Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 14, 2022, 07:43:27 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 39
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bunga

Dimulai oleh Muhammad Farhan, Januari 09, 2011, 10:15:51 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Muhammad Farhan

1.) Apa saja jenis dan contoh tumbuhan bunga tunggal dan bunga majemuk?

2.) Apa yang dimaksud dengan monoecious dan dioecious?

syx

1. bunga tunggal atau majemuk sepertinya hanya masalah berapa bunga dalam satu tangkai. bunga tunggal cuma punya satu bunga dalam satu tangkai, sedangkan bunga majemuk lebih dari satu. contoh bunga tunggal adalah mawar, sedangkan bunga majemuk misalnya padi. CMIIW.

2. monoecious: satu tanaman punya dua bunga yang masing-masing punya jenis kelamin yang berbeda, yaitu bunga jantan dan bunga betina. contohnya: jagung. bunga jantan ada di atas, sehingga memudahkan penyebaran dengan bantuan angin. bunga betina ada di ketiak daunnya yang nantinya jadi bonggol jagung dan bijinya.



dioecius: ini mirip kaya manusia, ada yang jantan, ada yang betina. tanaman 'jantan' cuma akan menghasilkan bunga jantan. sedangkan tanaman 'betina' hanya akan menghasilkan bunga betina. jadi pengertiannya satu tanaman yang hanya menghasilkan bunga dengan satu jenis kelamin. contohnya: kantung semar atau nepenthes.


Monox D. I-Fly

Kutip dari: syx pada Januari 11, 2011, 04:45:28 PM
tanaman 'jantan' cuma akan menghasilkan bunga jantan. sedangkan tanaman 'betina' hanya akan menghasilkan bunga betina. jadi pengertiannya satu tanaman yang hanya menghasilkan bunga dengan satu jenis kelamin. contohnya: kantung semar atau nepenthes.



Lah? Kalau gitu kenapa pake' dibedain jantan dan betina? Bisa berkembangbiak secara generatif nggak? Kalau bisa, "anak"nya jantan atau betina?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

embrio11s

Kutip dari: Monox D. I-Fly pada Oktober 11, 2014, 08:14:43 PM
Lah? Kalau gitu kenapa pake' dibedain jantan dan betina? Bisa berkembangbiak secara generatif nggak? Kalau bisa, "anak"nya jantan atau betina?
Pada tumbuhan ada kelompok yang bisa dibedakan tumbuhan jantan1 dan tumbuhan betina2, tetapi ada tumbuhan hermaprodit dengan bagian jantan dan betina pada satu bunga3, ada pula tumbuhan hermaprodit dengan bagian jantan dan betina tidak dalam satu bunga4.
Mengepa bisa seperti ini? Pola tersebut tergantung tipe determinisme seksual tumbuhan yang bersangkutan.
Tipe 1 dan 2 determinisme seksual dikendalikan oleh kromosom yang berbeda. Jadi individu tumbuhan jantan hanya memiliki faktor jantan tetapi tidak memiliki faktor betina, berlaku sebaliknya pada individu tumbuhan betina.
Tipe 3 dan 4 memiliki kedua faktor (jantan dan betina) dalam satu individu, tetapi berbeda pola ekspresi dari faktor tersebut. Tipe 3 mengekspresikan faktor jantan dan faktor betina pada daerah yang sama (terbentuk bunga banci). Tipe 4 mengekspresikan faktor jantan berbeda daerah dengan faktor betina (terbentuk bunga jantan dan bunga betina pada tempat yang berbeda dalam 1 individu).
Tipe 1 dan 2 disebut tumbuhan dioecious
Tipe 4 disebut tumbuhan monoecious

Adal lagi tipe pembungaan unik, yaitu andromonoecious (satu individu tumbuhan terdapat bunga banci dan bunga jantan) dan gynomonoecious (satu individu tumbuhan terdapat bunga banci dan bunga betina). Diduga tipe ini berhubungan dengan pola ekspresi unik pada ABCDE gene model