Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 25, 2024, 10:22:18 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 201
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

mau tanya pendapat ahli bio.

Dimulai oleh xray2008, Desember 19, 2008, 10:12:10 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

xray2008

maaf bpk2 ahli bio,sy ada kuis neh dari guru sy.kalo bs jwb akan diberi nilai +20 utk msg2 soalnya.tolong yah!maksimum tgl 22.tolong pak.
1)insulin buat org diabetes knp harus diinjeksi.knp kagak dimakan lansung.? 2)mengapa kekurangan yodium bisa menyebabkan goiter? 3)apa itu prostaglandin? 4)mengapa mamalia mati jika kelenjar tiroid nya dibuang,padahal perannya kagak signifikan buat kehidupan?

biobio

ini anak sma st.maria kah?kok kemaren dgr anak sn dpt tgs gt..1-3 ntar gw jwb d..yg ke-4 blm ngerti,msh mikir dl..
"The pen is mightier than the sword"

biobio

no.1 ya,knp kok insulin ga bole oral? Ini mirip soal2 lomba kedokteran,kl g slh medspin unair(?),perlu diketaui insulin itu smcm protein yg amat kecil,beratnya mungkin ga sampe 10.000 dalton.,.suatu prekusor nya insulin itu lebih bsr ato zimogen,dibelah sm enzim mnghslkn 2 rantai polipeptid dgn ikatan S-S,..kalo diberikan scr oral,akan terdegradasi sm enzim pncrnaan (proteolitik),makanya hrs pk injeksi..biar gak sakit,skg ada insulin dgn daya serap lmbt yg cukup diinjeksikan sekali dlm sehari (umumnya stahuku 2 ato 3 kali.).
"The pen is mightier than the sword"

biobio

3. Apa it prostaglandin. Prostaglandin dsingkat PG,turunan asam lemak yg sintesanya trus mnrus dlakukan trutama ole sel2 dr rekursor phospolipid mmbrn plasmanya mamalia,Cnthnya di prostat..ini jg mnunjukkan ciri khas hormon=fungsi pengaturan,mskipun dgn cpt didgradasi stlah dibntuk...skg kalo ga slh ada 3 PG,g tw lg kl skg ada lg lainny,stahkuku=PGA,PGE,PGF....PGA (turunanny) bkerja pada otot polos pmbuluh darah,jg mnurunkan tkanan darah.PGE memunculkan reaksi demam..krn itu aspirin dkk cr kerjanya dgn menghambt pmbntukan PGE. Kalo PGF tu di saluran reproduksi. Namun,gmn tpatnya,krg jelas jg...sekian yaa..
"The pen is mightier than the sword"

biobio

kalo hubungan kekurangan yodium dan goiter ato gondok..gini..gondok tu pembengkakan thyroid kan? Nah,tanpa yodium,tdk akan ada tiroksin dan triiodotironin kan?tnp ada 2 hormon tsb,pituitari akan mnghasilkan TSH tnp henti..dgn melimpahnya TSH akan memperbesar ukuran dan memperbanyak sel folikel thyroid,dan akan lbh byk menghasilkan hormon thyroid..akn mnybabkan hipertrofi dan hiperplasia sel tsb,dan akibatnya=THYROID MEMBENGKAK. Tp skg penyebab gondok bkn cm itu, ada mcm2 goitrogen,cthnya tiourea yg bs menghambat produksi hormon thyroid,tnt sj bs jd gondok...
"The pen is mightier than the sword"

white-biology-cat

Bpk.dosen bio-bio apa "prostaglandin" bukannya semacam hormon pelepas yang dihasilkan hipotalamus.

biobio

Kutip dari: white-biology-cat pada Desember 19, 2008, 06:18:06 PM
Bpk.dosen bio-bio apa "prostaglandin" bukannya semacam hormon pelepas yang dihasilkan hipotalamus.
hoy,aku biobio,bukan bio-bio! Wah,atas dasar apa anda mengatakan hal itu?bukan itu..hormon pelepas ato releasing hormone tu yg mrangsang plepasan hormon tropik,kyk CRH,FSH-RH,MRIH,MRH,PRH,TRH,dkk..
"The pen is mightier than the sword"

biobio

hoy,topik2 ginian taruh di biology smu aj dnk,menuh2in nie..biology smu jg kasian..sepi..
"The pen is mightier than the sword"

xray2008

Yang nomor 4 gimana pak bio2x? 1,2,3 gw kumpulin dulu dech.

biobio

Kutip dari: xray2008 pada Desember 20, 2008, 04:00:51 PM
Yang nomor 4 gimana pak bio2x? 1,2,3 gw kumpulin dulu dech.
gampang bgt km ngmg gt...nie msh mikir rek..
"The pen is mightier than the sword"

syx


biobio

Kutip dari: syx pada Desember 22, 2008, 07:58:24 AM
apa sih fungsi kelenjar thyroid?
ngasilin hormon2 (lupa namanya) mempengaruhi oksidasi karbohidrat,kematangan seksual,pematangan otak. Bhkan di amfibi kl gak salah mengontrol metamorfosis.di thyroid ada sel C jg bs menghasilkan kalsitonin,polipeptida yg bs nurunin kadar kalsium darah.
"The pen is mightier than the sword"