Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 09:28:19 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 56
Total: 56

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi

Dimulai oleh reborn, Agustus 03, 2008, 10:38:35 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Menindaklanjuti pembicaraan di biologi untuk pemula, topik ini khusus untuk membahas Definisi Biologi dan Cabang-Cabang Ilmu Biologi.
Kalau ada pertanyaan atau koreksi silahkan reply, tulisan di luar bahasan ini akan dihapus.

Terima kasih.


reborn

Definisi Biologi

Biologi berasal dari kata bios (βiος) dan logos (λόγος) yang merupakan bahasa Yunani, masing-masing artinya hidup dan ilmu. Jadi artinya ilmu alam yang mempelajari tentang organisme hidup dan interaksinya dengan lingkungan. Sebenarnya aspek yg dipelajari di biologi adalah semua yg berhubungan dengan makhluk hidup itu sendiri. Selain struktur, fungsi, tumbuh-kembang, dan adaptasi terhadap lingkungan tempat hidup, ada juga penggolongan makhluk hidup, habitatnya, peran pada lingkungan, asal-usul dan evolusinya. Biologi sangat luas karena semua makhluk hidup dipelajari, dari yang sekecil bakteri hingga yang sebesar paus putih. Karena begitu luasnya cakupan Biologi, maka dibuatlah cabang-cabang ilmu biologi.

Cabang-cabang Biologi

Cabang biologi terus-menerus bertambah, sesuai dengan perkembangan ilmu biologi itu sendiri. Antara lain mikologi (ilmu tentang fungi) yang dahulu disatukan dalam botani, sekarang dipisahkan, kemudian ada fikologi (ilmu tentang alga), lalu ada bryologi (ilmu lumut), ada ichtiologi (ilmu tentang ikan), karsinologi (ilmu tentang krustasea), mammologi (ilmu tentang mammalia), ornitologi (ilmu tentang burung), entomologi (ilmu tentang insekta), paratisologi (ilmu tentang parasit), etnobotani, dan etnozoologi.  Cabang biologi yg mempelajari virus disebut virologi, bakteri bakteriologi, mikroorganisme secara umum disebut mikrobiologi, tumbuhan botani, hewan zoologi, hubungan antara makhluk dan lingkungan disebut ekologi. Cabang yg mempelajari aspek kimia dari kehidupan disebut biokimia. Di sini masih bisa dibagi lagi menjadi biologi molekuler (interaksi antara molekul biologi), biologi seluler (interaksi antar pengguna telepon seluler? bukan! tapi berkaitan dengan sel), dan fisiologi (fungsi jaringan dan organ dalam tubuh). Masih buaanyaak lagi yang kalau di tulis disini pasti ngabisin satu halaman.

*Silakan om moderator syx dan milmi mengupdate ya  ;D

Michelle

Gimana nih, mau yang mana dulu yang dibahas? Judulnya "cabang-cabang biologi" tetapi pertanyaannya kok "apa itu biologi?"  ???
omne vivum ex vivo, so viva!

reborn

Ya di sini dibahas pengertian biologi, definisi, ruang lingkup, dan cabang-cabang biologi. Post kedua (sekarang reserved) itu nantinya yang akan koreksi dan ditambahin setelah ada masukan-masukan dari para member.
Kenapa seperti itu? Karena topik ini nantinya jadi referensi, jadi biar ga harus baca seluruh postingnya, cukup baca post kedua itu aja. Kalo salah dikoreksi dan nantinya post kedua itu diedit sama moderator. Untuk awal, gw coba pindahin yang udah ada di topik sebelah dulu deh. Yang lain tolong dikoreksi ya.

syx

kalo cabang-cabang dalam dunia kedokteran itu sebenernya keturunan dari biologi juga kan? seperti anatomi, histologi, fisiologi, morfologi, obstetri-ginekologi, andrologi, seksologi (ada ga?)...?

reborn

Seharusnya sih dari biologi juga. Tapi kedokteran kan ilmu terapan, multidisipliner, bukan lagi basic science dan hanya biologi. Kalo dari mata kuliahnya aja misalnya : biologi medis, kimia medis, fisiologi kedokteran, dll. Seksologi lagi, duh lagi hobi bahas itu di sini ya ;D Seksologi ada tapi bukan termasuk biologi keknya, dah multidisipliner itu.

syx

iya nih, banyak yg nanya... keliatannya bakal makin hot aja. ya kita-kita yg pengalaman ini yg musti kasi arahan yg bener buat para adik.

reborn

hehe, apanya yang hot ;D Iya, tolong diliat lagi deh tuh kalo ada yang perlu dikoreksi ato ditambah. Mungkin beberapa cabang biologi yang banyak dipake saat ini juga perlu diperlebar dikit penjelasannya.

Hypnerotomachia


Muztank

stuju..
lebih baek masuk di biologi aja de..
bio kimia asik juga..

nachan

tanya dunk..
klo bioteknologi??
apa hrus sing nggilani?
conto : mengubah kotoran hewan menjadi gas untuk kompor...
artinya sendiri apa?

thx :)

biobio

Kutip dari: nachan pada April 08, 2009, 10:22:37 PM
tanya dunk..
klo bioteknologi??
apa hrus sing nggilani?
conto : mengubah kotoran hewan menjadi gas untuk kompor...
artinya sendiri apa?

thx :)
Bioteknologi ato teknobiologi kasarnya adalah aplikasi teknologi yang memerlukan bantuan mikroorganisme,seperti yanga anda bilang  tadi,trus fermentasi buat arak,yohurt,sampai sintesa insulin tiruan pake E.coli yang mestinya ada di tahi manusia itu,dan mungkin kloning juga masuk biotek ya..
"The pen is mightier than the sword"

biobio

Kutip dari: Hypnerotomachia pada Maret 30, 2009, 02:29:59 PM
kalau biokimia masuk dimana nih??
Intinya,bohong kalo belajar bio tanpa belajar kimia...biokimia intinya belajar kimia yang ada dalam makhluk hidup dan rposesnya...misalkan seperti metabolisme,respirasi,dkk...kalo mau buku yang bagus,H(//////a////r//PER lumayan jg..
"The pen is mightier than the sword"

milmi

Kutip dari: biobio pada April 24, 2009, 01:42:50 AM
Bioteknologi ato teknobiologi kasarnya adalah aplikasi teknologi yang memerlukan bantuan mikroorganisme,seperti yanga anda bilang  tadi,trus fermentasi buat arak,yohurt,sampai sintesa insulin tiruan pake E.coli yang mestinya ada di tahi manusia itu,dan mungkin kloning juga masuk biotek ya..
Gak semua aplikasi bioteknologi membutuhkan mikroorganisme, contohnya pada kultur jaringan tumbuhan gak butuh mikroba sama sekali, malahan gak boleh ada mikroba karena akan mengganggu prosesnya.

biobio

Kutip dari: milmi pada Mei 22, 2009, 12:42:24 AM
Gak semua aplikasi bioteknologi membutuhkan mikroorganisme, contohnya pada kultur jaringan tumbuhan gak butuh mikroba sama sekali, malahan gak boleh ada mikroba karena akan mengganggu prosesnya.
justru itu kita mempelajari kiat2 agar mikroorganismenya ga mengganggu... ;D ;D ;D ;D ;D wkwkwk.. jgn marah ya mi.. :D :D :D
"The pen is mightier than the sword"