Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 26, 2021, 06:30:04 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 63
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Endofit  (Dibaca 13688 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline bluesky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 46
  • IQ: 6
Endofit
« pada: Juli 19, 2008, 06:08:12 AM »
sedikit sharing tentang endofit...

kalo udah pernah ada threadnya, silahkan di merge aja ya... :D


Endofit adalah mikroorganisme yang hidup di dalam tumbuhan dan bersimbiosis dengan tumbuhan itu dengan menghasilkan metabolit sekunder yang membantu pertahanan si tumbuhan.
Endofit bentuknya ada yang berupa bakteri, kapang maupun khamir.

Sekarang ini endofit mulai dilirik sebagai sumber metabolit sekunder karena ternyata ada beberapa metabolit sekunder tanaman yang selama ini dipakai sebagai obat, itu bisa dihasilkan juga oleh si endofit yang ada dalam tanaman itu.

Nah kebayang kan,
untuk mendapat 1 mg taxol (anti kanker) berapa pohon penghasil taxol yang harus dibabat?
Sementara seiring dengan global warming, pembabatan pohon amat sangat tidak dianjurkan.
Nah, endofit dari pohon penghasil taxol ini, sebuah kapang bernama taxomycetes andrea ternyata juga mampu menghasilkan taxol pada proses fermentasinya. Jadi sekarang ini, untuk mendapat taxol tidak perlu lagi membabat pohonnya, cukup memfermentasi endofitnya.

Begitu juga dengan metabolit-metabolit sekunder dari tanaman lainnya, ada yang dihasilkan juga oleh endofitnya.

Semoga endofit ini ke depan mampu menyelamatkan setidaknya 1% kemungkinan global warming...
yang suka di lab silahkan masuk ke...

http://online-lab.blogspot.com

Offline milmi

  • Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 268
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • veritas, probitas, iustitia
    • Quorum Sensing
Re: Endofit
« Jawab #1 pada: Juli 19, 2008, 06:44:27 AM »
Mau mengkoreksi sedikit. Nama spesies funginya adalah Taxomyces andreanae. Pantesan di waktu nanya ma mbah google, dianya gak tau :P
Yg memproduksi taxol sbnrnya banyak, bukan hanya fungi tsb. Beberapa spsesies fungi penghasil taxol telah diteliti, antara lain: Pestalotiopsis microspora, Alternaria taxi, Tubercularia sp., Fusarium maire, Bartalinia robillardoides, dan masih banyak lagi. Nama Taxol sendiri merupakan nama dagang obat anti kanker yang mengandung zat pecli taxel (nama generik zat anti kanker tsb).
Nama tersebut diambil dari nama genus pohon dimana fungi endofit tsb banyak ditemukan, yaitu Taxus. Pohon ini banyak ditemukan di daerah Pasifik.
...setetes air di samudera luas...

Offline bluesky

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 46
  • IQ: 6
Re: Endofit
« Jawab #2 pada: Juli 22, 2008, 04:22:18 AM »
 ;D

hai milmi, thanks koreksinya...wah bener2 ahli kapang... ;)

saya bukan ahli kapang, berbagi sedikit tentang apa yang ada di dalam tumbuhan yang bisa menyelamatkan tumbuhan itu dari pembabatan untuk diambil metabolit sekundernya (sebagai obat misalnya) yaitu endofitnya.

yang lain yang mau nambahin silahkan...

Offline Swaroan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Endofit
« Jawab #3 pada: September 02, 2008, 07:25:22 PM »
Endofit memang menguntungkan,selain senyawa bioproduksiny yg dapat dimanfaatkan, kapang endofit juga dapat metransformasi senyawa menjadi lebih berpotensi...

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Endofit
« Jawab #4 pada: Januari 16, 2016, 11:16:48 AM »
Endofit bentuknya ada yang berupa bakteri, kapang maupun khamir.

Khamir itu sama dengan khamr nggak sih?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.