Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: Farabi pada Februari 06, 2011, 11:29:12 AM

Judul: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Februari 06, 2011, 11:29:12 AM
Makluk apakah kita sebenarnya? Bukankah tubuh hanyalah mesin penunjang kehidupan? Apa wujud kita yang sebenarnya?
Apa itu hidup?
Kenapa kita bisa hidup dan merasakan ini dan itu?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: hery_hunterz pada Februari 09, 2011, 11:28:11 PM
live is an adventure
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: MonDay pada Maret 09, 2011, 12:02:55 AM
ciri2 mahluk hidup mnrt biologi mgkn bisa menjawab
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 09, 2011, 08:30:13 AM
Memang menjawab, tapi tidak menjawab pertanyaan? kalau mengikuti definisi biologi, maka robot pun termasuk makhluk hidup. padahal bukan.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 09, 2011, 09:51:49 AM
Mungkin kata kuncinya adalah berkembang biak secara mandiri...

Tapi kalo ranahnya udah filosofis... Mungkin jawabannya adalah "[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]"
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 09, 2011, 10:30:31 AM
Saya ingin jawabannya secara non-teologi.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 09, 2011, 11:01:30 AM
Kalau begitu mungkin bisa ditinjau dari:
-Tumbuh
-Bermetabolisme (terjadinya reaksi kimia dalam tubuh agar tetap hidup, tumbuh, dan berkembang biak)
-Ber reproduksi
-Dapat berinteraksi dengan lingkungannya
Kalau satu saja tidak ada, maka tidak bisa disebut hidup...

Robot tidak bisa dibilang mahluk hidup karena tidak tumbuh (belum ada robot bayi terus nanti jadi kakek2), dan tidak berkembang biak...

(Boss Farabi, saya susah menjawab non teologis, karena pertanyaan awal boss dalam membuka thread adalah sangat teologis/filosofis)
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 09, 2011, 11:40:57 AM
Maksud saya, kenapa kita bisa merasakan dan kenapa kita bisa berfikir. apa yang membuat kita menjadi demikian?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: soviet regarda pada Maret 09, 2011, 01:46:31 PM
KutipMaksud saya, kenapa kita bisa merasakan dan kenapa kita bisa berfikir. apa yang membuat kita menjadi demikian?
klo ga salah karena kita punya otak..otak yg merespon informasi pd stimulus2 yg dtrima tubuh hingga kita bisa merasa sakit..otak pula yg membuat kita bisa mikir  ;D 
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: nate river pada Maret 09, 2011, 03:34:56 PM
Makhluk apakah kita sebenarnya?
Jawab : Makhluk hidup

Bukankah tubuh hanyalah mesin penunjang kehidupan?
Jawab : Menurut versi biologi "iya". Menurut versi lainnya "Manusia terbagi menjadi 3 bagian yaitu Roh, Tubuh, dan Jiwa".

Apa wujud kita yang sebenarnya?
Jawab : Ya,,wujud manusia.... ::)

Apa itu hidup?
Jawab : Entahlah.... ;D yang saya tahu,,hidup itu bernafas,begerak,bermetabolisme,makan,minum,dan berinteraksi dengan lingkungan...Sama seperti pendapat Topazo.

Kenapa kita bisa hidup dan merasakan ini dan itu?
Jawab: Karena kita punya sistem syaraf,dan organ lainnya yang menunjang kehidupan. :)
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 09, 2011, 05:26:30 PM
Berarti ini bahasannya tentang neuroscience, ilmu tentang saraf dan otak... Kita bisa berfikir dan merasakan semua karena otak, dan kata ilmuwan, kesadaran/consciousness terjadi karena interoperasi dari beberapa bagian otak yang mempunyai tugas masing2.... Istilah kerennya adalah [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Jadi, kenapa kita "hidup"... Karena sel2 otak bekerja secara bersama2 untuk meng"hidup"kan kita...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: MonDay pada Maret 09, 2011, 05:53:53 PM
hmm krn kita mahluk hidup jd seharusnya kita sdh mengetahui apa itu hidup :)

Kutip dari: topazo pada Maret 09, 2011, 05:26:30 PM
Jadi, kenapa kita "hidup"... Karena sel2 otak bekerja secara bersama2 untuk meng"hidup"kan kita...
apa yang menyebabkan sel2 otak bekerja?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 21, 2011, 12:09:16 PM
Jadi wujud kita yang sebenarnya adalah otak ya?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Maret 21, 2011, 04:58:09 PM
Kutip dari: nate river pada Maret 09, 2011, 03:34:56 PM
Bukankah tubuh hanyalah mesin penunjang kehidupan?
Jawab : Menurut versi biologi "iya". Menurut versi lainnya "Manusia terbagi menjadi 3 bagian yaitu Roh, Tubuh, dan Jiwa".

Apakah tanaman juga punya roh dan jiwa? Kalo' dalam versi Islam, tanaman tidak digolongkan sebagai makhluk yang bernyawa...  ???
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: soviet regarda pada Maret 22, 2011, 10:42:46 AM
KutipApakah tanaman juga punya roh dan jiwa?
sebaiknya berpikir punya...biar manusia ni sayang tanaman, mau merawat pohon2 sama menjaga lingkungannya...
KutipKalo' dalam versi Islam, tanaman tidak digolongkan sebagai makhluk yang bernyawa...
pantesan penebangan liar alias illegal logging ga diurusin sampe beres...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: adisae pada Maret 22, 2011, 10:50:41 AM
Kutip dari: Farabi pada Maret 21, 2011, 12:09:16 PM
Jadi wujud kita yang sebenarnya adalah otak ya?

belum ada yang sanggup njawab ini y ??? ???
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 22, 2011, 11:03:11 AM
Wujud kita bukan sekadar otak...

Seperti komputer, apakah wujud komputer? prosesor, RAM, Harddisk, Monitor, Keyboard, atau mouse?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: ngajakmikir pada Maret 22, 2011, 11:25:01 AM
ada dua konsep:
1. reductionism. melihat bagaimana hidup tersusun dari bagian-bagian yang lebih kecil. sehingga kita bisa memahami bagian mana yang membuat hidup.
2. holism. melihat secara keseluruhan. bahwa hidup adalah hasil dari gabungan semua bagian-bagiannya. memang satu huruf saja tidak berarti apa-apa, tapi kalau huruf tersebut digabungkan bisa menjadi cerita yang indah.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: adisae pada Maret 22, 2011, 11:30:00 AM
topazo, misal kelak ada teknologi menukar otak..kira2 apa yang terjadi y?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 22, 2011, 11:52:39 AM
Waduh boss, saya nggak bisa kepikiran kalau ada teknologi menukar otak...
Ini tebakan saja...
Kalau dalam medis sih mungkin kepribadian orang juga bakal tertukar, karena logisnya, semua memori pengalaman orang dari kecil hingga mati tersimpan di dalam otak, jadi siapapun yang mempunyai otak itu akan mengingat siapa namanya, orangtuanya dll... Tapi jika tubuhnya udah berbeda, tubuh juga kalo gak salah punya memori (muscle memory), jadi masalah kemahiran naik sepeda, main tali, atau kemahiran manjat dinding, mungkin itu jadi berbeda...
Nah, kalau masalah "jiwa"... Saya juga bingung nih... Tapi mungkin jiwa itu ada di otak ya?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: adisae pada Maret 22, 2011, 12:00:21 PM
haha..sama aku juga bingung kalo jiwa..berhubung ini lagi di kolom sains jadi pembahasn mentok masalah sains aja..

berarti nek analogi kaya di atas, misal seorang yang tubuhnya rusak, katakanlah kecelakaan yang sampai mengancam jiwanya..selama otaknya masih selamat/baik bisa dipindah ke tubuh baru y..tapi dengan resiko kehilangan muscle memori..
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 22, 2011, 12:20:02 PM
Dan jadilah cyborg sempurna pertama...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 22, 2011, 02:06:27 PM
Ternyata diri kita yang sesungguhnya adalah cahaya, yang berbentuk elektron yang bergerak dari satu neuron ke neuron lain. otak kita tidak ubahnya seperti sebuah logic gate switch yang rangkaiannya mirip seperti rangkaian elektroniK. saya pakai hp sekarang, nanti saya post link videonya.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 23, 2011, 08:09:17 PM
http://www.youtube.com/watch?v=5SHc67Hep48
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 24, 2011, 05:07:03 AM
Nah, giliran saya nih yang bertanya... Kalau memang benar bahwa kita hanya sekadar elektron yang bersambung antar neuron... Seandainya kita mati, otak kita diawetkan, dan setahun kemudian ada yang menyetrum otak tersebut sehingga elektron2 antar neuron tersambung kembali... Apakah kita akan hidup lagi? ataukah hanya otak kita yang hidup, tapi itu bukan manusia lagi?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: all@one pada Maret 24, 2011, 09:10:21 AM
Bukankah otak kita hanya sebagai pengelola informasi atas seluruh aktivitas yang menunjang kehidupan kita. siapa sebenarnya pengguna atas informasi itu? yang merasakan dapat mengindra materi, merasa enak, capek, sakit, cinta, marah? apakah juga elektron elektron yang berkolaborasi dalam sel-sel neuron otak kita?
Jika demikian halnya maka elektron elektron itulah kehidupan, tetapi kenyataannya kehidupan tidak sesederhana itu.....
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 25, 2011, 02:03:41 PM
Kutip dari: all@one pada Maret 24, 2011, 09:10:21 AM
Bukankah otak kita hanya sebagai pengelola informasi atas seluruh aktivitas yang menunjang kehidupan kita. siapa sebenarnya pengguna atas informasi itu? yang merasakan dapat mengindra materi, merasa enak, capek, sakit, cinta, marah? apakah juga elektron elektron yang berkolaborasi dalam sel-sel neuron otak kita?
Jika demikian halnya maka elektron elektron itulah kehidupan, tetapi kenyataannya kehidupan tidak sesederhana itu.....

Justru saya juga bingung, sebetulnya kita ini wujudnya seperti apa sebenarnya
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 25, 2011, 02:04:54 PM
Kutip dari: topazo pada Maret 24, 2011, 05:07:03 AM
Nah, giliran saya nih yang bertanya... Kalau memang benar bahwa kita hanya sekadar elektron yang bersambung antar neuron... Seandainya kita mati, otak kita diawetkan, dan setahun kemudian ada yang menyetrum otak tersebut sehingga elektron2 antar neuron tersambung kembali... Apakah kita akan hidup lagi? ataukah hanya otak kita yang hidup, tapi itu bukan manusia lagi?

Justru itu pertanyaan saya, tapi coba dilihat disini
http://en.wikipedia.org/wiki/Mitosis

Ini cuma dugaan saya saja ya
mungkin diri kita yang sesungguhnya adalah ini
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/db/Prophase.jpg)
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Maret 26, 2011, 12:01:53 AM
Ikut nimbrung
Bukanya faktor penentu mahluk hidup adalah asam nukeat(DNA), yg memetakan kita menjadi sesuatu yg teratur/order dengan cara acak/chaos.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Maret 26, 2011, 12:22:23 AM
DNA adalah faktor penentu mahluk hidup secara fisik, sekaligus merupakan partikel esensial yg berpengaruh pada instrumen sumber intelegensi kita, yaitu otak. Kalau begini nanti bersinggungan ke memetika.

Intinya, menurut saya, kita adalah struktur yg dibangun oleh komunitas sel yg kehilangan individualitasnya dan mengidentifikasi mereka sendiri sebagai satu kesatuan wujud. Agak bersinggungan dengan konsep microcosm-macrocosm nya hermeticism. Kita adalah miniatur dari biosfer itu sendiri, suatu sistem hasil koevolusi dari berbagai sel yg menjalankan peranannya masing2 sekaligus berperan aktif dalam keseluruhan sistem dimana ia ada. Dan DNA saya rasa adalah pengorganisir atau blueprint dari keseluruhan sistem itu sendiri.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Maret 26, 2011, 12:24:25 AM
Sori kalau pembahasannya agak filosofis, menyimpang dan sedikit oot
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Maret 26, 2011, 12:42:51 AM
Berarti hidup adalah sekumpulan DNA, protein, dan elektron di neuron yang sudah tidak bisa lagi memisahkan diri dalam "individualistis"... Inilah yang menjadi manusia...

Nah, sekarang berarti kita juga harus mengetahui... Apa itu mati? soalnya setau saya, meskipun DNA, protein, dan elektron masih ada dan berjalan, kalau mati ya mati... Blasss... Berubahlah dari yang namanya manusia menjadi seonggok mayat...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 28, 2011, 10:49:39 AM
Mungkin kita sebetulnya bergerak dalam kecepatan cahaya didalam otak, "merasakan-" tiap tiap bit otak pada sel sel kita. terjebak dalam tubuh.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Seprinaldi pada Maret 28, 2011, 03:10:32 PM
Hidup,,,, Hidup . . . Hidup . . .
emang sejak kapan kita hidup,,,
emang berapa kali kita hidup , , ,

Knp qt dikatakan materi yang hidup ? ? ?
Knp ketika kita mati dikatan suatu materi yang mati  ? ??

Coba jawab  ? ? ?

Berarti kita hidup, berawal dari benda mati disaat hidup qt lebih banyak menelan yg berasal dr makhluk hidup . . . makanya HIDUP . . . hehehehe 8) ??? :P
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Maret 28, 2011, 03:16:35 PM
Kutip dari: Farabi pada Maret 28, 2011, 10:49:39 AM
Mungkin kita sebetulnya bergerak dalam kecepatan cahaya didalam otak, "merasakan-" tiap tiap bit otak pada sel sel kita. terjebak dalam tubuh.
Tergantung dari apa "kita" yg anda maksud
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 28, 2011, 03:31:49 PM
Jadi kenapa kita bisa hidup?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Maret 28, 2011, 03:36:02 PM
Maksud saya, apa maksud "kita" yg anda sebut, manusia? mahluk hidup? atau yg lain?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Maret 29, 2011, 11:42:05 PM
Manusia
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Maret 30, 2011, 04:38:22 PM
Manusia bergerak di otak dengan kecepatan cahaya?
Sori kalau balik nanya melulu
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada April 05, 2011, 09:16:20 PM
Saya masih bingung. Kita ini sebenarnya apa ya?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: soviet regarda pada April 05, 2011, 09:57:02 PM
jelas2 kita ini manusia..ko bingung..wkwkkw
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada April 05, 2011, 10:34:14 PM
Kayaknya betul deh jawaban Boss Farabi kemaren, manusia adalah otak... Karena tanpa otak, kita bukanlah manusia... Buktinya:
"Woi anjing!! lo make otak di mana? di dengkul?" Tuh kan, gara2 otak, manusia berubah menjadi anjing hehehehe...

Intermezzo...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada April 21, 2011, 01:31:47 PM
ada yang tahu perasaan sakit diolah di otak bagian mana? dan hasil olahannya dikirim ke mana?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada April 22, 2011, 11:47:19 AM
Otak terbagi kedalam 5 bagian

(http://hopes.stanford.edu/sites/hopes/files/f_ab11lobes.gif)

(http://hopes.stanford.edu/sites/hopes/files/f_ab12frontal.gif)

Bagian ini untuk pergerakan tubuh kita.
(http://hopes.stanford.edu/sites/hopes/files/f_ab13parietal.gif)

Disini untuk sensasi rasa, seperti sentuhan, dan yang lainnya

(http://hopes.stanford.edu/sites/hopes/files/f_ab14temporal.gif)

Ini untuk pengolahan dan penghapalan sesuatu yang berhubungan dengan suara.
(http://hopes.stanford.edu/sites/hopes/files/f_ab15occipitl.gif)

Ini unit pengolah visual
(http://hopes.stanford.edu/sites/hopes/files/f_ab16limbic.gif)
Nah, mungkin semua dikirim kesini.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: all@one pada April 23, 2011, 10:21:52 AM
Kita (pengamat atas segala sensasi) dapat diibaratkan sebagai sang operator pada komputer, sistem kerja komputer itu itulah kehidupan, nyawanya energi listrik. Komputer bekerja dengan caranya sendiri, sedangkan kita operator mendapat informasi yang menurut persepsi kita suatu hal yang berguna, sedangkan bagi komputer mungkin tidak berarti apa-apa.

Dapat kita lihat misalnya susunan daun telinga yang dikode dengan DNA sedemikian rupa sehinngga daun telinga bagi kita nampak sebentuk yang unik, sedangkan dalam tingkatan atom-otom penyusun DNAnya hanya berupa rangkaian molekul-molekul kimia. Disini bahasa kode DNA yang mengkodekan suatu bentuk, sifat fisik dll kita tidak dapat memahaminya, kita hanya melihat efek dari pengkodean itu (daun telinga)/(subjektif sang operator).

Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada April 23, 2011, 03:16:53 PM
Ya, itulah yang saya tanyakan. Operator itu bentuk aslinya apa? Apakah ternyata kita itu hanyalah DNA saja yang terbentuk dari setengah DNA pada ovum dan setengah DNA pada sperma?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: daivadeva pada April 23, 2011, 06:53:33 PM
anda mau nyoba filosofi soal manusia? kalo saya jawab manusia mempunya "jiwa" dan "raga" dan "jiwa" lah yang memnbuat anda hidup 8) tunggu, jawaban saya emang gak mengacu ke biologi, karena pertanyaan anda pun adalah pertanyaan filosofi
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada April 23, 2011, 07:26:10 PM
Filosofi lebih ke pemikiran dan dugaan, sedangkan biologi pada pengamatan dan penelitian. jawaban secara filosofi tidak akan ada ujungnya saya rasa.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: obbiq pada April 28, 2011, 04:20:20 PM
Kutip dari: Farabi pada Februari 06, 2011, 11:29:12 AM
Makluk apakah kita sebenarnya?

kita adalah makhluk hidup yg diciptakan oleh tuhan,, dan diberikan akal sehat dan perasaan untuk bisa merasakan yg namanya kehidupan ...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: obbiq pada April 28, 2011, 04:22:00 PM
Kutip dari: Farabi pada Februari 06, 2011, 11:29:12 AM
Makluk apakah kita sebenarnya?

kita adalah makhluk hidup yg diciptakan oleh tuhan,,
dan diberikan akal sehat dan perasaan untuk bisa merasakan yg namanya kehidupan ... 
xixixixi  ;D ;D ;D
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada April 30, 2011, 02:44:50 PM
http://www.youtube.com/watch?v=m73i1Zk8EA0

Video asli mitosis
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada April 30, 2011, 04:44:23 PM
Boss, jangankan tentang apa yang membuat kita "hidup", saya aja bingung tentang kenapa unsur menjadi unsur tersebut... Maksudnya, coba, cuman beda 1 proton dan elektron aja, sebuah unsur bisa berubah menjadi unsur lain yang sangat2 berbeda... Contoh, karbon (padat) dan nitrogen (gas), hanya berbeda 1 elektron dan proton doank... Kok bisa ya?

Apalagi hidup, beda 1 sel aja, bakal menjadi mahluk hidup yang benar2 berbeda... Bisa aja kan, kita dan simpanse, salah satu kembaran dekat kita, hanya berbeda 1 elektron aja di sebuah sel di dalam otak, sehingga kita punya "jiwa" dan dia tidak...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 01, 2011, 01:16:06 AM
Kutip dari: topazo pada April 30, 2011, 04:44:23 PM
Boss, jangankan tentang apa yang membuat kita "hidup", saya aja bingung tentang kenapa unsur menjadi unsur tersebut... Maksudnya, coba, cuman beda 1 proton dan elektron aja, sebuah unsur bisa berubah menjadi unsur lain yang sangat2 berbeda... Contoh, karbon (padat) dan nitrogen (gas), hanya berbeda 1 elektron dan proton doank... Kok bisa ya?

Apalagi hidup, beda 1 sel aja, bakal menjadi mahluk hidup yang benar2 berbeda... Bisa aja kan, kita dan simpanse, salah satu kembaran dekat kita, hanya berbeda 1 elektron aja di sebuah sel di dalam otak, sehingga kita punya "jiwa" dan dia tidak...

Justru itulah pertanyaan saya. Definisi dan kosep jiwa saja saya tidak tahu. Tapi yang jelas, saya hidup dan saya merasakan sakit.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: obbiq pada Mei 02, 2011, 10:37:10 AM
dari apa kita diciptakan ??
ada yang bisa jawab ???
silakan comment
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 02, 2011, 01:00:48 PM
Kutip dari: obbiq pada Mei 02, 2011, 10:37:10 AM
dari apa kita diciptakan ??
ada yang bisa jawab ???
silakan comment
Aku tak bisa jawab, karena aku bahkan tak percaya kalau kita 'diciptakan'...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 02, 2011, 04:27:01 PM
Tubuh kita terlalu canggih untuk tidak percaya penciptaan. kalau kita ada karena otak kita mendesain dirinya sendiri secara evolutif, mengapa hewan sebodoh itu? bukankah burung yang bisa terbang harusnya mampu menciptakan nuklir karena kecerdasannya bisa membuat dia terbang dan bermanuver?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 02, 2011, 04:45:34 PM
Kutip dari: Farabi pada Mei 02, 2011, 04:27:01 PM
Tubuh kita terlalu canggih untuk tidak percaya penciptaan. kalau kita ada karena otak kita mendesain dirinya sendiri secara evolutif, mengapa hewan sebodoh itu? bukankah burung yang bisa terbang harusnya mampu menciptakan nuklir karena kecerdasannya bisa membuat dia terbang dan bermanuver?

Kenapa cuman manusia yang berevolusi "ke arah otak"... Dan, akhirnya menemukan kenapa dirinya harus ada di bumi (meskipun jawaban individu pasti berlainan)... Kenapa gak ada "manusia ikan" yang hidup khusus di samudera, "manusia burung" yang hidup di tebing2, para elf dan peri, para dwarven dan treant... Semua mahluk2 itu mempunyai "jiwa/kesadaran diri"... Tapi, kenapa mahluk2 itu cuman ada di dunia fantasi, padahal menurut saya, jika evolusi berjalan dengan adil, semua mahluk yang saya sebut bakal ada di dunia nyata... Saya lebih suka jika manusia ikan, elf, dwarf, treant, gargantua, centaur, dll ada di dunia nyata, maka makin berwarnalah dunia yang membosankan ini...
Saya bosan cuman bisa bicara sama manusia doank hehehehe... Peace...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Mei 06, 2011, 01:52:01 PM
Kutip dari: topazo pada Mei 02, 2011, 04:45:34 PM
Kenapa cuman manusia yang berevolusi "ke arah otak"... Dan, akhirnya menemukan kenapa dirinya harus ada di bumi (meskipun jawaban individu pasti berlainan)... Kenapa gak ada "manusia ikan" yang hidup khusus di samudera, "manusia burung" yang hidup di tebing2, para elf dan peri, para dwarven dan treant... Semua mahluk2 itu mempunyai "jiwa/kesadaran diri"... Tapi, kenapa mahluk2 itu cuman ada di dunia fantasi, padahal menurut saya, jika evolusi berjalan dengan adil, semua mahluk yang saya sebut bakal ada di dunia nyata... Saya lebih suka jika manusia ikan, elf, dwarf, treant, gargantua, centaur, dll ada di dunia nyata, maka makin berwarnalah dunia yang membosankan ini...
Saya bosan cuman bisa bicara sama manusia doank hehehehe... Peace...

Cuman bisa bicara sama manusia doank? Nggak juga... Anda bisa koq bicara sama kucing atau anjing... Mereka kan cepet nangkep bahasa manusia tuh... Cuma andanya aja yg susah memahami bahasa mereka...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 06, 2011, 09:07:02 PM
Kutip dari: Monox D. I-Fly pada Mei 06, 2011, 01:52:01 PM
Cuman bisa bicara sama manusia doank? Nggak juga... Anda bisa koq bicara sama kucing atau anjing... Mereka kan cepet nangkep bahasa manusia tuh... Cuma andanya aja yg susah memahami bahasa mereka...
Berarti sebagian manusia memang bisa berbicara sama mahluk lain... Tapi apakah ada mahluk selain manusia yang bisa berbicara antar spesies? Adakah mereka bisa saling bekerjasama dalam membentuk "peradaban"? Cuman manusia yang "secara kebetulan" bisa mempelajari semua hal dan cuman manusia yang secara kebetulan mempunyai kuasa untuk menghancurkan ataupun memelihara bumi... Kita bisa membuat skema, skema jahat ataupun baik... Apakah mahluk hidup lain bisa membuat pilihan skema seperti kita? Kenapa kita saja yang "begini"?... Kenapa hidup kita doank yang "begini"?... Proton dan elektron mana yang bertanggung jawab sehingga kita menjadi gini? Susunan DNA mana yang buat kita jadi kita... Peace lagi ahh, lagi stress hehehehe....
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 07, 2011, 10:22:43 AM
Kutip dari: Farabi pada Mei 02, 2011, 04:27:01 PM
Tubuh kita terlalu canggih untuk tidak percaya penciptaan. kalau kita ada karena otak kita mendesain dirinya sendiri secara evolutif, mengapa hewan sebodoh itu? bukankah burung yang bisa terbang harusnya mampu menciptakan nuklir karena kecerdasannya bisa membuat dia terbang dan bermanuver?
Canggih, kompleks, rumit, itu semua hanya konsep manusia. Satu makhluk mungkin unggul di satu sisi, tapi belum tentu unggul di sisi lain. Burung memiliki anatomi yang menunjang merkea untuk terbang dengan evolusi dalam jangka waktu panjang (wel, tak semua burung), tapi sebaliknya anatomi mereka juga yang membuat mereka tak bisa membuat tool rumit.

Satu keunggulan manusia adalah faktor bipedalismenya. Dengan bipedalisme, manusia mampu menggunakan jangannya untuk membuat tool, melebihi keluarga kera lain (yang lebih menggunakan tangan sebagai tumpuan kala berjalan, selain fungsi lain yang sama dengna kita). Ditambah perkembangan otak kita yang lebih pesat melebihi makhluk lain.

Katakanlah lumba-lumba bisa lebih cerdas dari kita, tanpa organ tubuh seperti tangan untuk membuat tool, mereka juga sulit membuat sesuatu...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 07, 2011, 11:22:07 AM
Berarti menurut Pi-One harusnya manusia secara lahir paham bagaimana cara membuat otak karena itu hasil kreasi pendahulu kita?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 07, 2011, 08:35:42 PM
Kutip dari: Pi-One pada Mei 07, 2011, 10:22:43 AM
Katakanlah lumba-lumba bisa lebih cerdas dari kita, tanpa organ tubuh seperti tangan untuk membuat tool, mereka juga sulit membuat sesuatu...
Tapi, meskipun lumba2 secara anatomis ada yang lebih besar otaknya, lumba2 tetap tidak mempunyai "hidup" seperti kita...
Adakah lumba2 yang memilih untuk tidak kawin seumur hidup, dan menentang naluri seksnya? Manusia ada...
Adakah lumba2 yang mencoba memakan alga atau rumput laut padahal dia adalah karnivora? Manusia ada...
Adakah lumba2 yang dengan sengaja tidak makan, minum, dan ngeseks seharian tanpa sebab? Manusia ada...
Adakah lumba2 yang sengaja berenang lebih jauh 5 km dari biasanya biar terlihat lebih kurus? Manusia ada...

Intinya, menurut saya manusia adalah binatang yang sangat2 unik, dan saya masih bingung kenapa tidak ada yang sepadan dengan hidup manusia dalam dunia yang selalu berevolusi ini...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 07, 2011, 09:34:58 PM
Yah, tidak ada jawaban ilmiah untuk itu, biologi baru menemukan bahwa insting manusia seperti takut, lapar dan haus adalah untuk mempertahankan hidupnya. Tapi menurut pendapat pribadi, karena manusia adalah makhluk surga, bukan makhluk bumi, itu sebabnya kita tidak punya bulu seperti hewan lainnya, karena kita dulunya dii surga tidak terkena panas matahari, ataupun kediningan.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 08, 2011, 04:20:24 PM
Kutip dari: Farabi pada Mei 07, 2011, 11:22:07 AM
Berarti menurut Pi-One harusnya manusia secara lahir paham bagaimana cara membuat otak karena itu hasil kreasi pendahulu kita?
Nah lho, tafsirannya kok makin ngawur gini? Siapa yang bilang soal manusia tahu cara bikin otak dsb? Masak menafsirkan secara ebnar aja sudah gka bisa?

Kutip dari: topazo pada Mei 07, 2011, 08:35:42 PM
Tapi, meskipun lumba2 secara anatomis ada yang lebih besar otaknya, lumba2 tetap tidak mempunyai "hidup" seperti kita...
Adakah lumba2 yang memilih untuk tidak kawin seumur hidup, dan menentang naluri seksnya? Manusia ada...
Adakah lumba2 yang mencoba memakan alga atau rumput laut padahal dia adalah karnivora? Manusia ada...
Adakah lumba2 yang dengan sengaja tidak makan, minum, dan ngeseks seharian tanpa sebab? Manusia ada...
Adakah lumba2 yang sengaja berenang lebih jauh 5 km dari biasanya biar terlihat lebih kurus? Manusia ada...
Kehidupan itu dibentuk oleh sejarah panjang populasinya. Apakah ada lumba-lumba yang memilih tidka kawin? Mungkin ada, tapi kita tak punya cukup data untuk itu. Kita hanya tahu pilihan 'tidak kawin' bisa ditemukan di berbagai jenis hewan lain.

Dan beda dengan lumba-lumba, manusia itu omnivora. Tapi memang ada omnivora yang memakan tumbuhan. Namanya? Panda raksasa :)

Soal tidak makan dan minum, ada hewan yang adakalanya berperilaku demikian. Dan bicara soal seks di luar untuk menghasilkan keturunan, selain manusia, hanya simpanse dan bonobo (kerabat terdekat manusia yang maish hidup) yang melakukannya.

Mau tambahkan?
Ada tidak hewan garong?
Ada tidka hewan pencuri?
Ada tidak hewan habis manis sepah dibuang?
Ada, simak saja kehidupan burung kolibri.

Kutip dari: topazo pada Mei 07, 2011, 08:35:42 PMIntinya, menurut saya manusia adalah binatang yang sangat2 unik, dan saya masih bingung kenapa tidak ada yang sepadan dengan hidup manusia dalam dunia yang selalu berevolusi ini...
Itu menyangkut arah evolusi, perkembangan kederdasan dan pola hidup yang terbentuk selama jangka waktujutaan tahun, bukan baru ribuan tahun semata.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 08, 2011, 09:44:46 PM
Terus menurut boss Pi-One, kenapa dunia kita gak seperti dunia LOTR, di mana hampir seluruh mahluk saling berinteraksi, saling menghibur, dan bahkan saling mencampurkan peradaban2 mereka (elf ketemu dwarven di suatu kota, lalu saling bertualang bersama, bahkan membuat guild yang isinya manusia, hobbit, elf, dwarv, bahkan dragoon, lalu mereka membuat kota bersama2...)
Kenapa cuman manusia yang bisa berpikir untuk membuat dan mengatur suatu peradaban? Terus, mungkin gak kira2, pada jutaan tahun lagi, dunia LOTR di mana semua mahluk dapat "berpikir/memiliki self awareness" akan menjadi realitas?
Maaf nih kalo agak OOT, tapi konteksnya tetap, "apa itu hidup..."
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 09, 2011, 05:58:05 AM
Bukan begitu, secara logika harusnya karena kita sudah dilengkapi dengan peralatan canggih tentu harusnya kita tahu bagaimana cara bikinnya, tapi kenyataannya kita hanya menerimanya saja.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: MonDay pada Mei 09, 2011, 06:17:11 AM
mungkin krn manusia itu egosentris menganggap dirinya yg plg sempurna, apalagi mengatakan bahwa dirinya mahluk surga, siapa yg menganggapnya ya manusia sendiri, manusia dan mahluk lainnya berinteraksi, mungkin dengan bahasa yg berbeda cmiiw
I wonder apakah di kehidupan mahluk lainnya misalnya saja simpanse ada konsep2 seperti agama trs kelompok suku2 hukum peraturan perdagangan dan lain sebagainya sprt manusia? kira2 mereka menganggap manusia seperti apa ya? dewa atau bagaimana?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 09, 2011, 06:49:50 AM
Tapi memang benar kan kita yang sempurna? Lihat saja sendiri, kita bisa menentukan hewan mana yang berhak hidup atau mati. Bahkan kita tidak punya predator, paliing sekarang yang bisa membunuh kita sesuka hati hanya virus, tapi itupun untuk berapa lama? 10 Tahun lagi mungkin virus bisa kita jadikan pekerja seperti beberapa bakteri yang bisa kita gunakan untuk membuat sesuatu.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 09, 2011, 07:03:53 AM
Kutip dari: MonDay pada Mei 09, 2011, 06:17:11 AM
mungkin krn manusia itu egosentris menganggap dirinya yg plg sempurna, apalagi mengatakan bahwa dirinya mahluk surga, siapa yg menganggapnya ya manusia sendiri, manusia dan mahluk lainnya berinteraksi, mungkin dengan bahasa yg berbeda cmiiw
I wonder apakah di kehidupan mahluk lainnya misalnya saja simpanse ada konsep2 seperti agama trs kelompok suku2 hukum peraturan perdagangan dan lain sebagainya sprt manusia? kira2 mereka menganggap manusia seperti apa ya? dewa atau bagaimana?
Nah, itu yang saya penasaran... Apakah mahluk lain juga hidup dan berpikir seperti kita... Apakah mereka mempunyai "kesadaran" bahwa mereka itu hidup, makan, dan berkembang biak...

Bukan berarti cuman manusia yang egosentris lo, coba kita lagi kelaparan di padang savana, singa yang ngelihat kita mau gak ngasih makan kita? paling2 kita yang dimakan... Berarti lebih egosentris singa kan daripada manusia... Paling tidak kalo manusia lagi baik2nya, liat anjing kelaparan, dikasih makan tuh anjing...

Betul, antar spesies memang pasti ada interaksi, tapi interaksi akan jadi berbeda jika kita memasukkan faktor manusia ke dalam sistem interaksi... Di sini manusia yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur interaksi2 antar spesies mau diapain... Contohnya gini, Kalau gak ada manusia, ekosistem savana akan tetap menjadi savana selama beribu tahun, jumlah semut lebih banyak dari zebra, dan zebra akan tetap lebih banyak dari singa... Tapi jika kita masukkan faktor manusia, bisa hanya dengan 5 tahun saja ekosistem bakal berubah, tergantung manusia, mau diubah ke arah baik ataupun buruk... Adakah mahluk lain yang sepadan dengan manusia dalam hal ini?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Mei 09, 2011, 07:19:53 AM
untung pembahasannya di biologi,  ya gpplah,  memang disitu banyak pseudosciencenya juga

silakan dilanjut aja........
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 09, 2011, 11:37:28 AM
Kutip dari: topazo pada Mei 08, 2011, 09:44:46 PM
Terus menurut boss Pi-One, kenapa dunia kita gak seperti dunia LOTR, di mana hampir seluruh mahluk saling berinteraksi, saling menghibur, dan bahkan saling mencampurkan peradaban2 mereka (elf ketemu dwarven di suatu kota, lalu saling bertualang bersama, bahkan membuat guild yang isinya manusia, hobbit, elf, dwarv, bahkan dragoon, lalu mereka membuat kota bersama2...)
Kenapa cuman manusia yang bisa berpikir untuk membuat dan mengatur suatu peradaban? Terus, mungkin gak kira2, pada jutaan tahun lagi, dunia LOTR di mana semua mahluk dapat "berpikir/memiliki self awareness" akan menjadi realitas?
Maaf nih kalo agak OOT, tapi konteksnya tetap, "apa itu hidup..."
Apakah dunia kita sama dengan LotR?Apakah kita kenal kaum elf, dwarf, hobbit dll?
Sudah dibilang arah evolusi itu berbeda-beda, manusia termauk yang 'beruntung' karena mengembangkan bipedalisme sekaligus kecerdasan, yang mungkin salah satu faktor mengapa mereka bisa survive meski secara fisik tak lebih baik dari banyak makhluk lain.

Kutip dari: Farabi pada Mei 09, 2011, 05:58:05 AM
Bukan begitu, secara logika harusnya karena kita sudah dilengkapi dengan peralatan canggih tentu harusnya kita tahu bagaimana cara bikinnya, tapi kenyataannya kita hanya menerimanya saja.
Karena tidak semua dari kita mempelajarinya, manusia termasuk makhluk yang cukup santai :)

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 07:03:53 AM
Nah, itu yang saya penasaran... Apakah mahluk lain juga hidup dan berpikir seperti kita... Apakah mereka mempunyai "kesadaran" bahwa mereka itu hidup, makan, dan berkembang biak...
Soal itu sepertinya sulit diketahui. Kita bahkan belum bisa benar-benar emmahami pikiran orang lain, apalagi memahami pikiran makhluk lain.

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 07:03:53 AMBukan berarti cuman manusia yang egosentris lo, coba kita lagi kelaparan di padang savana, singa yang ngelihat kita mau gak ngasih makan kita? paling2 kita yang dimakan... Berarti lebih egosentris singa kan daripada manusia... Paling tidak kalo manusia lagi baik2nya, liat anjing kelaparan, dikasih makan tuh anjing...
Masak? Lalu berapa banyak manusia yang membunuh hewan sekedar buat bersenang-senang? Apa hewan melakukannya?

Dan gak pernah dengar kisah lumba-lumba menolong manusia di laut? Padahal mereka lumba-lumba liar, bukan yang terlatih

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 07:03:53 AMContohnya gini, Kalau gak ada manusia, ekosistem savana akan tetap menjadi savana selama beribu tahun,
Belum tentu. Perubahan habitat di bumi terus terjadi meski manusia tak ada. Apa sahara berubah jadi gurun karena ulah manusia?

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 07:03:53 AMTapi jika kita masukkan faktor manusia, bisa hanya dengan 5 tahun saja ekosistem bakal berubah, tergantung manusia, mau diubah ke arah baik ataupun buruk... Adakah mahluk lain yang sepadan dengan manusia dalam hal ini?
Oke, kita sepakat. manusia adalah parasit terbesar di muka bumi :)
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 09, 2011, 04:04:27 PM
Kutip dari: Pi-One pada Mei 09, 2011, 11:37:28 AM
Apakah dunia kita sama dengan LotR?Apakah kita kenal kaum elf, dwarf, hobbit dll?
Justru maksud pertanyaan saya adalah, apakah mungkin, beberapa juta tahun yang akan datang bakal muncul dwarf, elf, hobbit, dll... Dan akhirnya manusia mempunyai "saingan"...

Kutip dari: Pi-One pada Mei 09, 2011, 11:37:28 AM
Oke, kita sepakat. manusia adalah parasit terbesar di muka bumi :)
Jangan salah, kita juga adalah mahluk yang paling baik di muka bumi... Itulah yang saya bingungkan, kita diberi kekuatan untuk memilih, mau jadi ini ataupun itu, mau jadi egosentris ataupun serakah, mau membunuh sesuka hati atau menyelamatkan sesuka hati... Apakah ada mahluk lain yang evolusinya berjalan seperti kita sehingga mereka bisa memilih?

Kutip dari: Pi-One pada Mei 09, 2011, 11:37:28 AM
Belum tentu. Perubahan habitat di bumi terus terjadi meski manusia tak ada. Apa sahara berubah jadi gurun karena ulah manusia?
Tapi apakah perubahan habitat itu dikarenakan mahluk yang bisa memilih? Gak kan, mereka gak bisa memilih... Mereka jalan sesuai kodratnya... Beda dengan manusia, kita bisa memilih...
Kutip dari: Pi-One pada Mei 09, 2011, 11:37:28 AM
Masak? Lalu berapa banyak manusia yang membunuh hewan sekedar buat bersenang-senang? Apa hewan melakukannya?
Justru itu, kenapa hewan gak melakukannya dan cuman manusia yang bikin ulah seperti itu... Ada apa dengan kita?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: MonDay pada Mei 09, 2011, 06:39:08 PM
perkiraan sy, mahluk2 mmg semuanya egosentris, hmm bagaimana individu memandang di sekitarnya? dr sudut pandangnya bukan? knp hanya manusia? anda yakin dengan pernyataan hanya manusia?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 09, 2011, 06:59:18 PM
Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 04:04:27 PM
Justru maksud pertanyaan saya adalah, apakah mungkin, beberapa juta tahun yang akan datang bakal muncul dwarf, elf, hobbit, dll... Dan akhirnya manusia mempunyai "saingan"...
Kit gak tahu, kita bahkan gak tahu apa seribu tahun lagi mansuia masih eksis di muka bumi atau tidak.

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 04:04:27 PMJangan salah, kita juga adalah mahluk yang paling baik di muka bumi... Itulah yang saya bingungkan, kita diberi kekuatan untuk memilih, mau jadi ini ataupun itu, mau jadi egosentris ataupun serakah, mau membunuh sesuka hati atau menyelamatkan sesuka hati... Apakah ada mahluk lain yang evolusinya berjalan seperti kita sehingga mereka bisa memilih?
Pada umumnya hewan lebih menuruti naluri dan insting, tapi itu sebatas yang kita tahu saat ini. Manusia juga dalam kebanyakan kesempatan lebih menuruti insting yang disebut 'hawa nafsu'...

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 04:04:27 PMTapi apakah perubahan habitat itu dikarenakan mahluk yang bisa memilih? Gak kan, mereka gak bisa memilih... Mereka jalan sesuai kodratnya... Beda dengan manusia, kita bisa memilih...
Manusia tak memilih merusak alam, manusia hanya memilih menuruti nafsu egois mereka. Kerusakan lingkungan adalah dampaknya.

Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 04:04:27 PMJustru itu, kenapa hewan gak melakukannya dan cuman manusia yang bikin ulah seperti itu... Ada apa dengan kita?
Bukti hewan lebih 'bermoral' ketimbang manusia? :P
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 09, 2011, 07:17:21 PM
Kutip dari: MonDay pada Mei 09, 2011, 06:39:08 PM
perkiraan sy, mahluk2 mmg semuanya egosentris, hmm bagaimana individu memandang di sekitarnya? dr sudut pandangnya bukan? knp hanya manusia? anda yakin dengan pernyataan hanya manusia?
Yup, sampai detik ini saya masih yakin, "kenapa hanya manusia"... Kalau ada contoh mahluk yang sepadan dengan manusia, baru saya revisi pernyataan saya...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 09, 2011, 10:18:16 PM
Kutip dari: topazo pada Mei 09, 2011, 07:17:21 PM
Yup, sampai detik ini saya masih yakin, "kenapa hanya manusia"... Kalau ada contoh mahluk yang sepadan dengan manusia, baru saya revisi pernyataan saya...
Masalahnya, dalam perjalanannya krabat-kerabat dekat manusia (di luar sapiens sapiens) pada punah. Nampaknya manusia sendiri bukan makhluk yang benar-benar adaptif sebelum mereka mencapai tingkat kecerdasan tertentu. Misal kisaran 60 ribu tahun silam, letusan super volcano toba menyebabkan sapiens sapiens hanya tersisa kisaran 5-10 ribu saja, dan mungkin turut mengurangi populasi neanderthal hingga mereka punah beberapa puluh ributahun kemudian.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 10, 2011, 08:29:49 PM
Berarti menurut Boss Pi-One, manusia memang gak punya "saingan" sepadan di bumi kan... Kita belum punya elf, dwarv, atau hobbit soalnya...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 10, 2011, 11:05:17 PM
Kutip dari: topazo pada Mei 10, 2011, 08:29:49 PM
Berarti menurut Boss Pi-One, manusia memang gak punya "saingan" sepadan di bumi kan... Kita belum punya elf, dwarv, atau hobbit soalnya...
Untuk saat ini, ya. Muuh utama manusia adalah dirinya sendiri.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Mei 11, 2011, 03:07:30 PM
Saya juga ingin ikut bertanya, mengapa nampaknya hanya manusia yg punya "will" ?
Mahluk hidup lain seolah olah hanya mengikuti mekanisme alam. Lalu soal kerabat dekat manusia, macam neanderthal, apakah mereka punah? atau jangan2 malah berasimilasi? Jika mahluk2 LOTR saya ibaratkan dengan "kerabat dekat" manusia(homo sapiens sapiens), macam neanderthal, homo erectus, homo florenensis/hobbit, dan mereka ternyata berasimilasi, maka kita(manusia modern) adalah keturunan hasil interaksi gen dan peradaban mereka, kan?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 11, 2011, 05:10:17 PM
Kutip dari: rafek pada Mei 11, 2011, 03:07:30 PM
Saya juga ingin ikut bertanya, mengapa nampaknya hanya manusia yg punya "will" ?
Mahluk hidup lain seolah olah hanya mengikuti mekanisme alam.
Inilah pertanyaan besar saya yang juga belum terjawab... Saking uniknya binatang yang bernama homo sapiens sapiens...

Kutip dari: rafek pada Mei 11, 2011, 03:07:30 PM
Lalu soal kerabat dekat manusia, macam neanderthal, apakah mereka punah? atau jangan2 malah berasimilasi? Jika mahluk2 LOTR saya ibaratkan dengan "kerabat dekat" manusia(homo sapiens sapiens), macam neanderthal, homo erectus, homo florenensis/hobbit, dan mereka ternyata berasimilasi, maka kita(manusia modern) adalah keturunan hasil interaksi gen dan peradaban mereka, kan?
Nah, ini juga yang saya pertanyakan, kenapa "hanya manusia (homo sapiens)..." Atau mungkin jawabannya bisa sederhana... Sebetulnya "manusia" di dunia itu beda spesies, karena "kekuasaan" kitalah kita menyamakan diri jadi satu spesies... Mungkin aja homo mongoloid, homo negroid, homo macam adalah spesies, dan bukan ras... Mungkin aja Obama, Osama, dengan saya beda spesies... hehehe... Tapi karena kolekif punya "will", kita disebut satu spesies...

Nah, jika jawabannya tidak sesederhana itu, saya jadi penasaran, kenapa homo2 yang lain pada punah?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 11, 2011, 05:32:46 PM
Mungkin elf dan dwarfnya berbentuk ras bukan seperti yang di film2x yang bentuk tubuhnya ekstrim. Jangankan berbentuk aneh seperti di film, cuma beda warna kulit dikit aja udah diperlakukan seperti tahi, apalagi kalau beda seperti di film.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 11, 2011, 07:19:24 PM
Kutip dari: rafek pada Mei 11, 2011, 03:07:30 PM
Saya juga ingin ikut bertanya, mengapa nampaknya hanya manusia yg punya "will" ?
Mahluk hidup lain seolah olah hanya mengikuti mekanisme alam.
Mengikuti mekanisme alam nampaknya tak buruk juga.Setidaknya makhluk-makhluk itu tak mengambil lebih dari yang diperlukan, dan tak jadi parasit bumi :)

Kutip dari: rafek pada Mei 11, 2011, 03:07:30 PMLalu soal kerabat dekat manusia, macam neanderthal, apakah mereka punah? atau jangan2 malah berasimilasi? Jika mahluk2 LOTR saya ibaratkan dengan "kerabat dekat" manusia(homo sapiens sapiens), macam neanderthal, homo erectus, homo florenensis/hobbit, dan mereka ternyata berasimilasi, maka kita(manusia modern) adalah keturunan hasil interaksi gen dan peradaban mereka, kan?
Ada kalangan kecil yang berpendapat bahwa neanderthal berasimilasi dengan manusia modern, tapi mayoritas saat ini beranggapan mereka bahkan hampir tak pernah mengadakan kontak.

Manusia yang hidup saat ini jangan kata satu spesies, malah satu sub-spesies. Cuma ras mereka yang beda-beda. Antar ras bisa kawin dan menghasilkan keturunan, sementara jika antar spesies umumnya tidak bisa, atau kalau bisa keturunannya mandul.

Kenapa homo lain pada punah? Ada berbagai faktor. Misal neanderthal, tubuh mereka adaptif untuk zaman es. Namun saat zaman es berakhir, perlahan populasi mereka makin berkurang. Mungkin ditambah faktor penyakit, serta kalah bersaing dengan sapiens sapiens yang bermigrasi kemudian (sapiens sapiens lebih maju termasuk dalam penggunaan tool).
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: hery_hunterz pada Mei 11, 2011, 10:28:38 PM
lalu kenapa cuma neanderthal yg bisa ber 'asimilasi' dgn manusia modern..??
apakah memang cuma neanderthal...?
kenapa homo2 lain yg pada punah tidak bisa ..??
apakah hanya karena perubahan zaman es saja homo2 tsb jd punah dan tak ber'asimilasi'..??

maaf.. bnyk tanya
krna bnyk tanya bnyk tahu :P
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 12, 2011, 09:40:58 AM
Kutip dari: hery_hunterz pada Mei 11, 2011, 10:28:38 PM
lalu kenapa cuma neanderthal yg bisa ber 'asimilasi' dgn manusia modern..??
apakah memang cuma neanderthal...?
kenapa homo2 lain yg pada punah tidak bisa ..??
apakah hanya karena perubahan zaman es saja homo2 tsb jd punah dan tak ber'asimilasi'..??

maaf.. bnyk tanya
krna bnyk tanya bnyk tahu :P

Aku prnah bilang, secara fisik pada dasarnya homo (di sini mengacu ke genus, bukan perilaku menyimpang :) ) tidak terlalu ideal untuk survive. Meski memiliki kelebihan dalam membawa makanan (mereka bisa menggunakan dua tangan untuk membawa makanan, lebih banyak ketimbang keluarga kera lain), namun kecepatan dan kelincahan mereka tidak terlalu baik. Penggunaan tool adalah salah satu faktor mengapa mereka lebih mampu survive.

Dalam sejarahnya, mayoritas genus homo punah seiring waktu. Neanderthal adalah salah satu yang sempat bertahan hingga beberapa puluh ribu tahun silam, dan karenanya mungkin sempat berimigrasi dengan sapiens sapiens yang berimigrasi tak lama sebelumnya. Floresiensis juga sempat survive hingga belasan ribu tahun silam, namun karena hidup terisolasi mereka mungkin tak pernah kontak dengan sapiens sapiens.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 12, 2011, 03:23:32 PM
Saya rasa jawaban pi one adalah pendapatnya pribadi dimana tingkat ketepatannya pun sama seperti kisah nabi adam dimana kita tidak bisa mengkonfirmasi.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Mei 12, 2011, 09:13:43 PM
Kutip dari: Farabi pada Mei 12, 2011, 03:23:32 PM
Saya rasa jawaban pi one adalah pendapatnya pribadi dimana tingkat ketepatannya pun sama seperti kisah nabi adam dimana kita tidak bisa mengkonfirmasi.
Pendapat pribadi? Nope, aku ak mampu mengarang sehebat itu :)

Aku bicara berdasar rangkuman atas pengalamanku membaca sekian tulisan, baik lewat artikel-artikel ilmiah sains di internet, debat dan diskusi di berbagai forum, serta pengalaman menjadi 'penunggu gramedia' selama belasan tahun :)

Neanderthal, floresiensis, habilis, erectus, ergaster dsb, semua itu nyata dan penelitiannya dilakukan secara ilmiah. Beda dengan Adam, yang hingga kini masih sebtas kisah tua yang diterima agama-agama samawi.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: can-can pada Mei 20, 2011, 04:58:02 PM
Prof Farabi....
Disini sya akan mencoba memberikan info bukan scr biologi,
menurut yg saya tau...manusia adalah makhluk spiritual yg memiliki bentuk fisik..bukan makhluk fisik yg memiliki sifat spiritual. Kita bisa saling merasakan satu sama lain atau merasakan ini itu (dalam arti penjiwaan) karena kita memiliki ruh. Ruh ini yg sya mksud sbg makhluk spiritual. Ruh ini baik dan sifatnya sangat sirri alias halus. Seorang ibu dpt merasakan kegelisahan ketika anaknya dlam bahaya, hal itu dikarenakan adanya kedekatan ruh antara ibu dan anak. Demikian juga trhadap suami/istri atau kekasih.
Hubungannya dg pikiran? Pikiran2 negatif tentang hidup dapat menutupi sifat baik ruh. Kata Mario Teguh, sedetik saja kita keluar dari kebaikan, kita akan merasakn kegelisahan. Dan ketika kita melakukan kebaikan, maka kedamaian yg terasa dlam jiwa kita.

Begitu kira2 setau sya..sya jg masih belajar..ada kurang lebihnya silahkan beri masukan. smg bermanfaat:)
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 20, 2011, 06:33:36 PM
Baiklah, terima kasih atas infonya tapi harap dibedakan antara biologi dengan filosofi atau keimanan. Kita disini membicarakan hanya apa yang terlihat dan bisa dibuktikan.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 20, 2011, 06:34:39 PM
Dan, saya bukan profesor sungguhan, SMA juga saya tidak tamat, tapi saya adalah seorang sarjana ekonomi, saya memalsukan ijasah, haha.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: topazo pada Mei 21, 2011, 05:24:50 AM
Kutip dari: can-can pada Mei 20, 2011, 04:58:02 PM
Prof Farabi....
Disini sya akan mencoba memberikan info bukan scr biologi,
menurut yg saya tau...manusia adalah makhluk spiritual yg memiliki bentuk fisik..bukan makhluk fisik yg memiliki sifat spiritual. Kita bisa saling merasakan satu sama lain atau merasakan ini itu (dalam arti penjiwaan) karena kita memiliki ruh. Ruh ini yg sya mksud sbg makhluk spiritual. Ruh ini baik dan sifatnya sangat sirri alias halus. Seorang ibu dpt merasakan kegelisahan ketika anaknya dlam bahaya, hal itu dikarenakan adanya kedekatan ruh antara ibu dan anak. Demikian juga trhadap suami/istri atau kekasih.
Hubungannya dg pikiran? Pikiran2 negatif tentang hidup dapat menutupi sifat baik ruh. Kata Mario Teguh, sedetik saja kita keluar dari kebaikan, kita akan merasakn kegelisahan. Dan ketika kita melakukan kebaikan, maka kedamaian yg terasa dlam jiwa kita.

Begitu kira2 setau sya..sya jg masih belajar..ada kurang lebihnya silahkan beri masukan. smg bermanfaat:)
Boss, sayangnya kita lagi di ranah biologi (kalau di ranah agama saya sependapat)... Pendapat mahluk spiritual dalam tubuh jasmani tidak dapat diterima kalau spirit/jiwa sendiri belum bisa dibuktikan keadaannya... Makanya dibuat thread ini oleh boss farabi, salah satu pertanyaannya, hidup itu apa? jiwa itu apa? apa buktinya?... Secara ilmiah tentunya...
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Mei 21, 2011, 12:04:33 PM
Mengenai jiwa, maksudnya soul, atau spirit, atau malah mind? Setahu saya, penafsiran consciousness/kesadaran dalam sains masih diperdebatkan.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Mei 25, 2011, 08:58:29 AM
Masa' mind juga?
Tapi emang perlu dibedakan sih antara roh, jiwa, dan nyawa. Tapi bedanya apa?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 25, 2011, 03:36:59 PM
Sebetulnya yang dimaksud dengan jiwa itu apa sih? Atau ruh?
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: vendome pada Mei 25, 2011, 06:16:31 PM
jiwa itu aku, yang sudah melepas keakuan berarti juga melepas jiwa.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Mei 25, 2011, 06:38:20 PM
Nah, saya juga masih bingung, definisi soul, spirit, mind, dan consciousness itu jelasnya dalam sains itu apa? Jika keakuan, bukannya itu dinamakan ego personal.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 25, 2011, 08:31:58 PM
Kutip dari: vendome pada Mei 25, 2011, 06:16:31 PM
jiwa itu aku, yang sudah melepas keakuan berarti juga melepas jiwa.

Kayaknya itu lebih ke pembahasan psikologi, kalo di komputer masuknya ke user level, bukan ring 0.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Mei 25, 2011, 08:46:59 PM
Berbicara tentang kesadaran, atau consciousness, itu salah satu bahasan neuroscience, jadi masih ada kaitannya dgn biologi. Tapi saya tdk tahu penjelasan mendalam mengenai itu.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: Farabi pada Mei 26, 2011, 04:42:53 AM
Ya, jadi kita semua paham dan yakin bahwa kita semua mempunyai kesadaran. Nah kesadaran inilah yang mungkin kita definisikan sebagai jiwa atau ruh. Nah, apa yang membuat kita bisa mempunyai kesadaran? Itulah pertanyaannya
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: vendome pada Mei 26, 2011, 08:17:39 AM
kesadaran (conciousness) tidak identik dengan jiwa (soul), kesadaran lebih ke interaksi, jiwa lebih merujuk ke sebuah objek. Namun hubungannya adalah dengan kesadaran, kita dapat memahami jiwa.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: milmi pada Mei 26, 2011, 01:04:56 PM
Apakah topik ini masih relevan di board Biologi? Kenapa pembahasannya ke arah ruh, spirit, jiwa etc? Silahkan dijawab secara Biologis, atau topik akan ditutup. Makasih.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Mei 26, 2011, 01:25:03 PM
Sekali lagi, consciousness adalah salah satu bahasan neuroscience, jadi masih ada kaitannya dengan biologi.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: milmi pada Mei 26, 2011, 01:28:16 PM
Kutip dari: rafek pada Mei 26, 2011, 01:25:03 PM
Sekali lagi, consciousness adalah salah satu bahasan neuroscience, jadi masih ada kaitannya dengan biologi.

Bukankah topik ini menanyakan apa itu kehidupan? Apakah consciousness bisa menjawab pertanyaan itu? Kalau iya mohon dielaborasi. Jangan hanya asal ngomong tapi tidak ada dasarnya. Kalau perlu tulis judul literaturnya, nama pengarangnya, dan di jurnal apa diterbitkannya. Itu baru namanya seorang ilmuwan.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: rafek pada Mei 26, 2011, 01:39:04 PM
Sori, saya bukan ilmuwan, hanya memberi masukan. Dari kalimat pembuka TS:

Kutip dari: Farabi pada Februari 06, 2011, 11:29:12 AM
Makluk apakah kita sebenarnya? Bukankah tubuh hanyalah mesin penunjang kehidupan? Apa wujud kita yang sebenarnya?
Apa itu hidup?
Kenapa kita bisa hidup dan merasakan ini dan itu?

Saya rasa ada hubungannya dengan consciousness, hanya saja saya belum menemukan fungsi biologisnya secara persis dan akurat. Saya masih dalam tahap mencari tahu.
Judul: Re: Apa itu hidup?
Ditulis oleh: milmi pada Mei 26, 2011, 02:00:39 PM
Ok, karena sudah tidak ada yang bisa memberi masukan dan masih pada "tahap mencari tahu", walaupun yang namanya mencari tahu harusnya kesandung dengan yang namanya literatur, thread ini saya tutup.