Forum > Biologi

5 Hiu Terbesar Yang Pernah Ditemukan, Bagaimana Yang Belum Pernah Ditemukan?

(1/1)

destii:
Jika ditanya mengenai suatu hal yang berhubungan dengan laut, samudra, atlantik, atau ocean, pasti yang ada di benak kita yang paling dekat terpikir adalah Hiu. Bagaimana tidak, Hiu merupakan salah satu dari hewan air terganas di lautan yang diketahui ukuran tubuhnya pun biasanya cukup besar dengan taring dan siripnya yang tajam. Nah disini kita akan membahas tentang keberadaan jenis Hiu terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia, berikut ini jenis-jenisnya:

Megalodon Shark



Megalodon Shark merupakan ikan hiu purba yang diperkiraan hidup antara 20 sampai 1.2 juta tahun yang lalu. Hiu ini diperkiraan memiliki ukuran yang lebih besar dari kapal pesiar. Hiu megalodon merupakan ikan yang hidup diperairan dalam dan sangat jarang naik kepermukaan kecuali untuk mencari mangsa. Menurut Wikipedia, Hiu Megalodon ini memiliki panjang antara 14 hingga 18 meter, dengan gigi runcing dengan diameter 120 milimeter. Woww bisa dibayangkan betapa besarnya Hiu ini  :o

Whale Shark



Hiu ini dikenal juga dengan nama Hiu Paus merupakan jenis Ikan Hiu Terbesar Di Dunia yang masih hidup sampai sekarang. Ukurannya bisa mencapai kurang lebih 41 kaki dan bobotnya bisa mencapai hingga 15 ton. Tapi yang paling unik dari Hiu jenis ini ialah karena makanannya yang hanya berupa plankton.

Basking Shark



Basking Shark (Cetorhinus maximus) atau umumnya disebut dengan Hiu Penjemur. Hiu ini merupakan spesies kosmopolitan yang dapat ditemui di sepanjang lautan hangat di seluruh dunia dengan panjang bisa mencapai 40 kaki (12 meter) dan bobot hingga 19 ton. Hiu basking lebih senang hidup pada suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F). Jadi yang ingin melihat keberadaan Hiu ini bisa menjadi sejumlah perairan yang memiliki hawa hangat atau sejuk  ;D

Great White Shark



Great White Shark atau dikenal juga sebagai Carcharodon Carcharias, adalah termasuk salah satu hiu terganas di dunia. mereka dapat hidup hingga memiliki panjang kurang lebih 26 kaki dan bobot hingga 2200 kg. Menurut kabar hiu ini bisa ditemukan di semua perairan dan memang sepertinya jenis Hiu ini yang banyak di filemkan ya  8)

Tiger Shark



Tiger Shark atau Galeocerdo Cuvier bisa memiliki panjang hingga 24 kaki dan bobot kurang lebih 900 kg. Hiu ini termasuk hiu terganas di dunia, mereka hidup seperti predator karena mereka tidak hanya menyerang ikan lain di laut tapi dalam beberapa kasus pernah menyerang manusia di pantai. Seperti namanya hiu ini memiliki corak seperti harimau. Umumnya mereka hidup diperairan khatulistiwa, tapi pernah juga ditemukan disekitar perairan pasifik. Apakah jenis Hiu ini juga yang sering ada di filem-filem, ya kan? >:D

Pacific Sleeper Shark



Pacific Sleeper Shark atau Somniosus pacificus merupakan salah satu hiu terbesar. Panjang hiu ini dapat mencapai hingga 23 kaki dan memiliki bobot hingga kurang lebih 350 kg. Jenis hiu ini umumnya hidup didaerah laut dalam dengan kedalaman hingga 6500 kaki dibawah permukaan laut.

Greenland Shark



Greenland Shark merupakan ikan hiu paling lambat diantara jenis ikan hiu lainnya, kecepatan renangnya hanya 2.7 km/jam. Panjang ikan hiu ini bisa mencapai 21 kaki dan usia hidupnya kurang lebih 200 tahun yang membuat masuk salah satu hewan dengan umur terpanjang di dunia. Umumnya hiu ini hidup di kedalaman 6600 kaki dipermukaan laut.

zalfaoriana:
saya kayak pernah baca ada hiu karpet entah benar entah tidak :-\

Navigasi

[0] Indeks Pesan

Ke versi lengkap