Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 01:04:28 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pertanyaan.  (Dibaca 171007 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Pertanyaan.
« pada: September 10, 2009, 03:12:37 AM »
Mau nanya lagi beberapa hal yang mengganjal dalam hati.....

boleh kan?

1. Bilamanakah organisme dimasukkan dalam:
a. Kingdom Plantae
b. Kingdom Animalia
c. Kingdom Fungi, dan 2 kingdom lainnya yang aku nggak apal namanya!
2. Manusia masuk kingdom apa?
3. Bagaimana reaksi pengubahan glukosa menjadi amilum untuk disimpan setelah proses fotosintesis?
4. Kenapa daging (ayam dan sapi) kalo dimasak jadi berubah warna?
5. Kenapa daging ikan selalu pucat?
6. Apa fungsi usus buntu? Dan kenapa bisa sakit usus buntu?

Untuk sementara sekian dulu deh....
Makasih!
« Edit Terakhir: Februari 05, 2011, 11:36:56 AM oleh reborn »
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pertanyaan.
« Jawab #1 pada: September 10, 2009, 10:08:58 AM »
1. Kingdom Monera

Para makhluk hidup di Kingdom Monera berupa makhluk hidup sel tunggal (uniseluler). Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Monera memiliki sel prokariotik (sel sederhana yang mempunyai kapsul sebagai lapisan terluarnya dan dinding sel didalamnya). Kelompok Monera ini terdiri dari Eubacteria (selama ini kita mengenalnya sebagai bakteri) dan Archaebacteria (bakteri yang hidup pada habitat ekstrim).

Kingdom Protista

Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Protista memiliki sel eukariotik. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak sel tetapi tidak berdiferensiasi. Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari Protista menyerupai tumbuhan (ganggang), Protista menyerupai jamur, dan Protista menyerupai hewan (Protozoa, Protos: pertama, zoa: hewan). Protozoa mempunyai klasifikasi berdasarkan sistem alat geraknya, yaitu Flagellata/Mastigophora (bulu cambuk, contoh Euglena, Volvox, Noctiluca, Trypanosoma, dan Trichomonas), Cilliata/Infusiora (rambut getar, contoh Paramaecium), Rhizopoda/Sarcodina (kaki semu, contoh Amoeba), dan Sporozoa (tidak mempunyai alat gerak, contoh Plasmodium).

Kingdom Fungi (Jamur)

Fungi memiliki sel eukariotik. Fungi tak dapat membuat makanannya sendiri. Cara makannya bersifat heterotrof, yaitu menyerap zat organik dari lingkungannya sehingga hidupnya bersifat parasit dan saprofit. Kelompok ini terdiri dari semua jamur, kecuali jamur lendir (Myxomycota) dan jamur air (Oomycota). Beberapa kelompok kelas antara lain:

a. kelas Myxomycetes (jamur lendes) contoh nya Physarum policephalius.

b. kelas Phycomycetes (jamur ganggang) contoh nya jamur tempe (Rhizopusorizae)

Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Tumbuhan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya terdiri dari banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Tumbuhan memiliki kloroplas sehingga dapat membuat makanannya sendiri (bersifat autotrof). Sel tumbuhan juga mempunyai dinding sel, plastida, dan ukuran vakuola yang cenderung besar (melebihi ukuran nukleus/inti). Tumbuhan terdiri dari tumbuhan lumut (Bryophyta), tumbuhan paku (Pteridophyta), tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae), dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).

Kingdom Animalia (Hewan)


Hewan memiliki sel eukariotik. Tubuhnya tersusun atas banyak sel yang telah berdiferensiasi membentuk jaringan. Hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga bersifat heterotrof. Kelompok ini terdiri dari semua hewan, yaitu hewan tidak bertulang belakang (invertebrata/avertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata).

2. klo untuk manusia dimasukkan ke dalam Kingdom Animalia berdasarkan penjelasan yg ada.. manusia kan bertulang belakang..

5. Ikan yang habitatnya hidup di air tidak memerlukan banyak energi dalam aktivitas kesehariannya karena mereka tidak melawan gravitasi, selain itu jaringan otot mereka secara mendasar berbeda dari kebanyakan hewan darat. Untuk kabur dari predatornya, ikan memerlukan gerakan menyentak yang sangat bertenaga dibandingkan gerakan tidak menyentak namun berjangka waktu lama seperti pada satwa lain ketika sedang berlari atau terbang. Oleh karena itu otot ikan menjadi lebih tipis dan pendek dan karena itu lebih mudah dikoyak kala dikunyah atau dimasak. Karena dirancang untuk kontraksi cepat dan singkat maka otot ikan tidak memerlukan cadangan oksigen seperti pada otot hewan darat yang memerlukan stamina dalam aktivitas hariannya. Nah oksigen ini disimpan dalam bentuk mioglobin sebuah senyawa merah yang berubah menjadi coklat ketika terkena udara atau panas. Mioglobin ini (bukan darah) yang memberi warna merah pada daging. Selain itu memang darah ikan memang tidak terlalu banyak dan berpusat pada insang.

6. Fungsi appendix pada manusia belum diketahui secara pasti. Diduga berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.
Beberapa faktor penyebab terjadinya appendiksitis adalah:

* Infeksi bakteri
Bakteri dapat menginfeksi bagian appendiks yang menyebabkan peradangan pada daerah tersebut.

* Penyumbatan appendiks
Tumbuhnya jaringan limfe, tinja, tumor appendiks dan cacing askaris dapat menyebabkan penyumbatan appendiks. Ruang dalam appendiks sangat sempit, sehingga bahan-bahan buangan atau benda asing di atas yang terperangkap di dalam appendiks dan menyebabkan penyumbatan menyebabkan radang yang hebat dan dapat menimbulkan infeksi.

* Hambatan aliran lendir ke sekum
Appendiks menghasilkan lendir 1-2 ml per hari, lendir itu secara normal dicurahkan ke dalam lubang apendik dan selanjutnya mengalir ke sekum. Terhambatnya aliran lendir dari appendiks tersebut akan membentuk sumbatan pada appendiks yang menimbulkan peradangan pada daerah appendiks dan infeksi pada appendiks.




Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pertanyaan.
« Jawab #2 pada: September 10, 2009, 10:25:53 AM »
4. Proses pemanasan menyebabkan perubahan warna daging. Pemanasan menyebabkan protein globin terdenaturasi dan besi (II)
akan dioksidasi menjadi besi (III).  Pigmen daging yang dimasak akan berwarna coklat abu-abu  dan disebut hemikrom atau metmioglobin terdenaturasi.  Warna coklat abu-abu ini merupakan warna khas daging segar yang dimasak.  Jika didalam daging yang dimasak terdapat senyawa pereduksi, maka besi (III) dapat direduksi menjadi besi (II) dan menghasilkan hemokrom yang berwarna merah muda.  mioglobin terdenaturasi pada suhu antara 80 – 85oC.


Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Pertanyaan.
« Jawab #3 pada: September 10, 2009, 10:28:00 AM »
Aku pernah baca sekilas doang, katanya Archaebacteria diklasifikasikan sebagai Kingdom tersendiri ya?

Emangnya nggak semua daging punya pereduksi ya? Daging apa yang punya? yang nggak punya?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pertanyaan.
« Jawab #4 pada: September 10, 2009, 10:40:07 AM »
klo yg aku tahu karna daging yg berwarna putih tu sedikit mengandung darah, makanya zat besi (pereduksi) jd sedikit bila dibandingkan dgn daging merah. dan lg heme mempunyai atom besi (II) atau ferro yg membuat heme bisa berikatan dgn oksigen..
« Edit Terakhir: September 10, 2009, 10:42:50 AM oleh raisuien »

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Pertanyaan.
« Jawab #5 pada: November 09, 2009, 10:09:08 AM »
katanya, kalo' ngantuk, berarti otak kekurangan oksigen, berarti kalo' malem, otak kekurangan oksigen ya?

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Pertanyaan.
« Jawab #6 pada: November 27, 2009, 04:02:24 AM »
Untuk Klasifikasi Makhluk Hidup saat ini dibagi menjadi 3 domain:
1. Archaea, yang berisi makhluk prokariotik yang hidup pada lingkungan ekstrim
2. Bacteria, yang berisi makhluk hidup prokariotik yang hidup pada lingkungan normal
3. Eukarya, yang berisi semua makhluk hidup eukariotik.

Domain Eukarya terbagi menjadi 4 kingdom:
1. Protista, yaitu kingdom yang berisi makhluk hidup eukariotik yang sulit diklasifikasikan ke dalam 3 kingdom lainnya. Contoh: Euglena, jamur lendir, jamur air, dan alga-alga. Ada usulan untuk membentuk pecahan dari kingdim Protista, yaitu kingdom Chromista yang berisi alga-alga dan jamur air, namun belum diterima secara luas.
2. Fungi, yaitu kingdom yang berisi makhluk hidup eukariotik yang bersifat absorptif (pencernaan ekstraseluler), memiliki dinding sel dari glukan dan kitin, serta mampu membentuk hifa. @raisuien, tolong dibaca lagi tentang kingdom ini, karena jelas apa yang anda ketahui tidak benar.  
Kutip
kelas Phycomycetes (jamur ganggang) contoh nya jamur tempe (Rhizopusorizae)
, hal ini jelas-jelas salah!
3. Plantae, berisi makhluk hidup autrotroph yang melakukan fotosintetik dan telah memiliki diferensiasi sel yang tinggi.
4. Animalia, makhluk hidup heterotrofik yang melakukan pencernaan ektraseluler namun di dalam tubuh individu, sehingga sering disebut digestive.
...setetes air di samudera luas...

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Pertanyaan.
« Jawab #7 pada: November 27, 2009, 09:38:11 AM »
@milmi
sorry2...
thanx buat koreksinya...

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Pertanyaan.
« Jawab #8 pada: Juni 29, 2010, 11:10:09 AM »
katanya, kalo' ngantuk, berarti otak kekurangan oksigen, berarti kalo' malem, otak kekurangan oksigen ya?

Kalo' menurutQ (just IMO), iya.
Karena pd malam hari, tumbuh2an di sekitar qt yg biasanya mengeluarkan oksigen beralih mengeluarkan karbon dioksida sehingga pasokan oksigen di udara sekitar qt menjadi berkurang.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Alvin Surya Honggo

  • Pengunjung
Re: Pertanyaan.
« Jawab #9 pada: Agustus 30, 2010, 02:14:13 AM »
Planaria sp. nyebabin pnyakit ap ya??
tlong jawabannya.. :-)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Pertanyaan.
« Jawab #10 pada: Februari 16, 2011, 10:31:39 PM »
Planaria sp. nyebabin pnyakit ap ya??
tlong jawabannya.. :-)

Planaria menyebabkan penyakit gigantis elephantis (kaki gajah). Maaf jawabnya telat setengah tahun.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Pertanyaan.
« Jawab #11 pada: Maret 31, 2015, 01:45:04 AM »
Planaria menyebabkan penyakit gigantis elephantis (kaki gajah). Maaf jawabnya telat setengah tahun.

Eh maaf, yang menyebabkan penyakit cacing gajah itu cacing filaria, bukan planaria.

Eh? Yang tanya udah keluar ya? Kok tulisannya udah "Pengunjung"?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
43 Jawaban
21495 Dilihat
Tulisan terakhir November 26, 2009, 02:31:11 AM
oleh si anak gajah
9 Jawaban
5632 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2010, 07:34:41 PM
oleh kuin
0 Jawaban
4650 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2010, 09:11:13 PM
oleh Farabi
0 Jawaban
1824 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2010, 09:14:59 PM
oleh Farabi
7 Jawaban
2894 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2010, 03:11:13 PM
oleh Mat Dillom