Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 23, 2024, 06:32:39 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 136
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bakteri

Dimulai oleh Idad, November 07, 2008, 11:01:18 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Idad

Bakteri merupkan salah satu mahluk hidup tingkat rendah yang hidup di Alam.
Banyak orang berpikir bahwa keberadaanya merugikan. Tetapi tidak demikian. Ada banyak juga manfaat nakteri dalam kehidpuan kita. Seperti dalam proses pembusukan makanan di Usus Besar (E. Coli), proses penghasilan nitrat (Nitrosococcus) dan lain-lain.

Karena itu, saya mencoba membuat rintisan rangkuman singkat tentang Pelajaran Bakteri yang pernah ktia jumpai sewaktu SMA kelas 1.

Berikut adalah Attachmentnya dalam file PDF dan ODT yang sudah di Zip dalm berkas [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Oleh karena ini merupakan rangkuman rintisan, tambahan dan masukan dari kawan-kawan dan master-master dari Forum Sains sekalian tentu saja saya sangat nantikan.

Ok!

milmi

#1
Perbaikan:
1.
KutipCiri-Cirinya : -Unisel -Tak punya kloroplas -Aseksual -Hidup dimana-mana
Ini buka ciri khusus dari bakteri. Kalo dengan ciri ini, khamir juga masuk donk. Lalu bagaimana dengan Actinomycetes yang merupakan bakteri multiseluler? Atau Cyanobacteria yang memiliki klorofil? Kenapa ciri utama bakateri, yaitu prokariota, tidak masuk?

2.
KutipDinding selnya : -Gram Positif -Gram Negatif
Ini bukan dinding selnya, tapi reaksi terhadap pewarnaan Gram. Dinding selnya kan peptidoglikan.

3.
KutipPerkembangbiakannya: -Konjugasi -Transduksi -Transformasi
Ini jelas-jelas bukan perkembang biakannya. Reproduksi bakteri menggunakan pembelahan biner. Yang anda jelaskan di sini adalah metode transfer materi genetik antara satu bakteri ke bakteri yg lain.

4.
KutipPili : bentuk tunggal dari Pili adalah Pilus atau Fimbriae. Pili digunakan untuk
melekatkan diri bakteri pada bahan makanan.
Salah satu Pili ada yang digunakan
sebagai saluran penghubung dalam perpindahan materi genetik saat bakteri
berkonjugasi, nama Pilus ini adalah Sex Pilus.
Phili hanya digunakan untuk konjugasi

5.
KutipMesosom : Daerah Membran Sitoplasma (Membran Plasma) yang mengalami lipatan.
Diperkirakan ungsinya untuk pembentukan dinding sel atau pembelahan sel.
Fungsi mesosom bukan pembelahan sel atau pembentukan dinding sel, namun diduga sebagai organel respirasi sel. Keberadaan mesososm itu sendiri masih diperdebatkan sampai sekarang.

6. Tolong nama-nama spesies dilihat lagi, karena banyak sekali yang salah, contoh Stigela dysentriae yang seharusnya Shigella dysentriae, Vinrio cholerae yang seharusnya Vibrio cholerae, dan masih banyak lagi. Dan nama spesies harus dicetak miring.

Idad

waduh..., hehehe, trnyt masi bnyk yg sala ya..

oia, btw, thx for moderator milmi buat koreksinya

ntar Insya Allah aku bikin versi revisinya de..

maju ForSa..!!!

Idad

Nah.., ini ada updatenya

Ikhtisar Bakteri v1.01

ryoma

kk milmi..
koreksinya tajam sekali..  ;D ;D

Dan, apakah bakteri suatu saat akan hancur dihabisi virus?

  ;Dmaaf kalo ada yg salah  ;D
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

nandaz

Kutip dari: ryoma pada Januari 23, 2009, 07:18:29 PM
kk milmi..
koreksinya tajam sekali..  ;D ;D

Dan, apakah bakteri suatu saat akan hancur dihabisi virus?

  ;Dmaaf kalo ada yg salah  ;D
virus juga ngga selalu menang menghadapi bakteri...liat aja pada daur lisogenik....kalo bakteri baik  tumbuh secara sehat virus ngga akan bisa menembus karena sistem imunnya kuat...tau ngga virus itu mudah sekali masuk ketubuh ketimbang bakteri jahat....karena itu saat begadang meski tidur jam 1 ato 2 juga harus sikat gigi, supaya besok ngga step dan berakibat influenza
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Idad

Kutip dari: nandaz pada Februari 21, 2009, 08:56:52 PM
virus juga ngga selalu menang menghadapi bakteri...liat aja pada daur lisogenik....kalo bakteri baik  tumbuh secara sehat virus ngga akan bisa menembus karena sistem imunnya kuat...tau ngga virus itu mudah sekali masuk ketubuh ketimbang bakteri jahat....karena itu saat begadang meski tidur jam 1 ato 2 juga harus sikat gigi, supaya besok ngga step dan berakibat influenza

hm.., bru tau.., ok de..

binekas

kl bakteri yang bermanfaat bagi manusia apa saja sih?? kl bs contohnya yang banyak yah biar pengetahuan... ;D ;D :D

ryoma

Kutip dari: binekas pada April 19, 2009, 05:29:16 PM
kl bakteri yang bermanfaat bagi manusia apa saja sih?? kl bs contohnya yang banyak yah biar pengetahuan... ;D ;D :D

E. Coli  ;D manfaatnya di pencernaan tuh, spesifiknya lupa lagi..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Idad

Kutip dari: binekas pada April 19, 2009, 05:29:16 PM
kl bakteri yang bermanfaat bagi manusia apa saja sih?? kl bs contohnya yang banyak yah biar pengetahuan... ;D ;D :D

coba lihat download Bakteri_v1.01.zip.

biobio

Kutip dari: ryoma pada Januari 23, 2009, 07:18:29 PM

Dan, apakah bakteri suatu saat akan hancur dihabisi virus?

ada virus yang meneyrang bakteri, namanya bakteriofag.
"The pen is mightier than the sword"

nandaz

Kutip dari: biobio pada April 27, 2009, 05:11:28 PM
ada virus yang meneyrang bakteri, namanya bakteriofag.
pada umumnya virus itu merupakan hospesnya bakteri....buktinya kan virus cuma dapat berkembangbiak pada sel hidup, sel hidup itu bakteri....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

biobio

Kutip dari: nandaz pada April 27, 2009, 09:16:19 PM
pada umumnya virus itu merupakan hospesnya bakteri....buktinya kan virus cuma dapat berkembangbiak pada sel hidup, sel hidup itu bakteri....
bagaimana dengan sel tubuh manusia? juga bisa dibuat tempat virus berkembangbiak... telur aja juga bisa.
"The pen is mightier than the sword"

nandaz

Kutip dari: biobio pada Mei 08, 2009, 07:44:25 PM
bagaimana dengan sel tubuh manusia? juga bisa dibuat tempat virus berkembangbiak... telur aja juga bisa.
betulkah...? kalo gitu apa contohnya?...yang telur juga apa contohnya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

biobio

Kutip dari: nandaz pada Mei 09, 2009, 02:19:33 PM
betulkah...? kalo gitu apa contohnya?...yang telur juga apa contohnya?
contohnya? apa anda tidak pernah kena flu?
kalo sudah belajar daur litik dan lisogenik virus pasti ngerti cara berkembangbiaknya virus
Untuk telor, kultur buatan memang biasanya pake medium telor... dilubangi sedikit di ujungnya dan ditutup lagi pake isolasi.
"The pen is mightier than the sword"