Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: cadab pada Juli 18, 2008, 12:39:21 PM

Judul: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: cadab pada Juli 18, 2008, 12:39:21 PM
apakah memory otak kita tidak terbatas???trus kalo terbatas batasnya berapa??

kalo sudah penuh gimana??apakah benar ada memory bawah sadar??

makasih.. ;D ;D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: bluesky pada Juli 19, 2008, 04:56:59 AM
memoryku sih ada batasnya... ???
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: reborn pada Juli 19, 2008, 05:04:37 AM
Setau gw, mekanisme ingatan, memori, mekanisme saraf sampe kita bisa berpikir, sampe sekarang belum jelas. Kita tau misalnya kalo korteks serebral kita rusak biasanya derajat kesadaran berkurang, tapi hal ini ngga mencegah seseorang untuk tetap mempunyai pikiran. Yang pasti pikiran adalah hasil dari pola perangsangan berbagai bagian sistem saraf.

Karena ini di forum biologi, kita coba liat secara fisiologis ya. Definisi ingatan adalah hasil dari perubahan kemampuan penjalaran sinaptik dari satu sel saraf (neuron) ke sel saraf berikutnya, yang diakibatkan aktivitas neural sebelumnya. Nah, dari perubahan2 ini, nantinya terbentuk jalur2 baru yang disebut memory traces (jejak ingatan). Memory traces ini nantinya yang bakal diaktifkan waktu kita perlu mengingat sesuatu. Jejak ingatan ini paling banyak di korteks serebri. Dalam fisiologi, dikenal ada tiga macam ingatan : ingatan jangka pendek, menengah dan panjang. Kalo soal ingatan bawah sadar, mungkin orang-orang psikologi lebih bisa ngejawab.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: syx pada Agustus 27, 2008, 06:57:23 AM
sherlock holmes bilang otak manusia itu seperti ruang kecil, makanya ga perlu diisi dng ingatan yg ga perlu... tapi beneran kaya gitu?

Kemampuan Otak Manusia Belum Dioptimalkan

Kompas Senin, 25 Agustus 2008 | 19:13 WIB

JAKARTA, SENIN-- Daya ingat melemah seperti dirasakan banyak orang, sebenarnya bukan karena faktor usia yang semakin menua. Daya ingat sebenarnya bisa dilipatgandakan dari kemampuan yang dimiliki seseorang saat ini, dengan cara-cara yang tepat.

Kemampuan otak manusia yang diberdayakan baru sekitar 10 persen dari kemampuan sesungguhnya yang luar biasa dan ajaib. Hal itu dikemukakan Master Trainer di Brains Power Indonesia, Irwan Widiatmoko atau lebih dikenal dengan Mr SGM (Super Great Memory), pada peluncuran buku Super Great Memory, oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Senin (25/8) di Bentara Budaya Jakarta (BBJ).

"Daya ingat manusia lebih fantastis daripada yang dibayangkan. Apabila seluruh informasi di alam semesta dimasukkan ke dalam otak kita, otak kita tidak akan penuh," ujarnya.

Membandingkan dengan otak lebah yang memiliki sekitar 7.000 sel otak, sudah mampu membuat sejumlah keajaiban dan hal-hal yang luar biasa dahsyat, otak manusia yang memiliki satu triliun sel otak terdiri dari 100 miliar sel aktif dan 900 miliar sel yang menghubungkannya, menurut Irwan, bisa lebih dahsyat lagi. Di hadapan sekitar 100 pengunjung pada peluncuran itu, Irwan membuktikan bagaimana dalam tempo 20 detik ia bisa mengingat 30 kata benda secara berurutan.

Tidak hanya itu, dengan menyebutkan kata bendanya, Irwan bisa menyebut dengan tepat urutannya. Atau menyebutkan nomor urutnya, Irwan bisa menebak kata bendanya. Sementara, seorang pengunjung dalam tempo 120 detik, hanya bisa mengingat 16 dari 30 kata.

Buku Super Great Memory yang sudah cetak ke-2, merupakan penyempurnaan dan lanjutan dari buku pertama Super Genius Memory. Buku yang ditulis Irwan Widiatmoko, pemegang Rekor Pertama Daya Ingat MURI, berisi teknik-teknik praktis untuk mengasah daya ingat yang aplikatif untuk kehidupan sehari-hari yang telah diujicobakan kepada ribuan orang.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Mohammad Nuh, memberikan sambutan untuk buku ini. "Kemampuan otak merupakan suatu potensi yang memungkinkan manusia untuk mengembangkan dirinya menjadi makhluk yang sedang menuju kesempurnaan eksistensinya di dunia. Bahkan, bila informasi dari jaringan telekomunikasi di seluruh dunia di masukkan ke dalam otak kita, otak kita tak akan pernah penuh, " paparnya.

Seorang Einstein, ilmuwan di penghujung abad ke-20, menurut dia, hanya memanfaatkan kurang dari 10 persen dari potensi otaknya. Itulah gambaran potensi otak manusia yang sudah digunakan, dan masih sangat besar untuk bisa kita optimalkan. Potensi otak manusia memang sungguh dahsyat.

Yurnaldi
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 27, 2008, 09:39:53 AM
otak gw ngga lebih seukuran floppy-disk..  >:D
teori manusia hanya menggunakan 10% dari seluruh kapasitasnya hanyalah isapan jempol.

http://science.nationalgeographic.com/science/health-and-human-body/human-body/brain-quiz.html

 otak kita diciptakan untuk memprogram, kalo ukuran informasi yang ditampung ngga tau deh gw..
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: syx pada Agustus 27, 2008, 10:23:53 AM
berarti sherlock holmes lebih bener... menggunakan otak untuk menyimpan informasi yg kita perlu aja, lainnya delete.

Kutip dari: Sherlock Holmes - A Study in Scarlet
"I consider that a man's brain originally is like a little empty attic, and you have to stock it with such furniture as you choose. A fool takes in all the lumber of every sort that he comes across, so that the knowledge which might be useful to him gets crowded out, or at best is jumbled up with a lot of other things so that he has a difficulty in laying his hands upon it. Now the skilful workman is very careful indeed as to what he takes into his brain-attic. He will have nothing but the tools which may help him in doing his work, but of these he has a large assortment, and all in the most perfect order. It is a mistake to think that that little room has elastic walls and can distend to any extent. Depend upon it there comes a time when for every addition of knowledge you forget something that you knew before. It is of the highest importance, therefore, not to have useless facts elbowing out the useful ones."

You say that we go round the sun. If we went round the moon it would not make a pennyworth of difference to me or to my work.

makanya jangan salahin gw kapan hari sempet lupa nama asli mbah rebon...
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: suntzu pada Agustus 28, 2008, 01:40:53 AM
masalahnya kita butuh banyak info !! sangat banyak !!
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: syx pada Agustus 28, 2008, 08:39:06 AM
tapi bukan semua info dilalap. pasti ada keterbatasan juga. blom lagi info yang dilupakan. contohnya gini:

Sherlock Holmes — his limits
1. Knowledge of Literature. — Nil.
2. “ “ Philosophy. — Nil.
3. “ “ Astronomy. — Nil.
4. “ “ Politics. — Feeble.
5. “ “ Botany. — Variable. Well up in belladonna, opium, and poisons generally.
Knows nothing of practical gardening.
6. Knowledge of Geology. — Practical, but limited. Tells at a glance different soils from each other. After walks has shown me splashes upon his trousers, and told me by their colour and consistence in what part of London he had received them.
7. Knowledge of Chemistry. — Profound.
8. “ “ Anatomy. — Accurate, but unsystematic
9. “ “ Sensational Literature. — Immense. He appears to know every detail of every horror perpetrated in the century.
10. Plays the violin well.
11. Is an expert singlestick player, boxer, and swordsman.
12. Has a good practical knowledge of British law.

kalo gw...
pengetahuan tentang ekonomi... nyaris nol
pengetahuan tentang politik... nol
pengetahuan tentang hukum... nol
pengetahuan tentang astronomi... dikit
pengetahuan tentang botani... lumayan, berkaitan dengan tumbuhan karnivora, tumbuhan obat, pemupukan, dll.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: milmi pada Agustus 28, 2008, 09:02:57 AM
Nah nah nah, mulai ngelantur. Ayo, mana penjelasan ilmiahnya? Coba dibandingkan antara ingatan primata lainnya dengan manusia, pasti deh terkejut...
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: syx pada Agustus 28, 2008, 10:09:14 AM
... bisa langsung dipaparkan di sini biar bisa dibandingkan?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: barbarian pada Agustus 28, 2008, 12:41:31 PM
saya baru dapet dari suatu blog tentang orang2 dengan kondisi fisik luar biasa

Pria yang tidak bisa gemuk

Namanya Perry berumur 59 tahun, pria ini dapat memakan makanan apapun yang diinginkannya dalam jumlah tak terbatas termasuk makanan tinggi lemak seperti makanan fast food dan dia tidak perlu khawatir kegemukan. Pria ini menderita kelainan yang disebut Lipodystrophy, kondisi yang membuat tubuhnya secara cepat membakar lemak.

Dahulu Perry adalah anak yang cukup gendut, tetapi ketika berumur 12 tahun tiba-tiba berat tubuhnya turun bebas hanya dalam waktu semalam. Meski berusaha makan sebanyak apapun tetapi tidak menimbulkan efek apa-apa. Pada akhirnya ketika diperiksa ditemukan kelainan tersebut, tubuh Perry ternyata memproduksi hormon insulin 6 kali lebih banyak dibandingkan orang kebanyakan. Benar-benar kondisi yang diimpikan oleh para pengingin tubuh ramping.


Wanita yang mampu orgasme sebanyak 200 kali setiap hari

Nama wanita ini, Sarah Carmen berumur 24 tahun tinggal di UK.. Merupakan wanita yang luar biasa karena dapat dengan mudah mendapat rangsangan dari hampir semua hal sehingga mampu orgasme sebanyak 200 kali dalam sehari. Bayangkan!

Kondisi ini disebut Sexual Arousal Syndrome (PSAS) yang menyebabkan meningkatnya aliran darah ke organ kelamin. Sarah mengatakan sesekali dia melakukan banyak hubungan sex untuk sekedar menenangkan dirinya dan bagi pihak pria tampaknya tidak perlu bersusah payah karena Sarah dapat mencapai klimaks dengan mudahnya.


Pria yang tidak merasakan dingin

Dutchman Wim Hof namanya, dikenal juga dengan sebutan Iceman, pria ini mampu berenang di air es dan mengubur dirinya ditimbunan es. Bahkan dia pernah memanjat gunung Blanc hanya dengan celana pendek saja!

Para ilmuan tidak dapat menjelaskan kondisi fisik ini, bagaimana bisa pria berumur 48 tahun ini tahan bahkan betah didalam suhu dingin yang seharusnya fatal bagi orang kebanyakan.


Anak yang tidak tidur: terjaga selama 24 jam selama setahun

Rhett Lamb terlihat seperti anak berumur 3 tahun kebanyakan, tetapi ada satu hal yang membuatnya benar-benar berbeda dengan anak sebayanya, yaitu kondisi dimana dia mampu tidak tidur meski hanya sekejap saja.

Rhett terjaga hampir 24 jam penuh selama setahun! membuat orang tua dan dokternya berjaga bergantian untuk mengamati Rhett untuk menemukan solusi. Akhirnya dokter mendiagnosa Rhett mengalami kondisi yang disebut Chiari Malformation.

Otak Rhett secara harafiah terdesak oleh kolom tulang belakang, Sehingga mengacaukan sistem kerja otak, padahal otak mempunyai fungsi vital untuk mengantur rasa ngantuk, berbicara, emosi, sistem sirkulasi tubuh, bahkan mengatur pernafasan.


Gadis remaja yang alergi terhadap air

Namanya Ashleigh Morris, dia tidak bisa pergi berenang, berendam di bak air hangat dan bahkan mandi sekalipun karena dia alergi terhadap air, Bahkan berkeringat pun membuat gadis berumur 19 tahun ini kesakitan.

Ashleigh berasal dari Malbourne, Australia, alergi terhadap air bertemperatur berapapun, kondisi ini terjadi sejak dia berumur 14 tahun. Dia menderita kelainan kulit yang disebut Aquagenic Urticaria, suatu kondisi yang benar-benar langka terjadi di dunia.


Wanita yang tidak dapat lupa

Merupakan kemampuan dari wanita bernama AJ (nama asli dirahasiakan untuk menjaga privasi), berumur 40 tahun. McGaugh dan beberapa peneliti dari UCI Researchers telah mempelajari kemampuan luar biasa dari wanita ini. kemampuan untuk menyimpan secara terus menerus dan otomatis pengalaman pribadi dan kejadian umum yang dialami oleh AJ. Jika kita menanyakan hal secara acak peristiwa yang terjadi selama 25 tahun belakangan, AJ dapat menjelaskannya secara detail apa yang terjadi pada waktu itu, hari apa, dan bagaimana cuaca pada hari itu.


Gadis yang hanya makan permen tic tac

Namanya Natalie Cooper, berumur 17 tahun. gadis remaja yang memiliki penyakit misterius yang membuatnya sakit setiap kali makan sesuatu. hampir semua makanan kecuali satu, yaitu permen tic tac!

Dokter tidak dapat menjelaskan, jadi hanya tic tac yang dia makan, selebihnya untuk mendapatkan gizi Natalie mendapatkannya dari makanan dalam tabung (infus).


Gadis yang pingsan setiap kali tertawa

Namanya Kay Underwood, berumur 20 tahun, menderita Cataplexy yang berarti ketika si penderita mengalami emosi berlebihan, ototnya akan melemah. hal seperti gembira,ketakutan, terkejut, kagum dapat membuatnya langsung jatuh tepat dimana dia berada.

Kay menderita penyakit ini sejak 5 tahun yang lalu, pingsan lebih dari 40 kali dalam sehari. Kay mengatakan “orang menganggap hal ini sangat aneh dan tidaklah mudah menghadapi reaksi orang lain”.

Selain Cataplexy Kay juga harus melawan Narcolepsy, yaitu kondisi yang dapat membuatnya tertidur secara tiba-tiba. Narcolepsy menyerang lebih dari 30.000 orang di UK dan sekitar 70% nya juga memiliki penyakit Cataplexy.


Wanita yang alergi terhadap teknologi

Untuk sebagian besar orang, Handphone, memasak dengan Microwave adalah bagian dari kehidupan di abad 21. tetapi benda ini sangat tidak mungkin dimiliki bagi Debbie Bird, karena dia alergi terhadap Handphone dan Microwaves.

Wanita berumur 39 tahun ini sangat sensitif gelombang elektromagnetik (EMF) yang dihasilkan oleh komputer, handphone, microwave dan beberapa mobil. efek bila terkena kulit Debbie adalah luka ruam memerah dan bisa melebar 3 kali jika berada terlalu dekat dengan sumber EMF. Maka Suami Debbie yang bekerja sebagai manager health spa mengubah rumah mereka menjadi bebas EMF. [www.blogberita. net]


jadi sebenarnya manusia bisa menyimpan banyak sekali memori, saya benarnya setuju dengan teori manusia hanya menggunakan 10% dari seluruh kapasitasnya, sekarang tergantung bagaimana kita memanfaatkan space memori yg kita miliki........
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 29, 2008, 01:54:52 AM
yang gw tau, otak kita bukan multiprosesor, kita hanya mampu berpikir satu saat bersamaan. kita tidak bisa memikirkan dua hal sekaligus, kita bukan dual-core.

Otak manusia memiliki lebih dari 100 triliun neuron (sel syaraf) dimana instruksi otak diberikan dalam bentuk gelombang listrik. Gelombang listrik ini melaju dengan kecepatan lebih dari 400 km/jam (250 mph), yang dapat menghasilkan daya listrik untuk menyalakan sebuah lampu pijar. Otak menghabiskan banyak energi dibandingkan organ tubuh lainnya, membakar habis hampir 1/5 dari asupan makanan yang kita makan.

Diperkirakan bahwa kemampuan mental seseorang yang berusia 100 tahun dengan daya ingat (memori) sempurna dapat disetarakan dengan kemampuan memori komputer 10 pangkat 15 bits (atau satu petabit). Dengan mengambil kemampuan komputer yang ada saat ini, maka kemampuan satu petabit tersebut baru bisa dicapai dalam jangka waktu 35 tahun. Itu baru kemampuan memorinya saja, belum dengan proses rumit yang ada di otak seperti daya kreasi dan emosi.

informasi dari : http://www.didyouknow.cd/indonesia/brains_id.html
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: dopamine pada Agustus 29, 2008, 05:36:43 AM
@suntzu
saat lo dikasih dua pertanyaan perkalian dan pembagian, bisakah kau menjawabnya (bukan menulisnya) bersamaan? tidak.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: iezmaniez pada Agustus 29, 2008, 06:39:29 AM
di bilang terbatas, ngga, di bilang ga terbatas juga, ngga

 kita bisa memasukan program apapun ke otak kita, tapi itupun hanya sesaat coz, dalam waktu tertentu bisa lupa lagi. pa kah itu bisa dibilang terbatas?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: milmi pada Agustus 29, 2008, 08:57:07 AM
@ barbarian
informasi yang menarik, tapi tolong dipaparkan yang berkaitan dengan thread ini saja, jadi tidak perlu memberitahukan yang lain.

@ suntzu
ini peringatan pertama! tolong bicara ilmiah disini, jangan nyeletuk dengan sesuatu yang gak guna bahkan terkesan tidak pantas. tolong postingnya di hapus, atau saya yang menghapus.

@all,
kalo mo OOT bukan di thread ini tempatnya, silakan pergi ke warung kopi....
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 08, 2009, 10:44:10 PM
apakah memory otak kita tidak terbatas???trus kalo terbatas batasnya berapa??

kalo sudah penuh gimana??apakah benar ada memory bawah sadar??

makasih.. ;D ;D

Memori otak pasti ada batasnya. Kalo sudah penuh? Bisa saja penuh kalo yang memiliki daya ingat yang kuat, tapi rasanya tidak mungkin, mengingat manusia menggunakan hanya beberapa persen kemampuan otaknya.

Otak manusia itu mungkin luas sekali, tapi kita hanya menempati beberapa persen saja. Seperti jagat raya ini, kita hanya di Bumi saja. Masih banyak tempat yang belum kita kunjungi, Bahkan di Bumi sekali pun.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: pai99 pada Februari 12, 2009, 11:53:15 PM
bntar bntar bu',,
jangan nantang memory otak de
tu otak2 kita maw dimasukin apa ajah pasti bisa
masalah memory tu berada pada masalah pengahapalan
masalah pengahapalan tu berada pada masalah pengulangan

apabila kita maw mengulang secara terus menerus apa aja yang telah kita apalin
pasti bisa apal smuwa

contoh kasus dosen biosistematika saia,, Dr. Undang Ahmad Dasuki
bliau baru aja pensiun
klo diajak ke gunung tu ya, setiap kali ketemu ma tumbuhan, pasti bisa nyebutin nama latinnya
wuihh, uda tua tapi apal gitu smua nama tumbuhan yang ada di Indonesia
buku flora of java udah diabisin tu ma bliau

ennaah, klo jadi jangan pernah meremehkan kapasitas otak kita
kata di buku, mm, lupa judulnya,, otak kita tu bagai sumur yang tak berdasar
n kita sendiri yang membuat dasar itu sesuai dengan sugesti kita sendiri

maka teruslah berkarya teman ! otak yang diberikan Allah swt. kepada kita ni kita gunakan sebaik2nya n semaksimal mungkin untuk suatu hal yang bermanfaat...

wallahualam bisshawab
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 13, 2009, 05:51:31 AM
1. bntar bntar bu',,
2. ennaah, klo jadi jangan pernah meremehkan kapasitas otak kita
3. kata di buku, mm, lupa judulnya,, otak kita tu bagai sumur yang tak berdasar
4. n kita sendiri yang membuat dasar itu sesuai dengan sugesti kita sendiri
5. sebaik2nya n semaksimal mungkin untuk suatu hal yang bermanfaat...

wallahualam bisshawab

1. kalo sapa 'bu' ini ke saya, mungkin salah.  ;D
2. Jangan sama sekali
3. Sumur yang tidak tahu dasarnya di kedalaman berapa
4. Pastinya. terbatasi oleh pikiran kita bahwa kita hanya mampu mendapat ranking 10 (misalnya) maka itu adalah puncak pikiran kita?
5. Sayangnya, banyak juga orang Indonesia yang bahkan bisa dikatakan gak menyadari itu.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: pai99 pada Februari 13, 2009, 08:59:15 AM
sip2,, awak stujuh ma kk ryoma
klo bukan bu, atau dipanggil mbak aja?
hoho, piSS, bcanda lagi bu

sip2, intinya mah stuju ma yang diobrolin ma kk ryoma
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 13, 2009, 10:56:47 AM
sip2, intinya mah stuju ma yang diobrolin ma kk ryoma

aduh (OOT bentar) saya lebih muda daripada kk pai99, lihat kk umur saya diprofil. Jgn panggil kk ryoma. (malu aku dibilang kk  :-[ )

Tapi kurasa, yang saya bicarakan sendiri belum memuaskan.

kalau lihat lagi ke topik, saya rasa memori otak kita sangat sulit untuk terpenuhi (dipakai secara maksimal), namun sangat mudah 'dibatasi', dengan adanya sugesti pada diri kita sendiri.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: pai99 pada Februari 14, 2009, 10:57:47 PM
knapa kita tidak bersugesti untuk dapat memenuhi kapasitas otak kita??
ubahlah paradigma kita mulai sekarang

gpp kk, biar lebih akrab ajah, hoo
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 14, 2009, 11:12:47 PM
1. knapa kita tidak bersugesti untuk dapat memenuhi kapasitas otak kita??
2. gpp kk, biar lebih akrab ajah, hoo

1. Karena orang awam sekarang, sulit berhusnuudhan (berbaik sangka) sugesti terhadap kemampuan otaknya, terutama ketika menghadapi suatu peristiwa yang menekan otaknya. lebih banyak yang sudah menyerah kalo dia yakin otaknya gak akan nyampe ke ilmu yang lebih tinggi.

2. sip kk  ;D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada April 23, 2010, 01:24:49 PM
@ryoma
Betul sebagian besar orang mengukur potensi dirinya jauh lebih rendah dari yang sebenarnya dimiliki. Apakah faktor pendidikan sejak kecil menyebabkan kita jadi lack of confidence, minder, tidak berani berpendapat atau menjadi kurang mandiri?

Ambil contoh sederhana, jika seorang guru/dosen memberi pertanyaan pada mahasiswanya di depan kelas, berapa banyak sih yang berani angkat tangan?padahal pertanyaannya kadang sangat sederhana. Kontras sekali dengan cerita salah satu dosen saya saat mengajar di US, ketika diberi pertanyaan, banyak sekali yang angkat tangan, mulai dari yang bener jawabnya sampai yang ga tau apa2 n ngelantur pun ikut angkat tangan..pokoke angkat tangan, mboh iso opo ora..puede tenan.. ;D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: SAMUEL PARAPAT pada Mei 04, 2010, 11:04:39 AM
kayaknya sih memory kita gak ada batasannya//
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: alf pada Mei 18, 2010, 12:03:35 AM
entah ada batas to enggak memory manusia, yang jelas manusia sendiri masih belum menggunakan kemampuan otanya secara maksimal bahkan masih kurang sekali..

kenapa ada orang yang daya ingatnya kuat n ga begitu kuat?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 18, 2010, 12:33:32 PM
mungkin masalahnya ada di sinaps :) yang daya ingatnya kuat sinapsnya banyak :D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: alf pada Mei 19, 2010, 12:32:24 AM
da yg blg daya ingat bisa dilatih agar semakin baik..klu seperti itu bgmn?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 19, 2010, 05:49:50 AM
memang bisa kok :) rel kereta api yang sering dilewati jadi mengkilat, sedangkan yang tidak dilewati jadi berkarat, gitu analoginya ;D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: MonDay pada Mei 19, 2010, 10:34:35 AM
dosen ak jg pnah blg
seperti hukum fisikanya newton |
Sebuah benda, akan tetap berada dalam keadaan diam atau akan terus bergerak, kecuali jika dipaksa berubah dengan menerapkan gaya luar ke benda tersebut
kalo otak ga dilatih (F) akan melempem sprt kata orang

nah otak kita hanya dipake 10%
kalo 100% bisa memindahkan barang tanpa disentuh
bener ga si? psikokinesis
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 19, 2010, 12:52:28 PM
nah uda masuk pseudo-science nih :D

kalo bisa mindahin barang, darimana asalnya energi luar tersebut? :)

trus juga dari EEG, terlihat kita selalu bekerja dengan mayoritas lobus otak aktif :) (Kepada Prof.Huriah dimohon memberi dukungan :P)
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: milmi pada Mei 25, 2010, 03:50:12 AM
Menurut salah satu artikel berjudul Discovering the Capacity of Human Memory yang ditulis oleh Wang et al. (2003) dalam jurnal Brain and Mind, kapasitas otak manusia ternyata terbatas. Berikut saya kutip abstraknya:

Kutip
Despite the fact that the number of neurons in the human brain has been identified in cognitive and neural sciences, the magnitude of human memory capacity is still unknown. This paper reports the discovery of the memory capacity of the human brain, which is on the order of 108432 bits. A cognitive model of the brain is created, which shows that human memory and knowledge are represented by relations, i.e., connections of synapses between neurons, rather than by the neurons themselves as the traditional container metaphor described. The determination of the magnitude of human memory capacity is not only theoretically significant in cognitive science, but also practically useful to unveil the human potential, as well as the gap between the natural and machine intelligence.

Saya masih mencoba mencari full artikelnya untuk melihat metode penelitian yang digunakan, namun saya rasa ini sudah menjawab pertanyaan.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 25, 2010, 09:43:11 AM
gimana cara ukurnya ya? apakah otak punya 1 strukutr sebagai harddisk? ???
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: TheFEARLESS pada Juni 10, 2010, 08:57:57 AM
bagaimana sih cara melatih otak agr memori yang ada di otak berkembang  :-\[justify][/justify]
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Juli 02, 2010, 03:06:11 PM
latihan atau belajar (melakuak repetisi) ingat proses long term potentiation (LTP)..
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: nate river pada Juni 17, 2011, 05:02:47 PM
kayakna sesuatu yang memiliki arti khusus bagi seseorang juga bisa membuat orang tsb terus mengingatnya (informasi yang di terima org tsb masuk ke long term memory)
makannya sherlock holmes bilang,,jangan hanya melihat tapi juga harus mengamati....
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: hery_hunterz pada Juni 18, 2011, 11:41:25 AM
gimana carnya bisa tahu...???
lalu napa ada orang yang bodoh, pelupa, IQ rendah, dll...???
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Agustus 16, 2011, 04:17:53 AM
gimana carnya bisa tahu...???
lalu napa ada orang yang bodoh, pelupa, IQ rendah, dll...???

Bodoh dan pintar hanyalah definisi yang bisa dikenakan berkaitan dengan nilai IQ, bukan untuk hal lain. Kenyataanya secara keseluruhan, tiap orang adalah pandai dalam hal tertentu dan bodoh dalam hal lain.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: MonDay pada Agustus 17, 2011, 12:18:15 PM
Bodoh dan pintar hanyalah definisi yang bisa dikenakan berkaitan dengan nilai IQ, bukan untuk hal lain. Kenyataanya secara keseluruhan, tiap orang adalah pandai dalam hal tertentu dan bodoh dalam hal lain.
apa ini karena salah satu serabut sel diasah dan yang lain tidak diasah?
apakah kenyataannya bahwa sebenarnya kita semua memiliki blue print yang sama tetapi krn kondisi yang mana diasah menjadikan kita berbeda?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Farabi pada Agustus 17, 2011, 12:30:59 PM
Ya. Semua manusia sama, usaha yang membedakannya. Tapi memang ada kondisi kondisi tertentu yang membuat otak sukar untuk memahami sesuatu, misalkan, kerusakan otak, otak dimasuki suatu zat tertentu, kondisi fisik dsb.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: MonDay pada Agustus 18, 2011, 10:43:04 AM
hmm ini sempat ingin dibuktikan oleh Prof Yohannes Surya, slh satu fisikawan kita, dia mengajarkan fisika dan matematika pada orang2 papua dan berhasil, pembuktian bahwa orang2 timur sama cerdasnya :)
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Farabi pada Agustus 18, 2011, 12:16:39 PM
Berarti sudah terbukti, bukan sempat ingin dibuktikan.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: niners pada Agustus 19, 2011, 06:25:11 AM
klw OTAKQ... penuh dengan imajinasi... gak full full juga... :kribo:
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: MonDay pada Agustus 21, 2011, 08:55:33 AM
Berarti sudah terbukti, bukan sempat ingin dibuktikan.
terimkasih atas ralatnya
terbukti setiap manusia punya potensi

apakah benar mitos orang yang pernah memar otaknya (gegar otak) menjadi jauh lebih cerdas setelah sembuh?
karena berdasarkan pengakuan dan pengamatan sy, terbukti memang demikian
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Farabi pada Agustus 26, 2011, 07:25:10 AM
Kita belum tahu bagaimana ingatan dalam otak disimpan. Kita mempunya banyak sensor didalam tubuh, seperti mata, telinga dan kulit. Tapi sejauh yang bisa diamati, rasa pun ternyata disimpan pula dalam otak kita. Ada sekitar beberapa milyar neuron didalam otak kita, kalau 1 neuron menyimpan dalam hidup kita selama 1 hari, bisa dikatakan, tidak terbatas, setidaknya sampai kita habis umur, masih tersisa banyak tempat.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: asik tuh pada Agustus 27, 2011, 04:57:41 AM
maaf ikut posting,,

disalah satu buku yang saya baca,,
disebutkan bahwa otak manusia memiliki 1 triliun sel neuron
nah kbayangkan,??
1 sel neuron az bisa menyimpan berjuta memori apa lagi 1 triliun,,

dan disebutkan semakin hari otak manusia makin berkembang,,
disebutkan juga bahwa orang lansia masi mempunyai lebih dari setengah selneuron pada orang dwasa,,

maaf kalo salah,,
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: MonDay pada Agustus 27, 2011, 12:45:26 PM
Kita belum tahu bagaimana ingatan dalam otak disimpan. Kita mempunya banyak sensor didalam tubuh, seperti mata, telinga dan kulit. Tapi sejauh yang bisa diamati, rasa pun ternyata disimpan pula dalam otak kita. Ada sekitar beberapa milyar neuron didalam otak kita, kalau 1 neuron menyimpan dalam hidup kita selama 1 hari, bisa dikatakan, tidak terbatas, setidaknya sampai kita habis umur, masih tersisa banyak tempat.
sebenarnya bentuk memori (ingatan) itu berupa apa si di dalam otak?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Farabi pada Agustus 28, 2011, 12:50:47 AM
Itulah yang sedang dipelajari. Saya belum tahu.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: nate river pada Agustus 28, 2011, 10:11:04 AM
mungkin berupa impuls listrik....itu baru dugaan saya
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 28, 2011, 10:15:49 AM
mungkin juga dalam suatu  bentuk organ dalam otak kanan dan kiri..

juga baru imajinasi saya...
:D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Farabi pada Agustus 29, 2011, 07:52:40 AM
http://www.sciencedaily.com/releases/2011/08/110824093926.htm

Haduh ini istilahnya jelimet banget, ada yang bisa nerjemahkan?
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: asik tuh pada Agustus 29, 2011, 01:07:19 PM
satu hal,,,
semua yang ada bakal bisa dipecahin tapi tnggal mikirin gmana caranya???

ahahaha
(malah bikin ribet)
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Balya pada Agustus 30, 2011, 04:54:38 AM
Kutip
although this phenomenon occurs in very many areas of the brain
jadi blum kelar juga ni masalah..
;D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Dipanggil_Macan pada September 19, 2011, 09:52:47 AM
Wow, rame . . ..

Dr awal aq lihat banyak yg bicarain kalo manusia hanya menggunakan 10% dr kemampuan otaknya. Benar gk seh?
Menurut aq seh, mungkin saya. kenapa?
Otak, kecil ataupun besar memiliki fungsi yang sangat penting. Salah satu yang utama adalah mengatur kerja tubuh. Apabila manusia menggunakan 100% kemampuan otak, maka dia tidak akan bertahan satu hari pun. Mengapa? bisa kalian bayangkan jika kalian harus mengatur detak jantung perdetiknya sehingga darah dapat dipompa ke seluruh tubuh? Lalu kalian harus mengatur kemana saja nutrient yang ada dalam darah harus dilepaskan. dan tentu saja yang paling ribet adalah, kita harus mengatur kerja tiap sel yang ada didalam tubuh. Ingat, tiap sel ! ! !
padahal kita tentu tahu ada bahwa sel yang menyusun tubuh ini sangatlah banyak. Jika hal itu terjadi, yang bs kt lakukan mungkin hanya diam agar kt dpt bs membuat sistem tubuh bekerja dengan baik.
Oleh sebab itulah, kt membutuhkan suatu sistem tidak sadar yang diatur oleh otak. Suatu sistem yang otomatis berkerja untuk mempertahankan kerja tubuh.

Lalu daya ingat atau memory otak. Tak dipungkiri otak kita bs menyimpan hampir semuanya. Lalu apa batasannya? Kerusakan sel mungkin bs menjadi salah satu jawaban. yang aq tawu, sel otak adalah salah satu sel yang sangat sulit untuk diperbaiki karena sel tersebut tidak dapat memperbaiki selnya sendiri. Tidak seperti sel lain yang ada di dalam tubuh, sel otak tidak mempunyai banyak stem sel. stem sel merupakan sel yang dapat mengganti sel - sel rusak di tubuh. Berikutnya mungkin kita bs mempertanyakan "apakah bisa kita menjaga sel otak agar tidak rusak?" atau mungkin hanya mencegah kerusakannya agar tidaklah terlalu parah.

Kurasa butuh beberapa jurnal yang harus kita cari sehingga dapat menjawabnya dengan lebih baik. Atau bahkan kita harus melakukan penelitian lebih lanjut akan memori otak ini.

Buat teman², ini adalah forum sains. Jika menyangkut tentang sains, maka ada satu kalimat yang mesti kita pegang.

"prove of concept" atau "pembuktian"

Jgn OoT please . . .

Maafkan nubie jika ada salah kata.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: exile_rstd pada Oktober 03, 2011, 12:52:44 AM
terbatas atau tidaknya, tapi saya pernah membaca, dalam keadaan kita tidur, otak kita bekerja. menyimpan memory yang penting dan membuang yang tidak perlu. coba saja apakah anda ingat 100% jalan yang sering dilewati? pasti hanya sebagian bukan?
otak kita seperti mesin. dan otak jugalah yang menciptakan super computer, kalkulator.
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Farabi pada Oktober 03, 2011, 08:02:21 AM
Para peneliti mulai memahami bagaimana cara otak menyimpan memori, tapi masih panjang jalan didepan.
http://www.sciencedaily.com/releases/2011/09/110928110047.htm
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: danzJr pada Oktober 07, 2011, 03:13:49 AM
Wow, rame . . ..

Dr awal aq lihat banyak yg bicarain kalo manusia hanya menggunakan 10% dr kemampuan otaknya. Benar gk seh?


ya 10% kemampuan otak tapi tidak untuk kemampuan berfikir dan mengendalikan otak.

dulu di amerika ada kasus seorang anak gadis mampu melayangkan suatu benda hanya dengan meliriknya. menurut penelitian anak tersebut mampu mengendalikan 4% kemampuan otaknya dalam keadaan sadar.

tapi sayang kemudian itu menjadi riset rahasia negara amerika tersebut dan anak itu entah menghilang kemana tanpa ada penjelasan.

einstein juga pernah berkata 1% kegeniusan dan 99% imajinasi.
hal itu juga sudah membuktikan untuk menemukan sesuatu yang luar biasa bukanlah hal yang luar biasa bagi otak kita.

dan belum lagi masalah otak kiri, otak kanan, otak tengah, otak depan, otak belakang dan otak bawah sadar dan otak otak lainnya,

jadi sampai sekarang masih belum ada yang memastikan kemampuan otak manusia sebenarnya ;D

#kalau ada yang salah silakhan di benarkan ;D
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: MonDay pada Oktober 15, 2011, 01:40:39 AM
mungkin ga memori otak itu mirip seperti memori komputer
jd bentuknya berupa impuls 0 (tidak ada) dan 1 (ada)
ada dan tidak adanya itu belum tau sesuatunya apa hehehe

misalnya identifikasi warna
hitam 100100
putih 011011
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Oktober 15, 2011, 05:05:25 AM
dulu di amerika ada kasus seorang anak gadis mampu melayangkan suatu benda hanya dengan meliriknya. menurut penelitian anak tersebut mampu mengendalikan 4% kemampuan otaknya dalam keadaan sadar.

"Melayangkan" benda? Bener2 secara harfiah tuh? Kayak yg biasa dilakukan poltergeist gitu? Lalu apa hubungannya dg memori otak?  ???
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 15, 2011, 06:09:16 AM
Jika menganologikan dengan memori komputer, tadi ada yang bilang memori otak kita 108432 bit..Berarti terbatas juga ya..Masalahnya apakah memori di otak kita bisa diupgrade seperti memori komputer? Apakah regenerasi sel otak menjelaskan juga penambahan memori? Jika otak kita bisa "self upgrading", bisa jadi memori otak bisa tak terbatas..
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: danzJr pada Oktober 16, 2011, 12:03:46 AM
"Melayangkan" benda? Bener2 secara harfiah tuh? Kayak yg biasa dilakukan poltergeist gitu? Lalu apa hubungannya dg memori otak?  ???
]
untuk lebih jelasnya saya kurang tau karna itu sama saja seperti mencari tau area 51 dan tenang sains vs agama.
Tapi hal tadi jelas membuktikan jika manusia mampu mengendalikan kemampuan mereka berarti memory otaknyapun juga mampu "berkembang".
Tau kasus billy yg mempunyai 24 kepribadian dan di setiap kepribadiannya maka warna bola matanya akan berubah?
Dan tiap kepribadiannya mempunyai ingatan memorynya sendiri yang blm bisa dijelaskan.

otak kita adalah sistem terhebat jagad raya ini.
Para ahli mampu menjelaskan teori ini itu tapi tidak pernah mampu mengetahui kemampuan otak manusia,hanya sebatas pendapat dan argumentasi
Judul: Re: apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: nate river pada Oktober 16, 2011, 01:10:02 PM
dulu di amerika ada kasus seorang anak gadis mampu melayangkan suatu benda hanya dengan meliriknya. menurut penelitian anak tersebut mampu mengendalikan 4% kemampuan otaknya dalam keadaan sadar.

katanya sih otak bisa memancarkan gelombang.....bener atau nggak masih kontroversial....
Judul: Re:apakah memory otak kita tidak terbatas???
Ditulis oleh: exile_rstd pada Desember 15, 2011, 11:09:49 AM
gelombang...? dari yang saya tau, itu bisa terjadi melalui pindai MRI (Magnetic Resonance Imagine) ketika seserang dibaringkan dibilik magnetik, membuat atom H membentuk barisan didalam tubuh, ketika denyutan gelombang radio dilepaskan atom-atom tadi akan berpisah dari barisannya lalu membentuk barisan kembali. mereka memancarkan denyut gelombang radio utk membentuk gambar. seperti yang kita tau gelombang radio itu termasuk Very Low Frequensy. CMIIW