Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 29, 2024, 09:46:26 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 27,572
  • Latest: glfiefs
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 96
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 80
Total: 80

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Beasiswa StuNed - studi di Belanda

Dimulai oleh reborn, Maret 07, 2007, 05:22:25 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

StuNed, Studeren in Nederland atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun sekitar 150-200 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang berkecimpung dalam pembangunan Indonesia. Penerima beasiswa dapat mengikuti master course, short course atau customized training programme yang kesemuanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Setelah menyelesaikan studi dan kembali ke Indonesia, penerima beasiswa diharapkan berkomitmen untuk berperan dalam pembangunan.

Program StuNed mengacu pada kebijakan kerja sama pembangunan pemerintah Belanda yang bertujuan untuk mencapai “UN Millenium Development Goals” pada tahun 2015. Untuk Indonesia, program kerja sama bilateral difokuskan untuk mengembangkan dan memperkuat kapasitas institusi pada sektor-sektor yang memiliki keterkaitan erat dengan pembangunan seperti:

    * pendidikan dasar dan menengah
    * penanggulangan HIV/AIDS
    * pelestarian lingkungan
    * pengelolaan air dan sanitasi
    * perdagangan
    * pemberdayaan masyarakat
    * good governance dan hak-hak asasi manusia
    * gender
    * kebudayaan.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia, seperti yang dipaparkan dalam “Poverty Reduction Strategy Papers (PRSP)”, peningkatan proses desentralisasi merupakan tujuan lain. Oleh karena itu, perhatian khusus diberikan kepada para kandidat yang bekerja di luar Jawa. StuNed juga mengutamakan kesetaraan gender (minimal 50% perempuan).
Profil Kandidat

StuNed adalah program beasiswa yang khusus disediakan untuk masyarakat Indonesia dan diprioritaskan bagi staf pemerintah (pusat dan daerah), staf LSM, staf pengajar PTN dan PTS serta wartawan. Karyawan perusahaan swasta yang bekerja di sektor-sektor yang terkait dengan pembangunan juga dapat ikut serta.

Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen kuat terhadap pembangunan; komitmen kuat terhadap pemberantasan korupsi; kemampuan memimpin dan menyadari bahwa manfaat beasiswa ini adalah untuk kepentingan pembangunan institusi dimana mereka bekerja.
Pilihan Program Studi

Secara umum program studi yang berkaitan erat dengan pembangunan Indonesia dapat dipilih. Motivasi dalam memilih program studi menjadi salah satu faktor penting dalam penilaian aplikasi. Hampir semua program studi bahasa dan literatur tidak dapat dijadikan program pilihan, kecuali yang berkaitan dengan bahasa Indonesia atau Belanda. Program studi budaya dan sejarah yang sumber informasinya banyak terdapat di Belanda, juga dapat dipilih.

Program PhD tidak termasuk dalam StuNed. Untuk program PhD silahkan merujuk pada program beasiswa lain yakni Netherlands Fellowship Programme (NFP).
StuNed â€" Master Programme

Persyaratan umum:

   1. Warga negara Indonesia;
      dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri, fotokopi paspor (berlaku sampai satu tahun setelah program studi dimulai). Diserahkan pada saat penyerahan aplikasi.  Khusus untuk fotokopi paspor diserahkan setelah kepastian memperoleh beasiswa
   2. Pendidikan minimal S1 atau yang setingkat dari universitas di Indonesia dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75);
      dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir  dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum jelas di dalamnya.
   3. Pengalaman kerja minimal 2 tahun di institusi terakhir;
      dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan organisasi di atas materai yang menyatakan  bahwa stafnya diizinkan untuk studi di luar negeri dan menjamin posisinya sampai yang bersangkutan kembali ke Indonesia; surat ini boleh diserahkan setelah pengumuman hasil seleksi, namun sebelum keberangkatan ke Belanda; khusus untuk pegawai pemerintah dan staf pengajar diminta untuk melampirkan fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK); untuk staf LSM diminta menyertakan Laporan Tahunan LSM mereka yang paling akhir.
   4. Mempunyai latar belakang pendidikan atau bidang kerja yang sesuai dengan pilihan studi program pascasarjana;
      dijelaskan oleh: pelamar dalam motivation statement.
   5. Bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa
   6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik (TOEFL computer based skor min. 213, atau ITP 550, IELTS 6); yang diterima hanya International TOEFL atau Institutional TOEFL (ITP) yang diakui. Nilai TOEFL berlaku hanya sampai 1 tahun. Untuk program dengan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar  harus dapat menunjukkan bukti atas kemampuan bahasa Belanda;
      dibuktikan dengan: hasil skor yang asli, tidak boleh fotokopi. Pengecualian diberikan untuk skor TOEFL di bawah 550 selama universitas yang memberikan surat penerimaan menjamin akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa yang bersangkutan sampai ke tingkat yang ditentukan.
   7. Kondisi kesehatan yang baik;
      dibuktikan dengan: hasil tes kesehatan setelah kepastian memperoleh beasiswa.
   8. Tidak menempuh studi di luar negeri dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini
      dibuktikan dengan: daftar riwayat hidup, informasi yang dicantumkan dalam formulir yang disahkan  dengan materai, fotokopi paspor.
   9. Diterima di salah satu program pascasarjana yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi di Belanda untuk tahun ajaran 2007/2008
      dibuktikan dengan: surat penerimaan dari universitas yang mencantumkan dengan jelas di dalamnya tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih, total biaya perkuliahan dan nama program studi.
  10. Per tanggal 1 September 2007, usia tidak lebih dari 40 tahun untuk pria, dan 45 tahun untuk wanita
      dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau  paspor.

Pilihan program studi

Semua master programme dengan masa studi maksimum sampai dua tahun.

Batas akhir pendaftaran: 15 April 2007


Pra-registrasi StuNed â€" Master Programme untuk Pendaftar dari Luar Jawa

Pendaftar dari luar Jawa diberikan kesempatan pra-registrasi dimana pendaftar dapat memperoleh provisional award (surat pemberitahuan beasiswa bersyarat). Dengan provisional award pendaftar diberikan kesempatan untuk mencapai nilai TOEFL/IELTS sesuai dengan yang disyaratkan. NEC akan menyediakan fasilitas pelatihan bahasa Inggris bagi kelompok target tertentu.

Persyaratan umum:

   1. Warga negara Indonesia;
      dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri
   2. Pendidikan minimal S1 atau yang setingkat dari universitas di Indonesia dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75);
      dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir  dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum jelas di dalamnya
   3. Pengalaman kerja minimal 2 tahun di institusi terakhir;
      dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan organisasi di atas materai yang menyatakan  bahwa stafnya diizinkan untuk studi di luar negeri dan menjamin posisinya sampai yang bersangkutan kembali ke Indonesia; surat ini boleh diserahkan setelah pengumuman hasil seleksi, namun sebelum keberangkatan ke Belanda; khusus untuk pegawai pemerintah dan staf pengajar diminta untuk melampirkan fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK); untuk staf LSM diminta menyertakan Laporan Tahunan LSM mereka yang paling akhir
   4. Mempunyai latar belakang pendidikan atau bidang kerja yang sesuai dengan pilihan studi program master;
      Dijelaskan oleh pelamar dalam motivation statement.
   5. Telah memilih satu program studi yang ada di salah satu universitas di Belanda.
   6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris minimal ITP TOEFL 450 atau setara;
      dibuktikan dengan: fotokopi hasil skor.
   7. Tidak menempuh studi di luar negeri dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini;
      dibuktikan dengan: daftar riwayat hidup, informasi yang dicantumkan dalam formulir yang disahkan  dengan materai, fotokopi paspor.
   8. Per tanggal 1 September 2009, usia tidak lebih dari 40 tahun untuk pria, dan 45 tahun untuk wanita.
      Dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau  paspor.

Batas akhir pendaftaran: 1 Agustus 2007 untuk tahun akademik 2008-2009

Tahapan dan prosedur StuNed Pra-registrasi:

   1. Download formulir pra-registrasi
   2. Pilih program studi yang sesuai dis alah satu universitas yang ada di Belanda. Pilihan pfogram studi dapat dilihat di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
   3. Melampirkan persyaratan lengkap sebagai berikut:
          * Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
          * Fotokopi ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh universitas
          * Fotokopi hasil tes kemmapuan bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS).  Diizinkan untuk menyertakan hasil TOEFL prediction dari lembaga bahasa setempat dengan skor minimal 450
          * Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae/CV) â€" klik disini
          * Surat referensi dari tempat atau universitas. Surat dibuat di atas kop surat lembaga pemberi referensi
          * Fotokopi kartu dinas pegawai negeri bagi pegawai pemerintah
          * Fotokopi Surat Keputusan (SK) atau  pengangkatan bagi pegawai pemerintah atau staf pengajar di universitas
          * Pasfoto berwarna terbaru 3x4, 1 lembar.
   4. Kirimkan aplikasi (rangkap dua) dengan persyaratan lengkap ke kantor NEC Jakarta.

Hanya aplikasi dengan persyaratan lengkap yang akan diproses.


StuNed â€" Short Course

Persyaratan umum:

   1. Warga negara Indonesia;
      dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau Kartu Dinas Pegawai Negeri, fotokopi paspor (berlaku sampai satu tahun setelah program studi dimulai). Diserahkan pada saat penyerahan aplikasi.  Khusus untuk fotokopi paspor diserahkan setelah kepastian memperoleh beasiswa.
   2. Pendidikan minimal S1 atau yang setingkat dari universitas di Indonesia dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75);
      dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir  dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum jelas di dalamnya.
   3. Pengalaman kerja minimal 2 tahun di institusi terakhir;
      dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan organisasi di atas materai yang menyatakan  bahwa stafnya diizinkan untuk studi di luar negeri dan menjamin posisinya sampai yang bersangkutan kembali ke Indonesia; surat ini boleh diserahkan setelah pengumuman hasil seleksi, namun sebelum keberangkatan ke Belanda; khusus untuk pegawai pemerintah dan staf pengajar diminta untuk melampirkan fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK); untuk staf LSM diminta menyertakan Laporan Tahunan LSM mereka yang paling akhir.
   4. Mempunyai latar belakang pendidikan atau bidang kerja yang sesuai dengan pilihan studi program pascasarjana
      dijelaskan: oleh pelamar dalam motivation statement.
   5. Bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa.
   6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik. Hasil TOEFl yang diterima hanya International TOEFL (IELTS) atau Institutional TOEFL (ITP) yang diakui. Nilai TOEFL berlaku hanya sampai 1 tahun. Untuk program dengan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar harus dapat menunjukkan bukti atas kemampuan bahasa Belanda
      dibuktikan dengan: hasil skor yang asli, tidak boleh fotokopi.
   7. Kondisi kesehatan yang baik
      dibuktikan dengan: hasil tes kesehatan setelah kepastian memperoleh beasiswa.
   8. Tidak menempuh studi di luar negeri dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini
      dibuktikan dengan: daftar riwayat hidup, informasi yang dicantumkan dalam formulir yang disahkan  dengan materai, fotokopi paspor.
   9. Diterima di salah satu program pascasarjana yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi di Belanda untuk tahun ajaran 2007/2008;
      dibuktikan dengan: surat penerimaan dari universitas yang mencantumkan dengan jelas di dalamnya tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih, total biaya perkuliahan dan nama program studi
  10. Per tanggal 1 September 2007, usia tidak lebih dari 40 tahun untuk pria, dan 45 tahun untuk wanita;
      dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau  paspor.

Pilihan program studi

Semua short course dengan masa studi antara enam minggu sampai dengan enam bulan.

Batas akhir pendaftaran

   1. 1 Maret 2007: Jadwal short course antara 1 Juli â€" 31 Desember 2007
   2. 1 Oktober 2007: Jadwal short course antara 1 Januari â€" 31 Juni 2008



StuNed â€" Customized Training Programme

Institusi-intitusi, kemitraan, konsorsium/aliansi dan jaringan fungsional dapat mengajukan “expression of interest” untuk program peningkatan kemampuan staf. Training dapat berupa master course (termasuk program “double degree” yang diadakan di Belanda), short course ataupun customized training programme.  Untuk customized training programme, pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan institusi. Sebagian atau keseluruhan program ini dapat dilaksanakan di Indonesia.

Download prosedur, petunjuk pengajuan proposal dan formulir permohonan disini.
Beasiswa StuNed Meliputi

    * uang kuliah
    * biaya hidup (uang bulanan)
    * paket asuransi (perjalanan, kesehatan, third party liability)
    * biaya perjalanan internasional
    * biaya transportasi selama di Belanda yang berkaitan dengan keperluan studi
    * bantuan biaya yang berkaitan dengan keperluan studi (buku-buku dan biaya pengiriman)
    * biaya pengurusan visa.

Tahapan Pendaftaran

   1. Pilih program studi yang ada pada website  [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] atau website [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
   2. Lihat website universitas untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai program studi yang diminati, prosedur pendaftaran, jadwal studi dan informasi lainnya
   3. Hubungi international officer pada universitas yang dipilih melalui e-mail. Daftarkan diri pada program studi yang diminati untuk memperoleh (provisional) admission letter
   4. Download  formulir pendaftaran StuNed dari website NEC
   5. Serahkan atau kirimkan aplikasi  dengan persyaratan lengkap, termasuk admission letter dari universitas di Belanda, ke kantor NEC sebelum batas akhir pendaftaran. Hanya aplikasi dengan persyaratan lengkap yang akan diproses.

Proses Seleksi

Semua aplikasi untuk mengikuti master course atau short course yang memenuhi persyaratan akan dimasukkan dalam database, diberikan peringkat dan dikelompokkan berdasarkan kriteria-kriteria seperti nilai IPK, TOEFL/IELTS, bidang pekerjaan, tempat tinggal, motivasi, program studi dan gender.

Tim ‘readers’ melakukan penilaian terhadap semua aplikasi berdasarkan kriteria yang ada. Komite seleksi akan menentukan penerima beasiswa berdasarkan penilaian tim ‘readers’; keterkaitan sektor dengan pembangunan dan peran institusi dalam pembangunan Indonesia. Pernyataan institusi atau ‘employers statement’ yang menjelaskan manfaat program studi bagi institusi merupakan faktor penting dalam penilaian.

NEC akan menghubungi seluruh kandidat yang lolos prosedur seleksi tahap akhir untuk mengikuti sesi wawancara. Kandidat yang lolos wawancara dan menyerahkan seluruh dokumen yang disyaratkan, akan memperoleh beasiswa StuNed.

Informasi lebih lanjut silahkan e-mail: [email protected]

Nabih


muhsatrio

saya masih smp..
hehehehe..
belum bisa ngejar nh beasiswanya..!