Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 07, 2021, 03:58:50 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 93
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apakah kita berasal dari kejanggalan?  (Dibaca 3198 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Apakah kita berasal dari kejanggalan?
« pada: Januari 24, 2014, 10:53:06 AM »
Gw mau nanya nih brow 8)...

Ini bahas banyak soal bab reproduksi dikit nih >:D... hehehe

1. Bagaimana Sel sel pd prostat (yg menghasilkan alkali pda mani) mengetahui bahwa mereka akan membutuhkan alkali itu di tubuh wanita yg penuh asam yg mematikan. Susah jga bilang klo ke dua individu ini jarang bertemu dan tidak paham satu sama lain krn mereka gk punya akal...  ???

2. Bagaimana sel sel sperma dpt dgn mudahnya mengenali sinyal kimia yg dikirimkan sel telur (ovum) sehingga sel sperma ini gk tersesat ato keluar lgi. Hehehe, susah jga dibilang kalo sel sperma dan sel ovum ini tdk pernah bertemu sebelumnya dan mereka sudah seperti melakukan suatu perjanjian seperti... itu misi mereka. Ya mereka juga datang dari Organ yg berbeda dari individu dan jenis yg berbeda dan jelas jelas tdk punya informasi atau akal yg cukup tentang kondisi di badan lawan jenis... ya kan? ???... mungkin... ;D

3. Bagaimana sel sel pda Tubulus Seminiferus dpt mengetahui bahwa sperma membutuhkan akrosom untuk menembus dinding sel ovum milik cwe. Toh, sekali lagi sel sel itu saling tdk menahu tentang apa saja yg terjadi di luar individunya...  ???

4. Pada saat pembentukan ruas ruas jari tangan ataupun kaki, sel sel pada tangan  atau kaki akan BUNUH DIRI secara massal utk memberi ruang antar jari. KENAPA??? :o kalo masalah DNA, bukannya semua sel punya DNA yg sama dan mereka tdk tahu menahu mereka akan menjadi SEL Macam apa nantinya :-X. Mereka hanya melakukan apa yg biasa mereka lakukan, bukan menerima perintah yg teratur dari luar Nukleus... klo frasa TAKDIR TUHAN di biologi dihilangkan, bisa bisa sel di calon kepala kita pada ngira mereka ruas jari dan saling bunuh diri :'(. Otak gw nongol deh, :o malu kan (kecil soalnya... wkwkwk)

DNA mereka jga PASTI tdk memuat tentang informasi tubuh lawan jenis, sel pda sperma dan ovum selalu n dan somatis (tubuh umum) adalah 2n.

Semisal klo sel yg mengandung n memiliki informasi tentang tubuh perempuan, kenapa sel somatis bisa tdk ada? bukannya sperma dan ovum hanya punya sebatas 23 kromosom krn mereka mengalami meiosis (mitosis, cuman ada bonus pembelahan) ???.

mohon pencerahan... jgn dibuli mas, masih anak smp hehe... ;D
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

IdontSpeakHuman

  • Pengunjung
Re:Apakah kita berasal dari kejanggalan?
« Jawab #1 pada: Februari 01, 2014, 10:00:18 PM »
Kalau kata mbah T. Dobzhansky: "Nothing in biology makes sense except in the light of evolution".  Jadi, jawabannya, karena evolusi menghasilkan adaptasi seperti itu... ;)

Populasi makhluk2 yang punya sifat2 seperti anda sebutkan tadi memiliki fitness yang lebih tinggi daripada yang tidak punya sifat tersebut, sehingga populasi itulah yang akhirnya lestari. Darimana munculnya sifat itu? Dari mutasi..  :)

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Apakah kita berasal dari kejanggalan?
« Jawab #2 pada: Februari 02, 2014, 01:37:22 AM »
Kalau kata mbah T. Dobzhansky: "Nothing in biology makes sense except in the light of evolution".  Jadi, jawabannya, karena evolusi menghasilkan adaptasi seperti itu... ;)

Populasi makhluk2 yang punya sifat2 seperti anda sebutkan tadi memiliki fitness yang lebih tinggi daripada yang tidak punya sifat tersebut, sehingga populasi itulah yang akhirnya lestari. Darimana munculnya sifat itu? Dari mutasi..  :)
Jawaban yg padat, singkat dan jelas. IQ +1 deh.
Tambahan, meskipun DNA tiap sel organ dalam satu individu sama, namun gen-gen di dalamnya tidak semuanya aktif. Aktivasinya tergantung komposisi kimia di sekitarnya, yg sangat dipengaruhi oleh lokasi sel tsb dalam tubuh. Itulah sebabnya stem cell dapat dicangkokkan ke bagian tubuh lain dn akan tumbuh sesuai lokasi barunya.
once we have eternity, everything else can wait

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Apakah kita berasal dari kejanggalan?
« Jawab #3 pada: Februari 07, 2014, 11:16:45 AM »
Ow... okey... tpi kok masih kurang puas nih ama jawabannya... (Pertanyaan gw gk kejawab...) :'(

Looking for more answers here!

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
6825 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2009, 03:00:54 AM
oleh Hendy wijaya, MD
14 Jawaban
13819 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2010, 12:11:44 PM
oleh k4guya
13 Jawaban
13661 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2016, 12:55:03 PM
oleh Monox D. I-Fly
36 Jawaban
15337 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 05, 2013, 05:53:18 PM
oleh MonDay
0 Jawaban
3731 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2010, 08:45:41 AM
oleh serigaladinegeritercinta