Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 08:16:02 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Mati?

Dimulai oleh reborn, Agustus 03, 2010, 06:20:54 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Inilah yang terjadi pada tubuh anda ketika meninggal dunia tidak peduli anda siapa, secantik apa, ato sekaya apa.......... Sesaat sebelum mati Anda akan merasakan jantung berhenti berdetak, nafas tertahan dan badan bergetar. Anda merasa dingin di telinga. Darah berubah menjadi asam dan tenggorokan berkontraksi.

0 Menit :
Kematian secara medis terjadi ketika otak kehabisan supply oksigen.

1 Menit :
Darah berubah warna dan otot kehilangan kontraksi, isi kantung kemih keluar tanpa izin.

3 Menit :
Sel-sel otak tewas secara masal. Saat ini otak benar-benar berhenti berpikir.

4 - 5 Menit :
Pupil mata membesar dan berselaput. Bola mata mengkerut karena kehilangan tekanan darah.

7 - 9 Menit :
Penghubung ke otak mulai mati, efek yang sama terjadi ketika anda menyaksikan sinetron.

1 - 4 Jam :
Rigor Mortis * Membuat otot kaku dan rambut berdiri, kesannya rambut tetap tumbuh setelah mati.

4 - 6 Jam :
Rigor Mortis * Terus beraksi. Darah yang berkumpul lalu mati dan warna kulit menghitam.

6 Jam :
Otot masih berkontraksi. Proses penghancuran, seperti efek alkohol masih berjalan.

8 Jam :
Suhu tubuh langsung menurun drastis.

24 - 72 Jam :
Isi perut membusuk oleh mikroba dan pankreas mulai mencerna dirinya sendiri !.

36 - 48 Jam :
Rigor Mortis * Berhenti, Tubuh anda selentur penari balerina lagi.

3 - 5 Hari :
Pembusukan mengakibatkan luka skala besar, darah menetes keluar dari mulut dan hidung.

8 - 10 Hari :
Warna tubuh berubah dari hijau ke merah sejalan dengan membusuknya darah.

Beberapa Minggu :
Rambut, Kuku, Dan Gigi dengan mudahnya terlepas.

Satu Bulan :
Kulit Anda mulai mencair !.

Satu Tahun :
Selain tulang-belulang tidak ada lagi yang tersisa dari tubuh anda ! Sekarang Anda adalah saingan Twiggy dan Calista Flockhart.

YAng pengen tobat yaaa segera bertobat..!!!

* Rigor Mortis Adalah Fase Dimana Keseluruhan Otot Di Tubuh Menjadi Kaku.

Ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh cakpredi

Pi-One

Hm, waktu ini bisa dipengaruhi oleh kondisi tertentu kan? Misal dengan merendam mayat selama beberapa waktu akan mengubah waktu kekakuan mayat (rigor mortis), sehingga bisa digunakan untuk merekayasa waktu kematian.

*Kebanyakan baca kisah misteri pembunuhan nih :P

Huriah M Putra

Direndam dalam air, dibekukan, dipanaskan, pokoknya tidak dalam keadaan normal bisa menganggu prediksi waktu kematian. (korban detective conan juga)
Biar keren, mari kita bahas lebih mendalam.
Ada yang mau ditanyakan?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

InuuMauPinter

hohoohoooo....berarti jutaan sel mati.
pernah denger,apa iya kuku dan rambut tetap tumbuh kalau sudah mati?
trus karena zat kapur yang terkandung ditanah itu, bisa mengawetkan mayat selama puluhan tahun.
bagaimana dengan yang itu coba?
[move]Ayoo..Belajar...[/move]

Huriah M Putra

Soal kuku dan rambut..
Itu hanya mitos.
rambut dan kuku berhenti tumbuh ketika mati.
Yang terjadi adalah penyusutan jaringan sekitarnya sehingga rambut dan kuku seakan2 bertambah panjang meskipun sudah mati.
Pengawetan mayat yang paling baik adalah dibekukan dalam keadaan tekanan rendah (kayak mayat2 yang ditemukan di pegunungan tinggi). Kalo soal zat kapur, gak pernah denger yang beginian.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

InuuMauPinter

kata ahli forensik rs dr mustopo begitu, waktu ada kasusnya mayat utuh di jawa timur..padahal udah mati puluhan tahun lalu..
[move]Ayoo..Belajar...[/move]

Astrawinata G


7 - 9 Menit :
Penghubung ke otak mulai mati, efek yang sama terjadi ketika anda menyaksikan sinetron.


sebagian besar penduduk Indonesia mati lebih dari 2 jam sehari akibat nonton sinetron :P
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Kutip dari: Astrawinata G pada Agustus 03, 2010, 09:59:26 PM

7 - 9 Menit :
Penghubung ke otak mulai mati, efek yang sama terjadi ketika anda menyaksikan sinetron.


sebagian besar penduduk Indonesia mati lebih dari 2 jam sehari akibat nonton sinetron :P
dan meninggalkan sequelae seumur hidup.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

berupa harapan hampa bahwa pembantu rumah tangga bisa pacaran sama direktur muda perusahaan.....
Best Regards,


Astrawinata G

syx

tapi pembantunya rata-rata cakep-cakep... ada yang tau cari di mana ya pembantu kaya sandra dewi?

zat kapur bikin tanah bersifat basa... tapi yang saya ketahui bisa terjadi pengawetan jika kondisi asam, misalnya dalam rawa. contohnya tollund man:


Huriah M Putra

[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

siapa yang ga mau? :P kalo ga mau jadi pembantu, jadi pacar juga ga apa2...ikhlas saya....

Best Regards,


Astrawinata G

nandaz

KutipIsi perut membusuk oleh mikroba dan pankreas mulai mencerna dirinya sendiri !.
lho, kok bisa ya?

Kutip dari: syx pada Agustus 04, 2010, 04:10:13 PM
tapi pembantunya rata-rata cakep-cakep... ada yang tau cari di mana ya pembantu kaya sandra dewi?

zat kapur bikin tanah bersifat basa... tapi yang saya ketahui bisa terjadi pengawetan jika kondisi asam, misalnya dalam rawa. contohnya tollund man:

aneh deh, kalo mayat terbungkus zat kapur lalu berada dirawa bukannya mempercepat hancurnya jasad? pasalnya rawa kelembabannya tinggi. Karena zat kapur sangat eksoterm terhadap uap air...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

InuuMauPinter

Saiya penyalur pembantu tapi rata2 kaya keyong racun....ada yang mauuu. heheheee
[move]Ayoo..Belajar...[/move]

syx

stop masalah pembantunya ya... cuma intermezzo aja.

Kutip dari: nandaz pada Agustus 04, 2010, 09:19:31 PM
aneh deh, kalo mayat terbungkus zat kapur lalu berada dirawa bukannya mempercepat hancurnya jasad? pasalnya rawa kelembabannya tinggi. Karena zat kapur sangat eksoterm terhadap uap air...
maksud saya aneh kalo zat kapur bisa mengawetkan mayat karena selama ini salah satu yang saya tau adalah yang bisa mengawetkan adalah kadar asam (non-korosif) yang tinggi seperti kasus-kasus mumi yang ditemukan di rawa. kondisi rawa biasa asam, kurang oksigen, dan apa lagi saya lupa...

kondisi lain yang bisa mengawetkan adalah suhu rendah (misalnya di kutub dan gunung), kelembaban kering (gurun pasir)... kira-kira di kondisi garam yang tinggi mustinya bisa juga kan. jadi mumi asin.
sepertinya ada kaitannya dengan water activity deh.