Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 05, 2021, 05:38:29 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 299
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 117
Total: 117

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mau tanya pendapat ahli bio.  (Dibaca 12126 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline xray2008

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 1
mau tanya pendapat ahli bio.
« pada: Desember 20, 2008, 01:12:10 AM »
maaf bpk2 ahli bio,sy ada kuis neh dari guru sy.kalo bs jwb akan diberi nilai +20 utk msg2 soalnya.tolong yah!maksimum tgl 22.tolong pak.
1)insulin buat org diabetes knp harus diinjeksi.knp kagak dimakan lansung.? 2)mengapa kekurangan yodium bisa menyebabkan goiter? 3)apa itu prostaglandin? 4)mengapa mamalia mati jika kelenjar tiroid nya dibuang,padahal perannya kagak signifikan buat kehidupan?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #1 pada: Desember 20, 2008, 02:02:33 AM »
ini anak sma st.maria kah?kok kemaren dgr anak sn dpt tgs gt..1-3 ntar gw jwb d..yg ke-4 blm ngerti,msh mikir dl..
"The pen is mightier than the sword"

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #2 pada: Desember 20, 2008, 02:11:07 AM »
no.1 ya,knp kok insulin ga bole oral? Ini mirip soal2 lomba kedokteran,kl g slh medspin unair(?),perlu diketaui insulin itu smcm protein yg amat kecil,beratnya mungkin ga sampe 10.000 dalton.,.suatu prekusor nya insulin itu lebih bsr ato zimogen,dibelah sm enzim mnghslkn 2 rantai polipeptid dgn ikatan S-S,..kalo diberikan scr oral,akan terdegradasi sm enzim pncrnaan (proteolitik),makanya hrs pk injeksi..biar gak sakit,skg ada insulin dgn daya serap lmbt yg cukup diinjeksikan sekali dlm sehari (umumnya stahuku 2 ato 3 kali.).

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #3 pada: Desember 20, 2008, 02:19:52 AM »
3. Apa it prostaglandin. Prostaglandin dsingkat PG,turunan asam lemak yg sintesanya trus mnrus dlakukan trutama ole sel2 dr rekursor phospolipid mmbrn plasmanya mamalia,Cnthnya di prostat..ini jg mnunjukkan ciri khas hormon=fungsi pengaturan,mskipun dgn cpt didgradasi stlah dibntuk...skg kalo ga slh ada 3 PG,g tw lg kl skg ada lg lainny,stahkuku=PGA,PGE,PGF....PGA (turunanny) bkerja pada otot polos pmbuluh darah,jg mnurunkan tkanan darah.PGE memunculkan reaksi demam..krn itu aspirin dkk cr kerjanya dgn menghambt pmbntukan PGE. Kalo PGF tu di saluran reproduksi. Namun,gmn tpatnya,krg jelas jg...sekian yaa..

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #4 pada: Desember 20, 2008, 02:28:27 AM »
kalo hubungan kekurangan yodium dan goiter ato gondok..gini..gondok tu pembengkakan thyroid kan? Nah,tanpa yodium,tdk akan ada tiroksin dan triiodotironin kan?tnp ada 2 hormon tsb,pituitari akan mnghasilkan TSH tnp henti..dgn melimpahnya TSH akan memperbesar ukuran dan memperbanyak sel folikel thyroid,dan akan lbh byk menghasilkan hormon thyroid..akn mnybabkan hipertrofi dan hiperplasia sel tsb,dan akibatnya=THYROID MEMBENGKAK. Tp skg penyebab gondok bkn cm itu, ada mcm2 goitrogen,cthnya tiourea yg bs menghambat produksi hormon thyroid,tnt sj bs jd gondok...

Offline white-biology-cat

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #5 pada: Desember 20, 2008, 09:18:06 AM »
Bpk.dosen bio-bio apa "prostaglandin" bukannya semacam hormon pelepas yang dihasilkan hipotalamus.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #6 pada: Desember 20, 2008, 11:54:18 AM »
Bpk.dosen bio-bio apa "prostaglandin" bukannya semacam hormon pelepas yang dihasilkan hipotalamus.
hoy,aku biobio,bukan bio-bio! Wah,atas dasar apa anda mengatakan hal itu?bukan itu..hormon pelepas ato releasing hormone tu yg mrangsang plepasan hormon tropik,kyk CRH,FSH-RH,MRIH,MRH,PRH,TRH,dkk..

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #7 pada: Desember 20, 2008, 06:33:02 PM »
hoy,topik2 ginian taruh di biology smu aj dnk,menuh2in nie..biology smu jg kasian..sepi..

Offline xray2008

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 1
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #8 pada: Desember 21, 2008, 07:00:51 AM »
Yang nomor 4 gimana pak bio2x? 1,2,3 gw kumpulin dulu dech.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #9 pada: Desember 21, 2008, 02:13:02 PM »
Yang nomor 4 gimana pak bio2x? 1,2,3 gw kumpulin dulu dech.
gampang bgt km ngmg gt...nie msh mikir rek..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #10 pada: Desember 22, 2008, 10:58:24 PM »
apa sih fungsi kelenjar thyroid?

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mau tanya pendapat ahli bio.
« Jawab #11 pada: Desember 23, 2008, 01:09:09 AM »
apa sih fungsi kelenjar thyroid?
ngasilin hormon2 (lupa namanya) mempengaruhi oksidasi karbohidrat,kematangan seksual,pematangan otak. Bhkan di amfibi kl gak salah mengontrol metamorfosis.di thyroid ada sel C jg bs menghasilkan kalsitonin,polipeptida yg bs nurunin kadar kalsium darah.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
9811 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 06, 2008, 05:27:40 AM
oleh syx
9 Jawaban
8762 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2008, 12:31:06 AM
oleh WfS
14 Jawaban
10715 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2008, 06:00:59 PM
oleh biobio
85 Jawaban
30455 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2009, 04:58:20 PM
oleh rhiyan
0 Jawaban
1989 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2013, 10:41:09 PM
oleh jaxaza1