Forum Sains Indonesia

Pendidikan dan Karir => Bimbingan Belajar => Bimbel Biologi => Topik dimulai oleh: xray2008 pada Desember 20, 2008, 01:12:10 AM

Judul: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: xray2008 pada Desember 20, 2008, 01:12:10 AM
maaf bpk2 ahli bio,sy ada kuis neh dari guru sy.kalo bs jwb akan diberi nilai +20 utk msg2 soalnya.tolong yah!maksimum tgl 22.tolong pak.
1)insulin buat org diabetes knp harus diinjeksi.knp kagak dimakan lansung.? 2)mengapa kekurangan yodium bisa menyebabkan goiter? 3)apa itu prostaglandin? 4)mengapa mamalia mati jika kelenjar tiroid nya dibuang,padahal perannya kagak signifikan buat kehidupan?
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 02:02:33 AM
ini anak sma st.maria kah?kok kemaren dgr anak sn dpt tgs gt..1-3 ntar gw jwb d..yg ke-4 blm ngerti,msh mikir dl..
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 02:11:07 AM
no.1 ya,knp kok insulin ga bole oral? Ini mirip soal2 lomba kedokteran,kl g slh medspin unair(?),perlu diketaui insulin itu smcm protein yg amat kecil,beratnya mungkin ga sampe 10.000 dalton.,.suatu prekusor nya insulin itu lebih bsr ato zimogen,dibelah sm enzim mnghslkn 2 rantai polipeptid dgn ikatan S-S,..kalo diberikan scr oral,akan terdegradasi sm enzim pncrnaan (proteolitik),makanya hrs pk injeksi..biar gak sakit,skg ada insulin dgn daya serap lmbt yg cukup diinjeksikan sekali dlm sehari (umumnya stahuku 2 ato 3 kali.).
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 02:19:52 AM
3. Apa it prostaglandin. Prostaglandin dsingkat PG,turunan asam lemak yg sintesanya trus mnrus dlakukan trutama ole sel2 dr rekursor phospolipid mmbrn plasmanya mamalia,Cnthnya di prostat..ini jg mnunjukkan ciri khas hormon=fungsi pengaturan,mskipun dgn cpt didgradasi stlah dibntuk...skg kalo ga slh ada 3 PG,g tw lg kl skg ada lg lainny,stahkuku=PGA,PGE,PGF....PGA (turunanny) bkerja pada otot polos pmbuluh darah,jg mnurunkan tkanan darah.PGE memunculkan reaksi demam..krn itu aspirin dkk cr kerjanya dgn menghambt pmbntukan PGE. Kalo PGF tu di saluran reproduksi. Namun,gmn tpatnya,krg jelas jg...sekian yaa..
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 02:28:27 AM
kalo hubungan kekurangan yodium dan goiter ato gondok..gini..gondok tu pembengkakan thyroid kan? Nah,tanpa yodium,tdk akan ada tiroksin dan triiodotironin kan?tnp ada 2 hormon tsb,pituitari akan mnghasilkan TSH tnp henti..dgn melimpahnya TSH akan memperbesar ukuran dan memperbanyak sel folikel thyroid,dan akan lbh byk menghasilkan hormon thyroid..akn mnybabkan hipertrofi dan hiperplasia sel tsb,dan akibatnya=THYROID MEMBENGKAK. Tp skg penyebab gondok bkn cm itu, ada mcm2 goitrogen,cthnya tiourea yg bs menghambat produksi hormon thyroid,tnt sj bs jd gondok...
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: white-biology-cat pada Desember 20, 2008, 09:18:06 AM
Bpk.dosen bio-bio apa "prostaglandin" bukannya semacam hormon pelepas yang dihasilkan hipotalamus.
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 11:54:18 AM
Bpk.dosen bio-bio apa "prostaglandin" bukannya semacam hormon pelepas yang dihasilkan hipotalamus.
hoy,aku biobio,bukan bio-bio! Wah,atas dasar apa anda mengatakan hal itu?bukan itu..hormon pelepas ato releasing hormone tu yg mrangsang plepasan hormon tropik,kyk CRH,FSH-RH,MRIH,MRH,PRH,TRH,dkk..
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 20, 2008, 06:33:02 PM
hoy,topik2 ginian taruh di biology smu aj dnk,menuh2in nie..biology smu jg kasian..sepi..
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: xray2008 pada Desember 21, 2008, 07:00:51 AM
Yang nomor 4 gimana pak bio2x? 1,2,3 gw kumpulin dulu dech.
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 21, 2008, 02:13:02 PM
Yang nomor 4 gimana pak bio2x? 1,2,3 gw kumpulin dulu dech.
gampang bgt km ngmg gt...nie msh mikir rek..
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: syx pada Desember 22, 2008, 10:58:24 PM
apa sih fungsi kelenjar thyroid?
Judul: Re: mau tanya pendapat ahli bio.
Ditulis oleh: biobio pada Desember 23, 2008, 01:09:09 AM
apa sih fungsi kelenjar thyroid?
ngasilin hormon2 (lupa namanya) mempengaruhi oksidasi karbohidrat,kematangan seksual,pematangan otak. Bhkan di amfibi kl gak salah mengontrol metamorfosis.di thyroid ada sel C jg bs menghasilkan kalsitonin,polipeptida yg bs nurunin kadar kalsium darah.