Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Astronomi dan Kosmologi => Topik dimulai oleh: muhmus88 pada April 21, 2009, 12:16:20 PM

Judul: Warna Langit
Ditulis oleh: muhmus88 pada April 21, 2009, 12:16:20 PM
kenapa langit warnanya biru???
kok ga item atau pink gitu???
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: superstring39 pada April 22, 2009, 03:54:50 AM
langit biru karena adanya polarisasi cahaya dari matahari oleh atmosfer bumi. cahaya dipolarisasikan dengan sudut terbesar adalah daerah biru-ungu karena mata kita lebih sensitif terhadap warna biru jadi kita dominan melihat warna biru di langit. kalo enggak ada atmosfer maka langit kita akan berwarna hitam. pada sore hari atau fajar langit tampak berwarna merah-jingga karena sudut polarisasi yang lebih kecil.
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: Sakuranboaoi pada April 25, 2009, 04:31:03 AM
hihihi...
kalo dpikir kdang2 prtanyaan pling sderhana malah pling ssah d jwab.

hmmh,gw cba jwab y...

sbenernya pra ilmuwan udh bnyak mngajukan pnjlasn ttg mngapa lngit bru.Tapi yg trbaik dteng dri om Lord John Rayleigh,ilmuwan inggris,100 taun yg lalu(krg lbih).
Qta mule dri awal.
Snar mtahari yg mnerangi lngit siang kan bewarna putih(jdi lngit hrusnya putih cmerlang donk?).Nah,spaya lngit mnjadi wrna biru,psti ssuatu trjadi pda chaya saat mlewati atmsfir bumi.
POLARISASI.yap jwabannya "superstring" bener,tapi dispersi jga ambil bgian dri fenomena ini lho...!

Snar ptih trbuat dri plangi wrna.Qta dpat mliat plangi ktika mliat chaya mlalui prisma.Prisma mngurai chaya mnjadi:mejikuhibiniu.Bergabung,mreka mnjadi chaya yg qta liat sbagai putih(pasti udh tau kan teori ini)

Jadi saat sinar putih mmancar msuk dri matahari,ssuatu pasti mmecahkan chaya tu mnjadi wrna2nya.Kmudian,dgn suatu cra,bag biru dri cahaya menenggelamkan smua wrna lainnya.

Apa yg mnyebabkan ini y?ada bberapa kmngkinan udra yg mnylmuti bumi trdri dri gas2-nitrigen,oksigen,aron,dll-bercmpur dfn uap air n kristal es.jga ada debu n polutan kimia,n jauh d atas sna masi ada lapisan ozon.Smua bag udra ini tlah dituduh sbgai pnybab lngit bru(ud kaya' t'sangka aje).
Sbagai cntoh,baik air n ozon cnderung mnyerap chaya kmerahan,mbiarkan chaya yg lbih biru untuk lewat."mungkin",pikir beberapa ilmuwan ini mnyebbkan langit biru.
Namun,om John Tyndall,ahli fsika,berpndapat lain bahwa debu n partikel2 lain d udara mngurai cahaya, n biru kluar paling kuat.tuk mmbktikan ggasannya,ia mmbuat kabut asap n kmudian mnyrotkan brkas chaya putih mnembusnya.d liat dari smping,kbut asap itu mnjadi biru tua(kalo maw coba aja).

awalnya om Rayleigh mempercayai teori ini-tapi tdak untuk wktu yg lama-akhirnya dia menerbitkan buku penjelasannya sndiri (gw lupa judulnya),yg topiknya krang lbih brisi tntang udara itu sendiri,bkan debu atau kabut asap yg mngubah langit mnjadi biru.

inilah yg terjadi:
Sjmlah berkas snar mtahari mlewati ruang ksong antra molekul2 gas d atmosfer,tba d tanag sbagai chaya ptih sperti awalnya.TApi,snar mtahari yg betbrakan dgn mlekul2 gas,sperti Oksigen,teserap kmudian dsbarkan k sgla arah.
Atom2 dlam mlekul gas mnjadi bergejolak oleh chaya yg dserap,n mngeluarkan kmbali foton2 chaya dlam sgala pnjang glombang-dri mrah sampe ungu-ke "depan","belakang, dan "sis-sisi" molekul.Jadi sbagian chaya lngsung k tanah,sbagianlagi d krim k angkasa,n sbagian mluncur kmbali k arah mtahari.
Apa yg ditemuin sama om Rayleigh a/ kcemerlngan chaya yg muncul trgantung pda wrna.8 foton chaya biru mncul tuk stiap wrna mrah.
Hasilnya?chaya bru yg pekat mngalir k mata kita dri smua arah d langit,dri triliyun mlekul gas.tapi tentu langit "tidak" murni biru,krna wrna2 lain jga mncpai mta qita.Tapi sngat smar,dtngelamkan oleh biru yg sngat cerah...

smoga puas deh,tpi mgkin ada teori yg lain?
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: binekas pada April 26, 2009, 02:53:48 AM
trs kl sore-sore gt kan langitnya jadi suka berwarna orange tuh. Kira-kira knp yah?? Ada yang bilang kl langit biru itu karena pantulan cahaya matahari terhadap laut, bener g sih??
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: nandaz pada April 26, 2009, 03:21:11 AM
langit biru karena adanya polarisasi cahaya dari matahari oleh atmosfer bumi. cahaya dipolarisasikan dengan sudut terbesar adalah daerah biru-ungu karena mata kita lebih sensitif terhadap warna biru jadi kita dominan melihat warna biru di langit. kalo enggak ada atmosfer maka langit kita akan berwarna hitam. pada sore hari atau fajar langit tampak berwarna merah-jingga karena sudut polarisasi yang lebih kecil.
polarisasi cahaya itu, sama nggak istilahnya dengan pembiasan?....sebagian buku menjawab singkat karena pembiasan.....
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: Sakuranboaoi pada April 26, 2009, 05:58:09 AM
@Binekas
kalo langit biru itu karena pantulan chaya matahari trhadap laut.Brarti kita bisa ngeliat warna langit itu hijau,biru tua hampir ungu donk!.Soalnya kan warna laut itu berbeda-beda.Lagian buat warna laut beda lagi pmbahasannya.
Petanyaan mengapa langit sore oranye?sepertinya udah d jawab sama om superstring.

@nandaz
polarisasi dan pembiasan...
kalo menurut sifat-sifat cahaya beda bnget malah artinya...
sifat2 chaya lw udah pasti tau kan...ada:
.interferensi(perpaduan)
.difraksi(pelenturan)
.polarisasi(pengkutuban)
.dispersi(penguraian)
.refraksi(pembiasan)
mcam2 sfat chaya ni bsa di liat d bku fisika klas 3

kalo refraksi kan perubahan arah gerak cahaya yg terjadi saat cahaya bergerak dri 1 medium k medium yg lain.
nah,kalo polarisasi itu peristiwa terserapnya sbagian arah getar cahaya shingga chaya tersebut khilangan sbagian arah getarnya.
mungkin yg dimaksud buku lw tntang "pembiasan" tuh gini.Karena ada 4 metode untuk ngedapetin cahaya terpolarisasi yaitu:metode transmisi,metode refleksi,metode hamburan,dan metode refraksi(di metode ini yg dsmakan artinya pembiasan dgn polarisasi).

gmana?
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: nandaz pada April 27, 2009, 06:22:00 AM
...boleh, juga aku sekarang dapat menangkap inti dari perbedaan antara keduanya....ngomong mengenai warna langit ada dalam salah satu link berbunyi seperti ini...
Kutip
Banyak sekali fenomena alam yang terjadi di dunia ini, bahkan sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi sering juga kita bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab hal itu. Salah satunya adalah fenomena pembiasan cahaya, cahaya memang memiliki banyak keunikan seperti dapat dipantulkan dan dibiaskan. Pembiasan Cahaya Pembiasan cahaya ialah pembelokan cahaya akibat melalui 2 atau lebih medium berbeda Disamping mengalami pembiasan, ketika melalui dua medium yang kerapatannya berbeda cahaya juga mengalami perubahan kec, hal ini disebabkan karena kerapatan suatu medium. Jika cahaya datang dari medium rapat ke kurang rapat maka cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal (garis 2700) dan jika sebaliknya maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal.
...apa itu dapat dicontohkan warna langit?
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: Sakuranboaoi pada April 27, 2009, 08:31:09 AM
Yap,
kasarnya bisa dbilang sama,
coba dliat pnjelsan gw yg d atas di bagian "inilah yg terjadi"(bca klimat prtamanya,sori gw ga bsa ngutip cuZ posting lwat hape)

dktakan di atas "sjumlah snar mthari mlwati rwang ks0ng antar mlekul2 gas d atmsfir,tba d tnah sbgi chya ptih sprti awlnya" kalo d artikan sma sperti yg dmksud d klimat yg lw bold kan bhwa tlah trjadi pmbiasan chya akibat pmbelokan dri 2 ataw lbih mdium yg brbeda.

iya gak...?
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 25, 2009, 12:41:00 PM

.interferensi(perpaduan)
.difraksi(pelenturan)
.polarisasi(pengkutuban)
.dispersi(penguraian)
.refraksi(pembiasan)



Wah, lupa semua
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: Muztank pada Agustus 30, 2009, 03:28:32 AM
klo setau gue, itu karena ada partikel2 dari gas dan debu,dan saat cahaya matahari datang sinar merah dan kuning dsb yg mempunyai panjang gelombang yang panjang dapat melewati atau menembus partikel tersebut sedangkan sinar biru yg punya panjang gelombang lebih pendek, dipantulkan kembali ke atmosfir sehingga langit berwarna biru..
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 03:19:35 PM
Nah sekarang, kalo kita lihat laut juga, nampak warna biru..
apakah itu karena warna langit??
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 04:44:30 PM
tidak... laut memang aslinya warna biru....
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 04:48:16 PM
loh, emang iya ya??
emang ap saja yang mempengaruhi warna laut??
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: raisuien pada Agustus 30, 2009, 04:55:12 PM
1. warna yg terpantul dr langit (klo lg mendung, laut tidak tampak terlalu biru)
2. murni atau tidaknya air (semakin tidak murni air, semakin banyak warna yg akan dipantulkan)
3. tingkat konsentrasi tanaman mikroskopik dan ganggang (makanya laut merah berwarna merah karna banyaknya ganggang merah)
klo gak salah....
^^
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: M101A pada Agustus 30, 2009, 05:53:29 PM
ok,, sip raisuien..
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: Dhantez pada September 01, 2009, 08:33:06 AM
Wew.. penjelasan sakuranboaoi mantab banget deh..

yg pernah aku dengar sih yg partikel di udara 'menangkap' warna biru dari cahaya matahari, membuat matahari nampak berwarna kuning.

Hmm.. hmmm...
gimana sih? hahaha
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: M101A pada September 01, 2009, 11:56:21 AM
@Dhantez
ya kira2 begitu,, udara di atmosfer sangat peka dengan warna biru dari matahari..
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: faiqhr pada September 04, 2009, 06:58:29 AM
yah, mau njawab udah keduluan, hhehehe
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: nandaz pada September 07, 2009, 01:51:30 PM
Wew.. penjelasan sakuranboaoi mantab banget deh..

yg pernah aku dengar sih yg partikel di udara 'menangkap' warna biru dari cahaya matahari, membuat matahari nampak berwarna kuning.

Hmm.. hmmm...
gimana sih? hahaha
..ini eksperimentnya menggunakan koloid kapur dan senter...daya adsorbsi awan pada cahaya kuning dengan posisi miring terjadi, karena itu sore terlihat orange atu jukalau ada awan numpuk berbentuk awan stratus....
Judul: Re: warna langit
Ditulis oleh: The Houw Liong pada September 09, 2009, 06:40:37 AM
Penjelasan sederhana :
Langit terlihat biru karena gejala hamburan sinar matahari dan warna dominan yang terhambur ke permukaan bumi ialah warna biru, kecuali pada saat matahari terbenam dan terbit.
Pada saat matahari terbenam atau terbit warna dominan yang terbias ke permukaan bumi ialah jingga.
Judul: Sebab Langit Berwarna Biru
Ditulis oleh: Alicha pada September 28, 2009, 08:03:56 AM
Mengapa langit berwarna biru?
Saat cuaca cerah di siang hari, kita akan lihat langit berwarna biru. Namun pada sore hari, langit akan berwarna kuning kemerahan. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui penyebabnya.

Penyebab warna langit ternyata tidak lepas dari pengaruh atmosfir bumi kita ini. Molekul-molekul gas seperti  nitrogen, oksigen, argon dan uap air menyebabkan cahaya matahari yang terdiri dari variasi panjang geleombang terabsorbsi. Cahaya yang terabsorbsi ini akan teradiasikan sehingga menghasilkan spektrum warna. Walaupun seluruh panjang gelombang dari cahaya matahari ini terabsorsi, namun warna biru yang memiliki panjang gelombang yang rendah akan terabsorsi lebih banyak dibandingkan warna merah sehingga warna biru ini dominan terlihat oleh mata. Proses ini dinamakan Rayleigh scattering.

Rayleigh menjelaskan bahwa cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih kecil akan memiliki intensitas perpendaran yang lebih besar. Karena warna biru memiliki penjang gelombang yang kecil sehingga warna biru akan dominan di langit. Selain itu, perpendaran warna ini juga dipengaruhi oleh jarak sumber cahaya dengan pengamat sehingga pada saat sunset, jarak sumber cahaya akan lebih jauh dan menyebabkan perpendaran efek Rayleigh scattering oleh warna biru ini berkurang. Proses ini dapat terlihat jelas saat matahari terbenam, dimana warna merah akan dominan di garis horizon.
Judul: Re: Sebab Langit Berwarna Biru
Ditulis oleh: binekas pada September 28, 2009, 08:17:16 AM
kl gak salah denger ada yang ngom kalo langit biru itu dikarenakan pantulan cahaya matahari terhadap lautan yang mendominasi bumi kita. Ada penjelasan mengenai hal ini?
Judul: Re: Sebab Langit Berwarna Biru
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada September 28, 2009, 12:43:00 PM
Langit hanya berwarna biru di siang hari. Ada beberapa sebab mengapa langit saat itu berwarna biru. Bumi diselubungi lapisan udara yang disebut atmosfir. Walaupun tidak tampak, udara sebenarnya terdiri atas partikel-partikel kecil.

Cahaya dari matahari dihamburkan oleh partikel-partikel kecil dalam atmosfir itu. Tetapi kita tahu, cahaya dari matahari terdiri dari paduan semua warna, dari merah, kuning, hijau, biru, hingga ungu. Warna-warna itu memiliki frekuensi yang berbeda. Merah memiliki frekuensi yang lebih kecil dari kuning, kuning lebih kecil dari hijau, hijau lebih kecil dari biru, biru lebih kecil dari ungu. Semakin besar frekuensi cahaya, semakin kuat cahaya itu dihamburkan.

Warna langit adalah sebagian cahaya matahari yang dihamburkan. Karena yang paling banyak dihamburkan adalah warna berfrekuensi tinggi (hijau, biru, dan ungu), maka langit memiliki campuran warna-warna itu, yang kalau dipadukan menjadi biru terang.

Karena warna biru banyak dihamburkan, maka warna matahari tidak putih sempurna, seperti yang seharusnya terjadi jika semua warna dipadukan. Warna matahari menjadi sedikit agak jingga.

Pada sore hari, sering matahari berubah warna menjadi merah. Pada saat itu, sinar matahari yang sudah miring menempuh jarak lebih jauh untuk mencapai mata kita, sehingga semakin banyak cahaya yang dihamburkan. Yang banyak tersisa adalah cahaya frekuensi
rendah, yaitu merah.

Di bulan dan di planet yang tidak memiliki atmosfir, cahaya matahari tidak dihamburkan, sehingga langit selalu berwarna hitam, walaupun di siang hari.
------------------------------------------------------------------------------------------------
ini ada sedikit ttg topik ini....
http://asaria.wordpress.com/2007/08/15/mengapa-langit-berwarna-biru/
http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/mengapa-langit-berwarna-biru/

^^