Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 08:15:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bentuk vitamin  (Dibaca 6685 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline imad323

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
  • ForSa!
Bentuk vitamin
« pada: Januari 08, 2015, 12:41:35 AM »
Banyak vitamin yang telah diketahui seperti vitamin A, B, C, D, dst. Namun sebenarnya bentuk vitamin itu seperti apa sih? apakah dia termasuk senyawa ataukah hanya sebagai suatu sifat dari senyawa tertentu???  ::)

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #1 pada: Januari 08, 2015, 10:16:56 AM »
Kutip
An organic chemical compound (or related set of compounds) is called a vitamin when the organism cannot synthesize the compound in sufficient quantities,
http://en.wikipedia.org/wiki/Vitamin

Ini ya. Berarti vitamin adalah bagian pembentuk tubuh terkecil yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh. Seperti yang anda ketahui sel disintetis oleh tubuh, jadi bisa diproduksi oleh tubuh, tapi dengan menggunakan vitamin.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline imad323

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
  • ForSa!
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #2 pada: Januari 10, 2015, 11:43:52 PM »
bagaimana dengan vitamin D. setahu saya dia bisa disintasis oleh tubuh dari senyawa 7-dehidrokolesterol. jadi vitamin D bukan termasuk vitamin?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #3 pada: Januari 11, 2015, 01:40:13 AM »
bagaimana dengan vitamin D. setahu saya dia bisa disintasis oleh tubuh dari senyawa 7-dehidrokolesterol. jadi vitamin D bukan termasuk vitamin?

Yidak tahu. menurut wikipedia vitamin didefinisikan seperti itu.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #4 pada: Januari 13, 2015, 07:55:26 AM »
Banyak vitamin yang telah diketahui seperti vitamin A, B, C, D, dst. Namun sebenarnya bentuk vitamin itu seperti apa sih? apakah dia termasuk senyawa ataukah hanya sebagai suatu sifat dari senyawa tertentu???  ::)
vitamin termasuk senyawa... tetapi bukan merupakan kelompok senyawa. suatu senyawa tergolong vitamin lebih didasarkan pada fungsinya terhadap metabolisme tubuh, bukan karena bentuknya.

bagaimana dengan vitamin D. setahu saya dia bisa disintasis oleh tubuh dari senyawa 7-dehidrokolesterol. jadi vitamin D bukan termasuk vitamin?
vitamin D tidak bisa disintesis tubuh tanpa paparan sinar matahari.

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #5 pada: Februari 24, 2015, 01:38:27 PM »
vitamin termasuk senyawa... tetapi bukan merupakan kelompok senyawa. suatu senyawa tergolong vitamin lebih didasarkan pada fungsinya terhadap metabolisme tubuh, bukan karena bentuknya.

Yup, yup. Buat tambahan aja, Vitamin yg langsung ngefek ke Metabolism itu Vit D, dan vitamin buat kofaktor Enzim; mengingat vitamin adalah Regulator, senyawa yg sebenarnya tdk berfungsi tetap buat tubuh tpi tetap esensial. Vitamin C yg penting buat manusia bisa aja adalah racun paling mematikan mamalia lain.

Vit D disekresi lapisan kulit, dlm bentuk mentahan (inaktif) diaktifkan di hati dan ginjal. Nanti. Ciao.
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #6 pada: April 16, 2015, 04:59:16 PM »
Seperti dijelaskan di atas, vitamin itu merukapan kelompok molekul yang memiliki fungsi metabolis di dalam tubuh. Berikut struktur kimia dari vitamin2 tersebut:

...setetes air di samudera luas...

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #7 pada: Juni 03, 2015, 01:42:27 PM »
Seperti dijelaskan di atas, vitamin itu merukapan kelompok molekul yang memiliki fungsi metabolis di dalam tubuh. Berikut struktur kimia dari vitamin2 tersebut:



Gak utk semua hewan...
Vitamin C (Asam L. Askorbat) sbenarnya adlah asam racun loh :)

hewan yg bsa menggunakannya sbg vitamin cmn:
> Anjing
> Babi
> Monyet monyetan (Simian)
> Manusia (sry, gw kategori'in sbg monyet, skali skali ikut metode darwin)

Mtur nuwun :D

Offline abdillahibnunasrullah

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 2
  • ganbate senpai ! ♡
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #8 pada: Juni 06, 2015, 12:57:14 PM »
Gak utk semua hewan...
Vitamin C (Asam L. Askorbat) sbenarnya adlah asam racun loh :)

hewan yg bsa menggunakannya sbg vitamin cmn:
> Anjing
> Babi
> Monyet monyetan (Simian)
> Manusia (sry, gw kategori'in sbg monyet, skali skali ikut metode darwin)

Mtur nuwun :D
Alasannya kok bisa cuman hewan itu doang yg bisa pakai kenapa kakak? Maklum, akukan masih cupu...
Senpai daisuki ♡♡♡
Ganbate senpai ♡♡♡

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Bentuk vitamin
« Jawab #9 pada: Juni 07, 2015, 11:20:51 PM »
Alasannya kok bisa cuman hewan itu doang yg bisa pakai kenapa kakak? Maklum, akukan masih cupu...

Alasannya? toleransi suatu zat trhadap sel di tubuh...

Ada beberapa hewan yg bisa makan racun tanpa keracunan, itu krn toleransi... sel gk bakalan berubah ato mati klo kena racun itu...

Matur nuwun :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
96 Jawaban
56347 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2012, 10:56:42 AM
oleh mhyworld
13 Jawaban
13871 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2010, 02:30:08 AM
oleh nandaz
0 Jawaban
2282 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2011, 01:36:23 AM
oleh Chanz99
0 Jawaban
1141 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2015, 08:41:37 PM
oleh liransa88
7 Jawaban
179617 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2016, 10:47:44 AM
oleh tita