Forum Sains Indonesia

Pendidikan dan Karir => Bimbingan Belajar => Bimbel Biologi => Topik dimulai oleh: reborn pada Januari 24, 2007, 08:59:45 AM

Judul: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: reborn pada Januari 24, 2007, 08:59:45 AM
Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia


I. Pendahuluan
Evolusi adalah perubahan genotip pada suatu populasi yang berlangsung secara perlahan-lahan dan memerlukan waktu yang sangat panjang.

II. Teori Evolusi

2.1 Teori evolusi menurut Jean Lamarck
Teori Lamarck disanggah Weismann.

2.2 Teori evolusi menurut Charles Darwin
Seleksi alam merupakan gagasan murni dari Darwin. Sementara teori pertama di atas telah ada sejak jama Yunani kuno, hanya saja Darwin menjelaskannya secara lebih tajam dan detil.

III. Ciri-ciri proses evolusi
Ciri-ciri proses evolusi
1. Evolusi adalah perubahan dalam satu populasi BUKAN perubahan individu.
2. Perubahan yang terjadi hanya frekuensi gen-gen tertentu, sedangkan sebagian besar sifat gen tidak berubah.
3. Evolusi memerlukan penyimpangan genetik sebagai bahan mentahnya. Dengan kata lain harus ada perubahan genetik dalam evolusi.
4. Dalam evolusi perubahan diarahkan oleh lingkungan, harus ada faktor pengarah sehingga evolusi adalah perubahan yang selektif.

Faktor perubahan
1. Mutasi gen maupun mutasi kromosom menghasilkan bahan mentah untuk evolusi. Tetapi Darwin sendiri sebenarnya tidak mengenal mutasi ini, sementara mutasi merupakan peristiwa yang sangat penting yang mendukung keabsahan teori Darwin/
2. Rekombinasi perubahan yang dikenal Darwin. Rekombinasi dari hasil-hasil mutasi memperlengkap bahan mentah untuk evolusi.

Faktor pengarah :
1. Dalam setiap species terdapat banyak penyimpangan yang menurun, karenanya dalam satu species tidak ada dua individu yang tepat sama dalam susunan genetiknya (pada saudara kembar misalnya, susunan genetiknya tetap tidak sama).
2. Pada umumnya proses reproduksi menghasilkan jumlah individu dalam tiap generasi lebih banyak daripada jumlah individu pada generasi sebelumnya.
3. Penambahan individu dalam tiap species ternyata dikendalikan hingga jumlah suatu populasi species dalam waktu yang cukup lama tidak bertambah secara drastis.
4. Ada persaingan antara individu-individu dalam species untuk mendapatkan kebutuhan hidupnya dari lingkungannya. Persaingan intra species ini terjadi antara individu-individu yang berbeda sifat genetiknya. Individu yang mempunyai sifat paling sesuai dengan lingkungannya akan memiliki viabilitas yang tinggi. Di samping viabilitas juga fertilitas yang tinggi merupakan faktor yang penting dalam seleksi alam.

Mekanisme evolusi terjadi karena adanya variasi genetik dan seleksi alam.
Variasi genetik muncul akibat : mutasi dan rekombinasi gen-gen dalam keturunan baru.

Frekuensi Gen
Pada proses evolusi terjadi perubahan frekuensi gen. Bila perbandingan antara genotp-genotp dalam satu populasi tidak berubah dari satu generasi ke generasi, maka frekuensi gen dalam populasi tersebut dalam keadaan seimbang. Frekuensi gen seimbang bila :
1. Tidak ada mutasi atau mutasi berjalan seimbang (jika gen A bermutasi menjadi gen a, maka harus ada gen a yang menjadi gen A dalam jumlah yang sama).
2. Tidak ada seleksi
3. Tidak ada migrasi
4. Perkawinan acak
5. Populasi besar

Bila frekuensi gen dalam satu populasi ada dalam keadaan seimbang berlaku Hukum Hardy Weinberg.
Apabila frekuensi gen yang satu dinyatakan dengan p dan alelnya adalah q, maka menurut Weinberg : (p+q)=1
Bila frekuensi gen A=p dan frekuensi gen a =1 maka frekuensi genotip :
AA : Aa : aa : p^2 : 2pq : q^2

Terbentuknya spesies baru dapat terjadi karena :
1. Isolasi waktu
   Misalnya adalah kuda. Kuda jaman eosen yaitu Eohippus - Mesohippus - Meryhippus - Pliohippus - Equus. Dari jaman eosin hingga sekarang seorang ahli palaentolog menduga telah terjadi 150 ribu kali mutasi yang menguntungkan untuk setiap gen kuda. Dengan dmikian terdapat cukup banyak perbedaan antara nenek moyang kuda dengan kuda yang kita kenal sekarang. Oleh sebab itu kuda-kuda tersebut dinyatakan berbeda species.
2. Isolasi geografis
Burung Fringilidae yang mungkin terbawa badai dari pantai Equador ke kepulauan Galapagos. Karena pulas-pulau itu cukup jauh jaraknya maka perkawinan populasi satu pulau dengan pulau lainnya sangat jarang terjadi. Akibat penumpukan mutasi yang berbeda selama ratusan tahun menyebabkan kumpulan gen yang jauh berbeda pada tiap-tiap pulaunya. Dengan demikian populasi burung di tiap-tiap pulau di kepulauan Galapagos menjadi spesies yang terpisah.
3. Domestikasi
Hewan ternak yang dijinakkan dari hewan liar dan tanaman budi daya dari tumbuhan liar adalah contoh domestikasi. Domestikasi memindahkan makhluk-makhluk tersebut dari habitat aslinya ke dalam lingkungan yang diciptakan manusia. Hal ini mengakibatkan muncul jenis hewan dan tumbuhan yang memiliki sifat menyimpang dari sifat aslinya.
4. Mutasi kromosom
adalah peristiwa terjadinya species baru secara cepat.


Isolasi Reproduksi
Tanda dua populasi berbeda species bila mereka tidak dapat berhybridisasi disebut juga bila mereka mengalami Isolasi reproduksi.
Isolasi reproduksi terjadi karena :
1. Isolasi ekologi : isolasi karena menempati habitat yang berbeda.
2. Isolasi musim : akibat berbeda waktu pematangan gamet
3. Isolasi tingkah laku : akibat berbeda tingkah laku dalam hal perkawinan.
4. Isolasi mekanik : karena bentuk morfologi alam kelamin yang berbeda.
5. Isolasi gamet : karena gamet jantan tidak memiliki viabilitas dalam alat reproduksi betina.
6. Terbentuknya basta mandul
7. Terbentuk bastar mati bujang



IV. Bukti-bukti adanya evolusi

1. Adanya variasi antara individu-individu dalam satu keturunan.
2. Adanya pengaruh penyebaran geografis
3. Adanya fosil-fosil di berbagai lapisan bumin yang menunjukkan perubahan secara perlahan-lahan.
5. Adanya data sebagai hasil studi mengenail komperatif perkembangan embrio.

Next : ASAL USUL MANUSIA
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: RIO pada Maret 10, 2008, 01:23:55 AM
saya tidak setuju dengan adanya teori evolusi disini dijelaskan bahwa disana dijelaskan bahwa   
ciri ciri evolusi yaitu adanya perubahan individu dalam setiap keturunan namun, dalam kenyataanya banyak hewan yang tidak terjadi perubahan misalnya semut yang mulai adanya tersebut tidak berubah ubah sampai sekarang
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mozzpunkz pada Maret 12, 2008, 05:00:26 AM
saya tidak setuju dengan adanya teori evolusi disini dijelaskan bahwa disana dijelaskan bahwa   
ciri ciri evolusi yaitu adanya perubahan individu dalam setiap keturunan namun, dalam kenyataanya banyak hewan yang tidak terjadi perubahan misalnya semut yang mulai adanya tersebut tidak berubah ubah sampai sekarang

Kalau semut, mungkin saja kagak berubah, karena ukurannya kecil (kalau jadi besar bisa gawat dan bukan semut namanya...heheheheheehe...) atau mungkin semut juga sudah mengalami perubahan juga, soal kita kagak tahu pada awalnya semut itu gimana bentuk dan ukurannya (siapa tahu saja zaman doeloe semut itu besar dan karena kekurangan makanan berevolusi jadi kecil...bisa sajakan...???)
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: reborn pada Maret 12, 2008, 05:19:03 AM
saya tidak setuju dengan adanya teori evolusi disini dijelaskan bahwa disana dijelaskan bahwa   
ciri ciri evolusi yaitu adanya perubahan individu dalam setiap keturunan namun, dalam kenyataanya banyak hewan yang tidak terjadi perubahan misalnya semut yang mulai adanya tersebut tidak berubah ubah sampai sekarang

Evolusi bukan revolusi lho. Bukan seperti misalnya Sukarno digulingkan Suharto kemudian lengser digantikan reformasi ;D. Evolusi perubahannya memakan waktu yang sangaaaaaaaaat lama. Semut awalnya seperti apa memangnya? Awalnya itu persisnya kapan? Setahun yang lalu, 10 tahun, 100 tahun, 1000 tahun? Evolusi memakan waktu lebih dari itu.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: peregrin pada Maret 12, 2008, 07:39:14 PM
Justru semut adalah salah satu makhluk yg paling sukses dalam beradaptasi dan mempertahankan spesiesnya, menurut konsep evolusi.
Coba dengarkan interview dg E.O. Wilson di sini:
http://www.pbs.org/wgbh/evolution/library/01/3/l_013_05.html

E.O. Wilson banyak meneliti dan menulis tentang evolusi semut, bagaimana mrk beradaptasi dg bersimbiosis-mutualisme drpd berkompetisi scr selfish, juga pelopor bidang sosiobiologi. Di th 60-an, Wilson menemukan fosil missing-link nenek moyang semut, yi. semut dari jaman mesozoik (sekitar 100 jt th yg lalu). Sayang papernya ga bisa aku donlot. Tapi ini kutipan abstraknya:

Kutip
The First Mesozoic Ants
Science 1 September 1967


Edward O. Wilson 1, Frank M. Carpenter 1, and William L. Brown Jr. 2

1 Museum of Comparative Zoology, Harvard University, Cambridge, Massachusetts 02138
2 Department of Entomology, Cornell University, Ithaca, New York; and Museum of Comparative Zoology, Harvard University, Cambridge, Massachusetts 02138


Two worker ants preserved in amber of Upper Cretaceous age have been found in New Jersey. They are the first undisputed remains of social insects of Mesozoic age, extending the existence of social life in insects back to approximately 100 million years. They are also the earliest known fossils that can be assigned with certainty to aculeate Hymenoptera. The species, Sphecomyrma freyi, is considered to represent a new subfamily (Sphecomyrminae), more primitive than any previously known ant group. It forms a near-perfect link between certain nonsocial tiphiid wasps and the most primitive myrmecioid ants.


Secara umum, phylogenetic tree dari semut bisa dilihat di bawah ini (dikutip dr paper Wilson, "The Rise of The Ants". Papernya aku attach juga buat yg berminat baca  :D)

Jadi, semut tu berevolusi juga lho  ;D  Menurut kita yg orang awam, melihat semut kok begitu2 aja. Seperti kata reborn, evolusi bukan revolusi, jadi jangan berharap semut berubah jadi iguana lah ;D  Fosil semut mesozoik yg ditemukan th 60-an itu ya bentuknya sekilas mirip semut yg kita kenal juga. Tapi phylogenetic tree (evolutionary tree) yg menunjukkan hubungan kekerabatan antar spesies yg berasal dr satu nenek moyang bisa direkonstruksi, antara lain dr penelitian DNA fosil2 yg telah ditemukan tsb.


(http://i28.tinypic.com/ayrslh.jpg)


Btw, link di atas ternyata bagus lho buat baca2 lbh banyak ttg evolusi:
http://www.pbs.org/wgbh/evolution/library/index.html
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mozzpunkz pada Maret 13, 2008, 04:28:34 AM
Nice Peregrin.....jawaban ataupun ulasan yg cukup lengkap dan memuaskan, semoga bermanfaat bagi kita semua..thanks ya.... ;)
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: peregrin pada Maret 13, 2008, 07:12:00 AM
hehe  ;D ... sama2 mozzpunkz  ;D ... thanks juga buat Rio yg pertama melempar topik ttg semut  ;D
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: insan sains pada Maret 30, 2008, 03:19:58 AM
Dalam sebuah karyanya, yang berjudul "The variation of animals and plants under domestication (1868)" Charles Darwin berpendapat bahwa ayam peliharaan berasal-usul dari unggas merah hutan.

But, seorang ilmuwan Swedia membuktikan bahwa pendapat Darwin tersebut keliru.

Kutip
Charles Darwin maintained that the domesticated chicken derives from the red jungle fowl, but new research from Uppsala University now shows that the wild origins of the chicken are more complicated than that.

The researchers mapped the genes that give most domesticated chickens yellow legs and found to their surprise that this genetic heredity derives from a closely related species, the grey jungle fowl.

“Our studies show that even though most of the genes in domesticated fowls come from the red jungle fowl, at least one other species must have contributed, specifically the grey jungle fowl,” says Jonas Eriksson, a doctoral student at Uppsala University.

It is most likely the case that the grey jungle fowl was crossed with an early form of the domesticated chicken. The genes for yellow skin are spread among billions of domesticated chickens around the world. Darwin’s studies of domesticated animals were of key importance to his theory of evolution, and he also explained the wild origins of domesticated animals.

“What’s ironic is that Darwin thought that more than one wild species had contributed to the development of the dog, but that the chicken came from only one wild species, the red jungle fowl. Now it turns out that it’s just the opposite way around,” says Greger Larson, a researcher at Uppsala University and Durham University in England.

The yellow leg color is a result of fodder: the more yellow carotenoids there are in the feed, the yellower the legs. The gene that these researchers have now identified codes for an enzyme that breaks down carotenoids and releases vitamin A. This gene is shut down in skin but fully active in other tissues in chickens with yellow legs. The consequence is that yellow carotenoids are stored in the skin in these chickens. This is called a regulatory mutation since the coding sequence of the gene is intact, but its regulation is modified.

“Our study is a clear example of the importance of regulatory mutations in the course of evolution. What we don’t know is why humans bred this characteristic. Maybe chickens with bright yellow legs were seen as being healthier or more fertile than other chickens, or were we simply charmed by their distinct appearance"” wonders Professor Leif Andersson, who directed the project.

The scientists believe that the same gene may well be of significance in explaining the pink color of the flamingo, the yellow leg color of many birds of prey, and the reddish meat of the salmon. These characteristics are all caused by carotenoids. The gene may also influence the skin color of humans to some extent.

Source : scientificblogging.com/news_releases/study_darwin_got_one_thing_wrong_the_origin_of_the_domestic_chicken

Hm.. satu persatu namun pasti dengan kemajuan teknologi yang bisa masuk ke tingkat kerumitan sel, DNA, RNA (yang belum ada pada jamannya Darwin) kini teori-teorinya mr. C. Darwin ini mulai rontok. Kita lihat saja, apakah semuanya akan rontok, ataukah masih menyisakan kebenaran yang bisa kita yakini? ^_^
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: Chemist Shen pada September 20, 2008, 10:27:40 AM
 :owah.. agak... kurang dapat d percaya...
Bukannya teori evolusi udah bisa terbantahkan khan?? Maap gw sotoy..
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: reborn pada September 23, 2008, 04:26:33 AM
Mohon di forum dan topik ini diskusinya seputar kurikulum untuk Biologi SMU aja.
Buat pembahasannya yang lebih dalam bisa didiskusikan di forum biologi. Contohnya topik ini.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: anggrekplatypus pada Oktober 16, 2008, 02:23:47 PM
sekedar bertanya,
sebatas pengetahuan sata, teori bukanlah hukum yang harus dianut setiap orang, atau tidak diragukan lagi kebenarannya,
begitupun dengan teori evolusi,
Namun teori sangat kontroversial,
jadi seberapa pentingkah teori evolusi itu sehingga menjadi pusat kontroversi,
mungkinkah nanti alan ada teori yang lebih konroversial dan menandingi teori evolusi?

Salam,
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: biobio pada Desember 09, 2008, 11:12:10 PM
:owah.. agak... kurang dapat d percaya...
Bukannya teori evolusi udah bisa terbantahkan khan?? Maap gw sotoy..
Teori apapun bs terbantahkan dan dibantah,jika anda pny bukti2 yg jelas.mslnya anda berkata 'agak krg dpt dipercaya'. Mana buktiny?kalau ada,beberkan..Shg dpt dprcya msyrkt.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: binekas pada April 20, 2009, 08:53:39 AM
mw nanya nih, bener gak sih kalo semua binatang berasal dari air??
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: biobio pada April 23, 2009, 03:56:48 AM
mw nanya nih, bener gak sih kalo semua binatang berasal dari air??
binatang ini dalam arti apa? animalia? animalia termasuk eukariota, yang dievolusikan dari prokariota (baca:teori endosimbion),dan prokariota awal dan sekarang pun mayoritas dari air...SEMUA KEHIDUPAN BERAWAL DARI AIR...
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: eeddhoo pada Agustus 11, 2010, 11:13:23 AM
emm , mau nanya kalo semua kehidupan terkait , lantas kita semua ini hasil incest dong ?
bukannya kalo incest itu memperbesar kemungkinan cacat gen ?  ???

Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: biobio pada Oktober 15, 2010, 02:29:51 AM
emm , mau nanya kalo semua kehidupan terkait , lantas kita semua ini hasil incest dong ?
bukannya kalo incest itu memperbesar kemungkinan cacat gen ?  ???
Perhatikan dulu bagaimana mekanisme incest memperbesar peluang cacat. Incest dapat memperbesar peluang cacat karena misalkan alel-alel penyebab kecacatan biasanya cukup langka dalam masyarakat. Keluarga sendiri tentunya berpeluang lebih besar sama-sama memilik alel langka penyebab kecacatan yang bisa memperbesar peluang cacat. Begitu saja.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: faris pada Agustus 07, 2011, 12:20:36 AM
bagaimana tentang teori spontan
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 07, 2011, 09:07:33 PM

Justru semut adalah salah satu makhluk yg paling sukses dalam beradaptasi dan mempertahankan spesiesnya, menurut konsep evolusi.
Coba dengarkan interview dg E.O. Wilson di sini:
http://www.pbs.org/wgbh/evolution/library/01/3/l_013_05.html


Setuju banget,  menurut Konsep Evolusi.........sebenarnya tingkatan evolusi bukan lagi suatu Konsep,  tapi sudah Hipotesa,  dan masih Hipotesa sampai sekarang. :)



bagaimana tentang teori spontan


Coba telusuri saja beberapa thread di forsa ini,  atau baca artikel di faktailmiah.com.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: ? pada Agustus 08, 2011, 12:39:04 AM
Judul subforum

"Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia"
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 08, 2011, 10:48:03 PM
Tidak masalah,  istilah hipotesa dan teori sering digunakan bergantian.   Banyak contohnya,  misalnya teori ledakan besar,  itu statusnya juga masih hipotesa.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 09, 2011, 12:38:27 AM
bagaimana tentang teori spontan

Teori spontan apa maksudnya?
Generatio spontanea? Sudah runtuh!
Kreasionisme? Bahkan gak layak disebut teori

Saat ini, teori evolusi adalah satu-satunya teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal-usul keanekaragaman makhluk hidup, termasuk asal manusia. Belum ada teori ilmiah lain yang bisa menjelaskan atau mengggantikan.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 09, 2011, 05:42:33 AM

Teori spontan apa maksudnya?
Generatio spontanea? Sudah runtuh!


Benar apa yang ditulis oleh Pi One.

Spontaneous generation is an essential part of the theory of evolution.  Dan itu sudah runtuh !  ( sejak abad-19 ).
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 09, 2011, 12:53:26 PM
Benar apa yang ditulis oleh Pi One.

Spontaneous generation is an essential part of the theory of evolution.  Dan itu sudah runtuh !  ( sejak abad-19 ).
Mod, min, bisa berangus saja asbuner pembohong satu ini. Kasihan mereka yang pengen belajar kalau terus disesatkan oleh asbuner satu ini. Mending kalau SF debat, ini SF untuk bimbingan belajar, dia malah ngasih informasi menyesatkan begini melulu...

Sebelumnya koar-koar maksa generatio spontanea gak runtuh, sekarang mau maksain generatio spontanea ke teori evolusi.
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 09, 2011, 08:31:43 PM
Justru SF untuk bimbingan belajar harus diberikan informasi awal yang benar,  bahwa generatio spontanea yang telah dipatahkan oleh Louis Pasteur adalah versi Darwin,  bahwa kehidupan muncul dari benda mati secara kebetulan ( tanpa campur tangan Tuhan ).   Oleh sebab itu Louis Pasteur dikenal dalam dunia sains sebagai tokoh penentang kuat teori evolusi.

Aslinya,  generatio spontanea adalah konsep penciptaan berasal dari idenya Aristoteles.   Karena statusnya sebagai suatu konsep,  tidak bisa lalu disamakan dengan versi teorinya Darwin.

Apakah penulis artikel di faktailmiah. com di bawah ini juga pembohong satu lagi ?

Kesimpulan

Generatio spontanea bukanlah teori atau hipotesis, ia adalah konsekuensi logis yang mau tidak mau harus diterima karena kehidupan harus memiliki asal yang bukan kehidupan. Jika tidak, ia bukan asal sama sekali, karena asal-usul objek tentulah harus beda dengan objeknya sendiri. Mengatakan bahwa generatio spontanea telah gugur sama saja mengatakan saya tidak mengerti kenapa sabun tidak berasal dari sabun, sabun berasal dari sabun, dan selamanya akan berasal dari sabun. Tapi demikianlah keadaannya, selalu lebih banyak orang awam daripada ilmuan, maka para ilmuan terpaksa mengganti istilah generatio spontanea menjadi abiogenesis. Lagipula, hey, itu pendek dan sepertinya tidak membuat lidah melintir saat menyebutnya.

http://www.faktailmiah.com/2011/03/10/generatio-spontanea.html

Perlu digarisbawahi  : Generatio spontanea bukanlah teori atau hipotesis.  Tambahan penjelasan dari saya  :  ......bukanlah teori atau hipotesis,  tapi suatu Konsep Penciptaan berasal dari idenya Aristoteles.   Suatu Konsep tidak bisa digugurkan oleh teori ilmiah apapun juga.   Demikian juga,  seandainya evolusi tidak disebut sebagai teori ilmiah,  tapi disebut Konsep Evolusi,  maka tidak ada teori ilmiah apapun juga yang bisa menggugurkan konsep itu.  Pi One,  sudah jelas ?
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 10, 2011, 01:39:33 AM
Wahaha... Di BB sekarang mesti ada peringatan: Awas fitnah asbuner kreasionis... :D

Buat mereka yang masuk BB, silakan lakukan crosscheck ke situs-situs ilmiah, biar kalian buktikan bahwa black campaign asbuner di atas gak benar. Jangan mau kena hasut setan jahat :)
Judul: Re: Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Agustus 16, 2011, 05:02:07 PM
emm , mau nanya kalo semua kehidupan terkait , lantas kita semua ini hasil incest dong ?
bukannya kalo incest itu memperbesar kemungkinan cacat gen ?  ???


Tidak semua m.h. berkembang biak secara seksual, LUCA (Last Universal Common Ancestor) adalah m.h bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah diri.

Lagipula, sejauh mana perkawinan dikatakan incest itu hanya berdasarkan statistik dan tidak ada cut off point yang benar-benar jelas, andaikata dalam populasi terbatas/terisolir setiap individu dalam populasi itu bisa jadi third cousin atau fourth cousin, apakah perkawinan di antara mereka disebut incest?tentu saja third cousin lebih incest dibandingkan denganfouth cousin SEBAB kemungkinan mereka memiliki gen resesif yang sama lebih besar sebanyak 2x pada third cousin dibandingkan dengan fourth cousin. Demikian juga perkawinan sedarah antar saudarasekandung lebih incest dibandingkan dengan first cousin. Tapi sampai titik mana perkawinan itu bukan disebut incest tidaklah jelas. Incest tidak selamanya buruk, dalam kondisi tertentu justru menguntungkan sebab dapat mempertahankan kemantapan genetis. Dalam populasi terbatas, lebih cocok jika disebut dengan inbreeding. Slain itu, istilah incest jauh lebih bermakna jika diakitkan dengan kenyataan probabilitas memperoleh gen resesif yang sama, sehingga makin dekat hubungansaudara makin tinggi probabilitasnya memperoleh gen yang sama, tanpa konteks yang demikian, incest kehilangan maknanya. Jika angka probabilitas memiliki rentangan yang kontinu, maka incest  juga memiliki sifat yang kontinu dan tidak memiliki batasan yang jelas.
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: didi dom din cer pada Januari 26, 2012, 08:56:16 AM
teori !!! apa kalian bangga jika nenek moyang monyet ...berpikir secara logika aja hewan pada dulu nya  bisa berbicara dengan manusia kenapa sekarang  gak kenapa ? JIKA KALIAN PERJAYA KEMUNDURAN PADA EVOLUSI .....
contoh  spesies dinosaurus  tapi pasti ada jaman sekarang hanya saja tubuhnya mengecil .itu lah kenapa yangdikatakan teori darwin tentang manusia purba berevolusi menjadi monyet seperti :kera ,spanse,babon ,orang utan dan spesies lain nya.jadi jangan percaya jika asal usul manusia itu keturunan manyet ehsalahh..... monyet   ;D ;D ;D ;D ;D ;D
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 26, 2012, 10:07:54 AM
teori !!! apa kalian bangga jika nenek moyang monyet ...berpikir secara logika aja hewan pada dulu nya  bisa berbicara dengan manusia kenapa sekarang  gak kenapa ? JIKA KALIAN PERJAYA KEMUNDURAN PADA EVOLUSI .....
contoh  spesies dinosaurus  tapi pasti ada jaman sekarang hanya saja tubuhnya mengecil .itu lah kenapa yangdikatakan teori darwin tentang manusia purba berevolusi menjadi monyet seperti :kera ,spanse,babon ,orang utan dan spesies lain nya.jadi jangan percaya jika asal usul manusia itu keturunan manyet ehsalahh..... monyet   ;D ;D ;D ;D ;D ;D
bisa anda sebutkan sumber yang menyebutkan bahwa hewan zaman dulu bisa bicara? pada zaman apa? cambrian? jurasic?
apa species dinosaurus yang tubuhnya mengecil pada zaman sekarang?
jadi manusia keturunan apa?
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: didi dom din cer pada Januari 27, 2012, 02:09:56 PM
bisa anda sebutkan sumber yang menyebutkan bahwa hewan zaman dulu bisa bicara?

aku mempunyai kesimpulan dari cerita rakyat tentang bawang purih,bawang merah bahwa ikan mas dalam cerita itu berbicara dengan manusia. dan cerita tentang nabi sulaiman yang bisa berbicara dengan manusia bankan ia sebagai pemimpin segala hewan di jaman itu . pada prinsip genetika ,percobaan yang dilakukan Mendel bahwa bunga warna merah dikawin silang dengan bunga berwarna putih akan menghasilkan bunga warna sama dengan induk nya entah bunga itu berwarna merah ,atau putih.  kesimpulan nya jika ada sebahagian manusia yang bisa berbicara dengan hewan pasti lah diturun kan dari induk nya .  http://biologipedia.blogspot.com/2010/04/ilmuwan-biologi.html

pada zaman apa? zaman dimana manusia pertama diciptakan (Adam) dan hewan pertama kali diciptakan (induk seluruh hewan)

apa species dinosaurus yang tubuhnya mengecil pada zaman sekarang? aku tidak ada bukti ,tp aku mempunyai kesimpulan coba bandingkan hewan dimasa dinosaurus dengan hewan dimasa sekarang .perbandingan nya adalah hewan pada masa dinosaurus berukuran besar dari hewan hewan dijaman sekarang entah itu hewan yang hidup didarat air atau di udara

jadi manusia keturunan apa?kalo menurut aku yaa dari manusia pertama diciptakan dari tanah  manusia itu tetap manusia
 .kalo  menurut kamu apa?
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 27, 2012, 03:11:40 PM

aku mempunyai kesimpulan dari cerita rakyat tentang bawang purih,bawang merah bahwa ikan mas dalam cerita itu berbicara dengan manusia. dan cerita tentang nabi sulaiman yang bisa berbicara dengan manusia bankan ia sebagai pemimpin segala hewan di jaman itu .

Hah?  :o
Anda memakai cerita rakyat sebagai rujukan dalam pembahasan ilmiah? Nggak salah tuh? Ingat, ini di forum ilmiah, SF biologi SMU.
Dongeng tersebut tidak dimasukkan kategori ilmiah karena tidak dapat diuji menggunakan metode ilmiah. Atau sudah diuji dengan metode ilmiah, dan hasilnya terbukti SALAH.
Untuk membahas pseudo-sains ataupun non-sains sudah disediakan forum tersendiri. Jangan keseringan salah kamar.

pada prinsip genetika ,percobaan yang dilakukan Mendel bahwa bunga warna merah dikawin silang dengan bunga berwarna putih akan menghasilkan bunga warna sama dengan induk nya entah bunga itu berwarna merah ,atau putih.  kesimpulan nya jika ada sebahagian manusia yang bisa berbicara dengan hewan pasti lah diturun kan dari induk nya .  http://biologipedia.blogspot.com/2010/04/ilmuwan-biologi.html

apakah anda sudah memastikan kebenaran cerita tentang manusia yang bicara dengan hewan? Tidak bisakah anda berpikir, berapa kapasitas otak dari hewan-hewan  seperti ikan dan semut? berapa banyak kosa kata yang bisa mereka ingat? bagaimana dengan grammarnya?

Kalau benar kemampuan bicara dengan hewan diturunkan dari induknya, tentunya akan muncul pertanyaan, siapa manusia pertama yang bisa bicara dengan hewan? siapa pula manusia pertama yang TIDAK bisa bicara dengan hewan?

Kalau semua hewan dulu bisa bicara, tentunya ada hewan pertama yang tidak bisa bicara, untuk masing-masing spesies. Apa sebabnya mereka kehilangan kemampuan itu?  ::)
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 27, 2012, 03:41:32 PM

pada zaman apa? zaman dimana manusia pertama diciptakan (Adam) dan hewan pertama kali diciptakan (induk seluruh hewan)


Anda belum baca tulisan sebelum anda?
Tidak semua m.h. berkembang biak secara seksual, LUCA (Last Universal Common Ancestor) adalah m.h bersel satu yang berkembang biak dengan cara membelah diri.

Anda tidak sadar kalau organisme bersel satu tidak punya otak, lidah, maupun pita suara? Bagaimana ceritanya sampai bicara dengan manusia? mungkinkah manusianya yang lagi error?
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 27, 2012, 03:48:58 PM

apa species dinosaurus yang tubuhnya mengecil pada zaman sekarang? aku tidak ada bukti ,tp aku mempunyai kesimpulan coba bandingkan hewan dimasa dinosaurus dengan hewan dimasa sekarang .perbandingan nya adalah hewan pada masa dinosaurus berukuran besar dari hewan hewan dijaman sekarang entah itu hewan yang hidup didarat air atau di udara

Tampaknya anda belum pernah baca tulisan berikut
Kutip
At 30 metres (98 ft)[4] in length and 180 metric tons (200 short tons)[5] or more in weight, it is the largest known animal to have ever existed.
http://en.wikipedia.org/wiki/Blue_whale
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 27, 2012, 04:18:26 PM

jadi manusia keturunan apa?kalo menurut aku yaa dari manusia pertama diciptakan dari tanah  manusia itu tetap manusia
 .kalo  menurut kamu apa?

Pendapat saya tidak perlu ditanggapi secara serius sebelum ada bukti yang mendukungnya. Sebaiknya anda baca saja tulisan para ahli yang sudah melakukan penelitian mengenai masalah tersebut secara ilmiah, dan sudah dicross-check serta menjalani peer review. Mungkin rangkumannya dapat anda baca di artikel-artikel berikut.
http://en.wikipedia.org/wiki/Human
http://en.wikipedia.org/wiki/Human_evolution
http://en.wikipedia.org/wiki/Timeline_of_human_evolution
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: didi dom din cer pada Januari 28, 2012, 05:44:23 AM
Anda belum baca tulisan sebelum anda?Anda tidak sadar kalau organisme bersel satu tidak punya otak, lidah, maupun pita suara? Bagaimana ceritanya sampai bicara dengan manusia? mungkinkah manusianya yang lagi error?

bagaimana dengan orang orang indigo
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: didi dom din cer pada Januari 28, 2012, 05:50:01 AM
Anda belum baca tulisan sebelum anda?Anda tidak sadar kalau organisme bersel satu tidak punya otak, lidah, maupun pita suara? Bagaimana ceritanya sampai bicara dengan manusia? mungkinkah manusianya yang lagi error?

maaf klo hewan bersel 1 aku blum nyampe ilmunya.
Judul: Re:Teori Evolusi dan Asal Usul Manusia
Ditulis oleh: biobio pada Januari 30, 2012, 07:51:18 AM
Karena sudah mencapai tahap diskusi tidak sehat dan tidak membangun, maaf, saya kunci thread ini. Thanks.