Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 12:39:32 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Dimulai oleh xacteer, November 10, 2011, 07:31:33 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

biobio

Kutip dari: Monox D. I-Fly pada November 14, 2011, 03:52:51 PM
Hmmm... Mungkin emang itu kali ya yg dimaksud sama guruQ?  ::)
Tetap berlebihan.
"The pen is mightier than the sword"

semut-ireng

Virus bila di luar tubuh adalah suatu benda mati ( dormant ),  tapi mungkin ada sebagian jenis virus  ( atau semua jenis virus ? ) yang menjadi aktif setelah terkena paparan radiasi UV,  baik UV yang berasal dari sinar matahari ato dari lampu UV,  benar ato ga sih ?

syx

sepertinya malah kebalikannya... dengan paparan uv virusnya malah rusak.

?

ada penemuan yang mengatakan tumbuhan juga mempunyai pusat semacam otak di bagian akar hampir ke ujung yang mengirimkan pesan-pesan ke bagian yang lain. Ada di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].

semut-ireng

Trigger Effect

Other studies show that some dormant viral cells can actually be activated by ultraviolet light, which is essentially serving as a trigger. According to Randall Hicks, associate professor and head of the University of Minnesota Duluth's Department of Biology, "UV light at the earth's surface as a result of thinning of the ozone layer... can also cause dormant viruses to become active."

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

semutdaun

Kayaknya dengan semakin berkembangnya jaman, definisi hidup semakin hablur, malah mungkin makin ga relevan.

Contoh:
Virus
Bakteri DNA nya dibuat dari Arsenik (racun) di Mono Lake

Manusia mati otak
Sel stem

syx

(ada dua spesies semut di sini...)

@semutireng: thanks untuk referensinya. terus mereka ngapain ya kalo aktif di luar makhluk hidup? untuk kebutuhan hidupnya kan mereka perlu onderdil dari makhluk hidup lain (inang).

semut-ireng

Kutip dari: syx pada November 18, 2011, 07:25:15 AM
(ada dua spesies semut di sini...)

@semutireng: thanks untuk referensinya. terus mereka ngapain ya kalo aktif di luar makhluk hidup? untuk kebutuhan hidupnya kan mereka perlu onderdil dari makhluk hidup lain (inang).

Saya belum begitu jelas bagaimana UV mengaktifkan virus di luar tubuh makhluk hidup.   Apa mungkin ada kaitannya dengan UV sebagai karsinogenik ?
Saya percaya,  UV bisa mengaktifkan virus di dalam tubuh manusia,  termasuk mengaktifkan / membangunkan HIV dari kondisi ' tidur '.   Rasanya soal peranan UV dalam mengaktifkan virus,  sudah ada beberapa hasil penelitiannya,  gak tahu kenapa belum ada warning dari WHO.

syx

ini yang bikin bingung. virus sepertinya tidak bisa bergerak aktif di luar tubuh inang. mereka berpindah secara pasif melalui media udara atau air. pengaktifan di bawah uv namun di dalam tubuh inang saya rasa lebih masuk akal. tapi tidak semua virus diaktifkan oleh sinar uv. banyak yang malah meninggal dunia akibat radiasi uv. uv sering dipakai sebagai salah satu cara sterilisasi, termasuk air.

semut-ireng

Penjelasan dari Randall Hicks tentang pengaruh UV sebagai pemicu pada infeksi tipe lysogenic ( dormant ) :

Kutip

Hicks explained that each virus attacks different bacteria. These viruses, known collectively as "bacteriophage," are somewhat similar to the viruses that attack humans. In order to work, they must first bump into and attach themselves to the bacteria. Once attached, the virus injects nucleic acid into the bacterial cell. This nucleic acid then becomes incorporated into the bacteria's DNA. "But," said Hicks, "there are two types of viral infections - lytic (active) and lysogenic (dormant)."

"In a lytic infection, the virus takes over the metabolic machinery of a bacterium right away, tells the cell to produce new viral particles, and eventually ruptures the bacterial cell wall to release these new viral particles, which may then infect other bacterial cells," said Hicks. Since a bacterium has only one cell, rupture of the cell wall causes it to die.

In a lysogenic infection, however, the viral nucleic acid is incorporated into the bacterial DNA, but it remains dormant- being replicated and passed on when a bacterial cell divides. These dormant viruses don't take control of the cell until they are activated by some sort of environmental trigger. Ultraviolet (UV) light from the sun is one of these triggers.


Pi-One

Tetap saja virusnya aktif saat berada dalam tubuh inang, bukan di luar inang...

semut-ireng

Ada juga kan virus pemakan virus ? ::)

syx

ntah... tapi apa yang diharapkan virus dari virus lainnya?
kalo virus pemakan bakteri ada, yaitu bakteriofag. ini potensial banget dikembangkan ke depannya untuk mengatasi infeksi akibat bakteri.

semut-ireng


Farabi

Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.