Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 17, 2021, 12:14:34 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 37
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: air mata  (Dibaca 20694 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
air mata
« pada: Oktober 12, 2009, 10:22:00 AM »
secara biologi kenapa saat orang bersedih mengeluarkan air mata? apa gunanya air mata keluar saat seperti itu...? Thanks
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: air mata
« Jawab #1 pada: Oktober 12, 2009, 10:45:35 AM »
teori biologis:
- karena kita menekuk wajah berlebihan kita ketika sedih
- karena mengeluarkan hormon

teori kimia:
- karena membantu mengalirkan hormon endorphin dalam darah (endorphin berguna meningkatkan mood dan mengurangi sakit)

teori psikologi sosial:
- karena kita ingin diperhatikan dan didukung oleh orang lain

teori psikologi:
- karena kita menunjukkan kejujuran (menangis sangat sulit dibuat-buat; berpura-pura menangis sangat sulit)

teori antropologi:
- karena ini ciri khas manusia yang membedakannya dari hewan (bahkan dari kerabat terdekatnya, kera)


ini ada disisipin tadi waktu ngutip2...
:D
;D

http://www.goaskalice.columbia.edu/2094.html
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: air mata
« Jawab #2 pada: Oktober 12, 2009, 10:53:27 AM »
Kutip
teori biologis:
- karena kita menekuk wajah berlebihan kita ketika sedih
- karena mengeluarkan hormon
...wah, singkat sekali Mademoisell siska! :o...ada yang lebih meyakinkan ngga informasinya?...masih kurang nih....
Kutip
teori kimia:
- karena membantu mengalirkan hormon endorphin dalam darah (endorphin berguna meningkatkan mood dan mengurangi sakit)
alasan kimianya kok kayak gini?...masuk ke sistem hormon?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: air mata
« Jawab #3 pada: Oktober 12, 2009, 11:10:07 AM »
ooo iyah,, sabar,,, hehehheheh~
------------------------------------

Airmata, cairan bening yang tidak berwarna atau transparan ini sesungguhnya berasal dari cairan darah. Ketika airmata akan keluar, dapat dirasakan darah mengalir naik ke kepala. Darah itulah yang menjadi asal dari airmata.

Meskipun air mata berasal dari cairan darah, airmata tidak berwarna merah. Hal ini disebabkan karena ketika cairan darah masuk ke dalam kelenjar air mata, dinding sel yang dilalui bekerja untuk menyaring unsur warna merah yang terdapat dalam sel darah merah sehingga menghasilkan cairan bening yang disebut dengan airmata.

Rasa airmata berbeda-beda
Tahukah Anda bahwa rasa, jumlah, dan komposisi yang terdapat di dalam airmata berbeda-beda ketika bersedih ataupun gembira?

Airmata yang ke luar pada saat berbahagia atau pada saat sedih, dapat dikatakan sebagai alat melepaskan atau mengekspresikan perasaan. Airmata yang ke luar pada saat merasa rileks ini disebabkan karena adanya rangsangan pada saraf yang membuat rileks badan dan jiwa (dinamakan saraf parasimpatik). Ciri-ciri airmata ini adalah ke luar dalam jumlah yang banyak, rasanya hambar, dan mengandung banyak kalium.

Ketika merasa menyesal atau marah, dapat dirasakan perasaan tersebut memenuhi kepala sehingga kepala terasa berat. Airmata yang keluar pada saat perasaan tidak tenang ini terjadi karena adanya rangsangan pada saraf simpatik (saraf yang menyebabkan rasa tegang pada badan dan perasaan). Kekhasan airmata ini adalah jumlahnya relatif sedikit dan rasanya asin karena mengandung banyak natrium.

Perasaan menjadi lega setelah menangis,Ketika dada dan kepala dipenuhi oleh berbagai macam masalah yang menyesakkan, sebagian orang berusaha untuk melonggarkannya dengan menitikkan airmata. Seiring dengan airmata yang meleleh di pipi, sedikit demi sedikit kepala dan dada terasa lebih ringan. Mengapa demikan?

Sesungguhnya di dalam airmata terkandung materi stres. Materi stres ini terkandung dalam semua jenis airmata. Tidak hanya pada airmata ketika sedih atau menyesal saja, tetapi materi stres juga terkandung dalam airmata bahagia.

Perasaan manusia yang berubah drastis menimbulkan beban secara mendadak pada tubuh sehingga materi stres di dalam darah meningkat.
Dengan mengeluarkan airmata, materi stres pun turut keluar sehingga perasaan yang tadinya tidak menentu akan menjadi tenang.


Asal mula dan tujuan akhir air mata
Setiap kali mengedipkan mata, ada sejumlah airmata yang dialirkan ke permukaan mata. Ketika mata terasa kering, kita mengedipkan mata.
Begitu berulang-ulang. Dalam satu menit, seseorang mengedipkan mata kurang lebih sebanyak 15 – 20 kali. Pada saat itu pula airmata membasahi permukaan mata tanpa kita sadari.

Sebanyak 10 persen dari airmata yang dialirkan ke permukaan mata dan berfungsi untuk menjaga kelembaban permukaan mata ini, menguap. Sedangkan 90 persen sisanya akan mengalir melalui sebuah saluran kecil di mata bagian dalam. Setelah itu, airmata ini mengalir melalui kelenjar kecil yang menghubungkan antara mata dan hidung, dan akhirnya mengalir melalui saluran hidung dan terkumpul di dalam hidung.

Setelah menggunakan obat tetes mata tidak jarang pangkal lidah merasakan sesuatu yang pahit. Hal ini terjadi karena obat tetes mata tersebut melewati rute yang sama dengan air mata, dan ada kalanya setelah melalui hidung, obat ini mengalir ke dalam mulut.

Fungsi airmata

Air mata memiliki berbagai fungsi. Fungsi utama airmata adalah untuk mengangkut unsur asam dan zat gizi ke mata. Pada kornea tidak terdapat kelenjar darah sehingga bagian ini tidak dapat mendapatkan zat yang diperlukan. Air mata bekerja untuk mengatasi hal tersebut.

Selain itu, airmata berfungsi untuk mencegah masuknya berbagai macam bakteri atau virus yang terkandung di dalam benda asing atau kotoran ke dalam mata. Di dalam udara terkandung polusi yang jumlahnya sangat banyak, melebihi yang kita perkirakan. Bisa dibayangkan, bila tidak ada air mata, kotoran tersebut dapat langsung masuk ke dalam mata, sehingga menimbulkan infeksi pada mata. Dengan kata lain, airmata berfungsi untuk melindungi mata dari kontaminasi polusi tersebut.
------------------------------------------------------------

hohohoho~
 ;D ;D ;D ;D

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: air mata
« Jawab #4 pada: Oktober 12, 2009, 11:13:30 AM »
....apa air mata termasuk adaptasi fisiologi terhadap perasaan?...contohnya, hati sangat sesak sebelum air mata keluar...

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: air mata
« Jawab #5 pada: Oktober 12, 2009, 11:17:53 AM »
Btw, itu di kutip dari mana ya? Kok rasanya ada beberapa penjelasan ilmiahnya yang melenceng, seperti tentang saraf simpatetik dan saraf parasimpatetik yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan perasaan (rileks atau tegang).
...setetes air di samudera luas...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: air mata
« Jawab #6 pada: Oktober 12, 2009, 11:23:41 AM »
Btw, itu di kutip dari mana ya? Kok rasanya ada beberapa penjelasan ilmiahnya yang melenceng, seperti tentang saraf simpatetik dan saraf parasimpatetik yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan perasaan (rileks atau tegang).
hmmm, jadi tidak mengerti.... ???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: air mata
« Jawab #7 pada: Oktober 12, 2009, 11:25:20 AM »
Airmata dapat melaju karena faktor fisiologis. Mata terkena debu, aroma bawang atau gas yang mengandung bahan kimia. Airmata juga dapat keluar saat tingkat hormon tidak seimbang. Adapula airmata yang didorong oleh kenangan yang mengesankan, yang indah atau yang buruk. Kita hidupkan kenangan-kenangan tersebut melalui linangan airmata. Lain lagi airmata yang memberikan rasa lega, yang berfungsi sebagai terapi untuk mengatasi rasa cemas yang berkepanjangan. Kita pun menangis akibat tangisan orang banyak, misalnya tangisan saat tangisan saat perkawinan, wisuda atau memasuki masa purnabhakti. Airmata ini pertanda keakraban hubungan.

Airmata juga melambangkan ekspresi rasa kehilangan, terutama bila yang hilang sangat berarti bagi seseorang. Jangankan manusia, meninggalnya anjing kesayangan mantan Presiden Amerika, George Bush, sangat membesar pada hati keluarga Bush, demikian menurut berita CNN. Kematian tanpa cucuran airmata dianggap anomali. Dalam kebudayaan Yunani, Cina dan Timur Tengah, wanita bayaran untuk meratapi jenazah masih berlaku sampai sekarang. Pada saat-saat perpisahan, airmata mengekspresikan rasa penghargaan dan mengundang refleksi, depresi, frustasi dan putus-asa juga membangkitkan laju airmata yang deras. Airmata yang keluar saat itu sebagai akibat ketidakberdayaan, sangat menyayat hati. Ketika itu kita benci melihat tetesan airmata.

--------------------------------
ada lage,, tar yach..
^^

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: air mata
« Jawab #8 pada: Oktober 12, 2009, 11:28:07 AM »
Mengapa setelah sebagian besar orang menangis meraung, perasaan akan terasa lega? ilmuwan mendapati, bahwa saat menangis, air mata yang menetes dapat membersihkan hormon lebih dalam tubuh, dan justru karena hormon-hormon inilah yang membuat kita galau.
Akar dari perilaku yang rumit umumnya sangat sederhana, begitulah kalau menangis. Sama seperti binatang lainya, saat manusia baru hadir di dunia, akan meratap untuk menyatakan kesedihannya.
Setelah dewasa, dimana secara tak terhindarkan tangisan kita akan bercampur dan meresap kedalam faktor perasaan, dan informasi yang dibawa tangisan, tidak sedemikian sederhana lagi hanya pada gangguan di tubuh (sakit) atau kebutuhan fisiologis.
Perubahan ini bukan berarti mekanisme fisiologi tidak lagi efektif, tapi, karena tangis sudah mempunyai hubungan yang semakin dalam dengan fungsi otak dan perasaan yang semakin subtil, dan fungsinya semakin penting. Bagi sekitar orang yang menangis, arti dari air mata adalah perasaan yang kuat dan real.

Air mata terbagi 3 jenis
Sepanjang hayat manusia biasanya akan meneteskan 3 jenis air mata. Air mata yang paling fundamental akan terjadi ketika setiap kali mengedipkan mata, ia membasahi bola mata kita.
Jenis air mata kedua adalah air kata pemantulan, ketika mata kita mengalami luka, atau terkontak gas yang merangsang mata, maka mata kita akan meneteskan air mata demikian. Ketiga, air mata perasaan, yaitu air mata yang menetes saat kita menangis.
Kedua jenis air mata yang pertama tersebut di atas memiliki komposis kimia yang sama, namun, komposisi kimia pada air mata yang bergejolak (perasaan) tidak sama, setelah menganalisa komposisi-komposisi ini, kita akan dapat mengetahui efek air mata.
Ahli biokimia dari Universitas Minnesota William Ferea mendapati, dalam air mata yang bersifat perasaan, jenis protein lebih besar 20%-25% dibanding air mata pemantulan, apalagi kadar kalium adalah 4 kali lipatnya dari yang disebut terakhir di atas, dan kekentalan mangan lebih tinggi 30 kali lipat dibanding serum. Air mata ini juga banyak mengandung hormon, seperti misalnya hormon kulit adrenal.
--------------------------------

http://forumbebas.com/thread-69751.html

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: air mata
« Jawab #9 pada: Oktober 12, 2009, 11:47:09 AM »
@Sisca,
Sumbernya jangan dari forum lain donk, apalagi di forum aslinya tidak mencantumkan sumber. Lebih baik mengutip dari tulisan orang yang memang ahlinya.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: air mata
« Jawab #10 pada: Oktober 12, 2009, 11:55:28 AM »
oo..
iyah..
maap...

gitu yo..
maap,,

tar aku cari dari pakarnya deh..
^^
;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: air mata
« Jawab #11 pada: Oktober 13, 2009, 02:17:17 AM »
dari buku lama Vaughan D and Asbury T (1980) General Ophthalmology, 9th Ed. Lange: California: penyebab keluarnya air mata berlebih dibagi menjadi dua, yaitu psychic lacrimation (berkaitan dengan rasa nyeri dan emosi) dan neurogenic lacrimation (berkaitan dengan rangsang reflex).

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: air mata
« Jawab #12 pada: Oktober 14, 2009, 06:14:56 AM »
yaitu psychic lacrimation (berkaitan dengan rasa nyeri dan emosi) dan neurogenic lacrimation (berkaitan dengan rangsang reflex).
termasuk saat menguap juga mengeluarkan air mata ya...
Mengapa setelah sebagian besar orang menangis meraung, perasaan akan terasa lega? ilmuwan mendapati, bahwa saat menangis, air mata yang menetes dapat membersihkan hormon lebih dalam tubuh, dan justru karena hormon-hormon inilah yang membuat kita galau.
Akar dari perilaku yang rumit umumnya sangat sederhana, begitulah kalau menangis. Sama seperti binatang lainya, saat manusia baru hadir di dunia, akan meratap untuk menyatakan kesedihannya.
Setelah dewasa, dimana secara tak terhindarkan tangisan kita akan bercampur dan meresap kedalam faktor perasaan, dan informasi yang dibawa tangisan, tidak sedemikian sederhana lagi hanya pada gangguan di tubuh (sakit) atau kebutuhan fisiologis.
Perubahan ini bukan berarti mekanisme fisiologi tidak lagi efektif, tapi, karena tangis sudah mempunyai hubungan yang semakin dalam dengan fungsi otak dan perasaan yang semakin subtil, dan fungsinya semakin penting. Bagi sekitar orang yang menangis, arti dari air mata adalah perasaan yang kuat dan real.

sungguh maha kuasa tuhan, menangis bisa jadi bikin menghibur diri sendiri...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: air mata
« Jawab #13 pada: Oktober 14, 2009, 07:51:25 AM »
kalo nguap itu ada hubungannya dengan penekanan kelenjar ato saluran air mata karena kontraksi otot muka... rasanya udah pernah dibahas tapi lupa di mana.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: air mata
« Jawab #14 pada: Oktober 16, 2009, 03:04:17 AM »
kalo nguap itu ada hubungannya dengan penekanan kelenjar ato saluran air mata karena kontraksi otot muka... rasanya udah pernah dibahas tapi lupa di mana.
oh.... aku ingat thread yang M.syx buat khan yang kalo ngga salah judulnya "menguap", yang ada gambar hewan2 kayak macan dkk....udah2 jadi inget ke yang situ ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
5418 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2016, 01:35:23 AM
oleh Monox D. I-Fly
Lensa Mata

Dimulai oleh Idad Biologi

5 Jawaban
6246 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2010, 09:25:43 PM
oleh Idad
9 Jawaban
23548 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2016, 06:06:42 AM
oleh ytridyrevsielixetuls
8 Jawaban
6321 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2014, 12:24:09 PM
oleh MuhammadRyan
7 Jawaban
8883 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2013, 12:33:06 PM
oleh MuhAlexander