Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 12:08:18 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Spesies katak Barbourula kalimantanensis - katak tanpa paru-paru

Dimulai oleh reborn, Juli 10, 2008, 07:41:00 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Abis baca kompas nih.



Katak langka tanpa paru-paru yang hidup di hutan Kalimantan berhasil didokumentasikan di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, Kalimantan Barat. Spesies bernama Barbourula kalimantanensis yang memiliki habitat asli di Indonesia, Brasil, Filipina ini pernah dinyatakan punah pada 1978.

Katak Barbourula ini memiliki ukuran kira-kira hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Untuk yang jenis jantan ukurannya sekitar 66 milimeter, sedangkan untuk yang betina berukuran sekitar 77 milimeter. Kulit tubuh katak ini memiliki motif totol-totol.

Katak ini pertama kali ditemukan pada 1978 oleh Prof Dr Djoko Tjahjono Iskandar yang merupakan pakar herpetofauna, ampibi, dan reptil dari Departemen Biologi, Institut Teknologi Bandung. Barbourula baru diketahui tidak memiliki paru-paru saat Djoko dan tim peneliti yang melibatkan ahli biologi David Bickford dari Universitas Nasional Singapura kembali menemukan katak itu di TN Bukit Baka-Bukit Raya tahun 2007. Kali ini mereka melakukan penyayatan rutin dan memastikan tidak menemukan pary-paru pada tubuh katak tersebut. Laporan yang dimuat dalam Jurnal Current Biology edisi 6 Mei menyebutkan katak itu sangat istimewa karena tidak memiliki paru-paru dan bernapas melalui pori-pori kulitnya.

Sumber : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Link terkait :
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

bluesky

hebat..hebat bro...

setauku memang alam indonesia banyak banget species yang baru-baru, tapi beware dengan organisasi2 luar yang mendanai lalu mengklaim itu punya mereka...ahhh... >:(
yang suka di lab silahkan masuk ke...

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

syx

bukan salah mereka sepenuhnya... kita ikutan andil. ga mo menggali kekayaan alam malah cenderung merusaknya.

mochimo

Gila, specimen unik tuh! 
Tapi ga ada gaungnya yak di dalam negeri..

Waduh, diliat liat tampangnya mah biasa aja, ntar klo ketemu di pinggir utan, ketangkep trus dijadiin umpan mancing salah siapa dunk :p

Save picnya aaah, kali aja ketemu di jalan.  Ntar tak jadiin koleksi.  He he..

biobio

Barbourula kalimantanensis? Aneh...kok pake 'kalimantan' y?biasanya,pake 'borneo' dilatinkan jadi borneensis...cnthnya Phalaenopsis borneensis, Liparis borneensis,dlsb. Hehehe..tp mnarik jg,bro!
"The pen is mightier than the sword"

tovic

wah keren tuh..
bernafas dg kulit kayak bangsa cacing dong...
kalo siklus hidupnya sama gak dg katak yang lain?
pernah punya insang ga?wktu berudu

pai99

hmm,,
btw btw,, profesor djoko t. iskandar tu dosen awak lo,,
hehehe,,
bangga juga kuliah di bio itb
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

biobio

wah,ditinggal sminggu aja uda tmbh rame aja forum ini.hahaha...iyalah,itb memang slh 1 yg terbaik.hahaha..
"The pen is mightier than the sword"

pai99

Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

milmi

Kutip dari: pai99 pada November 27, 2008, 10:15:27 AM
kk biobio nak bio itb juga yah?

maap OOT
Hayo, jangan menyombongkan alamater di sini, di sini almamaternya beragam. Silahkan kembali ke topik, atau thread dikunci.

biobio

wah,biobio bukan itb. Kl sy itb,g mungkin memuji2 almamater sendiri...terkesan gimana gt..Hahaha...jgn bw nama2 almamater lg deh...ntar dimarahi kk milmi.^^
"The pen is mightier than the sword"

pai99

waaaahhh,, kk milmi..
maap2, pendatang baru soalna niy..
mohon bimbingannya..
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i