Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 22, 2021, 10:21:33 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 228
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Asam Basa dalam Tubuh  (Dibaca 24746 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline alteisen612

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 5
Asam Basa dalam Tubuh
« pada: Maret 29, 2009, 11:17:08 PM »
Kalau misalnya dalam tubuh kita terlalu asam, saya dengernya sih ntar organ pada rusak. Namun gimana jika dalam tubuh kita terlalu basa?
« Edit Terakhir: Maret 30, 2009, 10:33:13 PM oleh syx »

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Bila...
« Jawab #1 pada: Maret 30, 2009, 07:13:37 AM »
..tubuh kita atau dengan kata lain darah kita bila mengalami penurunan PH akan mengakibatkan asidosis, yang terjadi akibat melakukan olah raga yang terlalu intensif dan lama, penumpukan asam laktat yang menjadi pengaruh pegal linu...karena PH darah sekitar 7,3-7,4...dan apa bila mengalami kenaikan PH menjadi basa, maka akan mengalami alkalosis( sama dengan sebutan gol IA dan IIA pada sistem periodik yang dikenal dengan "abu"), peristiwa ini adalah peningkatan PH darah karena naiknya cadangan alkali didarah, akibatnya pada pencernaan disebut sebagai "Alkalosis metabolik", Mula-mula kadar H+ normal dengan sistem buffer bikarbonat.
.....Apabila terjadi pengurangan H+(pada penderita muntah-muntah,di mana HCl banyak hilang), akan terjadi kelebihan basa dan kekurangan asam. Jumlah HCO3- akan naik pada waktu terjadi proses buffer. Jika HCO3 naik, berarti total
buffer base darah juga naik.
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #2 pada: Maret 31, 2009, 06:27:37 AM »
lho klo kbanyakan asam laktat bukannya ph darah turun?

itu juga bisa di atasi di ginjal,
ion H+ dikluar kan..
di tubulus kontortus distal...
namanya augmentasi...
jadi air seni kita yg jadi asam..Ph ny air seni sekitar 4...
klo basa ya K+ yg di kluarkan sama air seni, Phnya bisa ampe 7,4 lebih...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #3 pada: Maret 31, 2009, 12:21:34 PM »
lho klo kbanyakan asam laktat bukannya ph darah turun?


baca yang benar apa yang telah kutulis diatas, PH turun alias asidosis itu kan asam.....

namanya augmentasi...

augmentasi itu bukannya peristiwa pengumpulannya....?
« Edit Terakhir: Maret 31, 2009, 12:25:20 PM oleh nandaz »

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #4 pada: April 02, 2009, 04:21:46 AM »
..tubuh kita atau dengan kata lain darah kita bila mengalami penurunan PH akan mengakibatkan asidosis, yang terjadi akibat melakukan olah raga yang terlalu intensif dan lama, penumpukan asam laktat yang menjadi pengaruh pegal linu...karena PH darah sekitar 7,3-7,4...
itu km bilang asidosis...turun ph darahnya..tapi koq 7,3-7,4.....
yg bener d bawah 7 kan...
trus setauku, augmentasi itu proses pengeluaran nya itu..
dari buku2 yg gue plajari dsb....

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #5 pada: April 02, 2009, 06:35:25 AM »
nandaz dan muztank, biar saya luruskan...
--kelebihan asam laktat dalam darah ketika misalnya habis olahraga akan segera diatasi tubuh dengan membuat ATP secara anaerob (fermentasi).
--augmentasi artinya penambahan, yakni bagian dari tiga tahap penyaringan darah dalam ginjal:filtrasi,reabsorbsi,augmentasi...
--sementara itu yang dikatakan nandaz "pengumpulan", mungkin keliru dengan "penggumpalan" alias aglutinasi darah.
"The pen is mightier than the sword"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #6 pada: April 02, 2009, 06:39:57 AM »
tapi kan penurunan kadar asam laktat ini perlu waktu... asam ini yang menimbulkan rasa lelah.

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #7 pada: April 02, 2009, 07:29:23 AM »
tapi kan penurunan kadar asam laktat ini perlu waktu... asam ini yang menimbulkan rasa lelah.
yep...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #8 pada: April 02, 2009, 12:16:56 PM »
itu km bilang asidosis...turun ph darahnya..tapi koq 7,3-7,4.....
yg bener d bawah 7 kan...

nih belum baca dengan pemahaman nih,....PH 7,3-7,4 itu untuk darah(PH darah, bukan PH pengaruh asidosis)...aku cuman menyruh setiap pembaca menalarkan akibat penurunan keasaman.....tentusaja dibawah 7,3-7,4 tersebut, kalo masi ngga ngerti tanya aja lagi tentang PHnya...
tapi kan penurunan kadar asam laktat ini perlu waktu... asam ini yang menimbulkan rasa lelah.
tentusaja....

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #9 pada: April 05, 2009, 09:21:42 AM »
ngerti koq... :'( sadis amat ni nandaz
wkwk
@biobio
y itu maksudku penambahan ion H+ ato K+

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #10 pada: April 05, 2009, 12:16:32 PM »
...wah, aku ngga sadis kok...justru diskusinya tambah asikkan kalo ada personal yang nanya.... ;D ;D ;D ;D ;D

Offline biobio

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #11 pada: April 08, 2009, 08:44:26 AM »
maaf, kelihatannya ada sedikit miskonsepsi mengenai dermentasi laktat...
posting saya sebelumnya agak kurang beres,,, yang benar adalah bhw tubuh yang berolahraga akan merasa lelah karena ATP nya tidka mencukupi, sedangkan untuk membuat ATP secara aerob tdk bisa lebih bnayak lagi krn oksigen terbatas, maka tubuh mulai membuat ATP secara fermentasi (cuma dapet 2 ATP kalo g salah) yang notabene anaerob..namun, fermentasi itu ada produk samping berupa asam laktat yang menimbulkan linu2 gitu lah, dan untuk menguraikannya perlu oksigen...itulah mengapa setelah olahraga, kita ngos2an..

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #12 pada: April 08, 2009, 08:52:39 AM »
bagaimana dengan mengenai lelah kemudian mengantuk bila di buat istirahat?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #13 pada: April 08, 2009, 12:32:47 PM »
....kalo ngga salah, saat kita berolah raga itu.... apa bila kita kekurangan energi untuk melakukan aktifitas yang lebih lanjut maka tubuh mempunyai caranya sendiri dengan memulai membakar lipid glikogen dalam tubuh, inikan yang merupakan hasil simpanan berupa adenosintriphospat(ATP) akan dirobah menjadi adenosindiposphat(ADP), dan selanjutnya kelelahan yang dibilang UL lalu beristrirahat....kurasa ini memungkinkan manusia harus mengambil suplai oksigen yang lebih, karena hasil fermentasi itu adalah CO2 yang akan dikeluarkan lewat hidung maupun mulut dan prosesnya yang mula-mula cepat jadi melambat sehingga membuat sirkulasi kembali jadi normal, alasan kenapa ngantuk sehabis olahraga mungkin karena pembakaran yang telah dilakukan memakan banyak energi,sehingga tubuh memubuat diri sendiri menghemat tenaga yang tersisa dengan cara mengantuk agar tenaga tak terkuras terus2an itu masi terjaga untuk yang lain................

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: Asam Basa dalam Tubuh
« Jawab #14 pada: April 14, 2009, 12:14:04 AM »
hooooo
ya ya..

pokoknya atp itu diam bil satu pospatnya...jadi adp..diambil lagi jadi tingal monopospat...
ya gitu kan gampangannya?
trus jadi yg buat rasa lelah itu ya karna kita butuh oksigen buanyak buat mengurai asam laktat?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
194206 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2013, 04:45:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 » Kimia

17 Jawaban
14635 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2009, 09:53:22 AM
oleh sisca, chemistry
Teori Asam Basa

Dimulai oleh Media Kimia « 1 2 3 » Kimia

35 Jawaban
33096 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 07, 2010, 04:16:36 PM
oleh athiya_masruf
Titrasi Asam Basa

Dimulai oleh ehrgeizt « 1 2 » Kimia

24 Jawaban
18080 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 24, 2010, 09:54:27 AM
oleh ehrgeizt
5 Jawaban
7082 Dilihat
Tulisan terakhir April 22, 2013, 06:37:11 AM
oleh biobio