Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 25, 2022, 08:16:40 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 63
Total: 63

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

amerika menciptakan sel hidup

Dimulai oleh faiqhr, Mei 22, 2010, 07:33:47 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faiqhr

eh tau engga'... amerika berhasil bikin "kehidupan buatan" pertama di dunia loh... mereka mensintesis sel bakteri dari DNA buatan hasil pemrograman komputer...  :angel:

check it out : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

kira2 gimana bikin materi genetiknya ya?

Pi-One

Lebih menarik kalau mereka bisa membuang sebagian dari 'junk DNA' dan hasilnya tetap bakteri yang sama

semut-ireng

Bagus juga ada yang bisa buat nenek moyang / asal mula keanekaragaman makhluk buatan.

Pi-One

Jangan ngomong bahasa planet deh...

Itu 'bentuk kehidupan pertama yang direkonstruksi di lab', bukan 'bikin bentuk kehidupan awal'. Daya nalarnya ditingkatkan dulu...

peregrin

Kutip dari: faiqhr pada Mei 22, 2010, 07:33:47 AM
eh tau engga'... amerika berhasil bikin "kehidupan buatan" pertama di dunia loh... mereka mensintesis sel bakteri dari DNA buatan hasil pemrograman komputer...  :angel:

check it out : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

kira2 gimana bikin materi genetiknya ya?

Artikel di situs infogue itu sebenarnya kurang tepat. DNA sintetik sebenarnya sudah lama bisa dibuat secara artifisial. Th 1960, [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] mendapat hadiah nobel utk jasanya mensintesa oligonukleotida (potongan pendek rantai DNA) secara kimiawi. Jaman sekarang, kita tinggal memesan oligonukleotida dg susunan DNA yg kita inginkan ke berbagai perusahaan2 komersil. Anak2 biologi molekular pasti sering menggunakan teknik ini.

Terobosan yg dibuat oleh [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] (dia juga org pertama yg berhasil memetakan genom manusia) adalah menggabung2kan rantai2 DNA pendek menurut urutan tertentu, sampai menjadi rangkaian 1.077.947 basa (oligonukelotida paling2 hanya mengandung 20 basa). Bisa dibilang ini adalah rantai DNA terpanjang yg berhasil disintesa saat ini. Informasi genetik yg dikandung rantai DNA ini berasal dari bakteri M. myocoides. Venter dkk kemudian memasukkan gen M. myocoides ini ke dalam sel spesies lain (M. capricolum).
Hasilnya  :o appearance dan behaviour bakteri M. capricolum skr jadi seperti si gen donor.

Artikel yg lebih baik bisa dibaca di sini: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)