Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 19, 2024, 08:13:42 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 93
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 108
Total: 108

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

HARDY-WEINBERG

Dimulai oleh biobio, Desember 15, 2008, 11:34:09 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

biobio

Menanggapi "SMS kaleng" yang ditujukan ke no.HP saya dan mengaku mendapatkannya dari situs ini (meskipun sy tdk pernah menulis nomer hp disini) ttg pertanyaan dan cth hukum Hardy-Weinberg, maka sy bhs sekilas saja ya,bung x? Maksud Hukum Kesetimbangan Hardy Weinberg adalah frekuensi alel dan rasio genotipe cenderung statis antar generasi dgn syarat:
1. Ukuran populasi besar
2. Minimnya mutasi
3. Minimnya migrasi
4. Suksesnya perkawinan acak
Misalnya alel A memiliki frek.p, dan alel B memiliki frek.q, dan hanya A dan B alel yg ada, p + q = 1. Maka, homozigot AA tentunya berfrekuensi p^2, dan BB berfrekuensi q^2 menurut matematik sederhana. Sementara, dua cara membuat heterozigot AB dirumuskan dgn= 2.(p.q), sehingga p^2 + 2pq + q^2 = 1, disederhanakan (p+q)^2. Jika ada 3 macam alel, bisa dimanfaatkan trinomial (p+q+r)^2 dimana r adalah frekuensi alel C. Gitu, bung...
"The pen is mightier than the sword"

biobio

eh, lupa ngasi contoh ni. Misalnya ada populasi yg anggaplah seimbang menurut HW, dimana alel A memiliki frekuensi p=0,3. Tentukan frekuensi msg2 genotipe.. Maka, AA=0,3.0,3=0,9. AB=2.0,3.(1-0,3)=0,42,BB=(1-0,3)(1-0,3)=0,49... Gt aja kok bung..
"The pen is mightier than the sword"

biobio

sori teman2, seharusnya ni msk bio SMU y? Wewh, trlanjur ni. Sory yaa..
"The pen is mightier than the sword"

xray2008

Kalau buat buta wrn gmn pak?

biobio

misalnya gini. Di suatu daerah ada 9% pria penderita buta warna.tentukan prosentase wanita karier!
Nah,kan buta wrn tu terpaut kromosom sex,.jadi pria BW genotype nya X(b)Y.kita buat gen normal disimbolkan x...maka pria BW frekuensinya y=0,09. Sesuai hukum matematik,x+y=1,maka x+0,09=1,x=0,91.sesuai hukum mat jg,wanita karier=2.p.q=2.0,9.0,91=0,1638/16,38%...kr2 gt deh.,utk golongan darah jg sama..
"The pen is mightier than the sword"

xray2008


senena

ada yg pernah tau ttg hukum hardy weinberg, tapi buat keturunan2nya..? jadi misalkan, waktu tahun 1900, jumlah populasi sekian sekian, dengan gen dominannya sekian, resesifnya sekian.. berapa jumlah gen intermediet 5 tahun kemudian? kira2 soalnya kyk gt.. gw jga agak2 lupa.. hehehehe..

biobio

Kutip dari: senena pada Maret 18, 2009, 09:49:33 PM
ada yg pernah tau ttg hukum hardy weinberg, tapi buat keturunan2nya..? jadi misalkan, waktu tahun 1900, jumlah populasi sekian sekian, dengan gen dominannya sekian, resesifnya sekian.. berapa jumlah gen intermediet 5 tahun kemudian? kira2 soalnya kyk gt.. gw jga agak2 lupa.. hehehehe..
Kompleks banget... harus dihubungkan dengan laju reproduksi.... juga kematian... dan perlu dilihat pula, kematiannya disebabkan apa? Apa ada penyakit yang menyerang orang dengan alel-alel tertentu?
"The pen is mightier than the sword"

Ginji

wow tapi bos bagian yang ini kok menurut saya bagian 0,09 kyaknya diakar dulu baru dikurangin
Kutip dari: biobio pada Desember 21, 2008, 09:57:36 AM
misalnya gini. Di suatu daerah ada 9% pria penderita buta warna.tentukan prosentase wanita karier!
Nah,kan buta wrn tu terpaut kromosom sex,.jadi pria BW genotype nya X(b)Y.kita buat gen normal disimbolkan x...maka pria BW frekuensinya y=0,09. Sesuai hukum matematik,x+y=1,maka x+0,09=1,x=0,91.sesuai hukum mat jg,wanita karier=2.p.q=2.0,9.0,91=0,1638/16,38%...kr2 gt deh.,utk golongan darah jg sama..
mohon ditinjau kembali
dan
maaf bila ada kesalahan

biobio

Kutip dari: Ginji pada Maret 25, 2009, 10:33:56 PM
wow tapi bos bagian yang ini kok menurut saya bagian 0,09 kyaknya diakar dulu baru dikurangin mohon ditinjau kembali
dan
maaf bila ada kesalahan
wah, masa sih? setahu saya sudah bener seperti itu kok... cb anda jelaskan, mengapa bs diakar?
"The pen is mightier than the sword"

nash

@ginji

mnurutku, caranya bio2 bner koq,
soalnya, gen buta warna kan trpaut di kromosom X, maka ga dkenal ada pria karier butawarna karna skali kromosom X pria tsb ternodai oleh adanya gen butawarna, pria tsb langsung butawarna. beda dgn cewe yang bisa karier.


btw, ada yg pernah dnger kisahnya Hardy? dia tu atheis lho
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

biobio

@atas...
saya gak peduli hardy athies ato ga...yang penting dia pinter banget tuh dalam menjelaskan dinamika populasi..
Ya, cewek kan kromosomnya XX, baru bisa buta warna kalo dia X(cb)X(cb) atau punya dua alel colorblind..kalau cowok X(cb)Y udah jadi buta warna...karena (cb) nya tuh cuma bisa di kromosom X... gimana kalo X(cb)X? karrier...penyakit itu tidak tereksperesi di wanita tsb tapi dia berpeluang menurunkannya ke anaknya... inilah yang dimaksud penyakit sex-linkage alias terpaut seks, artinya lokasi alel yang kelainan ada di kromosom sex.
"The pen is mightier than the sword"

xSaVioRx

Mr. Biobio,,nanya dong..soal hardy weinberg..

di suatu pulau ada 3000 org,,2730 berhesus positif..
Rh + dominan terhadap Rh -
brp org yg heterpzigot?
1740 / 1530 / 1470 / 1260 / 270

sy itung dpt ny 1638 org..
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

xSaVioRx

kalo misalnya dikatakan 'normal hemofilia'
itu artinya homozigot normal ato heterozigot carrier?
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

biobio

@ xsaviorx =

Karena 2730 Rh+, maka 270 Rh-, prosentasenya 9/100. Karena Rh- pasti homozigot, akar pangkat dua dari 9/100 yakni 3/10 adalah prosentase gen Rh-, maka 7/10 untuk Rh+. Untuk menghitung heterozigot, kembali ke HARDY-WEINBERG. (Rh+)(Rh-) + (Rh-)(Rh+) = 7/10.3/10 + 3/10.7/10 = 42%, karena ada 3000 orang maka 42% x 3000 = 1260. Anda dapat darimana perhitungan anda itu?

Rasanya normal hemofilia maksudnya normal.
"The pen is mightier than the sword"