawa

KutipKeadaan Sebelum Awal

Alam semesta memulai bigbang saat waktu sama dengan nol detik. tapi bagaimana sebelum waktu nol detik? dalam konteks teori big bang, tidak ada penjelasan ilmiah untuk pertanyaan semacam itu. nah ini dia, setidaknya sampai titik ini, batasan yang mendasar sekali dari teori big bang. Belum ada satu teori ilmiahpun yang dapat menjelaskan keadaan ini.

kmaren gw ketemu om hawking di angkringan dia bilang kalo' t < 0 untuk alam semesta tu ndak ada, dia lebih ngprediksi kalo' adanya tu t=bil. imajiner.... -_- bedanya apa???

The Theory Of Everything The Origin And Fate Of The Universe
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

superstring39

untuk pengertian bilangan imajener silahkan buka room matematika topik tentang bilangan imajener atau bilangan kompleks.

The Houw Liong

#3
Teori Big Bang menuntut adanya titik sigularitas yang merupakan awal dari ruang waktu dengan energi awal yang sangat besar yang secara logis tidak dapat dijelaskan, sehingga diperlukan Tuhan sebagai penjipta keadaan awal itu. Untuk menghilangkan hal tsb Hawking mengubah sumbu waktu menjadi imaginer. Dalam sistem ini tidak ada titik singularitas, sehingga Hawking menyatakan terciptanya alam semesta ini tidak perlu Tuhan. Namun, sebenarnya Hawking menyembunyikan misteri alam semesta ini dalam waktu yang imaginer, sedangkan untuk bisa ditafsirkan secara fisis waktu harus real.
HouwLiong

superstring39

"waktu" imajener itu hanya bisa diterapkan secara matematis bukan, sedangkan kenyataannya waktu itu harus real.