Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 24, 2022, 01:42:13 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 69
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: arti nyawa dan kematian  (Dibaca 41265 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #30 pada: Juni 12, 2009, 11:33:55 PM »
Mati, kalau si nyawa itu sudah tidak bisa bernafas lagi, alat pernafasannya sudah tidak berfungsi lagi, oksigen tidak masuk ke si nyawa... ;D
emangnya nyawa butuh oksigen? huaaah
"The pen is mightier than the sword"

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #31 pada: Juni 19, 2009, 12:51:29 PM »
klo metabolisme sebagai patokan sebagai tanda kehidupan, kenapa ada penelitian pada kaum yogi yg bisa mati (mati dalam artian tidak bernafas, jantung tidak berdetak dan fungsi metabolisme tidak berfungsi) beberapa hari kemudian hidup kembali
klo orang genetika mengartikan kehidupan dngn kemampuan untuk meneruskan ciri2 biologis kepeda keturunannya, bila memiliki ini berarti ia pantas disebut MH. berarti firus juga MH dooong


Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #32 pada: Juni 20, 2009, 03:17:38 AM »
klo metabolisme sebagai patokan sebagai tanda kehidupan, kenapa ada penelitian pada kaum yogi yg bisa mati (mati dalam artian tidak bernafas, jantung tidak berdetak dan fungsi metabolisme tidak berfungsi) beberapa hari kemudian hidup kembali
Yogi lebih pada membuat tubuh berada dalam kondisi mati suri, dimana kita sangat sulit mendeteksi tanda kehidupan. Tapi jelas gak mati, karena tidak terjadi proses kematian sel-sel yang ada. Mau referensi sederhana, kasus superman setelah melawan doomsday di Superman Dead.

klo orang genetika mengartikan kehidupan dngn kemampuan untuk meneruskan ciri2 biologis kepeda keturunannya, bila memiliki ini berarti ia pantas disebut MH. berarti firus juga MH dooong
Secara biologi, virus belum termasuk makhluk hidup.

Offline cignus

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 211
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • nobitaaaaaaaa
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #33 pada: Juli 04, 2009, 05:16:21 AM »
gua juga pernah denger penelitian dari buku yg sama (buku manusia dan atomnya yg ngararang Doktor dibidang ilmu kedokteran aku lupa pengarangnya) klo hewan molusca (gua juga lupa nama hewannya) ada yg bisa dikeringin sehingga mati dan tidak diketahui adanya metabolisme selama kira2 dua bulan, klo dia dibasahin lagi sebelum waktu tersebut dia hidup lagi, tapi klo lewat dari batas waktu tersebut dia mati, nah tuuh gimana?

klo firus kan punyanya cuma DNA dia gak punya RNA mangkanya nyari RNA dari korbannya, gua lebih setuju yg bilang klo virus termasuk kingdom baru dari semua kingdom yg ada

sebenernya batasan kehidupan sih belum diketahui dengan pasti, menurut gua masih rancu. misalnya yg dimaksud mewarisi ciri2 si induk ini apa? apakah  genetiknya, apakah basa amina (purin, pirimudin dkk) disebut ciri si induk. sekarang aku pikir firus komputerpun bisa mewarisi ciri2nya kepada keturunannya, bintang juga bisa tumbuh dari kecil, besar, kemudian beranak (supernova/ledakan bintang menghasilkan debu2 yg kemudian menghasilkan bintang baru)   

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #34 pada: November 07, 2009, 04:41:39 AM »
Nyawa memang tidak bisa dibahas dalam sains. Bahasan mengenai topik ini sudah masuk bisang filosofis dan agama atau pseudosains. Dalam dunia kedokteran, patoak seseorang mati adalah setelah ada tanda-tanda kematian batang otak. Bisa saja saat batang otak mati, fungsi vegetatif orang bersangkutan masih aktif, tanda2 vital masih ada. Tapi ia tidak akan pernah sadar. Ia "boleh" dibilang mati, setelah setidaknya ada konsensus dari 4 dokter, dokter saraf, dokter bedah saraf, dokter anestesi dan reanimasi.
Untuk makhluk hidup lainnya, saya kurang tahu. Sebab batasan hidup dan mati itu tidak jelas lagi.
Tantum valet auctoritas, quantum valet argumentatio

Offline faiqhr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 264
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
  • gnothi se afton
    • faiqhr
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #35 pada: November 22, 2009, 02:02:19 PM »
yaa, kita sedang membicarakan sebuah non-eksistensi dari kehidupan, berarti kita sedang membicarakan sesuatu yg tidak ada,

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #36 pada: Maret 01, 2011, 10:51:51 AM »
bgmn jika nyawa itu adalah energi?
tp benda mati yg dialiri energi tdk bergerak/hidup,
brarti mmg berpusat pd otak sbg kendali
*jd berpikir bhw manusia itu sprt sebuah karya robot

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #37 pada: Agustus 12, 2011, 04:37:46 PM »
bgmn jika nyawa itu adalah energi?
tp benda mati yg dialiri energi tdk bergerak/hidup,
brarti mmg berpusat pd otak sbg kendali
*jd berpikir bhw manusia itu sprt sebuah karya robot
lalu apa arti hidup itu sendiri?apakah semua benda yang bergerak disebut hidup?atau semua benda yang memiliki sistem pemrosesan seperti saraf dan dapat bergerak disebut hidup?
Jikalau memang nyawa itu adalah salah satu bentuk energi, dan dengan kenyataan energi adalah massa, dan massa bisa diukur, maka nyawa bisa seharusnya diukur, tapi hasil observasi tidak mendukung.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #38 pada: Agustus 13, 2011, 03:15:33 AM »
ada yang bilang ibarat sebuah hp nyawa itu baterenya pikiran (otak) itu chipnya dan tubuh itu badan hpnya

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #39 pada: Agustus 14, 2011, 07:05:33 AM »
Inti dari kita kan kesadaran, itu yang membuat kita merasakan sakit atau nikmat, robot atau komputer itu kan tidak punya kesadaran, biarpun mungkin reaksinya natural dan mirip makhluk hidup, tetap saja tidak berkesadaran. Nah apakah kita mau menerjemahkan nyawa sebagai kesadaran? Kalau begitu, dimana pusat kesadaran?

Kalau saya sih menduga, bahwa kita ini adalah satu buah sel saja, sebutir helicase yang bergerak dari sana kesini mendapatkan input dari sensor sensor di tubuh kita. Menurut saya sih itu. Dimana kalau sel tersebut kita copot, matilah seluruh sistem tubuh kita.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #40 pada: Agustus 14, 2011, 10:33:10 AM »
ini adalahp penjelasan yang paling masuk akal yang bisa saya temukan tentang kematian
http://science.howstuffworks.com/environmental/life/human-biology/brain-death.htm

Offline isaactaruma23

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 1
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #41 pada: Agustus 15, 2011, 02:14:47 AM »
yang disebut makhluk hidup itu apasih? sel-nya? ato ketika kumpulan sel udah bergabung dan bisa menjalankan suatu fungsi?
sel kan regenerasi tuh, berarti kalo ada sel mati itu disebut kematian ga?

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #42 pada: Agustus 16, 2011, 12:47:30 AM »
Nah bagaimana kita mendefinsikan kesadaran secara empiris, maksudnya mendefinisikannya berdasarkan batasan-batasan yang dapat diterima oleh panca indera, bukan penjelasan filosofis mengambang. Kalau satu2nya cara untuk mendeteksi/mengukur kesadaran makhluk hidup berdasarkan respon yang purposif, demikian juga robot yang diprogram untuk berespon secara purposif adalah hidup. Ciri2 apa yang tampak dari luar jika benda itu disebut hidup?jika Anda diberikan seonggok benda mirip daging yang berdenyut, bagaimana Anda bisa bilang itu hidup?apakah mengukur kesadarannya?apa parameter kesadaran?

Kesadaran manusiawi yang demikian tentu saja tidak bisa dipakai sebagai patokan untuk mendefinisikan hidup, sebab makhluk hidup lain selain manusia tidak memiliki kesadaran seperti itu. Sesungguhnya hewan lain pun memiliki tujuan2 yang purposif demi bertahan hidup, tapi bukan berdasarkan standar manusia.

Sejak lama kita mengalami kesusahan utk menentukan batasan kematian pada m.h. multiseluler, dan batasan yang ada sekarng lebih bersifat statistik atau konsensus, bukan batasan empiris yang melekat pada m.h. itu sendiri.

Lebih tepat jika ciri-ciri benda disebut hidup jika dan hanya jika ia memiliki sebagian atau seluruh ciri2 benda hidup pada umumnya SECARA KOLEKTIF, bukan berdasarkan ada atau tidaknya satu ciri saja (distributif), sebab satu ciri saja belum tentu dimiliki oleh makhluk hidup lain sesuai standar yang kita pakai di lain pihak bisa jadi satu ciri tersebut malah dimiliki benda mati tertentu. Misal, kemampuan untuk memprediksi kejadian di masa depan yang rumit, tidak ada makhluk hidup lain yang memiliki kemampuan seperti itu selain manusia, tapi ada benda yang kita bilang mati bisa memiliki kemampuan seperti itu, yaitu komputer peramal cuaca. Dari contoh tersebut, mana benda hidup dan mana benda mati?
« Edit Terakhir: Agustus 16, 2011, 12:55:26 AM oleh Hendy wijaya, MD »

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 62
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • ipoet sites
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #43 pada: Agustus 22, 2011, 08:04:56 AM »
menurut pemikiran saya yg telah saya temukan..  ::)
nyawa adalah bagian energi dari tubuh MH yg membuat sel, jaringan, organ, sistem organ MH dapat beraktifitas (aktif).
jika nyawa hilang dari tubuh MH maka sel, jaringan, organ, dan sistem organ akan berhenti beraktifitas (pasif), tetapi masih dapat di gunakan / di fungsikan.

jadi ibarat kita ini robot, nyawa adalah sumber energi (batu batre, aki, dsb).  ;D

Offline Hendy wijaya, MD

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 699
  • IQ: 25
  • Gender: Pria
Re: arti nyawa dan kematian
« Jawab #44 pada: September 11, 2011, 09:16:39 AM »
menurut pemikiran saya yg telah saya temukan..  ::)
nyawa adalah bagian energi dari tubuh MH yg membuat sel, jaringan, organ, sistem organ MH dapat beraktifitas (aktif).
jika nyawa hilang dari tubuh MH maka sel, jaringan, organ, dan sistem organ akan berhenti beraktifitas (pasif), tetapi masih dapat di gunakan / di fungsikan.
jadi ibarat kita ini robot, nyawa adalah sumber energi (batu batre, aki, dsb).  ;D
Baca dari awal bung..kok tahu2 komen yang udah ada n buat diskusi muter2 aja..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
27 Jawaban
14363 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2010, 12:26:20 PM
oleh Hendy wijaya, MD
21 Jawaban
25199 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2015, 02:25:51 AM
oleh Monox D. I-Fly
32 Jawaban
14833 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 26, 2014, 10:32:14 PM
oleh Monox D. I-Fly
34 Jawaban
263972 Dilihat
Tulisan terakhir November 16, 2017, 11:32:04 PM
oleh The Houw Liong
0 Jawaban
3083 Dilihat
Tulisan terakhir September 23, 2016, 07:10:48 AM
oleh nʇǝʌ∀