Forum > Biologi

Biologi Untuk Pemula

(1/8) > >>

reborn:
Temen-temen,

Ada ide nih, mudah-mudahan berguna. Biar diskusi kita lebih mantap dan terorganisir dengan baik (keren ga bahasa gw  8) hehe), kita mulai dengan pengenalan-pengenalan dasar dulu, baru kemudian membahas masalah-masalah yang lebih spesifik satu per satu.

Beberapa hal yang terpikir oleh saya :

1. Apa itu biologi dan apa saja yang dipelajari dalam biologi?
2. Cabang-cabang ilmu biologi apa aja sih?
3. Silahkan dilanjut ;D

Topik seperti ini mungkin nantinya perlu dibuat di setiap forum (terutama buat basic science kali). Idenya adalah, topik ini akan dipakai sebagai indeks dan tiap kali butuh referensi bisa liat di sini. Apa aja yang bakal ada di sini? Nah, untuk detilnya kita serahkan kepada pakar-pakarnya aja ya  ;D Mungkin juga thread ini bisa dipakai untuk mengindeks topik-topik yang menarik.

Indeks Topik Biologi Untuk Pemula :

1. Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi
2. Konsep Hidup dan Kehidupan
3. Virus, Viroid, Prion, Rickettsia dan Chlamydia
4. Jaringan Makhluk Hidup
5. Pembelahan Sel
6. Pengertian Adaptasi

Topik Menarik dalam Biologi :

1. Sistem Pertahanan Tubuh
2. Extinct Animals
3. All About PCR/RT-PCR
4. Stem cells
5. [project] video-video biologi
6. Tumbuhan Karnivora

cheloniamydas:
3. Aplikasi Biologi dalam kehidupan : misalnya untuk deteksi kelainan genetik dalam dunia kedokteran (ex: deteksi dini gen pembawa thalasemia), dalam dunia kedokteran hewan (ex: deteksi genetik Flu burung & Phylogenetic tree nya), dalam dunia kepolisian (ex: tujuan FOrensik dan deteksi DNA pelaku kejahatan dan korban kejahatan yang tak teridentifikasi scr langsung (korban bom) ) dlll.
4......

milmi:

--- Kutip dari: cheloniamydas pada Juli 22, 2008, 05:09:17 AM ---3. Aplikasi Biologi dalam kehidupan : misalnya untuk deteksi kelainan genetik dalam dunia kedokteran (ex: deteksi dini gen pembawa thalasemia), dalam dunia kedokteran hewan (ex: deteksi genetik Flu burung & Phylogenetic tree nya), dalam dunia kepolisian (ex: tujuan FOrensik dan deteksi DNA pelaku kejahatan dan korban kejahatan yang tak teridentifikasi scr langsung (korban bom) ) dlll.

--- Akhir Kutipan ---

Wah, lebih baik jangan dahulu terlalu jauh ke arah aplikasi yg rumit. Kita mantapkan saja dasar-dasar dari ilmu biologinya, karena tanpa dasar yang kuat, maka bangunan aplikasi di atasnya mudah goyah. Bagaimana menjelaskan tentang deteksi gen apabila definisi dari gen sendiri masih banyak yg bingung? Bagaimana menjelaskan identifikasi molekular korban bom apabila istilah-istilah seputar primer, DNA template, PCR, restriction enzyme, blunt end, sticky end dll belum dipahami dengan baik? Jadi, lebih baik kembali ke dasar kan?
Oh iya, usul donk pak admin. Dari pada dibuat thread, lebih baik di bawah kategori biologi, dibuat sub kategori, contoh sub kategori biologi untuk pemula, sub kategori biologi terapan, dll. Tp usul aja seeh (jd mirip ya nanti sama Forum Biologi UGM :P):D

reborn:
Setuju, di sini yang dibahas bener-bener dasarnya dulu, tujuannya untuk referensi kalo pas bahas topik tertentu entah lupa atau sekedar ngasih tau anggota lain dasarnya apa. Bisa juga nantinya dijadiin indeks. Sekiranya ada topik yang cukup mendalam bahasannya, nanti diindeks juga di sini.

Soal sub forum, yang ada sekarang kan Biologi dan Biologi SMU (untuk bahasan pelajaran dan kurikulum SMU). Kalo dibuat sub kategori lagi di Biologi jadi terlalu spesifik dan terlalu banyak forumnya, sementara topiknya masih sedikit. Sepertinya, setidaknya untuk sekarang, disatuin aja dulu di sini. Kalo nanti memang udah terlalu banyak topiknya memang sebaiknya dibuat lagi sub kategorinya. Gitu kali ya.

cheloniamydas:

--- Kutip dari: milmi pada Juli 22, 2008, 11:33:48 PM ---Wah, lebih baik jangan dahulu terlalu jauh ke arah aplikasi yg rumit. Kita mantapkan saja dasar-dasar dari ilmu biologinya, karena tanpa dasar yang kuat, maka bangunan aplikasi di atasnya mudah goyah. Bagaimana menjelaskan tentang deteksi gen apabila definisi dari gen sendiri masih banyak yg bingung? Bagaimana menjelaskan identifikasi molekular korban bom apabila istilah-istilah seputar primer, DNA template, PCR, restriction enzyme, blunt end, sticky end dll belum dipahami dengan baik? Jadi, lebih baik kembali ke dasar kan?
Oh iya, usul donk pak admin. Dari pada dibuat thread, lebih baik di bawah kategori biologi, dibuat sub kategori, contoh sub kategori biologi untuk pemula, sub kategori biologi terapan, dll. Tp usul aja seeh (jd mirip ya nanti sama Forum Biologi UGM :P):D

--- Akhir Kutipan ---

mungkin nanti kalau udah ada topik ttg biologi molekular, nanti aku  ngasih tulisan atau artikelnya, tq atas usulnya  :)

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap