Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 30, 2021, 01:02:15 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: tanya jaringan sistem hormon  (Dibaca 21410 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Lyza

  • Pengunjung
tanya jaringan sistem hormon
« pada: Oktober 05, 2007, 07:10:36 AM »
huhuhu,,
disni boleh tanya ta???
hihu, kalo ta bisa juga ta apa2lahhh!!!xDDDDDDDDD

jadi sekarang dikelasku belajar mengenai Jaringan Hewan..
nah, gurunya nyuruh kita2 bikin nama2 jaringan yang ada di sistem organ..
nah, klompokku dapet sistem organ hormon..
n aku sendiri dapet yang kalenjar adrenal!!
duuh, bener2 pusing..
nyari dibuku2 ga da..
nyari di internet ga terlalu tau website2 yang pas..
paling di Google , ga da yang jelasin ttg jaringan yang menyusun itu kalenjar!!!=_+
huhh,,makanya aku minta tolong disini..
Thank You very much!!!xDDDD

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #1 pada: Oktober 05, 2007, 05:55:02 PM »
Coba googling pake keyword "adrenal" :
http://www.google.com/search?hl=en&q=adrenal&btnG=Google+Search

Hasilnya :

Kutip
Results 1 - 10 of about 10,400,000 for adrenal [definition].

Refine results for adrenal:
Treatment       Tests/diagnosis       For patients       From medical authorities   
Symptoms       Causes/risk factors       For health professionals       Alternative medicine

Ada 10 juta lebih halaman yang keluar, ada definisi, ada bantuan pake kata kunci terkait.
Coba cek wiki (dan referensinya), situs dot edu sama dot gov (biasanya isinya lebih bagus).

nah, kalo masih ga ketemu tanya lagi ke sini yang kurang yang mana.
Mudah-mudahan ada yang bisa bantu nanti.

Sukses tugasnya ya ;D

Lyza

  • Pengunjung
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #2 pada: Oktober 06, 2007, 11:54:19 PM »
God..
Thanks..
aku coba cari dulu!!xDDD

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #3 pada: Oktober 07, 2007, 01:08:55 PM »
Jangan lupa bagi2 di sini kalo dah jadi tugasnya :D

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #4 pada: Oktober 18, 2007, 06:25:45 AM »
Jaringan hewan.. kayaknya ada di buku biologi kelas 2 SMA deh.
Bab 2 kalo ga salah, setelah bab tentang sel.  ::)
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Lyza

  • Pengunjung
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #5 pada: Oktober 24, 2007, 07:50:42 AM »
bab 3, habis jaringan tumbuhan

justru itu, dibuku ga lengkap ..
malah karena aku sistem hormon, kagak ada jaawban..T__T

huhuhu, udah coba cari tapi ga banyak membantu..

tapi dapat data kalo adrenal disusun oleh
cromaffin tissues, ama Steroidogenic tissue..
nah..
aku semakin bingung..
ini jaringan apa..

ada yang bisa bantuu..

huhuhu, maaf terlalu merepotkan..
padahal butuh banget,,
kalo ga salah senen depan udah maju buat dipresentasikan!!!T_____T
><

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #6 pada: Oktober 24, 2007, 08:26:11 AM »
udah dicari di wikipedia?  ::)
coba abis ini gw cari juga yah.. abis biologi gw ngebut nih, udah sampe bab sistem peredaran darah.. >_<


Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #8 pada: Oktober 24, 2007, 09:20:27 AM »
eh ada lagi.. sori jadi ngepost banyak yah.. >_<
 ;D

http://www.biology-online.org/3/3_hormone_production.htm

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #9 pada: Oktober 24, 2007, 08:03:05 PM »
wiki yg bhs inggris lebih lengkap keterangannya, ada gambarnya pula:
http://en.wikipedia.org/wiki/Adrenal_gland

di referensinya wiki juga mayan:
http://arbl.cvmbs.colostate.edu/hbooks/pathphys/endocrine/adrenal/index.html

bener ni yg dimaksud?

Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Lyza

  • Pengunjung
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #10 pada: Juni 26, 2008, 05:23:32 PM »
hmmm, maaf uddah lama ga OL disini..
hehe, ternyata jawabannya gampang saja..
mang tuh guru..xDDD

dalam sistem hormon..
terdiri dari..
tiroid, paratiroid, adrenal, hipofisis, dan gonad..

yang ada hanya,jaringan otot polos, dan jaringan epitel..
hmm, datanya di kompi, tapi kompinya lagi rusak..xDD
sedangkan untuk darah, tidak termasuk karena itu dimasukkan kedalam sistem peredaran darah, begitu pula dengan saraf..
*gubrakk bgt khan*

tapi, aku ttp berterimakasih, buat kk kk yang udah ngebantuin..

Offline Michelle

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 80
  • IQ: 8
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #11 pada: Juli 14, 2008, 06:54:15 AM »
Sistem Hormon (Endokrin) itu makanan sehari-hari saya  ;D

Sedikit tambahan informasi dan meluruskan kurikulum SMA (bisa didiskusikan dengan guru sekolahmu):

Jaringan tubuh hewan tersusun dari 4 (empat) jaringan dasar, yaitu:
1. Jaringan epitel
2. Jaringan ikat
3. Jaringan otot
4. Jaringan syaraf

Mengapa disebut "jaringan dasar"? Karena jaringan tersebut SELALU ADA pada SEMUA sistem organ, namun TIDAK SELALU ADA pada SETIAP organ.

Satu lagi, TIDAK ADA istilah "milik-milikan" seperti "organ A milik sistem ini, jaringan B milik sistem itu". Pengelompokan sistem tubuh, misalnya: sistem pencernaan, sistem peredaran darah, dll. hanya untuk memudahkan cara menerangkan saja. Jaringan dan/atau organ bisa bekerja dalam lebih dari satu sistem, misalnya: Sistem peredaran darah membutuhkan jantung, sistem pernafasan juga membutuhkan jantung.

Mengenai pertanyaanmu: jaringan yang terdapat pada Sistem Hormon:
- Jaringan epitel
- Jaringan ikat (termasuk darah, hukumnya wajib, karena darah merupakan alat transportasi hormon, kalau tidak ada darah, hormonnya mau dibawa ke mana?)
- Jaringan syaraf (hormon dihasilkan karena "perintah" dari sistem syaraf, kalau tidak ada inervasi syaraf, hormon tidak akan diproduksi).

Saya suka geregetan sama kurikulum pelajaran Biologi di SMA dan cara mengajar di SMA  :-\
omne vivum ex vivo, so viva!

Offline inframerah

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #12 pada: Februari 21, 2009, 08:37:46 AM »
Mantab nih, mencerahkan...
Bagian mana lagi yang bikin gemes selain yang diatas mas/mbak?

Offline wynne

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: tanya jaringan sistem hormon
« Jawab #13 pada: Maret 08, 2009, 11:45:11 AM »
hormon endokrin khaan.....

nih gua ksih tau, hormon manusia ada 5 klo g salah:
1. hormon pertumbuhan yg terdapat di otak
2. hormon yg ada di kelenjar gondok tuh apa nmx? hormon ini ada timbal balik dengan hormon pertumbuhan. Karena itu, tidak ada org berbadan besar yg berotak cerdas,,,,
3. hormon adrenalin yg terdapat di pankreas
4. hormon kelamin yag terdapat di testis atau ovarium
5.

itua aja deh yg gua tau....

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
31 Jawaban
23615 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2009, 01:25:38 PM
oleh faiqhr
19 Jawaban
32821 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 08, 2013, 11:57:28 AM
oleh Rizal_Ashari
4 Jawaban
9478 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2009, 12:15:00 PM
oleh Nabih
19 Jawaban
18264 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2010, 12:54:10 PM
oleh Idad
24 Jawaban
15139 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2011, 05:41:18 PM
oleh Huriah M Putra