Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 28, 2022, 08:25:41 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 33
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bentuk vitamin

Dimulai oleh imad323, Januari 07, 2015, 09:41:35 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

imad323

Banyak vitamin yang telah diketahui seperti vitamin A, B, C, D, dst. Namun sebenarnya bentuk vitamin itu seperti apa sih? apakah dia termasuk senyawa ataukah hanya sebagai suatu sifat dari senyawa tertentu???  ::)

Farabi

Kutip
An organic chemical compound (or related set of compounds) is called a vitamin when the organism cannot synthesize the compound in sufficient quantities,
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Ini ya. Berarti vitamin adalah bagian pembentuk tubuh terkecil yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh. Seperti yang anda ketahui sel disintetis oleh tubuh, jadi bisa diproduksi oleh tubuh, tapi dengan menggunakan vitamin.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

imad323

bagaimana dengan vitamin D. setahu saya dia bisa disintasis oleh tubuh dari senyawa 7-dehidrokolesterol. jadi vitamin D bukan termasuk vitamin?

Farabi

Kutip dari: imad323 pada Januari 10, 2015, 08:43:52 AM
bagaimana dengan vitamin D. setahu saya dia bisa disintasis oleh tubuh dari senyawa 7-dehidrokolesterol. jadi vitamin D bukan termasuk vitamin?

Yidak tahu. menurut wikipedia vitamin didefinisikan seperti itu.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

syx

Kutip dari: imad323 pada Januari 07, 2015, 09:41:35 AM
Banyak vitamin yang telah diketahui seperti vitamin A, B, C, D, dst. Namun sebenarnya bentuk vitamin itu seperti apa sih? apakah dia termasuk senyawa ataukah hanya sebagai suatu sifat dari senyawa tertentu???  ::)
vitamin termasuk senyawa... tetapi bukan merupakan kelompok senyawa. suatu senyawa tergolong vitamin lebih didasarkan pada fungsinya terhadap metabolisme tubuh, bukan karena bentuknya.

Kutip dari: imad323 pada Januari 10, 2015, 08:43:52 AM
bagaimana dengan vitamin D. setahu saya dia bisa disintasis oleh tubuh dari senyawa 7-dehidrokolesterol. jadi vitamin D bukan termasuk vitamin?
vitamin D tidak bisa disintesis tubuh tanpa paparan sinar matahari.

MuhammadRyan

Kutip dari: syx pada Januari 12, 2015, 04:55:26 PM
vitamin termasuk senyawa... tetapi bukan merupakan kelompok senyawa. suatu senyawa tergolong vitamin lebih didasarkan pada fungsinya terhadap metabolisme tubuh, bukan karena bentuknya.

Yup, yup. Buat tambahan aja, Vitamin yg langsung ngefek ke Metabolism itu Vit D, dan vitamin buat kofaktor Enzim; mengingat vitamin adalah Regulator, senyawa yg sebenarnya tdk berfungsi tetap buat tubuh tpi tetap esensial. Vitamin C yg penting buat manusia bisa aja adalah racun paling mematikan mamalia lain.

Vit D disekresi lapisan kulit, dlm bentuk mentahan (inaktif) diaktifkan di hati dan ginjal. Nanti. Ciao.
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

milmi

Seperti dijelaskan di atas, vitamin itu merukapan kelompok molekul yang memiliki fungsi metabolis di dalam tubuh. Berikut struktur kimia dari vitamin2 tersebut:


MuhammadRyan

Kutip dari: milmi pada April 16, 2015, 01:59:16 AM
Seperti dijelaskan di atas, vitamin itu merukapan kelompok molekul yang memiliki fungsi metabolis di dalam tubuh. Berikut struktur kimia dari vitamin2 tersebut:



Gak utk semua hewan...
Vitamin C (Asam L. Askorbat) sbenarnya adlah asam racun loh :)

hewan yg bsa menggunakannya sbg vitamin cmn:
> Anjing
> Babi
> Monyet monyetan (Simian)
> Manusia (sry, gw kategori'in sbg monyet, skali skali ikut metode darwin)

Mtur nuwun :D
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

abdillahibnunasrullah

Kutip dari: MuhammadRyan pada Juni 02, 2015, 10:42:27 PM
Gak utk semua hewan...
Vitamin C (Asam L. Askorbat) sbenarnya adlah asam racun loh :)

hewan yg bsa menggunakannya sbg vitamin cmn:
> Anjing
> Babi
> Monyet monyetan (Simian)
> Manusia (sry, gw kategori'in sbg monyet, skali skali ikut metode darwin)

Mtur nuwun :D
Alasannya kok bisa cuman hewan itu doang yg bisa pakai kenapa kakak? Maklum, akukan masih cupu...
Senpai daisuki ♡♡♡
Ganbate senpai ♡♡♡

MuhammadRyan

Kutip dari: abdillahibnunasrullah pada Juni 05, 2015, 09:57:14 PM
Alasannya kok bisa cuman hewan itu doang yg bisa pakai kenapa kakak? Maklum, akukan masih cupu...

Alasannya? toleransi suatu zat trhadap sel di tubuh...

Ada beberapa hewan yg bisa makan racun tanpa keracunan, itu krn toleransi... sel gk bakalan berubah ato mati klo kena racun itu...

Matur nuwun :D
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"